Rumus chord Gitar (1

)
# RECOMMENDED BUAT PEMULA #

Buat temen-temen yang dalam proses belajar gitar, mungkin sedikit tulisan ini bisa membantu. Pernah kepikiran gak kunci ,D, A, G dll bentuknya kayak gitu? ?

Dulu pas awal-awal belajar gitar saya juga sempet mikir, kenapa kunci gitar bentuknya kayak gtu.. Nah ..Kurang lebih itulah yang akan mau dibahas disini. Jadi gmn caranya bikin chord sendiri.. Ni langkah2 bikin chord..cekidot . . 1. Tau interval nada, misal C mayor : C-D-E-F-G-A-B-C¶, interval nadanya : 1-1-1/2-1-1-11/2, maksudnya jarak atau intervaL kalo di aplikasiin ke gitar, 1 = 2 fret, 1/2 = 1 fret), C ke D intervalnya 1 D ke E intervalnya 1 E ke F intervalnya 1/2 F ke G intervalnya 1 G ke A intervalnya 1 A ke B intervalnya 1 B ke C¶ intervalnya 1/2 2. Oke, sekarang kita asumsikan nada C-D-E-F-G-A-B-C¶, C = nada 1, D = nada 2, E = nada 3, F = nada 4, G = nada 5,

Kalo ditaroh di gitar jadi kayak gini ni : Jadi klo diurutin nadanya dari senar 1 sampai senar 6 senar 1 = nada G.biar gampang mencetnya.A = nada 6. bisa jg E. Rumus chord : nada 1. Yang paling penting dari senar 1 sampai 6 harus ada nada 1. gaka ada aturan senar 1 harus G. B = nada 7. senar 6 = nada G Chord diatas bisa diubah2 lagi. senar 2 = nada C . nada 5 = G. Contoh : misalkan kita ingin membuat chord C mayor. nada 5 . Dan juga posisinya harus enak. senar 3 = nada G senar 4 = nada E. 3 dan 5. senar 5 = nada C. Chord C yang sering di pake : ayo kita analisis !! senar 1 = nada E. . 3. Sesuai dengan rumusnya : nada 1 = C. begitu jg dgn senar yang lain. nada 3 = E. nada 3. senar 2 = nada C.

senar 5 = nada C. senar 6 = nada G senar 1 = nada G. senar 2 = nada E. senar 6 = nada G senar 1 = nada C. senar 2 = nada G. senar 3 = nada C. senar 4 = nada E. senar 4 = nada G.senar 3 = nada G. . senar 5 = nada C.

senar 4 = nada E. senar 5 = nada G.kita bisa langsung nemuin chord yang laen. Kalo kita udah punya bentuk salah satu chord. Kita bisa nyari chord yang laen dengan cara ³digeser-geser´ tiap fret nya => Chord C# (digeser naik 1 fret atau 1/2 nada) . langsung kasih contoh aja ya biar jelas Misalkan kita udah dapet bentuk chord C mayor kayak dibawah. caranya tinggal digeser sesuai interval nya. senar 6 = nada C 4.senar 3 = nada E.

untuk chord minor.capek uplodnya T_T)«Intinya paling penting kalo mau geser2 kunci / chord harus tau interval nadanya. kalo pengen jelas tunggu seri nya ya.Analisisnya sama kayak yg sebelumnya. O iya Chord mayor ma minor beda ya.heheh ... jadi yang di atas berlaku untuk chord mayor.=> Chord D (digeser naik 2 fret atau 1 nada) => Chord D# (digeser naik 3 fret atau 1 1/2 nada) => Chord A (digeser turun 3 fret atau 1 1/2 nada) Yah kira begitulah ilustrasinya. 5. ntar pasti ketemu rumus 1. 3. coba aja sendiri. caranya sama cuma intervalnya aja yang beda. Maaf gak bisa lengkap gambarnya (inet lagi lemot.