Tata Boga

Font Size

Latar Belakang Prodi Tata Boga adalah salah satu prodi yang berada di SMK Negeri 3 Kota Tangerang dan satu-satunya prodi negeri yang ada di Provinsi Banten . Berdiri pada tanggal 13 September 1975 seiring berdirinya Sekolah Kejuruan sebagai filial II SKKA Jakarta berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Menengah Kejuruan Nomor : 0298/O/1978 yang berlokasi di Jl. Moh Yamin, SH – Tangerang. Lulusan Prodi Tata Boga dirancang khusus dan profesional sebagai lulusan yang dibutuhkan dunia kerja/Industri berstandar Nasional dan Inernasional dengan pembekalan pelatihan di dunia usaha/ industri ( Prakerin) Dalam dan Luar Negeri serta didampingi oleh Tim Pengajar yang berpengalaman dan profesional yang telah bersertifikat Nasional dan Inernasional.

Profil Tamatan Prodi Tata Boga
Tantangan para lulusan diperhitungkan akan semakin meningkat, untuk itu para siswa perlu dipersiapkan secara serius dalam berbagai program kejuruan dengan mempertajam kemampuan adaptif, sejalan dengan kebutuhan kompetensi baik yang bersifat personal maupun sosial. Adapun kompetensi personal itu meliputi kreatifitas, ketekunan, kemampuan memikul tanggung jawab, memiliki sikap profesional, memiliki kemampuan kejuruan, dan memiliki rasa percaya diri serta memiliki kecerdasan emosional. Sedangkan kompetensi sosial ialah kemampuan untuk bekerja secara efisien dalam kelompok. Para lulusan diharapkan secara bertahap dimasa yang akan datang dapat menguasai kualifikasi kompetensi tersebut di atas.

Keunggulan dan Fasilitas
o o o o o

Prodi Tata Boga memiliki dapur latih yang memadai serta memiliki peralatan pengolah yang sesuai dengan standar industri Didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman dibidangnya Menggunakan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) 2010 - 2011 Didukung dunia usaha dan dunia industri berstandar Nasional dan Internasional Menjurai lomba kompetensi dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional

Jumlah industri yang saat ini tergabung sekitar 25 ( Dua puluh lima ) industri. sekolah membantu memfasilitasi penempatannya. Yang memiliki kwalifikasi pendidikan sebagai : o o o o Cook helper Steawerd Waiter/Waitres Asisten Baker Dunia Usaha / Dunia Industri Seiring dengan visi dan misi Smk Negeri 3 Kota Tangerang. Untuk pelaksanaan PKL atau PSG dalam bentuk magang ini diatur sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah . Prodi Tata Boga memiliki kompetensi keahlian Jasa Boga dan Patiseri.Kwalifikasi Pendidikan Prodi Tata Boga Berdasarkan Spektrum 2008. Lama Praktek Kerja Industri dilaksanakan selama 4-6 bulan sesuai dengan kompetensi siswa. Pelaksanaan prakerin dalam bentuk magang tersebut di kelas XI cawu 4 sesuai dengan kondisi dan kesediaan tempat yang terdapat di dunia usaha / industri. sehingga dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di sekolah. maka dalam rangka mewujudkan misi tersebut prodi tata boga berusaha untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dengan mempertahankan kerjasama dengan berbagai dunia usaha / industri yang tersebar diseluruh kota Tangerang dan Jakarta serta beberapa industri di Luar Negeri. tempat tersebut dimanfaatkan oleh para siswa prodi Tata Boga untuk menimba ilmu pengetahuan yang ada di lapangan kerja. baik industri Restoran yang ada di Hotel maupun industri Catering Aerowisata. yaitu melaksanakan pendidikan menengah kejuruan dengan standar Internasional yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia usaha dan industri.

Katering Tata boga melayani pesanan catering berupa snack dan nasi dus untuk rapat.Tata Boga Program yang sudah dijalankan 1.proses pembuatan dan sampai dengan cara pendistribusian kekonsumen.makanan . Ketrampilan lainnya adalah membuat produk produk home industri.hal ini agar anak bias terampil dalam hal memasak untuk kehidupan sehari-hari.berkeluarga dan bermasyarakat.makanan selingan.dengan begitu praktek nyata dapat diterapkan dan hal ini dapat menjadikan anak-anak bersemangat. Jadi hal-hal yang dapat ditemp-uh dengan mengikuti pelatihan dan pembekalan untuk wira usaha katering Gbr display catering Gbr nasi dus 3.kantin kantor. Ketrampilan Tata boga memberikan pelatihan kepada siswa yang siap ajar untuk diberikan ketrampilan memasak sesuai dengan silabus dan rpp yang dibuat pada semester ini.hal ini bertujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya dan dapat mengandalkan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat.contoh kumpulan makanan ringan.produksi relur sain ini sudah rutin seminggu dua kali dengan system pemasaran yang baik 1. dan jamuan prasmanan.makanan pokok. Membuat buku atau bendel resep Mengumpulkan berbagai resep yang ada di internet sebagai bahan ajar.ketrampilan ini diberikan secara maksimal dari penyediaan bahan mentah. jenis ketrampilan yang sudah dapat menghasilkan adalah telur asin yang dipasarkan di dayu park.pernikahan.aqiqoh.hasil yang baik dan menawarkan inovasi menu makanan yang baik dan bervariasi.harapan kedepan tata boga catering ini dapat berkembang dengan maksimal dengan memberikan pelayanan.kantin pabrik dan kantin sekolah.syukuran.dan sumber informasi untuk umum yang dikelompokkan dengan jenis dari resep masakannya.makanan kering.

ibu pkk.kantin.dan masyarakat umum.kendalanya adalah unit tata boga belum mempunyai ijin depkes yang dapat berguna untuk melegalkan produk yang akan kami produksi.waluh. Sasaran: Dharma wanita. Produk yang kami hasilkan adalah kue semprong dari sukun. Program yang ditawarkan: .dan umbi2an.untuk itu disiapkan instruktur yang sesuai dengan basicnya untuk program yang ditawarkan.selain itu melayani pesanan dalam jumlah besar dan kecil.koperasi dan stand sebagai media pemasarannya. Alat yang digunakan Gbr cetakan kue semprong electrik 1.hal ini untuk menambah pembedaharaan materi dan perpustakaan di SLB Negeri Sragen.pasar.dengan adanya ijin produksi kepercayaan konsumen akan lebih bertambah.basah(kudapan). Pelatihan /kursus (CITRA BOGA BAKING CENTER) Unit tata boga memberikan progam pelatihan yang bertujuan memcetak wira usaha baru yang bersifat edukasi dan pelayanan kepada pelangan citra boga baking center.selain itu untuk memberikan kemandirian kepada peserta pelatihan dalam kehidupan berwira usaha mereka.siswa sekolah smu dan smkk. PROGAM YANG AKAN DATANG 1.produk yang akan dibuat berbahan local yaitu dari bahan umbi-umbian. Home industri Unit tata boga berencana untuk memproduksi makanan untuk disetorkan ke market.aneka minuman dingin/ panas dan bermacam –macam kenis ketrampilan membuat makanan untuk home industri.

4.progaram ini dibuat untuk menunjang terapi anak autis yang harus ditangani secara holistic. KONSULTASI GIZI Unit tata boga membuka program konsultasi diet sehat anak autis.1.karena anak autis tidak dapat mencerna dengan baik zat yang mengandung kasein(protein susu )dan gluten yaitu protein tepung. . Bread making Cake making Noodle making Oriental cooking klass Kontinental cooking klass Aneka kudapan Untuk menunjang program ini diperlukan intruktur dari luar atau dari tata Boga dapat mengikuti pelatihan atau workshop di bidang ketrampilan terkait di lembaga pendidikan ketrampilan yang berkompeten dan releva Alat yang digunakan adalah: 1.jadi perlukan pengetahuan pengaturan menu yang baik sesuai dengan bahan yang aman yang diperlukan oleh anak autis.dan sangat erat hubungannya dengan pola makan yang sehat untuk anak auntus dengan berhasilnya terapi pada anak autis.jadi disini akan diberikan variasi menu sehat dari jenis makanan yang berat sampai dengan makanan ringan. 2. 6. 5. 3.

Tujuan Pembelajaran Bidang Boga Penyusunan tujuan pembelajaran dilakukan untuk menentukan arah dan sasaran kegiatan belajar agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. MKBS dan MKPP dan sudah dipaparkan pada bagian pendahuluan. Pembelajaran Bidang Boga bagi Mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga Pencapaian tujuan jurusan PKK yang dijabarkan melalui struktur kurikulum meliputi MKDU. Sesuai dengan tujuan khusus yang mengacu pada karakteristik setiap mata kuliah bidang studi (MKBS). Pada umumnya MKBS dan MKPP merupakan mata kuliah yang terdiri dari materi teori dan materi praktikum dengan perbandingan 60% teori dan 40% praktikum. Selain itu. II. Kata Kunci : Bidang boga. lulusan jurusan PKK sebagai tenaga ahli diharapkan siap memasuki era industrialisasi seperti mampu bekerja di bidang industri boga atau mampu membuka usaha sendiri di bidang boga. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) memiliki misi memenuhi kebutuhan pembangunan khususnya dalam menghasilkan tenaga kependidikan teknologi dan kejuruan dengan berorientasi pada keterpaduan pendidikan akademis dan profesional. sedangkan yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah angkatan 2003 yang berjumlah 41 orang. salah satunya adalah merintis usaha Home Industri bidang boga. home industri I. Pendahuluan Dalam era UPI – BHMN. salah satunya adalah jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Dengan demikian jurusan PKK harus mampu menghasilkan tenagatenaga yang memiliki daya adaptabilitas dengan perkembangan ilmu dan teknologi dan seni sehingga mereka dimungkinkan untuk feksibel dalam menghadapi bermacam-macam pekerjaan serta siap memasuki era globalisasi. Upaya yang dilakukan untuk mencapai misi tersebut. Instrumen penelitian menggunakan teknik angket untuk memperoleh data pendapat mahasiswa tentang manfaat setelah menyelesaikan pembelajaran bidang boga selama 4 semester dan teknik observasi untuk memperoleh data tentang mahasiswa yang merintis usaha Home Industri bidang boga. Jurusan PKK menyelenggarakan dua program studi yaitu Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga dan Spesialisasi Pendidikan Tata Busana. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PKK Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga. Mahasiswa jurusan PKK telah dipersiapkan untuk menghadapi berbagai macam pekerjaan dengan dibekali pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan oleh setiap mahasiswa untuk mengantisipasi semakin tingginya tingkat persaingan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan. MKPP berfungsi untuk mengembangkan penguasaan serta kemampuan yang lebih dalam dan luas. disamping Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Mata Kuliah Dasar Keguruan (MKDK) dan Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MKPBM). Setiap paket pilihan MKPP terdiri dari lima mata kuliah dengan bobot 10 sks. Oleh karenanya salah satu rekomendasi yang ditujukan pada Jurusan PKK adalah menambahka mata kuliah Kewirausahaan dalam struktur kurikulumya agar dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada magasiswa. b. FPTK memiliki empat jurusan. Berbagai pengetahuan dan keterampilan tersebut. Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih salah satu paket sesuai minatnya. Tujuan umum pembelajaran bidang boga adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membina sikap mahasiswa agar mampu dan terampil melaksanakan serta mengembangkan program pembelajaran bidang boga. tetapi ternyata upaya penciptaan lapangan kerja dengan merintis usaha Home Industri bidang boga merupakan peluang yang cukup menjanjikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : mahasiswa Program Studi Spesilisasi Pendidikan Tata Boga merasakan manfaat pembelajaran bidang boga yang telah diterimanya karena lebih dari setengahnya sudah mulai merintis usaha home industri. nilai dan sikap sebagai tenaga kependidikan teknologi dan kejuruan. Pendidikan akademis ditekankan pada penguasaan bidang teknologi dan kejuruan sedangkan pendidikan profesional pada penguasaan bidang kependidikan. Kurang dari setengahnya. MKDK. MKPBM. materi pembelajaran bidang boga yang termasuk dalam MKBS diantaranya adalah : . Jurusan PKK tidak hanya mempersiapkan individu yang mampu mengisi lapangan kerja tetapi juga menyiapkan idividu yang mampu menciptakan lapangan kerja baru. a. sedangkan tujuan khususnya merupakan penjabaran dari tujuan umum yang mengacu pada karakteristik setiap mata kuliah bidang boga (MKBS dan MKPP). Tujuan pembelajaran dapat tersusun menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. MKPP terdiri dari dua paket pilihan yaitu Paket Usaha Patiseri dan Paket Jasa Katering.PEMBELAJARAN BIDANG BOGA SEBAGAI UPAYA PERINTISAN HOME INDUSTRI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI SPESIALISASI PENDIDIKAN TATA BOGA JURUSAN PKK FPTK – UPI AGNES SRI WARSITANINGSIH ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa output Jurusan PKK Program Studi Spesialisasi pendidikan Tata Boga tidak dapat selalu mengandalkan pada profesi guru sebagai bidang pekerjaan yang ditekuninya. walaupun berminat merintis usaha home industri namun merasa belum berani dan kurang percaya diri. diwujudkan dalam berbagai Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS) dan Mata Kuliah Pendalaman dan Perluasan (MKPP) yang merupakan mata kuliah paket pilihan. Jurusan PKK sebagai bagian dari FPTK bertujuan mendidik mahasiswa menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional.

dosen diwajibkan membuat hand out. Patiseri I (Cake & Pastry). sedangkan materi MKPP Paket Pilihan Usaha Patiseri adalah : Manajemen Usaha Patiseri. Teknologi Peralatan Boga. Patiseri IV (Candy). Evaluasi Pembelajaran Menurut Oemar Hamalik (1990 : 259) bahwa “Evaluasi adalah suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pengajaran”. Laboratorium Boga : Jurusan PKK memiliki dua buah laboratorium dengan perlengkapan dan peralatannya yaitu laboratorium Patiseri untuk mata kuliah Paket Usaha Patiseri dan laboratorium Tata Boga untuk mata kuliah Paket Jasa Katering. penyajian dan berbagai kemasan. Selain ketiga metoda pembelajaran tersebut. Proses interaksi ini akan berjalan baik jika mahasiswa lebih aktif dibandingkan dengan dosen. pengolahan. e. c. Evaluasi menduduki peran yang sangat penting karena prestasi mahasiswa akan diketahui setelah menyelesaikan proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu serta berfungsi sebagai umpan balik untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Teknologi Makanan. d. Meletakkan dasar-dasar yang konkrit untuk mengurangi verbalisme b. Mikrobiologi. Metoda tersebut digunakan untuk memperoleh suatu keterampilan dan memberikan pengalaman nyata yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. metoda pembelajaran yang biasa dilakukan untuk materi teori adalah metoda ceramah bervariasi yang dipadukan dengan tanya jawab dan pemberian tugas. Bahan Ajar : Sebagai bahan ajar. Makanan Kontinental. Selain itu. white board dan perlengkapan tulis menulis. resep-resep. Sumber Pembelajaran Sumber pembelajaran adalah semua fasilitas yang diperlukan dan digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. sedangkan mahasiswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Penggunaan media bertujuan agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara tepatguna dan berdayaguna sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan serta dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar. Pengetahuan Bahan Makanan. didatangkan tamu sumber dari para praktisi bidang boga. sedangkan media untuk materi praktikum adalah benda-benda nyata yaitu bahan makanan dan peralatan mulai dari peralatan persiapan. Katering Pelayanan Industri. Evaluasi bidang boga diberikan dalam bentuk tes tertulis dalam UTS dan UAS serta tes unjuk kerja setelah . Membantu tumbuhnya pengertian dan membantu kemampuan berbahasa Jenis media pembelajaran yang biasa digunakan untuk materi teori adalah papan tulis. Kimia Umum. Ilmu Gizi. Uzer Usman (1993 : 31) sebagai berikut : a. diharapkan bahwa metoda pembelajaran yang digunakan dalam memberikan MKBS dan MKPP. Metoda mengajar ialah cara yang dipergunakan guru dalam meng-adakan hubungan dengan siswa saat berlangsungnya pengajaran (Nana Sudjana. Katering Pelayanan Rumah Tangga. Makanan Oriental. Laboratorium Komputer dan Perpustakaan : Sebagai kelengkapan fasilitas agar dapat meningkatkan mutu lulusan. Media Pembelajaran Media pembelajaran sangat berperan sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. dilakukan pula metoda demonstrasi dan eksperimen sehingga mahasiswa dapat meg-analisis kegagalan dan keberhasil-an dalam menghasilkan produk boga yang mereka lakukan. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu e. Disamping itu mereka pun ditingkatkan keterampilannya dalam bidang boga dengan mengikuti pelatihanpelatihan di bidang boga. Tamu Sumber : Guna meningkatkan mutu pembelajaran. gambar-gambar. Berdasarkan kutipan tersebut. Patiseri III (Cookies & Small Cake). Katering Pelayanan Lembaga. Mencipta Resep. Metoda pembelajaran yang baik bila dapat menumbuhkan kegiatan belajar mahasiswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. digunakan berbagai literatur baik literatur berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Dietetika.Pengetahuan Dasar Tata Laksana Makanan. MKPP Paket Pilihan Usaha Katering adalah : Manajemen Usaha Katering. Manfaat media pengajaran yang diungkapkan dalam Ency-clopedia of Education Research yang dikutip oleh M. Keberhasilan metoda pembelajaran ini sangat tergantung pada teknik dosen dalam memberikan informasi dan mengajukan pertanyaan. seperti pengusaha katering dan pengusaha home industri bidang boga. Sesuai dengan sifat mata kuliah bidang boga yaitu materi teori dan materi praktikum. Memperbesar perhatian siswa Membuat pelajaran lebih menetap dan tidak mudah dilupakan. Patiseri II (Bread & Convenience Food). Manajemen Usaha boga. Katering Pelayanan Pesta. OHP (Overhead Projector) dengan transparansinya. 1997 : 76). Kimia Makanan. Sanitasi dan higiene bidang boga. c. Sumber pembelajaran bidang boga di jurusan PKK FPTK UPI meliputi : Dosen : Semua dosen Tata Boga memiliki latar belakang pendidikan S2 bidang kependidikan dan ilmu murni. bagan-bagan dan sebagainya. akan terjadi interaksi edukatif yaitu :dosen berperan sebagai penggerak dan pembimbing. mahasiswa diwajibkan melakukan pengayaan diri dengan cara mencari sumber bacaan dari internet dan perpustakaan. modul dan job sheet sebagai kelengkapan program pembelajar-an disamping penyusunan silabus dan SAP. Metoda pembelajaran yang biasa dilakukan untuk materi praktikum adalah metoda pemberian tugas dan latihan (drill) serta praktek lapangan. f. Makanan Indonesia dan Daerah. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa d. Metoda Pembelajaran Metoda pembelajaran diperlukan guna menunjang kelancaran pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

tata cara menghidangkan. opak. makanan kontinental. makanan Indonesia daerah. ilmu gizi. teknologi pembuatan minuman. mengetahui dan memahami berbagai jenis peralatan boga dan cara memilihnya disesuaikan dengan sifat bahan makanan yang akan diolah. produksi dan pemasarannya. rangginang (kue tradisional). Secara lebih ter-perinci pendapat mahasiswa ter-sebut akan dipaparkan sebagai berikut : 1. Dua jenis usaha bidang boga yaitu : usaha produk boga dan usaha jasa boga. kostan. memadukan serta menyajikan berbagai jenis hidangan daerah dan hidangan dari negara-negara kontinental dan oriental. penyusuan menu. Jenis usaha bidang boga yang dapat dipilih dalam bentuk home industri diantaranya : a) Usaha produk boga : • pabrik roti. Manfaat kognitif yang dirasakan oleh mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga setelah menempuh mata kuliah-mata kuliah tersebut adalah : a). patiseri dasar. cermat dan cekatan dalam menghidangkan pembuatan minuman dan aneka makanan siap hidang. Manfaat afektif yang dapat diterapkan adalah : a). Paket Usaha Patiseri dan Paket Jasa Katering baru dijalani pada semester ganjil tahun 2005 ini dengan satu mata kuliah yaitu mata kuliah Manajemen Usaha Patiseri atau mata kuliah Manajemen Usaha katering. Ciri-ciri home industri menurut M. c). b). alat. dsb • pabrik permen. maka kesempatan untuk membuka usaha bidang boga sangat luas. Home Industri Bidang Boga Usaha home industri atau industri rumah tangga bidang boga memiliki prospek yang cerah karena selama orang masih membutuhkan pangan untuk kelangsungan hidupnya. dapat dikatakan bahwa home industri bidang boga termasuk industri kecil tradisional yang masih menggunakan alat produksi sederhana yang telah digunakan secara turun temurun. berkembang pula jenis usaha campuran yaitu usaha produk boga yang juga memberikan jasa pelayanan dalam bidang boga.Perintisan Home Industri Bidang Boga oleh Mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga Mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga angkatan 2003 yang berjumlah 41 orang. dsb IV. Tohar (2000 : 73) antara lain adalah : Peralatan produksi pada umum-nya sederhana Pada usaha masih bersifat tra-disional Struktur usaha bersifat tradisi-onal Melayani pasar lokal Masih memerlukan bimbingan kewirausahaan Masih memerlukan bantuan pengadaan dan pemasaran Mengkaji kutipan tersebut. teknologi peralatan boga. disiplin dalam melakukan table . Mengetahui dan memahami teknik dan seni mendekorasi hidangan agar menjadi lebih menarik dan indah. e). b). d). 31 orag diantaranya memilih Paket Jasa Katering dan sisanya berjumlah 11 orang memilih Paket Usaha Patiseri. c).mahasiswa menyelesaikan program praktikumnya. Sesuai dengan mata kuliah bidang boga yang telah ditempuh sebanyak ± 19 mata kuliah. teknik pembuatan minuman dan aneka makanan siap hidang serta teknik dasar pembuatan aneka adonan. coklat. makanan oriental dan seni dalam TLM. Mahasiswa tersebut baru menjalani semester V dan rata-rata sudah menyelesaikan 80 sks. dsb b) Usaha Jasa Boga : • Katering yang melayani rumah tangga • Katering yang melayani lembaga misalnya asrama. Usaha industri rumah tangga ini dapat melibatkan seluruh anggota keluarga dalam pengelolaan. Pada umumnya setuju dan telah dapat dirasakan manfaatnya. pengetahuan bahan makanan. Tujuan pembelajaran bidang boga. mengetahui dan memahami berbagai jenis hidangan dari daerah-daerah di Indonesia dan negara-negara orienttal dan kontinental serta “table set up” dan “Table manner” nya masing-masing. sebagian besar merupakan mata kuliah yang diarahkan pada kemampuan dasar bidang boga seperti mata kuliah pengetahuan dasar tata laksana rumah tangga. kreatif dalam menentukan. mengetahui berbagai jenis bahan makanan dan caracara memilih berbagai jenis bahan makanan. d). pengetahuan makan-an siap hidang. dasar tata hidang. dsb • Katering yang melayani industri (perusahaan) • Katering yang melayani syukur-an/pesta • Warung nasi s/d rumah makan • Cafe • Kantin c) Usaha boga campuran : • toko kue kering • toko kue tradisional • toko kue kontinental. 2. III. Walaupun MKPP baru dijalani satu mata kuliah saja. mengetahui dan memahami persyaratan penyusunan menu. dsb • pabrik kerupuk. kue kering. bersikap hati-hati dan teliti dalam pemilihan bahan makanan. namun ternyata para mahasiswa sudah merasakan manfaat yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran bidang boga. sedangkan MKPP. Dalam perkembangannya saat ini. Materi pembelajaran bidang boga. cake.

lebih terampil dalam pemilihan bahan makanan dan peralatan untuk berbagai keeperluan. mengujicoba resep makanan yang sedang “trend”. Bagi Jurusan PKK. kurang percaya diri dan tidak berani menanggung resiko bila mengalami kegagalan dalam mengelola usaha home industri. c) teliti dalam menentukan kemasan pada usaha home industri yag akan dirintis. d). media. 5. mikrobiologi dan manajemen usaha patiseri/manajemen jasa katering (paket pilihan). simulasi. c). c). 2. dalam struktur kurikulumnya perlu ditambahkan mata kuliah Kewirausahaan agar dapat lebih memotivasi mahasiswa sehing-ga dapat menumbuhkan jiwa wirausaha. Bagi mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga. Evaluasi Pembelajaran Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk tertulis pada waktu UTS dan UAS. berlatih mengolah berbagai jenis produk boga. diantaranya ceramah dan tanya jawab. Mahasiswa Program Spesialisasi pendidikan Tata Boga berpendapat bahwa sejumlah ± 19 mata kuliah bidang boga yang telah ditempuh sangat bermanfaat dalam membekali mereka dengan kemampuan dasar bidang boga dan pengembangannya sehingga menumbuhkan minat untuk merintis usaha home industri bidang boga. pengolahan dan penyajian. peralatan boga mulai peralatan persiapan. terampil dalam merencanakan usaha home industri yang akan dirintis dengan matang dan lengkap. Kesimpulan dan Saran Atas dasar paparan yang telah dikemukakan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. mengujicoba sampai berhasil salah satu produk boga yang diminati untuk dijadikan produk usaha home industri. d) terampil menentukan jenis dekorasi hiding-an untuk berbagai kesempatan. benda nyata.set up. Manfaat psikomotor yang dilakukan adalah : a). b). Manfaat kognitif yang dirasakan setelah menempuh empat mata kuliah tersebut adalah : a). Atas dasar paparan dan kesimpulan yang telah dikemukakan. Manfaat afektif yang dapat diterapkan adalah : a). Media Pembelajaran Bidang Boga Media yang digunakan oleh dosen waktu menyampaikan pembelajaran bidang boga seluruhnya menggunakan white board dengan alat tulisnya. sedangkan penilaian praktikum dilakukan dalam bentuk tes ujuk kerja. gambar-gambar. mereka merasa belum berani. Dari 41 orang mahasiswa Program Studi Spesilisasi Pendidikan Tata Boga lebih dari setengahnya telah mulai merintis usaha home industri bidang boga dengan mulai mengumpulkan resep baik masakan. terampil menentukan jenis produk yang akan dijual sesuai dengan pangsa pasarnya. kapang. OHP dengan transparansinya. mengetahui dan memahami berbagai cara pengawetan makanan. e). d) terampil mengemas produk dengan berbagai jenis kemasan agar tampil menarik. 3. disampaikan beberapa saran sebagai berikut. pemberian tugas. b). kadang-kadang diskusi. 4. c). d) teliti dan hati-hati dalam mengemas produk agar tetap aman dikonsumsi bila merintis home industri. walaupun berminat merintis usaha home industri. b). fasilitas dan evaluasi yang digunakan telah dapat memberikan motivasi dan semangat untuk merintis usaha home industri bidang boga. bahkan telah ada mahasiswa yang membuka usaha cafe. mengetahui dan memahami ber-bagai jenis usaha boga. terampil memilih dan menentukan jenis home industri sesuai dengan modal material dan non material yang dimiliki. mahasiswa ditugaskan untuk pengayaan dengan mencari bahan dari internet dan perpustakaan serta membaca majalah atau sumber lain yang membahas tentang bidang boga 6. mendatangkan tamu sumber. bersikap kritis dalam menentukan jenis produk yang akan dijual waktu merintis home industri. Bagi dosen Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga. terampil membuat resep-resep standar untuk keperluan merintis home industri kelak. tertib dalam cara mengolah berbagai jenis hidangan. Kurang dari setengahnya mahasiswa Program Studi Spesilisasi Pendidikan Tata Boga. mengolah da menghidangkan utuk berbagai keperluan. makanan sepinggan dan sebagainya. Dari segi perintisan home industri bidang boga. diharapkan terus memupuk minatnya dalam merintis usaha home industri dengan membaca buku tentang kiat-kiat usaha. mengetahui dan memahami tahapan dalam mengelola usaha boga baik dalam skala kecil maupun skala besar. bersikap rasioal dalam memilih dan menentukan jenis home industri yang akan dirintis. cermat dalam merancang home industri yang akan dirintis. 2. bakteri dan benda-benda lainnya yang dapat mencemari makanan. bagan dan sebagainya disesuaikan dengan mata kuliah masing-masing. disamping kemampuan dasar bidang boga yang telah dimiliki dari MKBS. Daftar Pustaka . c). demonstrasi dan latihan pada waktu praktikum. terampil melayani makanan dan minuman untuk tamu. e). Mengetahui dan memahami berbagai jenis jamur. 3. 1. b). teknologi makanan. kue-kue. diharapkan selalu mendorong mahasiswanya agar lebih percaya diri dengan membimbing dan memberikan penguatan bila mereka berhasil ataupun mengalami kegagalan 3. Mengetahui dan memahami cara mendeteksi makanan yang tercemar. table manner dan seni mendeko-rasi hidagan. bahan ajar. e). Metoda Pembelajaran Bidang Boga Metoda yang digunakan oleh dosen dalam memberikan pembelajaran bidang boga dirasakan cukup efektif karena telah meng-gunakan berbagai metoda baik untuk pembelajaran materi teori maupun praktikum. Bahan Ajar Selain literatur wajib. mahasiswa Program Studi Spesialisasi Pendidikan Tata Boga merasakan manfaatnya terutama dari mata kuliah-mata kuliah manajemen usaha boga (MUB). 4. V. Dosen bidang boga dengan metoda. terampil merencanakan. resep. Manfaat psikomotor yang dapat dilaksanakan adalah : a). mengumpulkan peralatan dan menerima pesanan baik masakan maupun kue-kue untuk kesempatan tertentu.

Skripsi Jurusan PKK – tidak diterbitkan Tim Penyusun Kurikulum Jurusan PKK (1993). PT. Bandung. Penerapan Hasil Belajar Manajemen Usaha Katering pada Pelaksanaan Praktek Katering Pelayanan Rumah Tangga. Skripsi Jurusan PKK FPTK – tidak diterbitkan Nina Ariani (2003). Pendapat Alumni Sanggar Kegiatan Belajar Tentang Pembelajaran Bidang Boga sebagai Kesiapan Usaha Home Industr Bidang Pastry. Bandung. Bandung.Pd. Struktur Kurikulum. Bandung. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya.Hamalik. Dra. Remaja Rosdakarya Usman. I/Lektor Kepala Bidang Keahlian: Pendidikan Tata Boga . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakaryas Dian Andriani (2003). Bandung.industri Kecil. M (2000). M. U (1993). Remaja Rosdakarya Slameto (1995). Tarsito Nana Sudjana (2001). O (1990). Jurusan PKK FPK UPI – tidak diterbitkan Biodata Agnes Sri Warsitaningsih. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Rineka Cipta Tohar. PT. Dosen pada Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Gol/NIP: IV-b/130 543 820 Pangkat/Jabatan : Pembina Tk. Jakarta.

Pasar Persaingan Sempurna Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. nasi goreng. batubara.Jumlah penjual dan pembeli banyak .Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply) . Monopolistik.Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda .Persaingan Sempurna.Penjual bersifat pengambil harga (price taker) .Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar 2. Pasar Oligopoli Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. gandum.Harga produk yang dijual relatif sama .Sensitif terhadap perubahan harga . Pasar Monopolistik Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis.Relatif mudah keluar masuk pasar 3. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack).12:58am — godam64 Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen . 09/05/2006 . Oligopoli dan Monopoli Tue.Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda . industri mobil di Amerika Serikat. serupa dan mirip satu sama lain . Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia.Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata . dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli : .Mirip dengan pasar persaingan sempurna .Persaingan Sempurna. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna : . pulpen. Oligopoli dan Monopoli 1. Contoh produknya adalah seperti beras.Posisi tawar konsumen kuat .Barang yang dijual sejenis. Monopolistik.Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga . kentang. namun di mana konsumen produk tersebut berbedabeda antara produsen yang satu dengan yang lain.Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses . Sifat-sifat pasar monopolistik : . dan sebagainya.Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen . dan lainlain. buku.

.Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar . Sifat-sifat pasar monopoli : .Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli . Pasar Monopoli Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain 4.Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan . perusahaan kereta api (perumka).Hanya terdapat satu penjual atau produsen .Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak . yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan. .Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli. . dan lain sebagainya.Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli. perusahaan listrik negara (pln).Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses Tambahan : .Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat . Contohnya seperti microsoft windows.

target laba yang diinginkan perusahaan. Walaupun terdapat banyak aspek yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menentukan harga jual produk. Begitu juga sebaliknya. Secara garis besar terdapat dua pendekatan pokok yaitu: .BAB I PENDAHULUAN A. biaya operasional. berapa besar marjin laba yang diinginkan perusahaan untuk setiap unit produk yang dihasilkannya. Misalnya perhitungan harga pokok produksi yang tinggi. bagian keuangan. Dalam penentuan harga pokok produksi kaitannya dengan harga jual produk. tetapi seringkali faktor biaya dijadikan titik tolak dalam penetapan harga jual produk. dan analisis produksi. Seperti diungkapkan oleh Rudianto. bagian akuntansi. analisis pesaing. Penetapan harga jual produk memerlukan berbagai pertimbangan yang terintegrasi. elastisitas harga produk dan sebagainya. Penetapan marjin laba di atas biaya yang dikeluarkan perusahaan memerlukan suatu keahlian khusus dengan pertimbangan dari berbagai aspek yang kompleks sebagaimana disebutkan di atas. Persoalannya. penentuan harga jual produk perusahaan haruslah merupakan kebijakan yang harus benar-benar dipertimbangkan secara matang dan terintegrasi. Karena itu. Kebijakan harga jual produk dan biaya akan selalu berubahubah sesuai dengan perubahan biaya produk dan kondisi pasar. jika perhitungan harga pokok produksi rendah maka akan menghasilkan penentuan harga jual yang rendah pula akibataya perusahaan tidak mencapai laba yang maksimal walaupun harga jual dapat bersaing di pasar. Penetapan harga suatu produk memerlukan analisis pasar. Mulai dari biaya produksi. terdapat beberapa metode yang dapat digunakan. Namun. Itu berarti memerlukan koordinasi di antara bagian pemasaran. Biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan sejumlah produk di dalam suatu periode akan dijadikan dasar untuk menetapkan harga jual produk. kondisi perekonomian. bagian penelitian. dan bagian produksi serta beberapa bagian yang terkait. Latar Belakang Harga jual suatu produk ditentukan dari penentuan harga pokok produksi. Jika perhitungan harga pokok produksi tidak tepat maka akan mempengaruhi penentuan harga jual produk yang tidak tepat juga. Harga jual produk perusahaan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. harga jual pesaing. bahwa salah satu persoalan rumit yang dihadapi oleh manajemen suatu perusahaan adalah menetapkan harga jual produk perusahaan. daya beli masyarakat. penetapan harga jual yang dianggap tepat bukan perkara mudah. maka akan menghasilkan penentuan harga jual yang tinggi pula. Akibatnya suatu produk tidak mampu bersaing di pasar.

Pendekatan pasar atau persaingan. melakukan penentuan harga pokok produksi 6 bulan sebelum produksi berjalan. Dari perkiraan tersebut bisa saja terjadi penentuan biaya produksi yang tinggi sehingga membawa dampak pada harga jual yang tinggi tetapi pada kenyataannya biaya produksi sesungguhnya adalah rendah sehingga produk tidak mampu bersaing di pasaran. Identifikasi dan Pembatasan Masalah Penulis dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul yang terkait dengan masalah penelitian sebagai berikut: . karena penentuan harga pokok produksi tersebut bersifat prediksi (perkiraan). Penetapan harga breakeven. Hal ini akan mengakibatkan perhitungan harga pokok produksi yang kurang akurat. Penetapan harga biaya plus. ternyata biaya produksi yang diperkirakan mengalami kenaikan yang melonjak. b. PT Sam Putra Inti. Begitu juga sebaliknya dengan penetapan biaya-biaya produksi yang rendah akan membawa pengarah harga jual yang rendah. BEKASI”.1. dan c. Penentuan harga pokok produksi tersebut bertujuan untuk menetapkan harga jual Polyform yang dihasilkan. dengan mengambil tema “ANALISA PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM RANGKA MENENTUKAN HARGA JUAL PADA PT SAM PUTRA INTI. Tetapi setelah waktu berjalan. dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengangkat masalah di atas. sehingga perusahaan mengalami kerugian. Terbagi ke dalam beberapa metode. 2. Bekasi yang bergerak di bidang produksi dengan produk utama Polyform. Penetapan mark-up. yaitu: a. B. Berdasarkan paparan di atas. Pendekatan biaya.

Sayur-Mayur. 30/05/2006 . • • tata boga Read more Pengaruh Zat Gizi Pada Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh Manusia . 30/05/2006 . Zat gizi diperlukan oleh setiap makhluk hidup di seluruh muka bumi seperti binatang dan tumbuhan. • • tata boga Read more . Buah. serta umbi-umbian lainnya. dan Susu :: Pelajaran Tata Boga Tue. Contohnya seperti nasi. kentang.11:57pm — godam64 Secara umum zat gizi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari akan mempengaruhi keadaan fisik / jasmani dan juga kondisi mental / rohani seseorang. yaitu : 1. oat. Makanan Pokok Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. namun pada artikel kali ini akan kita bahas zat gizi pada manusia. jagung. Lauk-Pauk.tata boga Empat Sehat Lima Sempurna / 4 Sehat 5 Sempurna Pada Makanan Pokok. gandum / tepung terigu.Pendidikan Tata Boga Tue.11:56pm — godam64 Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari.

Sendok makan . Pisau.Garpu makan • • tata boga Read more .Sendok nasi . Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata.Sendok teh .Sendok es krim .Sendok kopi . • • tata boga Read more Macam dan Jenis Sendok. Alat Untuk Memasak Bagian Bawah 1.Sendok sop . Macam dan Jenis Sendok .Sendok sayur .Sendok sirup .Sendok kue tart 2. Anglo adalah alat pemasak yang termasuk tradisional dan masih banyak dipakai di daerah pedalaman dan daerah miskin.Alat Hidang Masakan Keterampilan Tata Boga Tue. Macam dan Jenis Garpu .11:59pm — godam64 1. Jenis dan Definisi / Pengertian Peralatan atau Alat-Alat Dapur untuk Masak-Memasak Keterampilan Tata Boga Tue.Macam.11:58pm — godam64 A. Garpu. 30/05/2006 . Piring dan Gelas Makan . Tungku Tungku adalah alat yang dipergunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar. 30/05/2006 .

Pop Mie.Nilai / Kandungan Gizi Pada Mi Instan Indomie.12:18am — godam64 Negara kita Indonesia memiliki kekayaan resep masakan tradisional serta rempah-rempah yang berlimpah ruah yang siap memuaskan dahaga kita atas makanan yang enak-enak. kuning dan putih. • • tata boga Read more Hidup Dengan Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Tubuh Fisik Dan Mental Mon. 14/04/2009 .12:47am — godam64 Sehat itu rasanya nikmat sekali dan sakit itu rasanya sangat menyengsarakan baik lahir maupun batin. 07/04/2008 . Resep & Bahan Masakan Khas Indonesia Tue. Mie Sedap. oranye. Supermi. Ada empat jenis warna bumbu dasar yang biasa dipakai pada masakan khas indonesia yaitu bumbu berwarna merah. Kare. Dll Mon. Sarimi. Apa pun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat memberikan manfaat dan juga dampak negatif pada kesehatan. • • • tata boga 3 comments Read more Berbagai Jenis/Macam Bumbu Dasar Warna.12:11am — godam64 Tahukah anda jikalau mi instant yang sudah mendarah daging dan menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia ternyata memiliki kandungan kadar gizi yang cukup banyak dan berguna bagi tubuh. • • • tata boga 3 comments Read more . 09/07/2007 .

10:52pm — godam64 Gizi seimbang adalah keseimbangan antara zat-zat penting yang terkandung di dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam kehidupan seharihari. Setiap orang harus makan makanan dan minum minuman yang mengandung tiga zat gizi utama yang cukup jumlahnya. namun kita tetap harus pilih telor-telor dengan kualitas terbaik. . telur puyuh. zat pembangun maupun zat pengatur. • • • tata boga Add new comment Read more Arti Definisi/Pengertian Gizi Seimbang Pada Manusia (Zat Tenaga. baik zat tenaga. enak dilihat. • • • tata boga Add new comment Read more Tips Cara Mengawetkan Tahu Kedelai Agar Tahan Lama Bisa Berhari-Hari Sun. Tahu biasa yang tidak diberi bahan pengawet berbahaya seperti formalin hanya bisa bertahan segar selama satu atau dua hari saja dari hari pembuatan tahunya. telur bebek.11:54pm — godam64 Dalam membeli telur ayam. 12/12/2010 . 26/07/2011 .Tips Cara Memilih Telur/Telor Segar Untuk Kebutuhan Masak Di Dapur Sat. Oleh sebab itu kita perlu untuk mengetahui tehnik-tehnik sederhana supaya tahu yang kita beli bisa disimpan lama untuk digunakan di kemudian hari. 11/12/2010 . susah dan ribet.1:01am — godam64 Daripada menggunakan metode teknik pengawetan tahu kedele yang mahal. Tidak seimbang ataupun kurang asupan gizi akan dapat mempengaruhi tubuh seseorang. dan telur-telur lainnya perlu memperhatikan cara pemilihan telur yang berkualitas baik agar telur yang kita beli dari penjual telur bagus kondisinya. dan lain sebagainya. Pengatur & Pembangun) Tue. lebih baik menggunakan cara-cara sederhana agar umur tahu bisa panjang tahan lama. tahan lama. bisa dimasak menjadi makanan enak. Walaupun harga telur relatif murah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful