BIOTEKNOLOGI MODERN

Disusun Oleh : XII IA - 1 Kelompok 1 Kelompok 2 Kelompok 3 Kelompok 4 Kelompok 5

SMA NEGERI 1 SEMARANG Jalan Taman Menteri Supeno 1 Semarang

Di dalam fusi sel diperlukan adanya :  Sel sumber gen  Sel wadah  Fusigen . Transplantasi Inti Pemindahan inti dari suatu sel ke sel yang lain agar didapatkan individu baru dengan sifat yang sesuai dengan inti yang diterimanya. Rekayasa Gen Rekayasa gen merupakan suatu cara untuk memanipulasi gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang diinginkan. Tujuan Untuk menghasilkan makhluk hidup yang baru dengan sifat yang diinginkan atau diharapakan. Dalam rekayasa ini digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. Fusi sel di awali oleh pelebaran membrane dua sel lalu diikuti oleh peleburan sitoplasma dan peleburan inti sel. Penerapan Bioteknologi Modern a. Rekayasa ini disebut juga dengan pencangkokan gen atau rekombinasi gen. Manfaat fusi sel : untuk pemetaan kromosom. dan membentuk spesies baru. Hal itu karena DNA mempunyai struktur yang sama sehingga dapat direkombinasikan. Pengertian Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip ± prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa untuk kepentingan manusia. Fusi Sel Peleburan 2 sel baik dari spesies yang sama maupun berbeda agar terbentuk sel bastar atau hibridioma. Bioteknologi modern ini memanfaatkan prinsip ± prinsip ilmiah melalui penelitian. ii. Dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian ± bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah dan kualitas suatu bahan. membuat antibody monoclonal. 3. 2. Untuk mengubah DNA sel dapat dilakukan dengan cara : i.BIOTEKNOLOGI MODERN 1.

Sifat ± sifat plasmid :  Merupakan molekul DNA yang mengandung DNA tertentu  Dapat beraplikasi diri  Dapat berpindah ke sel bakteri lain  Sifat plasmid pada keturunan bakteri sama dengan plasmid induk iv. telah digunakan mikroorganisme untuk memproduksi hormone. Manfaatnya adalah :  Untuk mendeteksi kandungan hormone kronik gonadotropin dalam urine wanita hamil  Mengikat racun dan menonaktifkannya  Mencegah penolakan tubuh terhadap hasil transplantasi jaringan lain ii. Antibiotika dapat diperoleh dari jamur atau bakteri yang diproses dengan cara tertentu. iii. Tahapan pembuatan hormone insulin :  Penyediaan gen insulin dari DNA manusi  Menyisipkan gen tersebut ke dalam bakteri E. Bioteknologi di Bidang Kedokteran i. Hormon ± hormone yang telah diproduksi misalnya : insulin. iv. Antibody Monoklonal Antibody yang diperoleh dari suatu sumber tunggal. Rekombinasi DNA dapat dilakukan karena mempunyai alasan sebagai berikut :  Struktur DNA setiap makhluk hidup sama  DNA dapat disambungkan b.Colli  Melakukan seleksi sel bakteri yang memiliki gen insulin yang telah disisipkan . Pembuatan Antibiotika Antibiotika adalah suatu zat yang dihasilkan oleh organism terntentu dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan organism lain yang ada di sekitarnya. Vaksin di dapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme tersebut. Rekombinasi DNA Proses penggabungan DNA ± DNA dari sumber yang berbeda. Pembuatan Vaksin Vaksin digunakan untuk mencegah serangan tubuh yang berasal dari mikroorganisme. dan testosterone.iii. Tujuannya adalah untuk menyambungkan gen yang ada di dalamnya. kortison. Teknologi Palsmid Palsmid adalah lingkaran DNA kecil yang terdapat dalam sel bakteri atau ragi di luar kromosomnya. hormone pertumbuhan. Pembuatan Hormon Dengan rekayasa DNA.

hewan. Tanaman transgenic digunakan untuk mendapatkan sifat baru yang sesuai dengan keinginan kita. DNA asing akan dimasukkan ke dalam vektor kloning (agen pembawa DNA). mikroba. bakteri. Contoh : tanaman transgenic yang dapat menghasilkan buah berukuran besar. Pada tahapan kloning gen. atau tanaman lain. Gen yang diinginkan dapat diambil dari tanaman lain. Menginduksi sel bakteri untuk mengekspresikan gen insulin sehingga menghasilkan hormone insulin tersebut  Mengisolasi dan memurnikan hormone insulin tersebut  Menyuntikan pada penderita diabetes melitus c. . jagung. yaitu :  Dilakukan identifikasi atau pencarian gen yang akan menghasilkan sifat tertentu (sifat yang diinginkan). contohnya plasmid (DNA yang digunakan untuk transfer gen). Gen yang ditransfer dapat berasal dari jenis (spesies) lain seperti bakteri. atau virus untuk tujuan tertentu. sifat baru : toleran terhadap hebrisida. Organisme transgenik adalah organisme yang mendapatkan pindahan gen dari organisme lain.dan buah tahan lama (tidak mudah membusuk). virus. Untuk membuat suatu tanaman transgenik. buah tanpa biji. Bioteknologi di Bidang Pangan Ditemukan tanaman pangan dengan sifat unggul yang tidak dijumpai secara alami. cendawan. Setelah gen yang diinginkan didapat maka dilakukan perbanyakan gen yang disebut dengan istilah kloning gen. Tanaman transgenik adalah merupakan aplikasi bioteknologi pada tanamanyang telah direkayasa bentuk maupun kualitasnya melalui penyisipan gen atau DNA binatang. hewan. atau bakteri.

Gen asing yang ingin dimasukkan ke dalam tanaman dapat disisipkan di dalam plasmid Ti. vektor kloning akan dimasukkan ke dalam bakteri sehingga DNA dapat diperbanyak seiring dengan perkembangbiakan bakteri tersebut. Mikroproyektil tersebut akan mengantarkan DNA untuk masuk ke dalam sel tanaman.  Metode elektroporasi. yaitu metode senjata gen. dilakukan seleksi sel daun untuk mendapatkan sel yang berhasil disisipi gen asing.Hasil seleksi ditumbuhkan menjadi kalus (sekumpulan sel yang belum terdiferensiasi) hingga nantinya terbentuk akar dan tunas. suatu vektor (pembawa DNA) untuk menyisipkan gen asing. salah satunya adalah bagian daun.Pada metode elektroporasi ini.Di dalam plasmid Ti terdapat gen yang menyandikan sifat virulensi untuk menyebabkan penyakit tanaman tertentu.Penggunaan senjata gen memberikan hasil yang bersih dan aman.  Metode transformasi yang diperantarai oleh Agrobacterium tumefaciens. maka dapat dilakukan pemindahan ke tanah dan sifat baru tanaman dapat diamati.Selanjutnya sel diberi kejutan listrik dengan voltase tinggi untuk membuka pori-pori membran sel tanaman sehingga DNA asing dapat masuk ke dalam sel dan bersatu (terintegrasi) dengan DNA kromosom tanaman. meskipun ada kemungkinan terjadi kerusakan sel selama penembakan berlangsung.Untuk melakukannya. Metode ini sering digunakan pada spesies jagung dan padi.Setelah DNA asing menyatu dengan DNA tanaman maka sifat-sifat yang diinginkan dapat diekspresikan tumbuhan.[14] Selanjutnya. Apabila telah terbentuk tanaman muda (plantlet). Transfer gen ini dapat dilakukan dengan beberapa metode. Apabila gen yang diinginkan telah diperbanyak dalam jumlah yang cukup maka akan dilakukan transfer gen asing tersebut ke dalam sel tumbuhan yang berasal dari bagian tertentu.Kemudian. Setelah proses transfer DNA selesai. . digunakan senjata yang dapat menembakkan mikro-proyektil berkecepatan tinggi ke dalam sel tanaman. dan elektroporasi (metode transfer DNA dengan bantuan listrik). Bakteri Agrobacterium tumefaciens dapat menginfeksi tanaman secara alami karena memiliki plasmid Ti. Ada 3 metode pada transgenetik pada tanaman :  Metode senjata gen atau penembakan mikro-proyektil. Kemudian. A. metode transformasi DNA yang diperantarai bakteri Agrobacterium tumefaciens. tumefaciens secara langsung dapat memindahkan gen pada plasmid tersebut ke dalam genom (DNA) tanaman. sel tanaman yang akan menerima gen asing harus mengalami pelepasan dinding sel hingga menjadi protoplas (sel yang kehilangan dinding sel). dilakukan proses pengembalian dinding sel tanaman.

intensitas penyinaran. melalui teknik DNA rekombinasi. Eksplan. kualitas sinar. dan sebagainya. karena di dalam media tumbuh terkandung komposisi garam anorganik. dan daun. yaitu : 1. Faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan zat ini adalah konsentrasi. Media tumbuh. dan bentuk fisik media. yaitu suatu teknik untuk mengisolasi. urutan penggunaan dan periode masa induksi dalam kultur tertentu. kotiledon. Dalam kultur jaringan ada beberapa factor yang mempengaruhi regenerasi tumbuhannya. Lalu kita mencari eksplan. 3. Yang penting dalam eksplan ini adalah factor varietas. Bioteknologi di Bidang Sandang Contoh : meningkatkan mutu serat kapas. Bentuk regenerasi dalam kultur in vitro. tanaman kapas mampu menghasilkan serat kapas berwarna dan bersifat lebih kuat.sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman sempurna kembali. Cara atau tahapan untuk menghasilkan kualitas suatu barang atau benda dengan baik sesuai dengan keinginan kita adalah dengan cara proses kultur jaringan dan cloning tanaman. embrio. dan daun) bisa dilakukan dengan cara memotong organ tumbuhan yang di-inginkan. Kalus adalah cikal bakal akar. 5. batang. dan jenis kelaminnya. Eksplan ini akan menggumpal menjadi gumpalan yang bernama kalus. batang. panjang penyinaran. Kalus kemudian ditanam di media tanah dan akan menjadi sebuah tanaman baru. dan ukuran wadah kultur. seperti pucuk adventif atau embrio somatiknya 2. Lingkungan Tumbuh yang dapat mempengruhi regenerasi tanaman meliputi temperatur. zat pengatur tumbuh. sel. Kloning pada sel tumbuhan (baik dari akar. Bagian yang sering menjadi ekspan adalah pucuk muda. protoplasma. jaringan. Zat pengatur tumbuh tanaman. dan organ dan menumbuhkan bagian tersebut pada nutrisi yang mengandung zat pengatur tumbuh tanaman pada kondisi aseptik. mengambil selnya dan memindahkan ke media berisi nutrisi agar cepat tumbuh. yaitu bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan awal untuk perbanyakan tanaman. 4. . Nama lain dari kloning pada tumbuhan adalah kultur jaringan. umur.d.

dikatakan kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik. membentuk organ dan bahkan menjadi tanaman baru. Manfaat : y Mendapatkan bibit yang identik dengan induknya y Dapat dibuat tanaman dengan sifat ± sifat yang dikehendaki y Mendapatkan hasil metabolit sekunder Teknik : Memilih eksplanat ± memilih medium ± persiapan eksplanat. Bioteknologi di Bidang Peternakan Dihasilaknnya hewan transgenic melalui teknologi cloning dan bayi tabung. Sel yang diisolasi akan berkembang potensi dasarnya. Sumber lainnya lagi mengatakan bahwa kloning adalah teknik . Bioteknologi di Bidang Pertanian  Kultur jaringan Kultur jaringan merupakan sebuah proses perbanyakan tanaman secara vegetative dengan memanfaatkan sifat titopotensi sel.  Kloning Kloning berasal dari kata µklon¶ dari bahasa Yunani yang berarti tunas muda. Pada dasarnya kloning adalah teknik penggandaan gen yang menghasilkan turunan yang sama sifat baik dari segi hereditasnya maupun penampakannya. Semua sel mempunyai kemampuan penuh mewariskan informasi genetic tanpa berubah sedikitpun meskipun telah mengalami defferensiasi. medium dan alat ± sterilisasi ± penanaman ekspalant ± multipikasi ekspalant ± aklimatisasi (pemindahan ketempat pembibitan) ± pemindahan ke lapangan tempat penanaman. Dari referensi lainnya.tumbuh dan berkembang manjadi jaringan dewasa. f.Skema proses Kultur Jaringan e.

Kemudian vector mengadakan replikasi dalam sel tuan rumah yang menghasilkan banyak turunan-turunan identik. baik vektornya sendiri. Tiap-tiap sel dalam klon mengandung satu atau lebih kopian molekul DNA rekombinasi. detik ini juga. bias melibatkan dua induk atau satu induk. sampai munculnya isu-isu tentang bayi perempuan bernama Eve yang dikatakan merupakan manusia kloningan pertama yang pernah dibuat oleh manusia. kopi molekul DNA rekombinan diwariskan pada progeny dan terjadi replikasi vektro selanjutnya. gen yang dibawa oleh molekul rekombinasi telah diklon. jaringan atau organisme secara aseksual. hewan kloning ini adalah duplikat yang persis sama baik dari segi sifat dan penampilannya seperti induknya. dapat dikatakan bahwa.. y KLONING PADA HEWAN Contoh : Domba Dolly (Mamalia yang pertama kali dikloning melalui sel induk dewasanya) Kloning hewan adalah suatu proses dimana keseluruhan organisme hewan dibentuk dari satu sel yang diambil dari organisme induknya dan secara genetika membentuk individu baru yang identik sama. dikarenakan adanya kesamaan DNA.  Ketika sel tuan rumah membelah. Diawali dari lahirnya dolly sebagai hewan hasil kloningan pertama. maka dihasilkan koloni atau sel kloningan yang identik. . Tahapan-tahapan dalam mengkloning suatu gen adalah sebagai berikut :  Suatu fragmen DNA yang mengandung gen yang akan dikloning pertama-tama diinsersikan dulu pada molekul DNA sirkular yang disebut sector untuk menghasilkan molekul DNA rekombinan atau chimoera. bahwa kloning adalah suatu cara atau teknik yang menggunakan sel somatik makhluk hidup untuk membentuk turunan baru baik dari satu induk maupun dua induk yang turunannya memiliki materi genetik yang sama sifat baik dari segi hereditas maupun penampakannya yang prosesnya merupakan suatu bentuk reproduksi aseksual.perbanyakan sel. Kloning merupakan salah satu bentuk penemuan dari para ilmuwan untuk dalam rangka perolehan keturunan yang sampai sekarang. Dengan demikian. maupun gen yang dia bawa. maupun sel-sel jenis lainnya yang bisa digunakan. Sehingga dapat disimpulkan. Artinya. terus menerus mendapat pro dan kontra dari masyarakat.  Vektor kemudian bertindak sebagai pembawa DNA rekombinan tersebut untuk masuk ke dalam tuan rumah biasanya berupa bakteri. Setelah terjadi sejumlah besar pembelahan sel.

Proses kloning hewan melalui tahap berikut. . Kadang-kadang proses ini distimulasi oleh manusia menggunakan alat dan bahan-bahan kimia. Reproduksi aseksual pada beberapa jenis organisme dan penemuan mengenai munculnya sel kembar dalam satu telur juga merupakan apa yang disebut dengan kloning.  Sel telur yang sudah dibuahi ini kemudian dimasukkan kembali ke dalam tubuh sel hewan inangnya dan membentuk sifat yang identik. Karena sel domba dewasa ini dianggap sudah tua. dolly pun jadi berumur pendek. Skema kloning pada Hewan Kloning pertama yang berhasil diujicobakan dan bisa bereproduksi adalah seekor domba yang dinamakan Dolly. walau tidak sependek hewan lain hasil kloningan dengan menggunakan sel embrio. maka. yaitu :  Mengekstrak nukleus DNA dari suatu sel embrio  Kemudian ditanamkan dalam sel telur yang sebelumnya intinya sudah dihilangkan.Di alam. sebenernya kloning bisa saja terjadi. Kloning dolly menggunakan sel dari domba dewasa.

Sel ini diambil dari manusia yang hendak dikloning. sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan bayi tabung atau in vitro fertilization.  Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipisahkan dari sel.y KLONING PADA MANUSIA Proses kloning pada manusia. atau perempuan lain yang menjadi ¶ibu tumpang¶. Bayi yang lahir secara biologis merupakan anak suami-istri tadi. Proses kloning manusia dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut :  Mempersiapkan sel stem : suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. walaupun dilahirkan dari rahim perempuan lain. Dalam proses ini. sperma sang suami dicampur ke dalam telur sang istri dengan proses in vitro di dalam tabung kaca. Gambar kloning manusia Setelah sperma tumbuh menjadi embrio. embrio tersebut ditanamkan kembali ke dalam tubuh si ibu.  Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari sukarelawan perempuan kemudian intinya dipisahkan.  Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur .

Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor. Alternatif lain yang dapat dilakukan juga untuk istri yang siklus menstruasinya tidak teratur dilakukan Pill Cross Over . In Vitro Fertilisasi (IVF) merupakan suatu teknik reproduksi berbantu atau tehnik rekayasa reproduksi dengan mempertemukan ovum (sel telur) matang dari istri dengan spermatozoa dari suami di luar tubuh manusia agar terjadi fertilisasi. Terapi Stimulasi .  Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.  Bayi Tabung : Tahapan Bayi Tabung Bayi tabung ini terjadi karena spermatozoa dan ovum tidak dapat bertemu dan melebur karena alasan suatu hal. Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan. FSH. Sebelum dimulainya terapi ini terlebih dahulu pada siklus hari ke 21 dilakukan tindakan trial sounding . Pemeriksaan di tahap pertama ini yaitu pada siklus hari ke 2-5. Pada fase ini kita ingin menciptakan seperti keadaan menopause dengan tujuan untuk mempersiapkan indung telur menerima terapi stimulasi. Prolaktin dan Estradiol. Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio. Tahapan Program bayi tabung akan dilakukan dalam 3 tahap sebagai berikut : 1. yaitu pemeriksaan untuk menilai keadaan anatomi rahim. diawali dengan pemeriksaan hormon LH. Down Regulation adalah suatu fase dimana rangsangan otak terhadap ovarium dihentikan dengan penggunaan obat tertentu. Tahap Persiapan Petik Ovum (Pre-OPU) Pada tahap ini akan dilakukan Terapi Down Regulation dan Terapi Stimulasi. Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI) merupakan suatu teknik reproduksi berbantu atau teknik rekayasa reproduksi dengan cara menyuntikkan satu spermatozoa langsung ke dalam sitoplasma oosit agar dapat terjadi fertilisasi. sehingga memudahkan pemberian terapi injeksi Buserelin Acetate. Terapi Down Regulation dimulai pada H21 dengan dosis tertentu.

Terapi ini bertujuan untuk mempersiapkan rahim menerima implantasi dari embryo yang sudah ditanamkan sehingga embryo dapat berkembang dengan normal. Selain pemberian hCG.Terapi Stimulasi dilakukan untuk merangsang pertumbuhan folikel pada indung telur sehingga jumlahnya bertambah banyak dan meningkatkan kemungkinan memperoleh sel telur matang pada saat operasi petik ovum dilakukan. pasien diberikan terapi obat penunjang. karena pada tandur alih embryo ini pasien tidak perlu melalui proses anastesi. Tahap selanjutnya adalah Terapi Obat Penunjang Setelah proses tandur alih embryo berhasil dilakukan. pasien juga dapat diberikan progesterone secara oral selama 15 hari atau penggunaan vagina gel yang digunakan tiap malam sebelum tidur. Prosesnya biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Tahap Operasi Petik Ovum (Ovum Pick Up/OPU) Operasi Petik Ovum dapat dilakukan jika sudah terdapat 3 atau lebih folikel dengan diameter 18 mm. Sebagai acuan pada pasien berusia sama atau <= 30 tahun maka biasanya jumlah embrio yang ditandur alihkan adalah 2. . Tahap Post OPU Tahap yang terakhir dalam program bayi tabung adalah Tandur Alih Embryo (Embryo Transfer) yang kemudian dilanjutkan dengan Terapi Obat Penunjang Kehamilan. Tandur Alih Embryo adalah proses memasukan 2 atau maksimum 3 embryo yang sudah diseleksi ke dalam rahim dengan cara menyemprotkannya secara perlahan ke dalam rahim melalui leher rahim dengan menggunakan alat bantu kateter dan USG. Kadar E2 juga terus dipantau dan harus mencapai 200pg/ml/folikel. TAHAPAN BAYI TABUNG SECARA SINGKAT  Sel telur yang mengalami ovulasi pada induk atau wanita diambil dengan suatu alat dan disimpan pada tabung yang berisi medium. 2. Pada tahap ini pasien diberikan suntikan hCG . Jika usia lebih dari 30 tahun maka jumlah embrio yang dtandur alih adalah 3. seperti kondisi yang ada pada kondisi rahim wanita hamil. Proses ini merupakan proses yang sederhana sehingga tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan pasien seperti halnya operasi petik ovum. 3.

iii. h. Thiobacillus ferrooxidans adalah salah satu dari spesies khemolititrof (bakteri pemakan batuan) yang berperan dalam mengekstrak berbagai jenis logam. Bioteknologi di Bidang Lingkungan  Contoh : penggunaan bakteri transgenic Pseudomonas pulida untuk mendegradasi limbah kimia di perairan. Disinilah banyak ditemukan bakteri. dan memperoleh energi dari pemecahan bahan kimia tersebut. seperti besi dan belerang. Pestisida biologi. ke dalam larutan itu ditambahkan larutan asam sulfat sehingga terjadi reaksi antara tembaga dan asam sulfat membentuk tembaga sulfat (CuSO4). ii. Melalui proses tersebut diperoleh tembaga murni yang telah terpisah dari bijihnya. logam besi ditambahkan ke dalam larutan tersebut sehingga besi akan bereaksi dengan tembaga sulfat untuk melepaskan tembaga tersebut. Bijih logam tembaga berkualitas rendah yang dikenal sebagai larutan peluluh. Bioteknologi di Bidang Pertambangan Contoh : untuk memperoleh biji tembaga dikerahkan bakteri Throbacillus ferrokidans. Seluruh proses itu dibantu oleh bakteri Thiobacillus ferrooxidans. Kemudian. g. maka embrio tersebut akan disusun kembali ke dalam rahim induknya semula. Setelah sel telur yang sudah dibuahi tersebut dikembangkan ke dalam tabung. Proses pemisahannya sebagai berikut: i. berupa mikroorganisme yang mengurangi populasi hama. kerusakan lingkungan akibat penyemprotan ladang pertanian dengan bahan kimia pestisida yang beracun. Zigot berkembang menjadi embrio. Khemolitotrof memperoleh energinya dari oksidasi zat organik karena dapat mengekstrak karbon secara langsung dari karbondioksida di atmosfer.  Jika sel telur yang sudah dibuahi disebut zigot. Setelah itu. Salah satu contoh bakteri pemisah logam ini adalah bakteri Thiobacillus ferooxidans yang digunakan untuk mengekstraksi tembaga dari bijih tembaga. Proses sintesis ini dikenal dengan sebutan kemosintesis. Energi tersebut digunakan untuk sintesis karbon dioksida dan air menjadi zat-zat organik. Bakteri ini tumbuh subur dalam suasana asam dan tanpa zat organik. ditimbun. iv. mulai mengganti bahan-bahan kimia dalam perang melawan insekta pemakan . Bakteri ini hidup dari zat-zat anorganik. Sel telur dipertemukan dengan sperma dibwah mikroskop dan diamati sehingga terjadi fertilisasi. Beberapa dari pengembangan penggunaan mikroorganisme yang lebih mutahir membantu melindungi lingkungan dari kerusakan yang serius. Misalnya.

. tangki pengumpul dimasukkan ke dalam tangki pencerna. Biogas merupakan gas metana yang diproduksi oleh mikroorganisme di dalam medium kotoran ternak. Kotoran ternak dicerna oleh mikroorganisme menjadi gas metana yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah sebagai penghasil energi. Oleh karena itu. kemudian diaduk. Salah satu energi yang dikembangkan melalui bioteknologi saat ini adalah biogas. persediaan bahan bakar makin menipis. Sedangkan. Dalam UPL biologis. bakteri pencerna dimasukkan ke dalam bak berisi limbah yang diberi aerator (alat pemasok udara) untuk memasukkan oksigen yang berguna untuk pernapasan bakteri secara aerobik. Setelah rata. Limbah akan terurai dan dapat dibuang ke lingkungan setelah air dipisahkan dari endapan limbah yang tidak berbahaya. Pengolahan limbah secara biologis merupakan pengolahan limbah dengan menggunakan bakteri untuk mencerna limbah tersebut.  Penghasil Energi Saat ini. Limbah industri harus diolah terlebih dahulu melalui Unit Pengolahan Limbah (UPL) sebelum dikeluarkan ke lingkungan agar tidak terjadi pencemaran. Pengolahan limbah dengan cara ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan lebih ramah lingkungan. Cara pembuatannya adalah campuran kotoran ternak dan air dimasukkan pada tangki pengumpul. limbahnya dapat digunakan sebagai pupuk.tumbuhan pertanian yang setiap tahun merusak sepertiga dari persediaan makanan manusia di bumi ini. para ahli berusaha mencari solusi untuk menyelesaikan masalah energi melalui bioteknologi sehingga dapat diperoleh energi yang aman dan tersedia secara lestari.