Menghargai persamaan kedudukan warga negara

Maret 24, 2009 · Disimpan dalam Uncategorized Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara Tanpa Membedakan Ras, Agama, Gender, Golongan, Budaya dan Suku. Sebagaimana kita ketahui, semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan yang ada hendaknya tidak dianggap sebagai ancaman tetapi lebih merupakan anugerah. Untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan diantara semua komponen bangsa, maka perbedaan itu harus disikapi sedemikian rupa sehingga terjalin keserasian hidup. A. Perbedaan Ras Dalam pasal 26 ayat 1 UUD 1945 tentang warga Negara dan penduduk, disebutkan bahwa yang menjadi warga Negara dan penduduk ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan UU sebagai warga Negara. Perbedaan ras yang ada hendaknya jangan dijadikan masalah yang mengancam disintegrasi bangsa. Sesungguhnya bangsa Indonesia selain masyarakat pribumi, terdiri dari banyak ras, misalnya : 1. Ras keturunan Tionghoa atau etnis Tionghoa 2. Ras keturunan Belanda atau etnis Belanda 3. Ras keturunan Arab atau etnis Arab Semua adalah warga Negara Indonesia yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan orang-orang bangsa Indonesia asli dalam mewujudkan kejayaan bangsa dan Negara Indonesia dimata dunia internasional. Kita harus saling menghormati dan saling menghargai. B. Perbedaan Agama Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 menyatakan bahwa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. Untuk itu maka pemerintah membentuk lembaga keagamaan. Lembaga keagamaan adalah suatu organisasi yang mengatur, mengurus, serta membahas dan menyelesaikan segala masalah yang menyangkut keagamaan. Adapun fungsi dari lembaga keagamaan adalah : 1. Tempat untuk membahas dan menyelesaikan segala masalah yang menyangkut keagamaan 2. Media menyampaikan gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan umat dan bangsa. 3. Wahana silahturahmi yang dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan 4. Tempat berdialog antara sesame anggota antarkelompok agama. Untuk membina sikap saling menghormati dalam kehidupan Bergama maka dalam lingkungan masyarakat harus diciptakan : 1. Toleransi antarumat beragama; 2. Kemerdekaan beragama dilaksanakan dengan adil dan benar; 3. Menumbuhkan kerukunan dalam pergaulan 4. Menumbuhkan saling pengertian dalam pergaulan 5. Tidak bersikap reaktif dan menentang Untuk meningkatkan kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia dan demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa maka setiap warga Negara hendaknya menjalankan agama masing-masing dan saling menghormati, misalnya dengan sikap sebagai berikut :

golongan pria.1. KWI (Konferensi Wali Gereja Indonesia )-Khatolik 4. Di Indonesia terdapat berbagai golongan sosial. dikaitkan dengan kekuatan fisik. Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk duduk di lembaga pemerintahan serta berbagai bidang kehidupan lainnya. 3. dan lain-lain. dan Negara. Faktor utama yang mempengaruhi pembentukan kebudayaan antara lain : 1. Golongan sosial juga dapat diartikan sekumpulan orangorang yang berdasarkan atas beberapa hal yang merasa satu kesatuan hingga masing-masing anggota menumbuhkan dan mengidentifikasi diri sendiri. dan ekonomi dengan laki-laki. Setiap warga Negara Indonesia hendaknya menyadari bahwa setiap orang memiliki kedudukan yang sama sebagai warga Negara. PHDI (Parisada Hindu Darma Indonesia)-Hindu Peran serta lembaga keagamaan bagi pembangunan kehidupan diri. sifat. dan kemampuan. D. baikyang berasal dari budaya daerah maupun . Saat ini diskriminasi gender sudah dapat dihilangkan dan perempuan memiliki akses yang sama dalam politik. golongan pemuda. E. misalnya golongan wanita. bangsa. Saling membantu dalam bidang kemanusiaan atau social. social. rasa dan karsa manusia. C. MUI (Majelis Ulama Indonesia)-Islam 2. seperti gotong royong. Perbedaan Budaya Menurut pendapat Selo Soemardjan dan Soelaiman. 2. Lingkungan 2. tanpa memandang dari golongan sosial mana ia berasal. Setiap warga Negara baik laki-laki maupun perempuan. yaitu : 1. 2. Perbedaan Golongan Sosial Golongan social adalah suatu kesatuan manusia yang ditandai oleh cirri-ciri tertentu serta mempunyai ikatan identitas social. yaitu 1. Bagi kehidupan masyarakat untuk membina kerukunan antarumat beragama dan kerjasama dalam masalah yang bersifat kemanusiaan. Pertemuan antarbangsa 3. Perbedaan Gender Gender adalah jenis kelamin manusia yaitu laki-laki dan perempuan. Bagi lembaga lembaga keagamaan untuk membina kerukunan umat beragama dan menyelesaikan masalah intern umat seagama. PGI (Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia)-Kristen 3. Mengadakan musyawarah wakil-wakil agama yang berbeda secara mandiri maupun dengan pihak pemerintah demi kepentingan bersama. Memberi kesempatan pemeluk agama lain yang akan melaksanakan kegiatan keagamaannya dan tidak menggangu atau berbuat gaduh/kacau terhadap agama lain. golongan buruh. kebudayaan adalah semua hasil cipta. WALUBI (Perwakilan Umat Budha Indonesia)-Budha 5. Di Indonesia ada lima lembaga keagamaan yang keberadaannya diakui oleh pemerintah. 3. Kepercayaan yang kuat dan mengakar Di Indonesia terdapat berbagai kebudayaan. Bagi kehidupan pribadi untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Diskriminasi gender pada zaman dahulu sering terjadi di masyarakat. membantu korban bencana dan lain-lain. memiliki kedudukan yang sama.

Pasal 35 UUD 1945 d. Keserasian dalam hidup berarti kesesuaian diri dengan berbagai lingkungan. Setiap orang hendaknya menyadari bahwa perbedaan budaya tersebut merupakan kekayaan bangsa dan tidak menjadikan sebagai faktor yang akan memecah-belah persatuan bangsa. Semua pihak berusaha menumbuhkan buday multi cultural dan gerakan anti diskriminasi di berbagai bidang kehidupan Indikator 2 : Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat. status sosial ekonomi.Persamaan kedudukan WN dalam kehidupan bernegara: . c.budaya bangsa lain. Menciptakan suasana damai. Pasal 36 UUD 1945 3. keserasian. b.Persamaan kedudukan WN dalam bidang ekonomi terdapat pada pasal 27 ayat 2 dan pasal 33 ayat 1 UUD 1945 2. Secara sosial menumbuhkan sikap bersedia menerima adanya kesederajatan diantara keragaman budaya. Tenggang rasa dan tepo seliro 4. pendidikan. Karakteristik tersebut bisa berupa agama gender. Pasal 32 UUD 1945 c.Persamaan kedudukan WN dalam kehidupan bermasyarakat. Kebahagiaan hidup dapat dicapai apabila hidup terdapat keselarasan. F. golongan. Pasal 26 ayat 1 ddan 2 UUD 1945 b. Secara pribadi menunjukan sikap empati terhadap mereka yang diperlakukan secara diskriminatif. d. 2. 3. aman. Upaya-upaya dalam membina keserasian : 1. Untuk itu ada beberapa upaya yang bisa dilakukan guna mewujudkan prinsip persamaan kedudukan warga Negara antara lain : 1. 1.berbangsa dan bernegara. Saling menghormati dan menghargai hak-hak orang lain 3.berbangsa dan bernegara: a.Persamaan kedudukan WN dalam bidang hukum dan pemerintahan terdapat pada pasal 27 ayat 1 UUD 1945. Keteladanan dari aparat Negara dalam mewujudkan tegaknya prinsip persamaan kedudukan warga Negara 4. Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadran dan identitas akan kesatuan kebudayaan.Persamaan kedudukan WN dalam bidang politik terdapat pada pasal 28 UUD 1945. budaya. 2. dan keseimbangan sesuai yang diajarkan dalam pancasila. dan tenteram dalam pergaulan hidup.Persamaan kedudukan WN dalam bidang sosial-budaya terdapat pada pasal 29 ayat 2 dan pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945. Perbedaan Suku Suku adalah golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang lebih besar. suku.Persamaan kedudukan WN dalam kehidupan berbangsa a. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan Diskriminasi merupakan tindakan yang tidak adil terhadap individu akibat adanya karakteristik tertentu pada individu tertentu.

agama.agama.hak asasi manusia berkaitan dengan hak kesejahteraan.agama dan jenis kelamin.gender.budaya dan suku.hak asasi manusia berkaitan dengan kewajiban. Untuk itu kita perlu saling menghargai persamaan kedudukan warga negara tersebut secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih memahami: . Gerakan reformasi telah berhasil menumbangkan tatanan mapan pemerintah orba.agama. Pasal 28 G UUD 1945.golongan.secara ideal sesama warga negara memiliki kedudukan.budaya dan suku telah menjadi topik yang sering di bicarakan setelah berakhirnya masa orba. Pasal 28 B UUD 1945.budaya dan suku. Diskriminasi dapat dibedakan menjadi : 1. Pasal 28 H UUD 1945.misalnya perlakuan terhadap WNI keturunan asing.hak asasi manusia berkaitan dengan perlindungan dan kemajuan.agama. Pasal 28 A UUD 1945. Pasal 28 I UUD 1945. pasal 30 ayat 1 dan 2 UUD 1945 b. Pasal 28 J UUD 1945.golongan. penghormatan dan penghargaan atas HAM dan WN telah dilakukan sejak awal kemerdekaan RI. Pasal 33 ayat 2 UUD 1945 c.budaya dan suku terdapat didalam UUD 1945.Hak asasi manusia berkaitan dengan hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan.33 dan 34 memberikan gambaran jelas bahwa negara dan warga negara memiliki hak dan kewajiban yang saling mengisi dan mendukung.Latar belakang pemikiran Persamaan kedudukan WN tanpa membedakan ras.gender.budaya dan suku.golongan.golongan.golongan.hak asasi manusia berkaitan dengan hak atas kebebasan informasi. Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.hak asasi manusia berkaitan dengan hak keadilan.Akan tetapi pada praktiknya perlakuan diskriminasi terhadap WN masih kerap kali dilakukan.terutama masalah HAM.hak asasi manusia berkaitan dengan hak keamanan. KD 3 : Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras. 1. Pengertian diskriminasi secara umum adalah membedakan perlakuan terhadap sesama warga negara berdasarkan warna kulit. Pasal 28 D UUD 1945.meskipun dalam kenyataannya masih terdapat perlakuan yang belum sesuai dengan harapan.diskriminasi ilegal Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras.gender. Indikator 1 : Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras.gender.hak asasi manusia berkaitan dengan hak kemerdekaan. Gerakan reformasi menuntut dilakukannya amandemen terhadap UUD 1945 . Pasal 34 UUD 1945 Pasal-pasal 30. Pasal 28 E UUD 1945.hak asasi manusia berkaitan dengan hak hidup.agama. Indikator 2 : Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras.suku.golongan. diskriminasi legal 2. Pasal 28 C UUD 1945. Pasal 28 F UUD 1945.a. 2.gender.hak dan kewajiban yang sama. Dalam kehidupan bangsa Indonesia.hak asasi manusia berkaitan dengan hak mengembangkan diri.

gender dan suku. Proses permohonan warga negara asing untuk memperoleh kewarganegaraan di sebut naturalisasi. Setiap negara di dunia berhak menerapkan persyaratan menjadi warga negara bagi setiap orang yang ingin mendapatkan kewarganegaraan. Menurut stelsel pasif seseorang tidak perlu melakukan tindakan tertentu untuk menjadi warga negara.agama.berbangsa dan bernegara. Kebhinekaan bangsa Indonesia a. Menurut stelsel aktif.pewarganegaraan atau karena terdaftar sebagai WNI. d.1.tingkat pendidikan dan sebagainya mempunyai kedudukan yang sama dalam kehidupan masyarakat. Gender adalah pandangan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan. b.bentuk mata. Akibat penerapan kesamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Rangkuman Kewarganegaraan menyangkut masalah hubungan antara warga negara dan negara.terbukti dalam sejarah Indonesia pernah terdapat presiden wanita. . Perbedaan Agama yang ditandai denga kerukunan antar umat beragama. Perbedaan ras yang di tandai dengan ciri-ciri fisik atau tubuh yang khas tertentu (warna kulit. Terdapat tiga buah asas kewarganegaraan secara umum yaitu asas ius soli. Persamaan kedudukan di atara warga negara dapat dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.berbangsa dan bernegara.golongan.bentuk hidung dll).asas ius sanguinis dan asas campuran.apabila telah jadi WNI mempunyai kedudukan. e.seseorang harus melakukan tindakan tertentu untuk menjadi warga negaradalam suatu negara. Golongan dalam masyarakat. Budaya dan suku yang masing-masing berhak mengembangkan kebudayaannya selaras dengan nilainilai harkat dan martabat manusia yang sesuai dengan kemajuan zaman dan peradaban yang luhur serta bernilai kemanusiaan.hak dan kewajiban yang sama karena masing-masing memiliki kesempatan dan mengembangkan potensi dalam segala bidang.baik atas dasar profesi. Penggolongan atau pengelompokan terjadi karena para anggota memiliki kepentingan dan tujuan yang sama. Diskriminasi adalah membedakan perilaku terhadap sesama warga negara berdasarkan ras.menteri wanita dan profesi serta jabatan lain yang dipegang wanita. c. WNI secara umum adalah setiap orang yang memiliki status hukum sebagai WNI karena kelahiran.

tempat dan waktu. dengan tanggal lahir dan tanggal kematian. nUrani. . country. Hak Asasi Manusia.Cara warganegara menghargai warganegara lainnya yang berjuang untuk negaranya. teknologi. informasi. sumber daya. global. lebih jauh soal orang yang diziarahi. pEndidikan. coalition troops dan Map the Fallen launched! kita jadi tahu ternyata ada diantara warganegara Amerika Serikat yang punya cara tersendiri menghargai sesama warganegara Amerika Serikat yang berjuang/berperang untuk negaranya. Sehingga informasi ini dapat memberikan gambaran yang agak jernih dan jelas kepada orang-orang yang berziarah dan ingin mengetahui lebih lanjut. dan daerah asalnya. Leave a Comment Kalau kita pernah ziarah ke Taman Makam Pahlawan ataupun Taman Bahagia. mAhasiswa. hAm. seringkali kita hanya dapat melihat dan mengenali pusara bernama. eKsekutif. Tagged: budaya. Siapakah dia dan kiprahnya? Hebatnya layanan ini bekerja secara interaktif dan berdasarkan timeline berbasis peta (Google). Posted by Mardoto on 26/05/2009 Posted in: bLog. Sehingga peziarah sering ³lewat´ saja dalam memahami perjuangan dan pengabdian yang dilakukan para pejuang/pahlawan yang diziarahi.S. eValuasi. indonesia.. Namun kalau yang punya sejarah ketokohan kuat memang masih mudah kita dapatkan informasinya perihal kematian dan pengabdiannya. sebab kematiannya. Ini untuk para pahlawan/pejuang yang umum. kEwarganegaraan. tEknologi iNformasi. indonesia. kEpemimpinan. Bagaimana? Ternyata mereka menyiapkan memory online terhadap orang-orang yang dianggap pahlawannya itu dengan menyediakan data online secara interaktif perihal kelahirannya. Kalau kita sudah baca Interactive map tool creates online memorial to U. Lebih dari itu? Nggak banyak informasi yang dapat diperoleh. Khususnya yang menjalankan pengabdiannya ke Irak dan Afghanistan. kEwarganegaraan.

.Itulah sedikit berita terbaru bagaimana warganegara saling menghormati warganegara lain dari suatu negara (Amerika Serikat) dengan cara yang apa mereka bisa lakukan. Cara menghormati pahlawan/pejuang kita dengan cara bagaimana yang terbaik? Ada yang bisa memberikan ide «. Bagaimana di Indonesia? Barangkali kita perlu banyak merenung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful