TUGAS KOSMETOLOGI PEWARNA RAMBUT SEMI PERMANEN

DISUSUN OLEH: BRAWIJAYA MAULANA (08330006) DIDI AHMAD MASHUDI (08330004)

Tujuan Merancang sediaan kosmetik yang menarik meningkatkan rasa percaya diri relatif aman I.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan zaman tuntutan pasar mode dan trend I.BAB I PENDAHULUAN I.2.3 Manfaat memberikan gambaran kepada kepada penulis khususnya dan pembaca pada umumnya dalam memformulasikan suatu sediaan mengaplikasikan ilmu .

terutama dari segi formulasi. .4. PERMASALAHAN Bagaimana merancang formula sediaan kosmetik yang baik serta bagaimana menyelesaikan permasalahan yang timbul dari rancangan sediaan yang kita buat.I.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA rambut Susunan Rambut : ‡ Akar Rambut (Hair Folicle) ‡ Lapisan Batang Rambut ‡ Batang Rambut Fungsi Rambut ‡ Pelindung ‡ Penghangat ‡ Penambah Kecantikan .

ANATOMI RAMBUT .

‡ Dari segi daya lekatnya. .Pewarna Rambut ‡ Sediaan pewarna rambut adalah sediaan kosmetika yang digunakan dalam tatrias rambut untuk mewarnai rambut atau untuk mengembalikan warna rambut asalnya. pewarna rambut dibagi menjadi pewarna rambut dengan daya lekat temporer dan permanent.

‡ Gel merupakan suatu sistem semisolid yang dibuat dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organik yang besar dan terpenetrasi oleh suatu cairan .

Sehingga pigmen tersebut dapat masuk ke dalam helai rambut dan menembus lapisan kutikula. amida. dan atau alkali . ‡ Formulasi terdiri dari pelarut.semipermanen ‡ pewarna rambut semipermanen memiliki molekul pigmen yang lebih kecil dibanding pewarna rambut temporer. surfaktan. aroma asam.

‡ Formulasi : .

PEMBUATAN pewarna di larutkan dalam benzyl alcohol (pemanasan) Isopropanol + miranol di tambahkan ke dalam air Aduk ad homogen. + m1+ sisa air + TEA tetes demi tetes Sambil aduk gel .aduk. (m1) Carbopol dikembangkan dalam air panas.

Pengujian Stabilitas Zat Warna 2. Pengujian Stabilitas Fisik Sediaan ‡ ‡ Pengujian Efektivitas Perwarnaan Pengujian Iritasi Sedian Pewarna Rambut .Evaluasi sediaan 1.

amida. tidak terlalu lama. surfaktan. aroma asam. tetapi jika berulang dikeramas. Evaluasi Sediaan : pengujian stabilitas zat warna . dan atau alkali Pelarut yang paling umum digunakan adalah air dan glikol atau turunan glikol. pengujian stabilitas fisik sediaan .Kesimpulan Pewarnaan rambut semipermanen adalah pewarnaan rambut yang memiliki daya lekat agak permanen. Formulasi terdiri dari pelarut. dan tujuan dari asam atau alkali adalah untuk menyesuaikan pH. zat warnanya akan luntur juga. bertahan beberapa hari atau bermingguminggu (6-8 minggu) atau dapat tahan terhadap keramas sampo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful