Workshop ³ Peningkatan Mutu Guru Dalam Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi´

1. Program Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Workshop ³ Peningkatan Mutu Guru Dalam Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi´  Khalayak Sasaran Dewan guru SMP Negeri 2 Kalisat  Tempat dan waktu kegiatan  Tempat : Labolatorium IPA di SMP Negeri 2 Kalisat  Waktu : Sabtu, 30 Juli 2010  Strategi Pelaksanaan Program Metode observasi Langkah observasi yang dilakukan yaitu mencermati secara menyeluruh segala sesuatu yang berkaitan teknologi informasi. Dari pengamatan yang dilakukan di dewan guru SMP Negeri 2 Kalisat masih banyak terdapat kelemahan dikarenakan kurang memahami teknologi informasi yang sedang berkembang. Jadi yang dibutuhkan pembenahan guna meningkatkan potensi profesionalisme guru untuk menunjang kinerja di lembaga pendidikan yaitu memberikan informasi melalui Workshop ³ Peningkatan Mutu Guru Dalam Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi´ . Metode Wawancara Metode wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan teknologi informasi. Dari hasil wawancara diperoleh informasi yang mendukung untuk mengelola manajemen mutu guru dalam pembelajaran. Dokumentasi Selain metode-metode di atas, kami juga melakukan dokumentasi untuk memperoleh data. Data yang kami peroleh adalah berupa data tertulis dan foto-foto.

Program Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Upaya pembinaan dan peningkatan kemampuan profesional guru dilakukan dengan melakukan workshop ³Peningkatan Mutu Guru Dalam Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi´.1 Tabel Kegiatan pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Tanggal 1. M. Dalam workshop ini. Hasil dan Pembahasan a.1.A.2. 8 Juli 2010 Mencari data yang cocok untuk dijadikan bahan pengajaran dalam teknologi informasi 3. Tabel 3. Selain itu. diharapkan para guru di SMPN 2 Kalisat dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat media belajar terutama yang menggunakan powerpoint. Dengan diadakannya workshop ini. dengan mendatangkan nara sumber yang telah ahli dalam bidang Teknologi Informasi yaitu Drs. M. para guru diberi materi tentang bagaimana membuat media belajar terutama powerpoint yang baik dan sesuai kebutuhan belajar-mengajar. memilah teknologi informasi sesuai dengan kemampuan masingmasing guru dibidangnya 2. 10 Juli 2010 Membahas pelaksanaan . para guru juga diharapkan mampu memanfaatkan mesin pencari (search engine) di internet dengan menggunakan kata kunci yang tepat sehingga informasi yang diperoleh sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain itu para guru tersebut juga diberi materi tentang internet dan bagaimana cara mencari informasi di internet menggunakan mesin pencari (search engine). serta dapat mengoptimalkan penggunaan viewer yang ada di SMPN 2 Kalisat. 7 Juli 2010 Kegiatan Observasi Dewan guru. Annur Rofiq.Sc.

kegiatan operasional workshop 4. 26 ± 29 Juli 2010 Sosialisasi acara workshop kepada guru SMPN 2 Kalisat 6. 14 Juli 2010 Memberikan proposal workshop kepada kepala sekolah 5. Foto Kegiatan KK Profesi Kelompok Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Gambar 1. Para Peserta Mengisi Daftar Hadir . 31 Juli 2010 Acara workshop ³Peningkatan Mutu Guru Dalam Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi´ 3.

Kepala Sekolah Memberikan Sambutan Gambar 3.Gambar 2. Nara Sumber Sedang Memberikan Materi .

Para Peserta Sedang Praktek Membuat Media Belajar Menggunakan PowerPoint .Gambar 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful