Bisnis Plan usaha Taxi Pribadi Dosen : M.Irfani.SE.

Msi Di S U S U N Oleh
NAMA Edi Kurniawan M.Taufik NIM B11108125 B11108000

UNIVERSITAS TANJUNGPURA JURUSAN MANAJEMEN 2012

1.tepat waktu dan memberikan rasa aman dan nyaman jika pelanggan mereka masuk kedalam taxi ini.usaha ini sudah didirikan sejak awal tahun 2011.restoran. Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk tahun 2012 Triwulan 1 Triwulan 2 300 penumpang 310 penumpang .dan bandara supadio pontianak sebagai mitra bisnis usaha taxi ini.restoran.LATAR BELAKANG Semakin banyaknya hotel yang berdiri dan banyak jumlah perminatan atas kebutuhan transportasi bagi costumer hotel dan bandara supadio pontianak membuat pemilik usaha taxi ini berminat untuk membuka usaha taxi ini. 2. Segmentasi pasar Segmentasi pasar usaha ini berfokus kepada pelanggan hotel.Aspek pemasaran 1.hubungan usaha ini membuat antara mitra usaha saling menguntungkan karena dapat memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan mereka.selama usaha ini berjalan hingga sekarang pemilik merasa usaha ini sangat berpotensi untuk di kembangakan lagi karena jumlah permintaan atas jasa transportasi dan nama taxi ini mulai meningkat dan terkenal di kalangan hotelhotel di pontianak khususnya hotel mercure dan restoran-restoran di pontianak. Positioning Menciptakan jasa taxi pribadi u¶ut ini menjadi brand image bagi konsumen mereka baik itu bagi mitra kerja mereka ataupun penumpang taxi mereka dengan cara memberikan layanan-layanan yang ramah.dan bandara supadio pontianak (fokus kepada taxi pribadi dalam kota pontianak) karena layanan untuk pelanggan dalam kota pontianak bisa di layanani dalam waktu yang cepat.sehingga taxi pribadi ini sangat berbeda dari taxi-taxi kebanyakan 4. Targeting Target dari usaha taxi pribadi u¶ut ini fokus kepada pelanggan hotel. 3. 2.

misalnya keterlambatan menjemput tamu hotel.tapi u¶ut taxi ini hanya melayani tamutamu hotel dan restoran tertentu. 6. People .kesulitan untuk bergabung dengan mitra kerja inilah yang menjadi keunggulan u¶ut taxi ini jika di banding dengan taxi maupiun angkutan penumpang lainnya.untuk masuk kesini sudah tentu tidak sembarangan taxi yang disediakan oleh pihak hotel dan restoran. menyedaikan layanan yang nyaman dan aman bagi para tamu mereka dan layanan 24 jam kepada pelanggan mereka yang merupakan keunggulan dari layanan jasa u¶ut taxi di banding dengan taxi lainnya.karena untuk menghindari hal-hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan tamu mereka.Triwulan 3 Triwulan 4 Jumlah 1 tahun 320 penumpang 330 penumpang 1260 Penumpang 5. Pesaing Pesaing transportasi yang ada di kota pontianak ini sangat banyak sekali mulai dari angkutan penumpang umum maupun maupun taxi-taxi pribadi lainnya. Price Dari harga yang ditawarkan kepada pelanggan mereka sangat bersaing di pasaran.keamanan penumpang dll. Promotion Promosi yang di lakukan adalah dengan melakukan negosisasi kepada pihak-pihak hotel dan restoran dan menyebarkan kartu nama kepada pelanggan mereka. Strategi Pemasaran Produk Layanan jasa yang disediakan taxi ini menyediakan layananyang tepat waktu.taxi u¶ut juga memberikan diskon bagi pealnggan tetap mereka dan juga memberikan discount kepada penumpang mereka jika penumpangnya lebih dari 1 orang karena tarif yang di gunakan adalah tarif per orang.

000.Supir yang di tunjuk untuk menjadi supir taxi pribadi u¶ut ini adalah orang yang benar-benar ramah dan sopan kepada setiap pelanggannya.500. lain-lain Jumlah 1 1 180 jt 245 jt 15 jt 180 jt 245 jt 15 jt 440 jt Perkiraan Laporan R/L Pendapatan Biaya gaji Biaya perawatan mobil 18. mobil inova c. 3.000= 126. mobil avanza b.dan dapat memberikan keyakinkan kepada pelangganya akan rasa aman dan nyaman bagi pelangganya. Uraian 1. Modal Sendiri 2. pinjaman Bank Jumlah (1+2) B.000 6.000 1260 x Rp 100.000. 150 110 260 180 330 jt 110 jt 440 jt Sumber Pendanaan Jumlah Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi Banyaknya Harga/Unit Jumlah Uraian a.000 . Aspek Keuangan A.

000.000 Pay back period = 5 tahun Berdasarkan analisis dari segala aspek-aspek di atas dan berdasarkan perhitungan yang yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa usaha taxi pribadi ini sangat potensial untuk dikembangkan karena keuntungan bersih yang di dapat sangat besar walaupun pay back period usaha ini relatif lama karena membutuhkan biaya investasi yang besar.500.jadi wajar jika pbp nya lama. .000.000.000 10.Biaya pajak kendaraan Biaya operasional Total biaya Pendapatan bersih 3.000 38.000 Rp 88.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful