Pengarsipan Dan Akses

Dosen Pengampuh Judul Makalah

: Ibnu Sani Wijaya S.kom : Magnetic Disk

Disusun Oleh :
• • • • •

Ira Maya Sari Rini Sri Susanti Afri yani Hartati Sirait

(8040100089) (8040100095) (8040100125) (8040100152)

Andri Abidin Hamsyah T (8040100142)

STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI
1

2010/2011
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Tuhan YME karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah kelompok ini, adapun makalah ini yang berjudul “MAGNETIK DISK” . Tidak lupa kami ucapkan kepada dosen pembimbing Pak Ibnu Sani Wijaya S.Kom dan temanteman yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis Sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.

Jambi 06 Desember 2011

Penulis

beberapa fakta tersebut semakin menyadarkan kita bahwa saat ini teknologi computer khususnya internet telah masuk pada kehidupan kita. maka waktu yang dibutuhkan untuk mengakses memory akan semakin lama. Pada dasarnya arsitektur memory pada computer dapat digambarkan seperti ini. Dimana pada puncak arsitektur terdapat semacam register CPU yang bisa diakses oleh CPU dengan kecepatan penuh. beberapa factor mengalami perubahan. factor tersebut adalah kecepatan dari pengaksesanmemory. mulai dari kapasitas register yang berada pada ukuran 128 byte hingga kapasitas dari disk magnetic yangmampu hingga terabyte.1 Latar Belakang Saat ini teknologi informasi telah merubah mainset dari peradaban manusia itu sendiri. semakin kebawah tingkatannya maka kapasitas semakin besar.dan kapasitas dari Semakin kebawah. . Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana sebuah data itu tersimpan pada storage dan juga cara kerja dari storage itu sendiri.Dibawahnya lagi terdapat Disk magnetic yang hingga saat ini menjadi pilihan kita untuk menyimpan data dalam kondisi permanen dan tidak rewriteble. Dalam konteks ini yang ingin saya bahas adalah konteks Disk magnetic dan menyimpan file dalam sebuah storage online. Beberapa factor yang perlu diperhatikan adalah saat kita mengamati setiap level memory dari tingkatan diatas. Mulai dari aspek financial hingga politik. mulai dari pengaksesan register oleh CPU yang hanya membutuhkan waktu dalam skala nanosekon hingga waktu yang dibutuhkan computer untuk mengakses Optical disk yang membutuhkan waktu dalam sekala detik. Dibawahnya terdapat memory utama dengan ukuran Ghz dan untuk skala system parallel sudah meningkat ke ukuran THz. sementara dibawah dari memory register terdapat memory cache yang bisa diakses dengan kecepatan hingga GHz. Dibawahnya lagi terdapat pita magnetic dan optical disk.jika menginginkan yang rewritable mungkin bisa digunakan flash memory yang lebih efektif dan efisien. Sebut saja e-commerce yang saat ini sudah semakin membudaya pada masyarakat kita hingga fenomena facebook saat Pemilihan Presiden Amerika dan Indonesia kemaren.BAB I PENDAHULUAN 1. Parameter selanjutnya adalah parameter kapasitas dari memory itu sendiri.

1.Jenis Magnetik Disk 1.2 Tujuan Makalah • • • • Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengarsipan dan Akses Untuk Mengetahui Tentang Magnetik Disk Untuk Mengetahui Bagaimana Sistem Kerja Magnetik Disk Untuk Memgetahui Jenis.3 Manfaat Manfaat dari penulisan makalah ini adalah: • • Makalah ini diharapkan dapat menambah Ilmu pengetahuan Pembaca tentang Pengarsipan dan Akses Magnetik Disk Agar sipembaca mengetahui cara kerja Magnetik Disk .

Desain fisiknya. yaitu constant angular velocity dan multiple zoned recording. head bersifat stasioner sedangkan piringan disk berputar sesuai kontrolnya. Disk .1 Sistem Kerja Magnetik Disk Mekanisme baca atau tulis menggunakan kepala baca atau tulis yang disebut head.1 Pengertian Magnetik Disk Magnetik Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastic) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetisasi.BAB II PEMBAHASAN 2. Contoh lain dari Media penyimpanan Magnetik : 1. Metode layout data pada disk terbagi dua. Strip Magnetik Pada Kartu Kredit 2. Desain fisiknya. Pita Rekaman Magnetik 3. Mekanisme baca / tulis menggunakan kepala baca atau tulis yang disebut head. Disket 2. yang merupakan komparan pengkonduksi (conducting coil). head bersifat stasioner sedangkan piringan disk berputar sesuai controlnya. merupakan kumparan pengkonduksi ( conducting coll ).

Track biasanya terisi beberapa sector. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok. sedangkan pada head bergerak. Tambahan header data ini hanya digunakan oleh system disk drive saja tanpa bisa diakses oleh pengguna. umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya. Track pada disk dipisahkan oleh gap (gap: mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan maupun penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan magnet). Sejumlah bit yang sama akan menempati track-track yang tersedia. Pada head bergerak adalah lengan head bergerak menuju track yang diinginkan berdasarkan perintah dari disk drive-nya. umumnya blok lebih kecil kapasitasnya dibandingkan track. Magnetik disk sendiri terbuat dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk . ► Lapiran dasar biasanya berbahan  Alumunium  Alumunium Alloy  Kaca ► Bahan kaca memberikan manfaat antara lain  Meningkatkan reliabilitas disk  Mengurangi R/W error  Kemampuan untuk mendukung kerapatan tinggi  Kekakuan yang lebih baik untuk mengurangi dinamisasi disk  Kemampuan menahan goncangan dan kerusakan Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah Flopy Disk. satu kepala head digunakan untuk beberapa track dalam satu muka disk. yang terbuat dari metal dan banyak piringan disebut hard disk. Blokblok data disimpan dalam disk yang berukuran blok. yang disebut sector. dan SCSI Disk.diorganisasi dalam bentuk cincin-cincin konsentris yang disebut track. IDE Disk. Piringan magnetik yang terbuat dari plastik dan sebuah piringan disebut dengan floppy disk (micro disk dan mini disk). Data yang disimpan akan diberi header tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data. Pada head tetap setiap track memiliki kepala head sendiri. Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi-posisi sector maupun track. Semakin ke dalam disk maka kerapatan (density) disk akan bertambah besar.

5 inci 5. Pada tahun 1982 Floppy Disk ukurannya 3½ inchi. Tahun 1969 merupakan awal dari Floppy Disk. Pada tahun 1990 an keberadaan Floppy Disk berukuran 5¼ inchi mulai lenyap dan Floppy Disk ukuran 3½ inchi menjadi dominan. Pada awal kemunculannya hanya dapat menyimpan data 264 kb.2 Jenis-jenis Magnetik Disk A. Pada Floppy Disk 5¼ inchi telah dapat memodifikasi data dan menghapus data.88 MB 1. Saat itu floppy disk hanya dapat membaca ( read only ) sehingga ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi atau dihapus. dan Zip drive. Sekarang sudah banyak bermunculan media penyimpanan yang lebih maju dari floppy disk.proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head. Pada awal kemunculannya Floppy Disk berukuran 8 inchi dan hanya dapat menyimpan data sebesar 79. Walaupun sudah banyak media penyimpanan yang lain.44 MB 2.22MB 100kb-500kb PEMBUAT SONY IBM SUGHART IBM . Pada perkembangannya terdapat Floppy disk 5¼ inchi yang dapat menyimpan data sebesar 360 kb. dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. 2.44MB 200kb-1. floppy disk masih tetap bertahan. Flash Disk. Dapat menyimpan data sebesar 110 kB. Tahun 1976.5 inci 3.7kb. Jenis Ukuran: JENIS UKURAN 3. Pada perkembangan selanjutnya terdapat Floopy Disk 3½ inchi yang berukuran 200 MB.2 MB 500 kb KAPASITAS RANGE 400kb-1. Floppy Disk Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur. hadir Floppy Disk berukuran 5¼ inchi.2 inci 8 inci KAPASITAS 1. CD-RW. seperti : CD-R.

Write-protectab 2. Walaupun IDE merupakan teknologi yang umum. Magnetic disk dan 7. kapasitas . Merk Harddisk (Brand ) . paging . dan yang paling penting adalah Ide Disk (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. Hub 3. tetapi emang ada kalanya pada beberapa toko komputer yg skrg langsung mempartisi harddisk tersebut sehingga dapat digunakan langsung oleh pembeli harddisk dikarenakan banyakna orang awam yg belum mengerti mengenai “Partisi” ini dan langsung melakukan Judge bahwa harddisk tersebut rusak dan tidak dapat digunakan Banyak Hal yang berhubungan dengan harddisk seperti buffer . IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16bit bus. Shutter 4. segmentasi . Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. Plactic housting 5. Sedangkan AHCI (Advance Host Controller Interface) merupakan mekanisme hardware yang membolehkan . B. kecepatan baca ( RPM ) . Disk sector. allocation .Gambar Ploppy Disk Komponen-komponen Ploppy Disk : 1. Paper ring 6. pertama kali kita membeli harddisk . kebanyakan orang menggunakan istilah IDE untuk merujuk pada spesifikasi ATA. jenis transfer data harddisk ( IDE / ATA / SATA / SATA II ) . harddisk tersebut belum bisa langsung kita gunakan . cache . IDE Disk (Hardisk) Harddisk merupakan storage atau bisa kita bilang hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan data . kita perlu melakukan format atau partisi pada harddisk tersebut .

dan lainnya). printer. awalnya bernama SASI ( Shugart Associate System Interface ). CD. SCSI-2. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya .software untuk berkomunikasi dengan SATA seperti host bus adapter yang didesain untuk hot-plugin dan Native Commande Queuing ( NVQ ) yang dapat menaikan kemampuan komputer/sistem/hard disk terutama dalam lingkungan multi tasking dengan cara membolehkan drive untuk menjalankan perintah baca tulis yang dikirim secara acak dengan tujuan untuk optimalisasi perpindahan head pada proses pembacaan. Namun. Ultra2 SCSI.Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive. AHCI telah di dukung oleh berbagai sistem operasi seperti Windows Vista dan Linux kernel Gambar Ide Disk C. SCSI juga terdapat pada scanner. dan Ultra3 SCSI . dan teknologi sekarang SCSI mampu berputar hingga 15000 rpm. protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI (Small Computer System Interface). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa diterapkan di semua tipe hardware. SCSI biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari pada Hardisk IDE. dan peranti optik (DVD. SCSI berputar sekitar 7200 sampai 10000 rpm. Hardisk SCSI terdiri dari beberapa tipe seperti SCSI-1. SCSI Disk (Small Computer system interface) SCSI (Small Computer System Interface) dibaca “skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah.

8 bit bus width 2. Ultra-2 SCSI Versi ini diluncurkan pada tahun 1997 dengan fitur LVD ( Low Voltage Differential ) dan stabil. SCSI versi 3 muncul dengan 2 varian yaitu : 1. . Fast SCSI : memiliki kecepatan 10 MB/detik.Tetapi versi ini belum stabil.SCSI-1 memiliki dua macam kecepatan yaitu : 3. Ultra2 SCSI memiliki kecepatan 40MB/detik dengan bus width tetap 8 bit 2. keduanya bekerja secara asinkron. Ultra-3 SCSI Pada versi ini menambahkan fitur CRC (Cylic Redudancy Check) error checking. Panjang kabelnya dapat mencapai 6 meter. Ultra2 Wide SCSI memiliki kecepatan 80MB/detik dengan bus width nya 16 bit Keduanya mampu menggunakan kabel sampai dengan 12 Meter. Ultra Wide SCSI menggunakan bus width 16 bit Kedua varian ini memiliki 2x lebih cepat dari versi sebelumnya. Versi ini memiliki 2 varian yaitu : 1. Ultra-3 disebut juga Ultra-160 karena kecepatan Ultra-3 memang 160 MB/detik. 16 bit bus width c. SCSI versi 2 diluncurkan pada tahun 1989.5 MB/detik dan 5 MB/detik. Ultra SCSI menggunakan bus width 8 bit 2. Ultra3 SCSI juga menawarkan pin SCSI yg lebih variatif. Wide SCSI : memiliki kecepatan 20 MB/detik. SCSI versi 2 ini ada 2 varian yaitu : 1.

Gambar scsi hardisk Semakin cepat putaran sebuah harddisk maka data didalamnya lebih mudah diakses. RPM harddisk SCSI lebih besar daripada harddisk ATA ini berarti data pada SCSI lebih cepat diakses daripada data di ATA. .

Waktu yg dibutuhkan untuk membaca dan menulis disk dipengaruhi oleh : 1. sector). dan umur hard disk paling lama 3 (tiga) tahun. maka daya tahan atau umur media ini menjadi pendek.Sementara banyak amplikasi sains dan rekayasa yg banyak melakukan komputasi dengan sedikit operasi i/o.amplikasi demikian disebut i/o boud.perangkat ini meniadakan seek. media ini juga mempunyai kelemahan. artinya data yang telah disimpan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. Keunggulan lainnya ialah. Waktu tunda rotasi (ritational latency) 3.disebut CPU-intensive process. media ini mudah digunakan.Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja keseluruhan Adalah mengurangi jumlah seek yg harus dilakukan. 2. Karena jamur dan karat ini. Kelemahan lain dari media magnetik ini ialah bentuknya yang bergaris-garis (track. Waktu seek (seek time) 2. Beberapa hal yg dapat dilakukan untuk jumlah seek adlah: 1. 3.kunci utama dalam penyelesaian Adalah berikan prioritas tinggi pada peroses i/o bound pada penjadwalan peroses . Penyimpanan data pada media ini bersifat nonvolatile. Bedanya antara peroses-peroses yg I/O bound proceee dan CPU-intensive perocess. Data pada media ini dapat dibaca. maka umur suatu disket floppy paling lama 1 (satu) tahun. Pergunakan lah Harddisk yg mempunyai read/write heads disemua silinder. Jika dipakai secara kontinu atau terus menerus sekitar 8 jam per hari.banyak amplikasi bisnis yg melakukan banyak pekerjaan i/o dan hanya sejumlah kecil perhitungan . dihapus dan ditulis ulang.pembacaan belok-belok dari file itu dapat dilakukan tanpamelakukan suatu seek setelah seek terhadap belok pertama. Alokasikan ruang atai bolok-blok dari satu file di satu track dan /atau silinder.2. Dengan demikian. Waktu teransfer data(teransfer data time) Faktor yg dominan pada kinerja disk adalah seek time. sehingga kecepatan dan kapasitas simpannya termasuk rendah jika dibanding dengan media optik. 4 Keunggulan dan Kelemahan Magnetic Disk : Media magnetik seperti disket floppy dan hard disk mempunya sejumlah keunggulan dibanding dengan media lainnya. Selain memiliki keunggulan. Musuh utama dari media magnetik seperti disket floppy dan hard disk ialah jamur dan karat.

dan perangkat elektronik untuk keperluan input dan output data biner. Dengan demikian belok-belok memori utama dialokasikan untuk menjadi RAM disk. • Movable head disk hanya terdapat sebuah head baca/tulis per surface.Hal ini disebabkan kemungkinan operasi disk yg sebelum nya sedang berlangsung.ketika terjadi permintaan operasi CPU dapat dialih kan untuk meneksekisikan peroses-peroses CPU- disk. . Karena semua seek dilakukan secara instan maka kinerja meningkat secara dramatis.kita dapat mensimulasikan perangkat disk dengan memori utama.5 Karakteristik magnetic disk : 1.. Saat peroses-peroses ini memproleh suatu waktu pendek CPU akan segera melakukan Operasi i/o yg menyebabkan peroses-peroses ini blocked(berrhenti dieksekusi CPU untuk selesainya operasi i/o) maka intensive.berarti mengantrikan permintaan untuk suatu disk. Mudah Di akses 3. Mendominasi Pasar 2. Semua head ditempatkan pada lengan memanjang ke seluruh track. Terdapat beragam algoritma penjadwalan disk. 4.pemakaian dapat membaca dan menulis ke disk tanpa perbedaan seprti mengemulasikan disk dengan memori. Kuantitas Penyimpanan besar 2. Instalasikan RAM Disk. Pengguna penjadwalan disk yg intelejen.dimana i/o bound tidak memonopoli CPU. Lengan dimana head ditempatkan dapat memanjang dan memendek untuk menuju ke salah satu track. tangkai yang dapat menggerakkan disk. gerakan head • Fixed head disk terdapat sebuah head baca/tulis per track jadi ada beberapa head baca/tulis per surface. portabilitas disk Disk berada pada sebuah disk drive yang terdiri dari lengan. 5.Begitu satu permintaan di antrian untuk dilayani.Tetapi bila sistem mengalami crash(hang).aat ini memori utama rerlatif menjadi lebih murah. Magnetik Disk memiliki Sifat : 1. 2.

Selectron Tube 4. Magnetic Drum 7.6 Perbandingan Magnetik Disk dan ploppy Disk ➢ Magnetik Disk Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head. Floppy Disk 8. 3. Punch Tape 3. Punch Card 2. banyaknya piringan 1. multiple platter 2. single platter 2. Removable disk dapat dilepas dan diganti dengan disk lain. Hard drive . Magnetic Tape 5. ➢ Perkembangan Magnetic Disk : 1.• • Non-removable disk secara permanen berada pada disk drive. Compact Cassette 6.permukaan Double-sided kedua sisi permukaannya dimagnetisasi single-sided hanya satu permukaan yang dimagnetisasi (disk bermuka tunggal) 4.

➢ Keunggulan dan Kelemahan Magnetic Disk : Media magnetik seperti disket floppy dan hard disk mempunya sejumlah keunggulan dibanding dengan media lainnya. artinya data yang telah disimpan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. . dihapus dan ditulis ulang. Data pada media ini dapat dibaca. Kelemahan lain dari media magnetik ini ialah bentuknya yang bergaris-garis (track. dan umur hard disk paling lama 3 (tiga) tahun. Jika dipakai secara kontinu atau terus menerus sekitar 8 jam per hari. sehingga kecepatan dan kapasitas simpannya termasuk rendah jika dibanding dengan media optik. Penyimpanan data pada media ini bersifat nonvolatile. media ini mudah digunakan. maka umur suatu disket floppy paling lama 1 (satu) tahun. Selain memiliki keunggulan. Keunggulan lainnya ialah. sector). Musuh utama dari media magnetik seperti disket floppy dan hard disk ialah jamur dan karat. Karena jamur dan karat ini. maka daya tahan atau umur media ini menjadi pendek. media ini juga mempunyai kelemahan.

Selain itu kelemahan lainnya .➢ Optical Disk Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW. karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Dye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat menyerap sinar laser. teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu: • Phase-change disk. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline. sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda. Harga untuk satu DVD-R lebih murah dibanding harga satu harddisk. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). Dye-Polimer disk. apabila bagian bawah dari DVD tersebut tergores maka data yang adapada DVD tersebut tidak akan terbaca. Bagian crytalline ini lebih transparan. Tapi optical disk juga memiliki kelemahan. ➢ Perkembangan Optical Disk : • • • • CD DVD Blue-Ray Disk Holographic Versatile Disk ➢ Keunggulan dan Kelemahan Optical Disk : Media optical disk seperti DVD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan harddisk. • • sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan. sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. disk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang.

adalah tidak semua DVD atau CD dapat ditulis ulang hanya yang terdapat kode RW yang dapat ditulis ulang. .

2 SARAN Musuh utama dari media magnetik seperti disket floppy dan hard disk ialah jamur dan karat. Karena jamur dan karat ini. Maka sebaiknya kita harus menjaga agar tidak karatan dan tidak memakai secara terusmenerus. maka umur suatu disket floppy paling lama 1 (satu) tahun. . Desain fisiknya. Jika dipakai secara kontinue atau terus menerus sekitar 8 jam per hari. maka daya tahan atau umur media ini menjadi pendek.BAB III PENUTUP 3. dan umur hard disk paling lama 3 (tiga) tahun. head bersifat stasioner sedangkan piringan disk berputar sesuai controlnya. 3. yang merupakan komparan pengkonduksi (conducting coil). Mekanisme baca / tulis menggunakan kepala baca atau tulis yang disebut head.1 KESIMPULAN Magnetik Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastic) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetisasi.

DAFTAR REFERENSI  Bambang Hariyanto.2000  Melwin syafrizal Daulay :” Mengenal Hardware – Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer” PENERBIT : ANDI Yogyakarta  http://www.html .ir..reference.com/topic/magnetic-disk  http://dictionary.MT: “Sistem Pengarsipan dan Metode Akses” Penerbit : Informatika Bandung.answers.com/browse/magnetic+disk  http://iraindriyani.blogspot.com/2011/07/magnetik-disk-magnetic-diskadalah.

yang mana materi di ambil dari referensi yang telah kami cantumkan di dalam daftar referensi. kami semua anggota kelompok 1 menyatakan bahwa makalah ini di buat dengan hasil kerja kelompok kami sendiri.SURAT PERNYATAAN Dengan telah selesai nya makalah ini .Makalah ini bukan hasil Plagiat atau Lain-lain. Yang bertanda : Andri Abidin Hamsyah T Afri Yani (8040100142) ___________________ (8040100125) ________________________ Hartati Sirait Ira Maya Sari (8040100152) _____________________ (8040100089) _________________________ Rini Sri Susanti (8040100095) __________________________ .