P. 1
Rumus Chord Gitar

Rumus Chord Gitar

|Views: 117|Likes:
Published by atudzanni

More info:

Published by: atudzanni on Jan 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2012

pdf

text

original

Rumus chord Gitar (1

)
# RECOMMENDED BUAT PEMULA #

Buat temen-temen yang dalam proses belajar gitar, mungkin sedikit tulisan ini bisa membantu. Pernah kepikiran gak kunci ,D, A, G dll bentuknya kayak gitu? ?

Dulu pas awal-awal belajar gitar saya juga sempet mikir, kenapa kunci gitar bentuknya kayak gtu.. Nah ..Kurang lebih itulah yang akan mau dibahas disini. Jadi gmn caranya bikin chord sendiri.. Ni langkah2 bikin chord..cekidot . . 1. Tau interval nada, misal C mayor : C-D-E-F-G-A-B-C¶, interval nadanya : 1-1-1/2-1-1-11/2, maksudnya jarak atau intervaL kalo di aplikasiin ke gitar, 1 = 2 fret, 1/2 = 1 fret), C ke D intervalnya 1 D ke E intervalnya 1 E ke F intervalnya 1/2 F ke G intervalnya 1 G ke A intervalnya 1 A ke B intervalnya 1 B ke C¶ intervalnya 1/2 2. Oke, sekarang kita asumsikan nada C-D-E-F-G-A-B-C¶, C = nada 1, D = nada 2, E = nada 3, F = nada 4, G = nada 5,

nada 5 . nada 3. bisa jg E. gaka ada aturan senar 1 harus G. 3 dan 5.A = nada 6. B = nada 7.biar gampang mencetnya. begitu jg dgn senar yang lain. nada 3 = E. senar 2 = nada C . senar 5 = nada C. nada 5 = G. senar 2 = nada C. senar 6 = nada G Chord diatas bisa diubah2 lagi. Dan juga posisinya harus enak. Sesuai dengan rumusnya : nada 1 = C. Contoh : misalkan kita ingin membuat chord C mayor. Yang paling penting dari senar 1 sampai 6 harus ada nada 1. . Kalo ditaroh di gitar jadi kayak gini ni : Jadi klo diurutin nadanya dari senar 1 sampai senar 6 senar 1 = nada G. 3. Rumus chord : nada 1. senar 3 = nada G senar 4 = nada E. Chord C yang sering di pake : ayo kita analisis !! senar 1 = nada E.

senar 3 = nada C. . senar 5 = nada C. senar 4 = nada G. senar 2 = nada G.senar 3 = nada G. senar 6 = nada G senar 1 = nada G. senar 6 = nada G senar 1 = nada C. senar 4 = nada E. senar 2 = nada E. senar 5 = nada C.

Kita bisa nyari chord yang laen dengan cara ³digeser-geser´ tiap fret nya => Chord C# (digeser naik 1 fret atau 1/2 nada) .kita bisa langsung nemuin chord yang laen. senar 6 = nada C 4. langsung kasih contoh aja ya biar jelas Misalkan kita udah dapet bentuk chord C mayor kayak dibawah. senar 5 = nada G. senar 4 = nada E. Kalo kita udah punya bentuk salah satu chord.senar 3 = nada E. caranya tinggal digeser sesuai interval nya.

coba aja sendiri. 3..Analisisnya sama kayak yg sebelumnya. 5. kalo pengen jelas tunggu seri nya ya.=> Chord D (digeser naik 2 fret atau 1 nada) => Chord D# (digeser naik 3 fret atau 1 1/2 nada) => Chord A (digeser turun 3 fret atau 1 1/2 nada) Yah kira begitulah ilustrasinya.capek uplodnya T_T)«Intinya paling penting kalo mau geser2 kunci / chord harus tau interval nadanya. untuk chord minor. jadi yang di atas berlaku untuk chord mayor.. O iya Chord mayor ma minor beda ya. Maaf gak bisa lengkap gambarnya (inet lagi lemot.heheh . ntar pasti ketemu rumus 1. caranya sama cuma intervalnya aja yang beda.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->