TEKNIK AUDIO VIDEO berjalan dari satu tempat ke tempat lain.

Hal lain yang perludipertimbangkan adalah apa yang ditampilkan grafik, apa maknanya bilagelombang berada pada titik tinggi atau rendah. Penjelasan sederhanacara memandang bagaimana gelombang suara bekerja dan bagaimanaditunjukkan sebagai bentuk gelombang. Jangan diambil secara harfiah,anggaplah sebagai cara bermanfaat untuk memvisualisasi apa yangterjadi.Dalam sinyal elektronik, harga tinggi ditunjukkan dengantegangan positip tinggi. Bila sinyal diubah ke dalam gelombang suara,dapat dipikirkan harga tinggi ditunjukkan sebagai penambahan tekananudara. Bila bentuk gelombang pada titik tinggi, ini berkaitan dengankerapatan molekul udara. Bila gelombang pada titik rendah molekuludara menyebar lebih tipis.Gambar 1 – 6 di bawah ini, titik hitam menunjukkan molekuludara. Sebagaimana getaran loudspeaker, menyebabkan molekuldisekitarnya bergetar dalam pola tertentu ditunjukkan dengan bentukgelombang. Getaran udara ini menyebabkan gendang telinga pendengarbergetar dengan pola yang sama. Variations in Air Pressure and Corresponding Waveform

Gelombangsuara adalah gelombang yang dihasilkan dari sebuah benda yangbergetar. Siklus ini berlangsungberulang-ulang.Setiap molekul udara berpindah pada jarak yang kecil sebagai getaran. sedangkan 20 KHz merupakan frekuensi tertinggi yangdapat didengar. Jelasnya. gitar akanbergetar dan getaran ini merambat di udara. Semua gelombang pasti memilikitiga sifat penting untuk kerja audio meliputi : panjang gelombang. Angka 20 Hz sebagai frekuensi suara terendah yangdapat didengar.Pemanfaatan sinyal audio memberikan .frekuensi adalah jumlah darisiklus yang terjadi dalam satudetik. yang membawapada konsep frekuensi. Pengertian Audio dan Aplikasi Bidang Kerjanya Audio diartikan sebagai suara atau reproduksi suara.amplitudo dan frekuensi.000Hz) sesuaibatasan sinyal audio.Telinga manusia dapatmendengar bunyi antara 20 Hzhingga 20 KHz (20.Catatan : Molekul udara sebenarnya tidak berjalan dari loudspeaker ke telinga. atau air. Karenapada dasarnya sinyal audio adalah sinyal yang dapat diterima olehtelinga manusia. Satuan dari frekuensiadalah Hertz atau disingkat Hz. Gambarannya adalah senar gitar yang dipetik. Gelombang suara ini memiliki lembah dan bukit.namun mengakibatkan molekul yang bersebelahan bergetar semuaterpengaruh berjalan sampai telinga.satu buah lembah dan bukit akanmenghasilkan satu siklus atauperiode. Satusatunya tempat dimana suara tak dapat merambat adalahruangan hampa udara. atau materiallainnya.

peralatan suara untuk mendengar. ini semuadimulai dari pembuatan penginderaan.bagaimana memilih peralatan yang benar dan bagaimanamenggunakannya dengan tepat.lapangan kerja bidangproduksi sinyal audio meliputi. Untuk memahami audio harus memilikipemahaman dua hal yaitu :  gelombang suara : apa itu suara. perekaman. bagaimana kerjanya. manipulasi sinyal danreproduksi gelombang suara.Teori audio lebih sederhana dari pada teori video dan biasa dipahami jalur dasar sumber suara. bagaimana menghasilkan danbagaimana mendengarkannya  peralatan suara : apa perbedaan komponen. . Sebagai catatan teknis : secarafisik suara merupakan bentuk energi dikenal sebagai energi akustik.

drum kit ataupembuatan efek tiruan suara.Pembuat dokumen videoprofesional. maka sangat penting untuk memahami bagaimana gelombangsuara bekerja. Pengetahuan ini akan mendasari apapun yang dikerjakandalam bidang audio. Beberapa area kerja di bidang audio meliputi :Beberapa pekerja professi-onal lain memerlukantingkatan kecakapan. penting untukmengenali audio dalam filmdan video. Banyak pekerjaan produksi audio membutuhkanketerampilan pengaturan peralatan. • Studio Sound Engineer • Live Sound Engineer . Sebelum mempelajari tugas khusus. Misaluntuk operator kamera videoharus memiliki pengetahuanyang cukup tentang cakupanaudio dan video yang dapatdirekam dengan kualitassuara maupun gambar yangbaik. Sebagian besarkesalahan pekerja amatiradalah hanya berkonsentrasipada gambar dan berasumsibahwa sepanjang mikroponbekerja akan menghasilkanaudio yang baik.yakinkan telah memiliki pemahaman prinsip-prinsip suara padaumumnya.TEKNIK AUDIO VIDIO Bidang pekerjaan audio luas.Lebih jauh sebelum mempelajari bagaimana peralatan suarabekerja. apakah itu mixing. terdapat beberapa area kerjakhusus seperti seorang yang memiliki hobi dibidang audio ataupunseorang pekerja professional bisa mendapatkan cakupan kejuruan yangketat.

• Musician • Music Producer • DJ (Disc Jocky) • Teknisi radio • Perekam suara Film/Television FieldSound Engineer • Editor Audio • Post-Production Audio Creator TEKNIK AUDIO VIDEO .

Gambar 1–7. Panjang gelombang Amplitudo : Kekuatan atau dayagelombang sinyal. Amplitudo (http://mediacollege. Perioda dilambangkan dengan huruf T.1.Frekuensi lebih tinggidiinterpretasikan sebagai jalurlebih tinggi.Panjang gelombang : Jarak antartitik gelombang dan titik ekuivalenpada fasa berikutnya. Tinggi gelombangyang bisa dilihat sebagai grafik. Misal bila menyanyidalam pita suara tinggi memaksatali suara untuk bergetar secaracepat.Perioda adalah selang waktu yang diperlukan untuk melakukansatu getaran sempurna.Gelombang yang lebih tinggidiinterpretasikan sebagai volumeyang lebih tinggi. sehinggadinamakan amplifier untuk perangkatyang menambah amplitudo. Panjang gelombang amplitudo frekuensi . Getaran gelombang suarasemakin cepat. Frekuensi dilambangkan dalam huruf f.2. Gambar 1 – 8. Gambar 1 – 9. Frekuensi. Frekuensi 1. frekuensi semakintinggi.com/audio/01)Frekuensi : Jumlah getaran yangterjadi dalam waktu satu detik. Fasa Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satudetik atau banyaknya gelombang/getaran listrik yang dihasilkan tiapdetik.Hubungan antara frekuensi dan periode adalah berbanding terbalik.Diukur dalam hertz atau siklus perdetik. Perioda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful