Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros.

Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Daftar isi
[sembunyikan]
• • • •

1 Pemerian 2 Hasil dan kegunaan 3 Asal-usul dan penyebaran 4 Bahan bacaan

[sunting] Pemerian
Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap. Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuningkuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok.kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah

[sunting] Hasil dan kegunaan

Pohon kesemek sedang berbuah

[sunting] Bahan bacaan http://id. es krim dan lain-lain. ada juga yang mengatakan buah ini dibuang-buang saking banyaknya . Mau tau lebih lanjut .Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura. Selain rasanya yang enak. lets check it out >>>> -. harganya juga murah meriah. yang menimbulkan rasa sepat pada buah. terutama fruktosa dan glukosa. Buah kesemek segar mengandung 19. 柿 – lukisan cat air 1887 Kesemek berasal dari Republik Rakyat Cina. Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur.6% karbohidrat. Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang. yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru. Di Indonesia. khususnya wilayah Brastagi. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia. agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai. kalau ane disuruh memilih antara apel dan kesemek maka ane lebih memilih kesemek. Australia dan Israel.wikipedia. Sumatera Utara. bahkan di beberapa daerah buah ini bahkan tidak ada harganya karena sangat mudah tumbuh. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit. agar-agar. vitamin A dan kalium. Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki. di mana buah ini ditanam pada daerahdaerah tinggi di pegunungan. 0. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah.sedih ane denger pernyataan yang terakhir ini tentang buah ini . produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Malaysia dan Thailand. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan. membantu produksi arak-beras di Jepang. [sunting] Asal-usul dan penyebaran Kesemek 'Hachiya' dari Jepang.7% protein.org/wiki/KesemekKesemek adalah salah satu buah Favorit ane. dan pada masa kolonial di tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia). Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam.

Banyak juga ya namanya . langsung direndam dengan air kapur selama 24 jam. Di Amerika disebut Persimmon. kami tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah lebih lanjut pada kesehatan anda.Cocok sekali bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Di Swedia dan Israel disebut dengan Buah Sharon. Jadi buah kesemek ini setelah dipanen. atau bisa juga digunakan untuk menghilangkan keluhan kurangnya frekuensi Buang Air Besar.Buah ini beragam namanya dari mulai disebut buah kaki karena nama latinnya Dyospiros Kaki. atau buah Samak.blogspot.com/2011/05/manfaat-kesemek.html . segera konsultasikan ke dokter anda. kesemek jenis ini antara lain kesemek Junggo. Kesemek ini terbagi dua yaitu Astringent (sepat) dan Non Astringent (tidak sepat. Manfaat buah ini yaitu : • • • • Kaya akan serat. di Indonesia namanya Kesemek. mungkin inilah yang menjadi penyebab buah ini memakai bedak. Ada juga beberapa kesemek yang Non Astringent (tidak sepat) namun sudah diekspor ke luar negeri. Di Indonesia kesemeknya tergolong sepat. terima kasih! http://coretanhidoep. agar menarik untuk dibeli . Sebagai anti oksidan Mencegah prematur aging (penuaan dini) dan menjaga kestabilan tekanan darah Gimana hebatkan manfaat buah favorit ane ini??? Wassalam dan Tetap Mencoret! Disclaimer Informasi kesehatan ini dikumpulkan dari berbagai sumber. pisang kaki. Sekarang kita langsung saja ke manfaatnya. 2 kali lipat serat yang dimiliki oleh apel. Dimalaysia disebut Kesemak. atau sepat sedikit). Bedak pada kesemek itu ialah zat kapur yang diperlukan untuk menghilangkan rasa sepat.

dicuci dan direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. hijau. hijau pucat. lebar 7-9 cm. kepala putik bulat. Nama Daerah Jawa: Kesemek Botani Sinonim: Diospyros chinensis Blume. panjang 10-16 cm. kasar. mahkota berbulu. Batang: Tegak. daunnya mengandung alkaloida. hijau kotor. diameter 6-8 cm. keras. pangkal membulat. Diposkan oleh IMPROVE di 03:36 0 komentar . dinginkan dan disaring. pertulangan menyirip. flavonoida dan tanin. ujung runcing. hijau. berkayu. Untuk obat demam dipakai ± 15 gram akar kesemek. kuning. D. di ketiak daun. Khasiat Akar kesemek berkhasiat sebagai obat sakit demam.Nama Ilmiah Diospyros kaki Thunb. roxburghii Corr. berseling. Daun: Tunggal. kuning pucat. Buah: Bulat. D. Bunga: Tunggal. Hasil saringan diminum sekaligus. Ciri-ciri Habitus: Pohon. percabangan simpodial. lonjong. bulat. Klasifikasi Divisi: Spermatophyta Subdivisi: Angiospermae Kelas: Dicotyledoneae Bangsa: Ebenales Suku: Ebenaceae Marga: Diospyros Jenis: Diospyros kaki Thunb. Biji: Bulat. Akar: Tunggang. kuning. bertangkai pendek. benang sari panjang ± 1 cm. kelopak bentuk bintang. Kandungan Kimia Buah dan akar kesemek mengandung saponin dan polifenol. putih kehitaman. tepi rata. masih muda hijau setelah tua kuning. tinggi 6-8 m. di samping itu akarnya juga mengandung flavonoida. schitse Bunge.

Buah Kesemek Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan. Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini. jika sudah matang warna kulitnya kekuningan. Jika sedang musim. membantu produksi arak-beras di Jepang. Buah yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai food of the God alias makanan para dewa ini mempunyai nilai gizi yang cukup baik. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’. Dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A jauh lebih tinggi. Setiap 100 g kesemek mengandung kalori 78 kkal. diketahui ternyata banyak zat kimia hebat di dalam buah kesemek. menyehatkan paru-paru dan menguatkan limpa. yang menimbulkan rasa sepat pada buah. vitamin C 11 mg dan vitamin B1 0. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. bahasa Jepang. adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini). Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki. Selain dimakan sebagai buah meja. vitamin A 2. lemak 0. Kondisi ini seringkali menjadikan harga buah sangat murah. kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan atau selai.8 g.5 g. protein 0. . Kandungan dan Manfaat Berdasarkan riset. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung. Sepintas kesemek (Diospiros kaki) mirip buah apel. daya tahan serta nilai ekonominya meningkat.710 SI. buah kesemek sangat melimpah. Perlu dilakukan penganekaragaman olahan kesemek paska panen agar citarasa. kalsium 6 mg.05 mg. Rasanya manis dengan tekstur daging renyah seperti pepaya mengkal dan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki. atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Mengonsumsinya dapat menghilangkan dahaga. karbohidrat 20 g (terutama fruktosa dan glukosa). serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Nilai energinya 320 kJ/100 g. Kesemek juga berkhasiat menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal ( Tekanan Darah Tinggi ) . Satu poin penting. sebutir kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Pasar kurang bisa menyerap buah karena tidak semua orang menyukainya.

hijau kekuningkuningan sampai merah. bundar telur sampai jorong. setelah dipanen dapat dimakan dalam keadaan segar. hijau kuning berkilap. Setek sangat sulit berakar. Tanin ‘kaki’ juga digunakan sebagai bahan proteolitik dalam pembuatan arak beras Jepang. bunga betina soliter. selai. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat. Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang masih lemah dari embusan angin. dan yang baik drainasenya. yang telah hilang rasa sepatnya. Beberapa kultivar yang berasa sepat dapat diolah menjadi produk kering yang enak rasanya. berumah dua) dan kadang-kadang monoesis. di ketiak daun. betakaroten dan serat. tetapi lebih mudah mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah dalam tetapi tidak terlalu berat. dengan daun kelopak yang tidak rontok. 3 cm.5-15 × 5-25 cm. pemanfaatan utama saat ini adalah dalam berbagai kerajinan tangan.5. Tuhan telah menciptakan kesemek dengan segala nilai lebihnya. sebab jika masa pertumbuhan pucuk secara alami terlewati. Pohon kesemek toleran terhadap berbagai tipe tanah. dioesis (dioecious. Zat taninnya yang disebut ‘kaki’ dimanfaatkan dalam penggambaran pakaian atau kertas agar tahan lama. Pembudidayaan kesemek berhasil baik di dataran tinggi di atas 1000 m dpl. Serat juga mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. dan sebagainya.Nah. tersusun berseling. serta menggugurkan daun. Pedoman Budidaya Perbanyakan kesemek di Indonesia dan Malaysia biasanya melalui pemisahan tunas akar yang berumur beberapa tahun. bundar. manfaatnya kanker saluran pencernaan bisa dicegah. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. misalnya di Kucing (Sarawak). tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah. Buah kesemek yang matang dan empuk. kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat. Budidaya Kesemek Walaupun asal-usulnya dari daerah subtropik. bertangkai pendek lk. Saat perbanyakan yang tepat merupakan hal yang penting. Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang. mirip dengan buah ara yang kering. phytochemical lutein. agaragar. Daun dalam dua deret. 15 m atau kurang. berbatang pendek dan bengkok-bengkok. es krim. bukan sebaliknya menganggap remeh sesuatu yang berharga. atau daging buahnya diproses menjadi puri. banyak cabang. berbilangan 4. Tanaman yang berasal dari benih cenderung bercabang kurus-kurus clan lemah. Di daerah subtropik. Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker. dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah.5-6. dan dalam pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sepatutnya kita memanfaatkan kelebihan itu untuk kebaikan diri kita dan keluarga. hal ini merupakan masalah . pertumbuhan akan terhambat beberapa tahun. 2. seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengelurakannya dari saluran cerna. perbanyakan kesemek biasanya dilakukan dengan sambungan mata tunas dewasa di atas batang bawah yang berasal dari benih. Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum.

Di Jepang.5 m (setara dengan 370 pohon/ha) dan 5 m x 2. kepala putik bulat.html Daun: Tunggal. Buah yang belum tua tidak akan menjadi enak dan manis. Buah kesemek dipanen dengan cara tangkai buahnya dipotong. produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Entah karena faktor ini atau sebab lain. sehingga daun kelopaknya tetap menempel pada buah. Malaysia dan Thailand. Mungkin karena identik dengan harga murah. lebar 7-9 cm. di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.000 per kilo. tepi rata. dan umumnya diperlukan jarak tanam yang lebih jarang. Bila ingin kesemek. Di Indonesia. pangkal membulat. Tambahan pula buah-buah yang masih kecil hendaknya juga diperjarang sampai tinggal satu atau paling banyak dua butir pada setiap pucuknya. dan hatihatilah agar perakarannya tidak rusak. Rasanya jarang’ sekali ada yang menjadikan kesemek sebagai buah favorit. di ketiak daun. agar diperoleh buah yang baik kualitasnya. banyak yang enggan membeli kesemek untuk disuguhi menjamu tamu lantaran gengsi. ujung runcing. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit. Bunga: Tunggal. Tak perlu repot-repot menawar karena harganya sudah murah. Australia dan Israel. panjang 10-16 cm.tersendiri pada kesemek. digunakan peta warna untuk memastikan bahwa buah yang dipetik itu warna kulitnya optimal. Pemupukan utama. benang sari panjang ± 1 cm. kesemek kadung dicap sebagai buah rakyat. di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura. hijau pucat. khususnya wilayah Brastagi. lonjong. Pangsa Pasar Kesemek memang bukan apel. kuning pucat. pertulangan menyirip. Sama halnya juga dengan saat potion sedang tak berdaun. berseling. Jarak tanam bergantung kepada kesuburan pohon dari. dianjurkan variasi antara 6 m x 4. Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang. Di daerah tropik. mahkota berbulu.berbagai kultivar. Sulit menemukannya di supermarket atau toko-toko buah berkelas. Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. . Pemeliharaan Pembuangan kuncup dan penjarangan bunga dianjurkan untuk menekan kecenderungan terjadinya berbuah dua-tahunan.5 m (setara dengan 800 pohon/ha). hijau. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru. http://bisnisukm. Pamornya sebagai buah pun jauh di bawah apel impor maupun lokal. menambah rontoknya buah yang masih kecil-kecil. sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. pertumbuhan kesemek cenderung lebih subur. Sumatera Utara. kuning. carilah di pasar tradisional. dan mempercepat pertumbuhan buah sehingga akan terjadi rongga di bawah daun kelopak. Biasanya tak sampai Rp 5. baik dengan pupuk kandang maupun pupuk buatan hendaknya dilaksanakan 1-2 bulan sebelum panen. sebab akan merangsang kesuburan tanaman. Kelebihan nitrogen agar dihindari. namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain. bertangkai pendek.com/kesemek-brastagi. hijau. kelopak bentuk bintang. Sebagian besar kultivar dapat disimpan buahnya di dalam ruang pendingin pada suhu + 1° C sampai -1° C selama 2-4 bulan.

berujung tumpul atau membundar dan sedikit meluncip.com/tanaman-pangan/tanaman-buah-dan-sayurank/737-kesemek. bercuping 4.5 cm x 1 cm. berbentuk lonjonglanset. 0. Perbungaannya ada yang berbentuk malai pendek dengan 3-5 kuntum bunga jantan atau . . serta bertajuk dengan banyak cabang. 0. kecuali kulitnya yang masih tetap sepat rasanya. mesokarpnya tebal. berbentuk membulat telur sampai lonjong.html F. membulat. ukurannya bervariasi. flavonoida dan tanin. berbiji 0-10. memipih di satu sisi. berwarna hijau-kuning berkilap. Nilai energinya 320 kJ/100 g. bertangkai pendek. http://www. monosis). tetap memiliki daun kelopak yang membesar. melancip ke ujungnya. berdaun kelopak bentuk lonceng. bunganya berbilangan 4. kuning. mirip buah tomat.5-15) cm. dapat dimakan. Kandungan Kimia Buah dan akar kesemek mengandung saponin dan polifenol. bercuping 4. 14-24 utas benang sari tertancap berpasangan di pangkal daun mahkota. 19. yang di dalamnya ada selubung tipis endokarp yang juga dapat dimakan. memiliki 8 atau 16 staminodium dan berbakal buah beruang 8 atau 10. berwarna kuning kehijau-hijauan. yang tiap ruangnya berbakal biji satu: Buahnya bertipe buah buni yang bentuknya gepeng. tidak bergetah. berwarna hijau kekuning-kuningan sampai merah.Buah: Bulat. berselangseling.6 g karbohidrat (terutama fruktosa dan glukosa). berwarna hijau. Akar: Tunggang. berukuran (5-25) cm x (2. merah atau kuning. keras. Hampir seluruh bagian buah dapat dimakan. Kayu dalam berwarna hitam. bundar sampai jorong. diameter 6-8 cm. meluruhkan daun.6 cm. helaian daunnya bundar telur. Biji: Bulat. Daunnya dalam 2 bidang. bunga yang berada di tengah-tengah dari malai bunga jantan adalah bunga hermafrodit. masih muda hijau setelah tua kuning. Buah kesemek kaya akan kalium dan vitamin A. bersegi empat. pada beberapa kultivar. bunga jantan berdaun mahkota sepanjang dua kali daun kelopak. mirip daun.naturindonesia. Ebenacee  Tumbuhan berkayu b erupa pohon atau perdu. tangkai daunnya hanya sampai 3 cm panjangnya. berbraktea dua helai. menjangat.ada yang soliter berkelamin betina.7 g protein. di samping itu akarnya juga mengandung flavonoida. dan berdaun mahkota berbentuk lonceng bertabung. Setiap 100 g bagian buah yang dapat dimakan berisi kira-kira: 80 g air. daunnya mengandung alkaloida.4 g lemak. putih kehitaman. ukurannya mencapai 4 cm x . berbatang pendek dan bengkokbengkok. yang membungkus setiap biji atau ruang biji. tingginya 15 m. bunga betina bertangkai dan menggantung. ukurannya mencapai 2.

anthera introrsum. Selain dimakan sebagai buah meja. bersatu. Rasanya manis dengan tekstur daging renyah seperti papaya mengkal dan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah. tepi rata. Stamen 1 atau 2 x jumlah petal. Kondisi ini seringkali menjadikan harga buah sangat murah. ada stamenodium. jika sudah matang warna kulitnya kekuningan. Daun tunggal. 2007 / 12:30 am Topik: Ulas Bahan kesemek03_rt8. Reaks i: Kasmak (Kesemek) Turunkan Kolestreol dan Cegah Kanker Buah Kesemek Turunkan Kolesterol & Cegah Kanker Budi Sutomo — July 3. Dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A jauh lebih tinggi. Pistilum 1. daya tahan serta nilai ekonominya meningkat. Corolla 3-7mer. Gizi Terkandung Buah yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai food of the God alias makanan para dewa ini mempunyai nilai gizi yang cukup baik.  Buah bacca dengan endosperm besar dan keras. letak axilaris. ovarium superum dengan 2-16 ruang berisi 1-2 ovulum tiap ruang. hipogynus. epipetal atai hipogyni dalam 1-2 lingkaran. Jika sedang musim. buah kesemek sangat melimpah. letak tersebar jarang berhadapan. pada umumnya unisexual actinomorf. kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan atau selai.  Bunga tunggal. stylus 2-8. persisten. kadang membentuk ikatan. Perlu dilakukan penganekaragaman olahan kesemek paska panen agar citarasa. Pasar kurang bisa menyerap buah karena tidak semua orang menyukainya. Calyx 37mer. tanpa stipula. Setiap 100 g kesemek .jpg Sepintas kesemek (Diospiros kaki) mirip buah apel.

Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker. karbohidrat 20 g. betakaroten dan serat. Dengan diolah sebagai bahan baku selai atau manisan maka nilai jual kesemek akan meningkat. lemak 0. Serat juga menjegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. manfaatnya kanker saluran pencernaan bisa dicegah. vitamin A 2. . dinginkan Cara Membuat: 1. sangat disayangkan jika hasil panen yang melimpah menjadikan kesemek dibiarkan busuk atau dijual dengan harga yang rendah.05 mg. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengelurakannya dari saluran cerna. didihkan dengan 3 lt air. Pengolahan Pascapanen Zat gizi terkandung di dalam kesemek sangat banyak. Teks. Berikut resep manisan kering dan selai dari buah berbedakini. vitamin C 11 mg dan vitamin B1 0.Resep & Foto: Budi Sutomo Manisan Kesemek Kering Bahan: 5 kg buah kesemek 5 liter larutan (15 g garam/1 lt air) 5 liter larutan air kapur sirih (10 g/1 lt air) 5 lt larutan natrium metabisulfit (100 mg/liter air) 25 g asam sitrat 2 kg gula pasir. protein 0. phytochemical lutein.5 g.710 SI. kalsium 6 mg.mengandung kalori 78 kkal. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.8 g.

Tiriskan. cuci dengan air matang.5 kg gula pasir ¼ sdt asam sitrat ¼ sdt natrium benzoate ¼ sdt garam halus 300 ml air Cara Membuat: 1. Rendam potongan kesemek di dalam larutan garam selama 1 malam. Jemur di bawah terik sinar matahari hingga kering. Taburi dengan gula pasir dan kemas/simpan di dalam stoples kedap udara. potong-potong sesuai selera. Haluskan hingga lembut.Kupas kesemek mengkal. . kupas. Untuk 5 kg Manisan Selai Kesemek Bahan: 2 kg kesemek matang. Angkat. tiriskan. Campur larutan gula dengan asam sitrat dan gula pasir. potong-potong 1. Rendam di dalam larutan kapur selama 3 jam. Rendam potongan kesemek selama 24 jam sambil sesekali dibolak-balik. 3. 4. tuang air. aduk rata. 2. Masukan potongan kesemek di dalam blender. 2. Tiriskan. Proses berikutnya adalah merendam ke dalam larutan natrium metabisulfit selama 1 jam.

Manisan dan selai banyak menggunakan gula yang juga berfungsi sebagai pengawet. Bentuknya serbuk putih. asam sitrat.Tuang kesemek yang sudah dihaluskan ke dalam panci. masukkan gula pasir. Selagi panas masukkan ke dalam stoples. 3. * Natrium Metabisulfit: Fungsinya mempertahankan warna buah dan pengawet. . * Natrium Benzoat: Berfungsi sebagai pengawet jika diperlukan. * Mengapa buah kesemek selalu berbedak? Bedak di permukaan kulit kesemek memang sengaja di tambahkan. Bentuknya serbuk putih. bisa dibeli ditoko bahan kimia atau toko bahan kue. Sebenarnya bukan bedak namun larutan kapur yang ditambahkan sebelum proses pemeraman kesemek. bahan ini terkadang perlu ditambahkan untuk memperpanjang daya simpan. Didihkan sambil tegrus diaduk-aduk hingga tekstur selai mengental. Simpan di dalam tempat yang dingin. bahan ini tidak perlu ditambahkan. * Kapur Sirih: Kapur berfungsi mengenyalkan dan mengeraskan tekstur buah. Fungsinya agar buah ini cepat matang karena sifat kapur yang panas. bahan ini tidak perlu ditambahkan. Jadi jika anda membuat selai untuk konsumsi sendiri. Namun untuk produksi komersial. Angkat. natrium benzoat dan garam. Untuk buah yang sudah asam seperti untuk manisan kedondong. bisa dibeli di took bahan kimia. Untuk 3 kg selai Notes: * Asam Sitrat: Bahan ini perlu ditambahkan untuk meningkatkan rasa selai dan manisan lebih segar karena citarasa asam sitrat adalah asam.

Kondisi ini seringkali menjadikan harga buah sangat murah. diketahui ternyata banyak zat kimia hebat di dalam buah kesemek. Selain dimakan sebagai buah meja. vitamin C 11 mg dan vitamin B1 0. daya tahan serta nilai ekonominya meningkat. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Sepintas kesemek (Diospiros kaki) mirip buah apel. Mengonsumsinya dapat menghilangkan dahaga. Kesemek juga berkhasiat menjaga tekanan darah . Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini. lemak 0. buah kesemek sangat melimpah. membantu produksi arak-beras di Jepang. yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Rasanya manis dengan tekstur daging renyah seperti pepaya mengkal dan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah. Jika sedang musim. Satu poin penting. protein 0. vitamin A 2. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki.05 mg. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan. sebutir kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.8 g.Diposkan oleh Win Ruhdi Bathin Aman Shafa di 19:29 0 komentar posting ini Link ke Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Label: cegah kanker Reaks i: Kasmak. atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A jauh lebih tinggi.710 SI. kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan atau selai. dibuang sayang Buah Kesemek Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Perlu dilakukan penganekaragaman olahan kesemek paska panen agar citarasa. Setiap 100 g kesemek mengandung kalori 78 kkal. Pasar kurang bisa menyerap buah karena tidak semua orang menyukainya. Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki. adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini). jika sudah matang warna kulitnya kekuningan. Nilai energinya 320 kJ/100 g. (‘Kaki’. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki.5 g. Kandungan dan Manfaat Berdasarkan riset. menyehatkan paru-paru dan menguatkan limpa. kalsium 6 mg. serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. bahasa Jepang. Buah yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai food of the God alias makanan para dewa ini mempunyai nilai gizi yang cukup baik. karbohidrat 20 g (terutama fruktosa dan glukosa).

3 cm. Pedoman Budidaya . Budidaya Kesemek Walaupun asal-usulnya dari daerah subtropik. Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang. bundar telur sampai jorong. 2. Zat taninnya yang disebut ‘kaki’ dimanfaatkan dalam penggambaran pakaian atau kertas agar tahan lama. tetapi lebih mudah mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah dalam tetapi tidak terlalu berat. dan sebagainya. Pembudidayaan kesemek berhasil baik di dataran tinggi di atas 1000 m dpl. tersusun berseling. bundar.5-15 × 5-25 cm. Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang masih lemah dari embusan angin. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat. Buah kesemek yang matang dan empuk. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengelurakannya dari saluran cerna. Daun dalam dua deret. manfaatnya kanker saluran pencernaan bisa dicegah. tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah. setelah dipanen dapat dimakan dalam keadaan segar. dioesis (dioecious. dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah. Beberapa kultivar yang berasa sepat dapat diolah menjadi produk kering yang enak rasanya. seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. berbatang pendek dan bengkok-bengkok. dan yang baik drainasenya. hijau kekuning-kuningan sampai merah. atau daging buahnya diproses menjadi puri.5-6. misalnya di Kucing (Sarawak). berumah dua) dan kadang-kadang monoesis. Nah. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. bukan sebaliknya menganggap remeh sesuatu yang berharga. Tanin ‘kaki’ juga digunakan sebagai bahan proteolitik dalam pembuatan arak beras Jepang. es krim. phytochemical lutein. pemanfaatan utama saat ini adalah dalam berbagai kerajinan tangan. Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum. bunga betina soliter. agar-agar. dengan daun kelopak yang tidak rontok. hijau kuning berkilap. yang telah hilang rasa sepatnya.agar tidak melewati ambang normal ( Tekanan Darah Tinggi ) . selai. Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker. dan dalam pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 15 m atau kurang. di ketiak daun. Sepatutnya kita memanfaatkan kelebihan itu untuk kebaikan diri kita dan keluarga. serta menggugurkan daun. banyak cabang. Tuhan telah menciptakan kesemek dengan segala nilai lebihnya. bertangkai pendek lk. berbilangan 4. kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat. Pohon kesemek toleran terhadap berbagai tipe tanah. betakaroten dan serat. Serat juga mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.5. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5. mirip dengan buah ara yang kering. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.

Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang. Pemeliharaan Pembuangan kuncup dan penjarangan bunga dianjurkan untuk menekan kecenderungan terjadinya berbuah dua-tahunan. kesemek kadung dicap sebagai buah rakyat. Malaysia dan Thailand. pertumbuhan akan terhambat beberapa tahun. dan hati-hatilah agar perakarannya tidak rusak.Perbanyakan kesemek di Indonesia dan Malaysia biasanya melalui pemisahan tunas akar yang berumur beberapa tahun. menambah rontoknya buah yang masih kecil-kecil. Pemupukan utama. Pamornya sebagai buah pun jauh di bawah apel impor maupun lokal. Setek sangat sulit berakar. Tanaman yang berasal dari benih cenderung bercabang kurus-kurus clan lemah. Kelebihan nitrogen agar dihindari. Australia dan Israel. Jarak tanam bergantung kepada kesuburan pohon dari. Tambahan pula buah-buah yang masih kecil hendaknya juga diperjarang sampai tinggal satu atau paling banyak dua butir pada setiap pucuknya. pertumbuhan kesemek cenderung lebih subur. Di Jepang. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit. Di Indonesia.000 per kilo. Sebagian besar kultivar dapat disimpan buahnya di dalam ruang pendingin pada suhu + 1° C sampai -1° C selama 2-4 bulan. produksi kesemek umumnya hanya cukup . Tak perlu repot-repot menawar karena harganya sudah murah. dan umumnya diperlukan jarak tanam yang lebih jarang. carilah di pasar tradisional. Pangsa Pasar Kesemek memang bukan apel.5 m (setara dengan 370 pohon/ha) dan 5 m x 2. sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. Buah yang belum tua tidak akan menjadi enak dan manis. dan mempercepat pertumbuhan buah sehingga akan terjadi rongga di bawah daun kelopak. Sama halnya juga dengan saat potion sedang tak berdaun.berbagai kultivar. baik dengan pupuk kandang maupun pupuk buatan hendaknya dilaksanakan 1-2 bulan sebelum panen. Saat perbanyakan yang tepat merupakan hal yang penting. Di daerah subtropik. banyak yang enggan membeli kesemek untuk disuguhi menjamu tamu lantaran gengsi. Di daerah tropik. Biasanya tak sampai Rp 5. perbanyakan kesemek biasanya dilakukan dengan sambungan mata tunas dewasa di atas batang bawah yang berasal dari benih. digunakan peta warna untuk memastikan bahwa buah yang dipetik itu warna kulitnya optimal. Sulit menemukannya di supermarket atau toko-toko buah berkelas. sebab akan merangsang kesuburan tanaman. sehingga daun kelopaknya tetap menempel pada buah. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru. dianjurkan variasi antara 6 m x 4. Rasanya jarang’ sekali ada yang menjadikan kesemek sebagai buah favorit.5 m (setara dengan 800 pohon/ha). hal ini merupakan masalah tersendiri pada kesemek. Bila ingin kesemek. sebab jika masa pertumbuhan pucuk secara alami terlewati. Entah karena faktor ini atau sebab lain. agar diperoleh buah yang baik kualitasnya. Mungkin karena identik dengan harga murah. Buah kesemek dipanen dengan cara tangkai buahnya dipotong.

membulat. bunganya berbilangan 4. Perbungaannya ada yang berbentuk malai pendek dengan 3-5 kuntum bunga jantan atau . berwarna hijau.5-15) cm. mesokarpnya tebal. bersegi empat.ada yang soliter berkelamin betina. bercuping 4. khususnya wilayah Brastagi. mirip daun. Sumatera Utara. tingginya 15 m. tangkai daunnya hanya sampai 3 cm panjangnya. ukurannya mencapai 4 cm x .untuk konsumsi lokal. menjangat. pada beberapa kultivar. dapat dimakan. berbraktea dua helai. Buah Yang Ditelantarkan Ternyata Kaya Manfaat KESEMEK Family EBENACEAE Deskripsi monosis). yang membungkus setiap biji atau ruang . berdaun kelopak bentuk lonceng. Daunnya dalam 2 bidang. bunga yang berada di tengah-tengah dari malai bunga jantan adalah bunga hermafrodit. 14-24 utas benang sari tertancap berpasangan di pangkal daun mahkota. tetap memiliki daun kelopak yang membesar. ukurannya mencapai 2. yang tiap ruangnya berbakal biji satu: Buahnya bertipe buah buni yang bentuknya gepeng. berujung tumpul atau membundar dan sedikit meluncip. namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain.6 cm. melancip ke ujungnya. Dipublikasikan pada 17 March 2009 oleh admin • Kategori Potensi Bisnis Daerah Diposkan oleh Win Ruhdi Bathin Aman Shafa di 19:03 0 komentar posting ini Link ke Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Label: kasemek Reaks i: Kasmak. meluruhkan daun. bercuping 4. berbatang pendek dan bengkokbengkok. berbentuk lonjonglanset. yang di dalamnya ada selubung tipis endokarp yang juga dapat dimakan. serta bertajuk dengan banyak cabang. ukurannya bervariasi. Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. mirip buah tomat. dan berdaun mahkota berbentuk lonceng bertabung. di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura. berwarna hijau kekuning-kuningan sampai merah. bertangkai pendek. berwarna kuning kehijau-hijauan. berwarna hijau-kuning berkilap. bunga betina bertangkai dan menggantung.5 cm x 1 cm. berselangseling. bunga jantan berdaun mahkota sepanjang dua kali daun kelopak. helaian daunnya bundar telur. di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan. berukuran (5-25) cm x (2. bundar sampai jorong. memiliki 8 atau 16 staminodium dan berbakal buah beruang 8 atau 10.

Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang masih lemah dari embusan angin. Saat perbanyakan yang tepat merupakan hal yang penting. Pembudidayaan kesemek berhasil baik di dataran tinggi di atas 1000 m dpl.5 m (setara dengan 800 pohon/ha). Setek sangat sulit berakar.5 m (setara dengan 370 pohon/ha) dan 5 m x 2. Di daerah tropik. Setiap 100 g bagian buah yang dapat dimakan berisi kira-kira: 80 g air. atau daging buahnya diproses menjadi puri. perbanyakan kesemek biasanya dilakukan dengan sambungan mata tunas dewasa di atas batang bawah yang berasal dari benih.4 g lemak. Tanin 'kaki' juga digunakan sebagai bahan proteolitik dalam pembuatan arak beras Jepang. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. 0. dan dalam pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Nilai energinya 320 kJ/100 g. seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. setelah dipanen dapat dimakan dalam keadaan segar. pemakaian utamanya masa kini adalah dalam berbagai kerajinan tangan. es krim. Manfaat Buah kesemek yang matang dan empuk. Tanaman yang berasal dari benih cenderung bercabang kurus-kurus clan lemah. berbiji 0-10. Beberapa kultivar yang berasa sepat dapat diolah menjadi produk kering yang enak rasanya. Pohon kesemek toleran terhadap berbagai tipe tanah. misalnya di Kucing (Sarawak). dan yang baik drainasenya. mirip dengan buah ara yang kering. selai. 19. Syarat Tumbuh Walaupun asal-usulnya dari daerah subtropik. kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat. pertumbuhan kesemek cenderung lebih subur. Hampir seluruh bagian buah dapat dimakan. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5.5-6. berbentuk membulat telur sampai lonjong. yang telah hilang rasa sepatnya. tetapi lebih mudah mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah dalam tetapi tidak terlalu berat. 0. agar-agar. sebab jika masa pertumbuhan pucuk secara alami terlewati. Pedoman Budidaya Perbanyakan kesemek di Indonesia dan Malaysia biasanya melalui pemisahan tunas akar yang berumur beberapa tahun. pertumbuhan akan terhambat beberapa tahun.6 g karbohidrat (terutama fruktosa dan glukosa). dan umumnya diperlukan jarak tanam yang lebih jarang. Buah kesemek kaya akan kalium dan vitamin A.5. Di daerah subtropik.berbagai kultivar. dan hati-hatilah agar perakarannya tidak rusak. Sama halnya juga dengan saat potion sedang tak berdaun. hal ini merupakan masalah tersendiri pada kesemek.7 g protein. dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah. tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah.biji. Zat taninnya yang disebut 'kaki' dimanfaatkan dalam penggambaran pakaian atau kertas agar tahan lama. memipih di satu sisi. kecuali kulitnya yang masih tetap sepat rasanya. dianjurkan variasi antara 6 m x 4. Pemeliharaan Pembuangan kuncup dan penjarangan bunga dianjurkan untuk menekan . Jarak tanam bergantung kepada kesuburan pohon dari. dan sebagainya.

com/2009_10_05_archive.html yarat Tumbuh Walaupun asal-usulnya dari daerah subtropik. Penyakit bintik hitam. sehingga tidak memutus rantai sistem pertanian. digunakan peta warna untuk memastikan bahwa buah yang dipetik itu warna kulitnya optimal. khususnya tanaman pangan. tetapi makna serangan itu untuk Asia Tenggara belum dapat dipastikan.5-6. seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. agar diperoleh buah yang baik kualitasnya.ralmonicolor). penyakit daun menggulung. Hama dan Penyakit Berbagai penyakit dan hama menyerang sentra produksi utama. kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat. Sebagian besar kultivar dapat disimpan buahnya di dalam ruang pendingin pada suhu + 1° C sampai -1° C selama 2-4 bulan. Buah yang belum tua tidak akan menjadi enak dan manis.kecenderungan terjadinya berbuah dua-tahunan. penyakit merah jambu (Corticiurn . Pedoman Budidaya ntuk meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi pertanian. misalnya di Kucing (Sarawak).5. Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang masih lemah dari embusan angin. Panen dan Pasca Panen Buah kesemek dipanen dengan cara tangkai buahnya dipotong. Di Jepang. sangat perlu diterapkan teknologi yang murah dan mudah bagi petani. dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah. Tambahan pula buah-buah yang masih kecil hendaknya juga diperjarang sampai tinggal satu atau paling banyak dua butir pada setiap pucuknya. sehingga daun kelopaknya tetap menempel pada buah. dan berbagai macam afid yang menyerang pada musim kemarau telah dilaporkan menyerang kesemek di Jawa. menambah rontoknya buah yang masih kecil-kecil. Pemupukan utama. . Tehnologi tersebut dituntut ramah lingkungan dan dapat menfaatkan seluruh potensi sumberdaya alam yang ada dilingkungan pertanian. Kelebihan nitrogen agar dihindari.blogspot. serangga pemakan daun. dan mempercepat pertumbuhan buah sehingga akan terjadi rongga di bawah daun kelopak. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. http://winbathin. Pohon kesemek toleran terhadap berbagai tipe tanah. tetapi lebih mudah mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah dalam tetapi tidak terlalu berat. Pembudidayaan kesemek berhasil baik di dataran tinggi di atas 1000 m dpl. dan yang baik drainasenya. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5. baik dengan pupuk kandang maupun pupuk buatan hendaknya dilaksanakan 1-2 bulan sebelum panen. sebab akan merangsang kesuburan tanaman. tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah.

seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. tetapi lebih mudah mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah dalam tetapi tidak terlalu berat. Daun dalam dua deret. Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum. kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat. bundar telur sampai jorong.Penggunaan pupuk bokashi EM merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada pertanian saat ini. 2. dengan daun kelopak yang tidak rontok. berbatang pendek dan bengkok-bengkok. bundar. 3 cm. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat. pupuk kandang.5. Bagi petani yang menuntut pemakaian pupuk yang praktis. sehingga sangat efektif dan efisien bagi petani padi. Selain itu pembuatan pupuk bokashi biaya murah. Pohon kesemek toleran terhadap berbagai tipe tanah. dll) hasil fermentasi dengan teknologi EM-4 yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanah dan menekan pertumbuhan patogen dalam tanah. dan yang baik drainasenya. sehingga efeknya dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman. tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah. Pembudidayaan kesemek berhasil baik di dataran tinggi di atas 1000 m dpl.5-15 × 5-25 cm.5-6. sayuran.alex-virtualworld. tersusun berseling. di ketiak daun. dioesis (dioecious. hijau kuning berkilap. banyak cabang. bokashi merupakan pupuk organik yang dapat dibuat dalam beberapa hari dan siap dipakai dalam waktu singkat. Walaupun asal-usulnya dari daerah subtropik. berbilangan 4. dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah. Pedoman Budidaya www. berumah dua) dan kadang-kadang monoesis. samapah organik. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5. Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang masih lemah dari embusan angin. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. Pupuk bokashi adalah pupuk organik (dari bahan jerami. 15 m atau kurang. palawija. serta menggugurkan daun. bunga dan buah dalam peningkatan produksi tanaman. Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang. bunga betina soliter. hijau kekuning-kuningan sampai merah.tk . bertangkai pendek lk. misalnya di Kucing (Sarawak).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful