KOMPONEN RPP

OLEH: Neni Novitasari, M.Pd.

jp) (..jp) .KOMPONEN RPP 1) Identitas RPP Contoh: Contoh: Mata Pelajaran/ Tema : Pelajaran/ Tema: Sekolah : Kelas/Semester Kelas/Semester : Alokasi Waktu : «x 35 mnt (..

.2). sikap dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ semester pada suatu mata pelajaran.Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan kemampuan.

3). Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. .

. indikator dirumuskan dengan kata-kata kataoperasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup pengetahuan.4). sikap dan keterampilan. Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

tidak boleh bermakna ganda dan mengandung perilaku hasil belajar Contoh : Indikator : Menjelaskan pengertian pasar TP : Siswa dapat/ mampu menjelaskan pengertian pasar .5) Tujuan Pembelajaran Menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. TP harus mengacu pada indikator.

sistematis. Materi disusun secara runtut. .6) Materi Pembelajaran Memuat fakta. Pemilihan materi ajar harus disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik peserta didik. konsep. dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan butirindikator pencapaian kompetensi. prinsip. dan sesuai dengan alokasi waktu. dan prosedur yang relevan.

konfirmasi) dan kegiatan penutup Setiap kegiatan harus mencantumkan alokasi waktu Setiap kegiatan harus mecerminkan metode/ strategi .8) Langkah-langkah Pembelajaran/ LangkahPembelajaran/ Kegiatan Pembelajaran Skenario harus jelas sesuai urutan Harus ada kegiatan awal. kegiatan inti (ekplorasi. elaborasi.

b. lain. lapangan. lainnya. media pembelajaran. lingkungan dan sumber belajar lainnya. d. pembelajaran dan sumber belajar lain. memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. c. dan e. guru: a. atau lapangan. . guru: eksplorasi. dipelajari. melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema topik/tema materi yang akan dipelajari. pembelajaran. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.Catatan: Eksplorasi: Dalam kegiatan eksplorasi. studio laboratorium. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium. guru.

memberi kesempatan untuk berpikir. tugasb. . memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas. memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. menganalisis. c.Elaborasi: Dalam kegiatan elaborasi. membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna. guru: a. d. menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut. diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik lainsecara lisan maupun tertulis.

dihasilkan. turnamen.e. g. f. h. i. . pameran. memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa. memfasilitasi siswa melakukan pameran. kelompok. memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok. serta produk yang dihasilkan. festival. memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok. siswa. belajar. kelompok. turnamen.

Konfirmasi: Dalam kegiatan konfirmasi. guru: a. c. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. b. . memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. isyarat. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber. tulisan. maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.

. dan i. h. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. membantu menyelesaikan masalah.d. memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh. memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: e. g. f.

7) Metode Pembelajaran Sesuaikan dengan jenis pokok bahasan Sesuaikan dengan karakteristik peserta didik Sesuaikan dengan jumlah siswa Sesuaikan dengan Waktu dan fasilitas Sesuaikan dengan pengetahuan awal siswa Sesuaikan dengan pengalaman dan kepribadian guru .

9) Media Pembelajaran Sesuaikan dengan tujuan pembelajaran Sesuaikan dengan materi pembelajaran Sesuaikan dengan karakteristik peserta didik Sesuaikan dengan kondisi yang ada .

narasumber. media. Misalnya. .10). Sumber belajar mencakup sumber rujukan. dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya. folder penyimpanan. dan bagian atau link file yang digunakan. alat dan bahan. Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT. pengarang. atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. maka harus ditulis judul buku teks tersebut. Sumber Belajar Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Jika menggunakan buku. sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi. maka harus ditulis nama file. dan halaman yang diacu. lingkungan.

11) Penilaian Sesuaikan dengan tujuan pembelajaran Penilaian dijabarkan atas a. bentuk instrumen. instrumen yang dipakai yang berisi rubrik penilaian . teknik penilaian. dan c. b.

11) Kelengkapan Instrumen Soal Kunci Jawaban Pedoman Penskoran .