TUGAS MANDIRI

BIMBINGAN BACA QUR¶AN

OLEH: NAMA NPM PRODI : JUNDRAWATI : 11220052 : PENDIDIKAN SEJARAH

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO 2011

B. Etika lebih banyak dikaitkan dengan ilmu atau filsafat.dianggap tidak melanggar norma karena budaya itu diterima masyarakat. Baik dan buruk akhlak didasarkan kepada sumber nilai. Sebaliknya apabila buruk disebut akhlak yang buruk atau akhlakul mazmumah. Moral berasal dari bahasa Latin mores yang berarti adat kebiasaan. akhlak adalah daya kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikir dan direnung lagi. Apabila perbuatan spontan itu baik menurut akal dan agama. Karena itu adat istiadat masyarakat menjadi standar dalam menentukan baik dan buruknya suatu perbuatan. Moral dan Etika Perbedaan antara akhlak dengan moral dan etika dapat dilihat dari dasar penentuan atau standar ukuran baik dan buruk yang digunakannya. Di samping akhlak dikenal pula istilah moral dan etika. tabi¶at.AKHLAK A. karena itu yang menjadi standar baik dan buruk itu adalah akal manusia. Moral selalu dikaitkan dengan ajaran baik buruk yang diterima umum atau masyarakat. Jika dibandingkan dengan moral. Sedangkan menurut istilah. Misalnya jujur. Dengan demikian akhlak pada dasarnya adalah sikap yang melekat pada diri seseorang secara spontan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan. iri hati. artinya tingkahlaku. perangai. dusta dan sebagainya. adil. Etika adalah sebuah tatanan perilaku berdasarkan suatu sistem tata nilai suatu masyarakat tertentu. santun dan sebagainya. dengki. rendah hati. zalim. Perbedaan Antara Akhlak. sedangkan moral dan etika berdasarkan adat istiadat atau kesepakatan yang dibuat oleh suatu 1 . Misalnya berpakaian minim di pantai Kuta Bali itu biasa saja. maka tindakan itu disebut akhlak yang baik atau akhlakul karimah (akhlak mahmudah). yaitu Al Qur¶an dan Sunnah Rasul. maka etika lebih bersifat teoritis sedangkan moral bersifat praktis. Misalnya kikir. Moral bersifat lokal atau khusus dan etika bersifat umum. Pengertian Kata akhlak merupakan bentuk jamak dari kata khuluq. Standar baik dan buruk akhlak berdasarkan Al Qur¶an dan Sunnah Rasul. pemurah.

Berzikir kepada Allah. karena ia mampu menembus kekuatan akal manusia. b. Berdo¶a kepada Allah. dan Lingkungan. Apabila aqidah telah mendorong pelaksanaan syari¶at akan lahir akhlak yang baik. sebab keimanan harus ditampilkan dalam prilaku nyata sehari-hari. Akhlak kepada Allah a. sedangkan standar akhlak bersifat universal dan abadi. Akhlak kepada Allah. atau dengan kata lain akhlak merupakan perilaku yang tampak apabila syari¶at Islam telah dilaksanakan berdasarkan aqidah. c.´ (Hadits Riwayat Ahmad) Secara umum dapat dikatakan bahwa akhlak yang baik pada dasarnya adalah akumulasi dari aqidah dan syari¶at yang bersatu secara utuh dalam diri seseorang. baik diucapkan dengan mulut maupun dalam hati. yaitu melaksanakan perintah Allah untuk menyembah-Nya sesuai dengan perintah-Nya. akhlak merupakan cermin dari apa yang ada dalam jiwa seseorang. Sesama manusia. Berzikir kepada Allah melahirkan ketenangan dan ketentraman hati. yaitu mengingat Allah dalam berbagai situasi dan kondisi. Inilah yang menjadi misi diutusnya Rasul sebagaimana disabdakannya: ³ Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Do¶a merupakan inti ibadah. Dengan demikian standar nilai moral dan etika bersifat lokal dan temporal. Kekuatan do¶a dalam ajaran Islam sangat luar biasa. sekaligus pengakuan akan kemahakuasaan Allah terhadap segala sesuatu. Oleh karena itu berusaha dan berdo¶a merupakan dua sisi tugas hidup manusia yang bersatu secara utuh dalam aktifitas 2 . Beribadah kepada Allah. karena ia merupakan pengakuan akan keterbatasan dan ketidakmampuan manusia.masyarakat jika masyarakat menganggap suatu perbuatan itu baik maka baik pulalah nilai perbuatan itu. C. Seorang muslim beribadah membuktikan ketundukkan terhadap perintah Allah. Dalam pandangan Islam. Karena itu akhlak yang baik merupakan dorongan dari keimanan seseorang. 1. yaitu memohon apa saja kepada Allah.

2. Akhlak kepada Orang Tua Kepergian orang yang kita cintai untuk menghadap Allah tentu amat menyedihkan.Sabar diungkapkan ketika melaksanakan perintah. Syukur diungkapkan dalam bentuk ucapan dan perbuatan. D. yaitu rendah hati. Tawakal kepada Allah. tidak mau memaafkan orang lain. sedangkan syukur dengan perbuatan dilakukan dengan menggunakan dan memanfaatkan nikmat Allah sesuai dengan aturan-Nya. kaya atau miskin. orang tua. Apalagi jika kematian itu adalah orang tua kita. menjauhi larangan dan ketika ditimpa musibah. yaitu sikap berterima kasih atas pemberian nikmat Allah yang tidak bisa terhitung banyaknya. Sikap tawaduk melahirkan ketenangan jiwa. yaitu prilaku seseorang terhadap dirinya sendiri sebagai hasil dari pengendalian nafsu dan penerimaan terhadap apa yang menimpanya. e. Akhlak kepada diri sendiri 1) Sabar. muda.hidup setiap muslim. selalu menghargai siapa saja yang dihadapinya. Tawaduk kepada Allah. Akhlak kepada sesama manusia a. yaitu rendah hati di hadapan Allah. Karena dengan 3 . dan pamrih dalam melaksanakan ibadah kepada Allah. suatu perilaku yang tidak disukai Allah. menjauhkan dari sifat iri dan dengki yang menyiksa diri sendiri dan tidak menyenangkan orang . Mengakui bahwa dirinya rendah dan hina di hadapan Allah Yang Maha Kuasa. yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dan menunggu hasil pekerjaan atau menanti akibat dari suatu keadaan. Syukur dengan ucapan adalah memuji Allah dengan bacaan alhamdulillah.Orang yang tidak pernah berdo¶a adalah orang yang tidak menerima keterbatasan dirinya sebagai manusia karena itu dipandang sebagai orang yang sombong . d. 3) Tawaduk. oleh karena itu tidak layak kalau hidup dengan angkuh dan sombong. 2) Syukur.

Begitu besar Jasa orang tua. yakni nilai kebaikan yang secara sosial diakui oleh masyarakat pada suatu zaman dan suatu lingkungan." (QS. seperti yang disebutkan dalam surat al Isra.begitu kita sudah tidak bisa lagi untuk berbakti mengambil secangkir teh hangat. dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka. Kemudian ia bertanya lagi "Sesudah itu siapa?" Jawab beliau Ibumu!. Banyak hadis Nabi saw yang menyatakan tentang betapa pentingnya untuk berbakti kepada orang tua.AlQuran pun memberi rambu-rambu untuk berbakti kepada orang tua. dan curahan perhatian. sampai perintah itu 4 . yakni nilai kebaikan yang secara universal diwajibkan oleh Allah. Allah pun menjadikan kedua orang tua sebagai tambatan kebahagiaan. bahwa seorang anak tidak boleh berkata kasar apalagi menghardik kepada kedua orang tuanyalQ/ 1723). Seorang anak juga harus menunjukkan sikap berterima kasihnya kepada kedua orang tua yang menjadi sebab kehadirannya di muka bumi. Berbakti kepada kedua orang tua (binrul walidain) merupakan al-khoir. hak mereka amatlah besar dan kebaikan mereka tidak mungkin dibalas. ia bertanya lagi"Sesudah itu siapa ?" Jawab beliau Ibumu!. Ibumu!. Ia bertanya lagi "Sesudah itu siapa?" Jawab beliau Bapakmu! (HR Bukhari Muslim) Al-Quran bahkan secara tegas mewajibkan manusia untuk berbakti kepada kedua orang . Sehinga berbakti kepadanya merupakan kewajiban. Berbakti sudah termasuk kategori al manif. taman yang penuh kasih sayang. Telah datang seorang laki-laki menghadap Rasulullah saw lalu bertanya. "Wahai Rasulullah siapakah yang paling berhak aku pergauli dengan cara bagus? Jawab beliau. Manusia yang paling berjasa pada diri seseorang adalah orang tua. "Dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya. Maryam 14). Oleh karena Itu. sehingga akhlak untuk berbakti kepada orang tua merupakan akhlak para nabi dan perangai orang-orang shaleh. membelikan makanan kesukaan dan juga memberikan kasih dan sayang secara langsung. jasa baik mereka tumbuh dan berkembang pada setiap pribadi yang baik. Misalnya. Artinya nilai kebaikan berbakti kepada orang tua itu berlaku sepanjang zaman dan pada seluruh lapisan masyarakat. Di mata Allah sikap terima kasih anak kepada orang tuanya dipandang sangat penting.tuanya lu/ 1723). Allah berfirman tatkala menyifati Nabi Yahya as.

Jika orang tua menyuruh anaknya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan perintah Allah. (e) mc-mohonkan ampun kepada Allah. maka sang anak dilarang mematuhi perintah orang tua tersebut. Jika ia berjalan didepannya karena sesuatu hal. Berusahalah keras untuk mencari keridhaan kedua orang tua dengan perkataan dan perbuatan. Menjawab panggilan mereka dengan Jawaban yang lunak. kecuali dengan izin keduanya. "Aku pernah bertanya kepada Nabi saw. Tidak berjalan di depan keduanya. tetapi disamping atau dibelakangnya.Adapun jika orang tua sudah meninggal. oleh Nabi juga dilarang berperkara secara terbuka dengan orang tuanya di forum pengadilan. Meski demikian.disampaikan senafas dengan perintah bersyukur kepadaNya (anlsykur li wa liwa lidaika) (QS. 3114)). Ulama besar. karena hubungan anak orang tua bukan semata-mata hubungan hukum yang mengandung dimensi kontrak sosial melainkan hubungan darah yang bernilai sakral. 3115). Janganlah bermuka cem-berut kepada keduanya. Aku bertanya kagi Sesudah itu amal apa? Jawab beliau Jihad di Jalan Allah. (Rudhy Suharto." (HR Bukhari Muslim). Amal yang manakah yang paling dicintai oleh Allah ? Jawab beliau Shalat pada waktunya. misalnya Mematuhi perintahnya selama perintah itu bukan dalam mendurhakai Allah.com) 5 . Syeikh Nawawi menyebutkan beberapa contoh praktis akhlak anak terhadap orang tua. Bersi-kaplah rendah hati dan lemah lembut kepada kedua orang tua seperti melayani mereka. Janganlah bepergian. maka tidaklah mengapa ketika itu. (c) meneruskan cita-citanya. (b) menjaga nama baiknya.Memperlakukan orang tuadengan baik termasuk amalan besar dan yang paling dicintai oleh Allah. kepatuhan seorang anak kepada orang tua dibatasi dengan kepatuhannya kepada Allah. seraya tetap harus menghormatinya secara patut (maruf) sebagai orang tua (QS. Dari Abdullah bin Masud. menyuap! makan dengannya bila keduanya tidak mampu dan mengutamakan keduanya di atas diri dan anakanaknya. maka kewajiban anak kepada orang tua adalah (a) melaksanakan wasiatnya. rudhy rs yahoo. Aku bertanya lagi Kemudian amal apa ? Jawab beliau Berbuat baik pada orang tua. Seorang anak. (d) meneruskan silalurahmi dengan handai tolannya.

dan keterbukaan di antara anggota keluarga dan menghapuskan 6 . Akhlak kepada ibu bapak Akhlak kepada ibu bapak adalah berbuat baik kepada keduanya dengan ucapan dan perbuatan. "Dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya. serta menyantuni mereka jika sudah tua dan tidak mampu lagi berusaha. karena hubungan anak orang tua bukan semata-mata hubungan hukum yang mengandung dimensi kontrak sosial melainkan hubungan darah yang bernilai sakral. Meski demikian. sehingga akhlak untuk berbakti kepada orang tua merupakan akhlak para nabi dan perangai orangorang shaleh. kepatuhan seorang anak kepada orang tua dibatasi dengan kepatuhannya kepada Allah. Apabila kasih sayang telah mendasari komunikasi orang tua dengan anak. Seorang anak. maka kewajiban anak kepada orang tua adalah (a) melaksanakan wasiatnya. E. Akhlak kepada keluarga Akhlak terhadap keluarga adalah mengembangkann kasih saying di antara anggota keluarga yang diungkapkan dalam bentuk komuniksai. akan lahir kepercayaan orang tua pada anak oleh karena itu kasih sayang harus menjadi muatan utama dalam komunikasisemua pihak dalam keluarga. Berbuat baik kepada ibu bapak dibuktikan dalam bentukbentuk perbuatan antara lain : menyayangi dan mencintai ibu bapak sebagai bentuk terima kasih dengan cara bertutur kata sopan dan lemah lembut. oleh Nabi juga dilarang berperkara secara terbuka dengan orang tuanya di forum pengadilan. maka akan lahir wibawa pada orang tua. F.Akhlak kepada Orang Tua. Demikian sebaliknya. meringankan beban. Komunikasi yang didorong oleh rasa kasih sayang yang tulus akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Dari komunikasi semacam itu akan lahir saling keterikatan batin. Begitu besar Jasa orang tua. Jika orang tua menyuruh anaknya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan perintah Allah.keakraban." Adapun jika orang tua sudah meninggal. dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka. mentaati perintah. maka sang anak dilarang mematuhi perintah orang tua tersebut. seraya tetap harus menghormatinya secara patut (maruf) sebagai orang tua (QS.

mengelola dan melestarikan alam.kesenjangan di antara mereka.yaitu sebagai wakil Allah yang bertugas mamakmurkan. Akhlak kepada lingkungan Misi agama Islam adalah mengembangkan rahmat bukan hanya kepada manusia tetapi juga kepada alam dan lingkungan hidup. Misi tersebut tidak terlepas dari tujuan diangkatnya manusia sebagai khalifah di muka bumi. Melalui komunikasi seperti itu pula dilakukan pendidikan dalam keluarga. yaitu menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak sebagai landasan bagi pendidikan yang akan mereka terima pada masa-masa selanjutnya. tetapi betul-betul menjadi tempat tinggal yang damai dan menyenangkan. menjadi surga bagi penghuninya. Berakhlak kepada lingkungan hidup adalah menjalin dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitarnya. G. Dengan demikian rumah bukan hanya menjadi tempat menginap. 7 .