Apa Itu Pengetahuan ? Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang.

Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan inderawi. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut. Pengetahuan yang lebih menekankan pengamatan dan pengalaman inderawi dikenal sebagai pengetahuan empiris atau pengetahuan aposteriori. Pengetahuan ini bisa didapatkan dengan melakukan pengamatan dan observasi yang dilakukan secara empiris dan rasional. Pengetahuan empiris tersebut juga dapat berkembang menjadi pengetahuan deskriptif bila seseorang dapat melukiskan dan menggambarkan segala ciri, sifat, dan gejala yang ada pada objek empiris tersebut. Pengetahuan empiris juga bisa didapatkan melalui pengalaman pribadi manusia yang terjadi berulangkali. Misalnya, seseorang yang sering dipilih untuk memimpin organisasi dengan sendirinya akan mendapatkan pengetahuan tentang manajemen organisasi. Selain pengetahuan empiris, ada pula pengetahuan yang didapatkan melalui akal budi yang kemudian dikenal sebagai rasionalisme. Rasionalisme lebih menekankan pengetahuan yang bersifat apriori; tidak menekankan pada pengalaman. Misalnya pengetahuan tentang matematika. Dalam matematika, hasil 1 + 1 = 2 bukan didapatkan melalui pengalaman atau pengamatan empiris, melainkan melalui sebuah pemikiran logis akal budi. Pengetahuan tentang keadaan sehat dan sakit adalah pengalaman seseorang tentang keadaan sehat dan sakitnya seseorang yang menyebabkan seseorang tersebut bertindak untuk mengatasi masalah sakitnya dan bertindak untuk mempertahankan kesehatannya atau bahkan meningkatkan status kesehatannya. Rasa sakit akan menyebabkan seseorang bertindak pasif dan atau aktif dengan tahapan-tahapannya. Definisi Ilmu Pengetahuan Definisi ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum sebab-akibat dalam suatu golongan masalah yang sama sifatnya, baik menurut kedudukannya (apabila dilihat dari luar), maupun menurut hubungannya (jika dilihat dari dalam). –Mohammad Hatta– Definisi ilmu dapat dimaknai sebagai akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan ——-Suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris.Ilmu

yaitu terungkapnya suatu kenyataan ke dalam jiwa sehingga tidak ada keraguan terhadapnya. 6. Selain itu juga. Berdiri secara satu kesatuan. Tersusun secara sistematis. manusia memiliki keingintahuan pada setiap hal yang ada maupun yang sedang terjadi di sekitarnya. Sifat-sifat ilmu Dari definisi yang diungkapkan Mohammad Hatta dan Harjono di atas. 5. luas. banyak sekali sisi-sisi kehidupan yang menjadi pertanyaan dalam dirinya. 4. Ada dasar pembenarannya (ada penjelasan yang dapat dipertanggung jawabkan disertai sebab-sebabnya yang meliputi fakta dan data). ilmu dapat ditransfer kepada orang lain sehingga dapat dimengerti dan dipahami maknanya.dapat diamati panca indera manusia ——. kita dapat melihat bahwa sifat-sifat ilmu merupakan kumpulan pengetahuan mengenai suatu bidang tertentu yang… 1. Sebab. Oleh sebab itulah. ilmu sebaiknya mampu mendorong pengetahuan-pengatahuan dan penemuan-penemuan baru. dan dalam dari pengetahuan. Berkembang. Universal.Suatu cara menganalisis yang mengizinkan kepada para ahlinya untuk menyatakan -suatu proposisi dalam bentuk: “jika. Universitas Pajajaran– Definisi ilmu bergantung pada cara kerja indera-indera masing-masing individu dalam menyerap pengetahuan dan juga cara berpikir setiap individu dalam memroses pengetahuan yang diperolehnya. timbul pengetahuan (yang suatu saat) setelah melalui beberapa proses beranjak menjadi ilmu. Sehingga. ilmu tidak terbatas ruang dan waktu sehingga dapat berlaku di mana saja dan kapan saja di seluruh alam semesta ini.…maka…” –Harsojo. Sebab. Kita dapat melihat hal itu melalui metode yang digunakannya. 2. Communicable. definisi pengetahuan itu sendiri sebagai berikut: Segala sesuatu yang datang sebagai hasil dari aktivitas panca indera untuk mengetahui. kita dapat melihat bahwa tidak semua pengetahuan dikategorikan ilmu. sedangkan ilmu menghendaki lebih jauh. (Wikipedia berbahasa Indonesia) Mengapa ilmu hadir? Pada hakekatnya. 7. Guru Besar Antropolog. definisi ilmu bisa berlandaskan aktivitas yang dilakukan ilmu itu sendiri. Dari penjelasan di atas. manusia mampu menciptakan pemikiranpemikiran yang lebih berkembang dari sebelumnya. Bagaimanakah manusia mendapatkan ilmu? . 3. Mendapat legalitas bahwa ilmu tersebut hasil pengkajian atau riset.

Al Ghazali mengungkapkan tentang konsep ilmu. Tidak semua orang wajib mempelajari ilmu-ilmu tersebut. dan intuisi/nalar. dan lain-lain.Manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dengan sempurna. Afzalur Rahman Konsep ilmu menurut penulis buku Ensiklopediana Ilmu dalam Al-Quran ini adalah: “… Ilmu dapat menggapai Sang Pencipta melalui observasi yang teliti dan tepat tentang hukum-hukum yang mengatur alam ini. Adapun pengalaman dan penelitian merupakan ingatan dari dunia ide. memelihara. 2. Imu-ilmu yang berkaitan dengan ruang public. ilmu pertanian. misalnya: ilmu kedokteran. ilmu sosiologi. ilmu tidak hanya diam di satu tempat atau di satu keadaan. seperti ilmu pengetahuan sosial. dan meningkatkan ilmu? Pengetahuan kaidah berpikir atau logika merupakan sarana untuk memperoleh. dan lain-lain. Danah Johar dan Ian Marshal Dua ilmuwan ini mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul SQ (Kecerdasan Spiritual) bahwa ilmu pengetahuan membantu manusia untuk memahami hal-hal yang bersifat spiritual. dan meningkatkan ilmu. Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan aqidah dan ibadah wajib. ilmu terbagi ke dalam dua bagian.” Al Ghazali Dalam Ihya’ Ulumuddin. yaitu dilengkapi dengan seperangkat akal dan pikiran. yaitu: 1. Dengan apa manusia memperoleh. Setiap orang wajib mendalami ilmu-ilmu tersebut (fardhu a’in). mereka telah menyumbangkan konsep ilmu bagi khazanah intelektual di negeri ini khususnya dan di dunia umumnya. ilmu pendidikan. yaitu konsep ide sebagai realitas sejati. Ilmu pun dapat berkembang sesuai dengan perkembangan cara berpikir manusia. baik ilmuwan yang hidup pada zaman dahulu maupun ilmuwan yang hidup pada masa sekarang. Konsep Ilmu Konsep ilmu sudah banyak digagas oleh para ilmuwan. Beberapa orang saja yang mempelajarinya sudah cukup (fardhu kifayah). . Dengan akal dan pikiran inilah. ilmu komputer. Ilmuwan Indonesia pun tidak ketinggalan. Plato Konsep ilmu yang digagas oleh Plato. Menurutnya. akal. manusia mendapatkan ilmu. memelihara. Jadi. Akal dan pikiran memroses setiap pengetahuan yang diserap oleh inderaindera yang dimiliki manusia. ilmu kesehatan. Konsep ilmu menurut para ahli • • • • • Mulyadhi Kartanegara (2000) Konsep ilmu dalam Islam meliputi yang ghaib (metafisik) dan nyata (fisik) yang diperoleh melalui indera.

dan silih bergantinya siang dan malam. dapat melakukan banyak hal di berbagai aspek kehidupan. “Semua adalah air”.• • • Anaximandros Dia berpendapat bahwa: “Semua adalah yang tak terbatas”. dan meneliti suatu objek. dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi …” (Al-Quran. Aristoteles Murid Plato ini menyumbangkan pemikirannya yang berseberangan dengan Sang Guru. Kehidupan manusia pun menjadi lebih dinamis dan berwarna. Selain itu berkat ilmu. Manusia pun menjadi lebih aktif mengfungsikan akal untuk senantiasa mengembangkan ilmu yang diperoleh dan yang dipelajarinya. Surah Ali-Imran [3]: 190-191 Manfaat ilmu bagi manusia tidak terhitung jumlahnya. menemukan sesuatu untuk menjawab setiap keingintahuannya. manusia senantiasa: • • • mencari tahu dan menelaah bagaimana cara hidup yang lebih baik dari sebelumnya. mendengar. (Yaitu) Orangorang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring. Thales dari Milletos Ilmuwan yang satu ini menyampaikan konsep ilmu sebagai berikut. Manfaat berbagai Ilmu • Manfaat ilmu Kimia . dari waktu ke waktu ilmu telah mengubah manusia dan peradabannya. akal pikiranlah yang akan mengolah menjadi suatu kesadaran. Dengan ilmu. menggunakan penemuan-penemuan untuk membantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sejak Nabi Adam hingga sekarang. manusia: • • • menjadi tahu sesuatu dari yang sebelumnya tidak tahu. terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal. menjalani kehidupan dengan nyaman dan aman. mengamati. Kemudian. Konsep ilmu yang ditawarkan mengenai realitas sejati merupakan hasil dari melihat. Konsep ilmu dalam pandangan Al-Quran • Konsep ilmu dalam Al-Qur’an : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi.

bepergian. o Manusia dapat memelihara dan menjaga kesehatannya. o Manusia mengetahui terjadinya siang dan malam. Manfaat ilmu Arsitektur o Manusia dapat membangun tempat tinggalnya (rumah) menjadi lebih indah. o Membantu manusia untuk menentukan arah mata angin. baik dalam kolompok kecil maupun kelompok besar. berlayar. Pengetahuan ini membantu manusia dalam bercocok tanam. tumbuhan. o Petunjuk fenomena alam (kejadian-kejadian alam) di bumi. sungai-sungai. aman. o Manusia mengetahui tentang pranata-pranata sosial sehingga memudahkannya untuk hidup dalam suatu kelompok tertentu. o Manusia dapat menganalisis gejala penyakit yang menyerangnya. sosiologi bermanfaat untuk memberikan data-data sosial pada tahap perencanaan. o Manusia megetahui tentang lapisan-lapisan atmosfer dan dampaknya bagi kehidupan dan aktivitas sehari-hari manusia. maupun proses evaluasi pembangunan. Manfaat ilmu Sejarah o . o Manusia mengetahui lapisan-lapisan bumi dan struktur bumi. laut dan isinya. Manfaat ilmu Astronomi o Manusia jadi mengetahui pergerakan. o Manusia memahami gejala alam yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari. manusia dapat bercocok tanam. dan lain-lain. pelaksanaan. o Manusia jadi mengetahui dan memahami kebutuhannya. o Manusia memahami proses yang berlangsung di dalam tubuhnya. Manfaat ilmu Sosiologi o Dalam bidang pembangunan. o Manusia lebih memahami tentang alam sekitar dan proses yang terjadi di dalamnya. Dengan itu. dan memelihara kesehatan. serta membuat fungsi-fungsi ruang yang optimal. mobil. o Manusia dapat mengetahui cara berinteraksi dengan yang lainnya. enzim dan lain-lain. Manfaat ilmu Kedokteran o Manusia dapat mengobati penyakit yang dideritanya. Manfaat ilmu Geografi o Manusia mengetahui tentang perubahan iklim. mencari sumber makanan dan sumber energi di laut. o Manusia dapat meningkatkan kualitas hidupnya baik secara fisik maupun mental. dan nyaman sesuai dengan kondisi alam sekitarnya. dan karakteristik benda-benda langit. pakaian.• • • • • • Dapat mengubah bahan alam menjadi sesuatu/produk/barang yang berguna untuk memenuhi dan membantu kehidupan manusia. penyebaran. o Manusia dapat menentukan awal bulan Puasa dan hari Lebaran. o Manusia dapat menentukan waktu dengan berpatokan pada matahari atau bulan. Misalnya: sabun.

namun perhatian bergeser ke komoditas-komoditas mineral yang dikandungnya. Manusia dapat belajar dari pengalaman-pengalaman. Juga menjadi rumah bagi ribuan pendatang yang berpenghasilan jauh di atas kebanyakan pribuminya sendiri. o Manusia dapat menghitung energi yang dikeluarkan dan yang masuk dalam berbagai aktivitas. o Membantu manusia dalam berdagang dan bidang perekonomian. manusia dapat menentukan kuantitas. manusia dapat berkelompok dan bersosialisi. pergeseran terjadi lebih drastis di mana tanah kini lebih dinilai sebagai tempat berpijak dan beraktivitas bagi manusia pemilik ide dan pengetahuan yang mumpuni. Kita . Manfaat ilmu Matematika o Digunakan dalam bidang sains dan teknik. barang-barang yang dihasilkan. dengan seluruh pergeseran drastis yang terjadi menuju ekonomi berbasis pengetahuan ini. April 2001Gemah Ripah Loh Jinawi. Dalam perjalanan sejarahnya. Manfaat ilmu Fisika o Manusia dapat memanfaatkan energi yang ada di alam semesta. menjadi rumah bagi lebih dari separuh penduduk Indonesia yang sekarang kita namai Jawa. tanah tidak lagi dinilai semata-mata karena kesuburannya. perebutan potensi kemakmuran terus bergeser mencari bentuk terbarunya. Kita kenal untaian kata itu sebagai ungkapan kekaguman atas sebuah pulau bernama Jawadwipa yang terkenal subur nan makmur.• • Manusia mengetahui kehidupan di masa lampau. Seiring dengan pergeseran paradigma ekonomi politik dunia. kita masih terpaku pada jargon lama gemah ripah loh jinawi tadi. manusia dapat memotret berbagai kehidupan dengan kamera. tanah Jawadwipa terpaksa digenangi darah pribumi yang berusaha mempertahankan dan pendatang yang terus menerus berupaya untuk merebutnya. konon kita sekarang telah memasuki era ekonomi berbasis pengetahuan atau knowledge economy. o Dengan himpunan. . dan cara hidup mereka.com) o Mengenal Ekonomi Pengetahuan . if there is one lesson in the past half century of economic development. Sayangnya. human resources do” -Editorial The Washington Post. Jawadwipa kini. it is that natural resources do not power economies. Tata Tentrem Karta Raharja. (Sumber : pengetahuanumum. Dan di masa sekarang ini. mengundang siapapun untuk berkunjung. o Ilmu matematikan juga digunakan dalam bidang komputer. Ketika pertanian sudah tidak dianggap lagi sebagai sumber kemakmuran utama. o Dengan bilangan. o Untuk penelitian masalah tingkah laku manusia. o Di bidang fotografi. o Membantu manusia berpikir secara matematis dan logis. Pulau-pulau di Indonesia seperti Pulau Jawa hingga sekarang masih menunjukkan kesuburannya.

knowledge atau pengetahuan sebagai bagian tak terpisahkan dari manusia adalah sumber daya utama lebih daripada sumber daya manusia sebagai tenaga kerja belaka. Dunia ekonomi pengetahuan sendiri masih diwarnai silang pendapat tentang definisinya. Pada sebuah studi oleh Keith Smith untuk The United Nations University. ‘keunggulan’ yang ditonjolkan selalu adalah bahwa Indonesia adalah pasar luas dengan potensi tenaga kerja murah. Dengan anugerah kekayaan alam yang luar biasa ini. dan PriceWaterhouseCoopers. Sementara sumber daya lain seperti modal dan bahan mentah tidak serta merta . pada Ekonomi berbasis pengetahuan. inti permasalahan pada pendefinisian Knowledge Economy berakar pada rumitnya definisi knowledge atau pengetahuan itu sendiri. Banjir akibat kekacauan tata guna lahan dan pembalakan liar. Jika kita telaah apa yang menjadi keunggulan kompetitif kita.berpacu mengeksploitasi kekayaan fisik negeri ini dan bahkan hingga sekarang tak kunjung menyesal meski kita sudah merasakan langsung dampak negatifnya. Ian Brinkley dari The Work Foundation menggarisbawahi kesulitan pendefinisian ini dan mencoba menggunakan definisi sederhana “knowledge economy is what you get when firms bring together powerful computers and well-educated minds to create wealth. namun memastikan seluruh kekayaan alam ini juga akan dinikmati generasi mendatang. yang nampak justru adalah ukuran-ukuran keterbelakangan kita yang memprihatinkan. Pengetahuan (knowledge) sebagai nilai tambah ekonomi sendiri telah tercetus pada karya-karya Marx. hingga kondisi ketenagakerjaan menengah ke bawah yang lebih mirip perbudakan. Ketika negeri kita mempromosikan diri bagi calon investor. jadi wajib hukumnya kita terus meningkatkan pengetahuan menjadi nilai tambah ekonomis yang tak hanya menyejahterakan. Tanpa diembel-embeli kata ‘pengetahuan’ sekalipun Ilmu Ekonomika sudah berdasar pada pengetahuan. Rolls Royce. Kekayaan alam tetaplah menjadi pijakan perekonomian berbasis pengetahuan. Akhirnya Knowledge Economy dianggap sebagai hal yang ‘dimengerti’ namun ‘tak terdefinisi’. kerusakan lingkungan akibat ekstraksi bahan mineral. yang tanpa dicambukpun akan melakukan pekerjaan apapun dan mengkonsumsi apapun yang dipromosikan ke mereka. karena upaya-upaya pendefinisiannya sendiri lebih banyak terjebak pada retorika ketimbang pengartian definitif. Paradigma Gemah Ripah membuai kita yang dengan gampang memperbolehkan seluruh kekayaan alam kita dirampas. Kini pengetahuan adalah ‘kesuburan’ baru yang menjadi tumpuan dalam menciptakan kesejahteraan. namun pengetahuan itu sendirilah yang akan meningkatkan nilai tambah secara drastis jauh melampaui nilai fisik kekayaan alam itu sendiri.” Intinya. Ketika banyak penduduk dunia terus meningkatkan potensi dirinya untuk berkompetisi secara global. Dalam sebuah studi yang disponsori perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft. kita masih terjebak pada carut-marutnya pendidikan kita.

Kita ambil contoh. kekayaan alam kita telah banyak berjasa menciptakan kemakmuran. yang disebut-sebut ‘pertemuan merancang pengambilalihan Indonesia’. Jepang. namun tidak lagi menjadi tumpuan utama (lihat artikel Nilai-nilai Intangible di pengusahamuslim. Lebih spesifik lagi pada satu jaringan kedai kopi paling kondang di muka bumi. Yang ditandai dengan lebih intensifnya penggunaan aset-aset nirwujud seperti pengetahuan. misalnya seperti Kantin Rasamala Hot Spot Service (free) yang tidak terlalu banyak menerapkan teknologi canggih. Perusahaan ini adalah contoh sempurna bagaimana sebuah perusahaan non hi-tech mengaplikasi ide dan pengetahuan menjadi nilai tambah yang jauh mengalahkan nilai fisik dari kopi itu sendiri. ide. namun juga pemilik potensi nirwujud seperti ide dan pengetahuan (intellectual). dan kelompok perusahaan Amerika. saat The Smiling General membuka ‘forum investasi’ pertama di Jenewa. skill. Starbucks membuktikan bahwa konsep-konsep seperti merk. attitude. Forum 3 hari itu kemudian berbuah ‘kaplingisasi’ kekayaan alam di Indonesia oleh korporasi internasional. manusia juga dibekali dengan knowledge.com Ekonomi pengetahuan bukan hanya apa yang diterapkan pada industri-industri berteknologi tinggi saja. Dalam framework manajemen sumber daya manusia. dan atmosfer kenyamanan yang notabene adalah produk dari ide dan pengetahuan mampu menyumbang nilai tambah ekonomi jauh lebih tinggi. layanan prima. Namun pada industri-industri lain pun ekonomi pengetahuan telah diterapkan. Alcoa menerima bagian terbesar bouksit di Indonesia. ide dan pengetahuan mampu memberikan dampak lebih besar dibanding komoditas-komoditas fisik yang selalu kita andalkan. Kira-kira apa yang ada dalam benak para penduduk dunia ketika mendengar kata ‘Indonesia’? Tentu di luar fakta statistik atau sejarah seperti ‘kepulauan terbesar di dunia’. buruh yang murah (dan . kita masih mengiklankan negeri ini sebagai negeri tujuan investasi dengan berbagai ‘keunggulan’. Puluhan tahun setelahnya. Sumber daya manusia tidak lagi hanya penting sebagai tenaga kerja fisik (workforce). dan experience. technique. Konsorsium Eropa menguasai nikel di Papua Barat. Kita mungkin memuji diri sendiri sebagai bangsa yang ramah dengan alam yang kaya nan cantik. Berapa banyak dari kita yang tahu bahwa supplier kopi terbesar bagi Starbucks adalah perusahaan asal Indonesia? Tak bisa dipungkiri. seorang utusan berkata bahwa negeri kita ini adalah ‘hadiah tiada tara dari timur’. selain potensi workforce. Namun apa yang sebenarnya dipikirkan mereka di luar sana? Konon. dan keterampilan sebagai alat keunggulan kompetitif. ‘negara berpenduduk terbanyak kelima’. Meski wujud fisiknya sekalipun tak bisa kita raba. Freeport mendapat bagian gunung tembaga di Papua Barat. Starbucks. Namun perusahaan-perusahaan seperti Kantin Rasamala . industri makanan dan minuman.kehilangan nilainya.Hot Spot Service (free). dengan seluruh karakter khususnya yang membuat SDM kini menjadi lebih unik dan lebih menjadi tumpuan dibanding sebelumnya. Papua Barat. dan Kalimantan. dan Perancis mendapat hutan-hutan tropis di Sumatera. atau ‘negeri yang merdeka tahun 1945′.

Bicara memasarkan Indonesia. serta tentu pasar yang kebal krisis (kalo cuma pake sih kita jelas jago). Jelas bukan lagi mengobral buruh murah dalam jumlah besar yang dipelihara ”dan dilestarikan” negara. Bahkan sering kita mendengar cerita bahwa Pulau ini lebih kondang dari Indonesia sendiri. namun belum cukup mencipta gelombang ‘kebangkitan Indonesia’. Kita punya Bali. merumuskan. Untuk itu kita perlu tema besar sebagai payung. Namun di saat yang sama batu bara. Kita tak kunjung beranjak dari jualan kiloan tanpa nilai tambah. Indonesia terlalu besar dan menawarkan terlalu banyak keunggulan. . yang sudah bukan konon lagi menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Basis tersebut mencakup dua elemen dasar : 1. karena meski prestasi-prestasi mulai kita bukukan. Juga bukan sumber daya alam yang diserahkan cuma-cuma dan dimuluskan amplop di bawah meja. hingga manusia-manusia negeri ini sedang diobral. fakta. Belum lagi disempurnakan dengan birokrat korup yang menjadi makelar untuk memuluskan upaya obral yang lebih pantas disebut penjarahan ini. kita masih juga tak belajar apapun. dan 2. (Sumber : zuchrivious. Sebenarnya. misalnya situasi persoalan dan teori area persoalan. heuristik atau aturan khusus yang mengarahkan penggunaan pengetahuan untuk memecahkan persoalan khusus dalam domain tertentu. hutan. bahkan lebih buruk. yang kita lakukan adalah bertukar nilai tambah dalam bingkai posisi yang setara. Memasarkan negeri. Namun apa daya. ilmu yang tak membumi belum juga mendatangkan manfaat bagi kita. Bahkan setelah terjadi konsekwensi di luar perkiraan. kita masih berkutat pada ide tentang apa yang bisa kita jual dari negeri ini. namun belum banyak yang bisa betul-betul mereguk kesuksesan darinya. namun juga perlu tema spesifik bagi tiap daerah. berarti mengkomunikasikan pada dunia tentang keunggulan-keunggulan nyata yang ditawarkan Indonesia. Bagai penjual di emperan pasar. tak bisa dipandang sinis sebagai upaya komersialisasi yang cuma kental unsur ekonomisnya saja. Tak bisa dipungkiri bahwa kekayaan alam memang anugerah tak terkira yang diberikan pada kita. dan memecahkan persoalan. sumber daya alam berlimpah plus regulasi acakadut.mudah diperdaya). negara-negara lain juga tak kunjung memandang kita dengan respek lebih. Kita mulai melangkah maju dengan program seperti visit Indonesia Year yang telah dua kali digencarkan.com) “Basis Pengetahuan“ (Knowledge base) Basis pengetahuan berisi pengetahuan relevan yang diperlukan untuk memahami. Kita tak lagi berposisi sebagai bangsa lemah yang cuma menyodorkan upeti cuma-cuma. Namun kita justru terlena dan mengobralnya murah. Di seberang lain dunia. Beberapa daerah telah memulainya. Padahal konsep pemasaran tentu sudah bukan lagi barang baru bagi negeri ini. Memasarkan negeri berarti sadar penuh bahwa ketika kita berbisnis dengan siapapun. namun mampu menyatakan dengan tegas identitas kita.

Karena kemampuan yang menjadi hal yang pokok/ wajib dibutuhkan oleh seorang pengembang sistem. browsing internet. mesin inferensi dapat menyertakan pemecahan persoalan untuk tujuan umum dan aturan pengambilan keputusan ). pakar adalah relatif. Pakar pada satu waktu atau satu wilayah mungkin tidak menjadi pakar di waktu atau wilayah lain. . literatur. dan bagaimana sistem bekerja. penilaian. dan menjelaskan kesulitan konseptual. apa yang dimaksud dengan keahlian. jurnal ilmiah. “Akuisisi Pengetahuan” (Knowledge Acquisition) Akuisisi pengetahuan adalah pengumpulan data-data dari seorang pakar ke dalam suatu sistem (program komputer). laporan dan lain-lain. Biasanya knowledge engineer membantu pakar menyusun area persoalan dengan menginterpretasikan dan mengintegrasikan jawaban manusia. tidak hanya fakta. jurnal ilmiah. Misalnya. literatur. diolah dan dikumpulkan dengan terstruktur menjadi basis pengetahuan (knowledge base). Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan. mahasiswa kedokteran mungkin disebut pakar dalam penyakit dibanding petugas administrasi. bagaimana keahlian dapat ditransfer. adalah bahan mentah primer dalam sistem pakar. seorang pakar. laporan dijadikan dokumentasi untuk dipelajari. Bahan pengetahuan dapat diperoleh melalui buku. metode khusus. Heuristik menyatakan pengetahuan peniliaian informal dalam area aplikasi.Selain itu. seorang pakar. menyusun analogi. browsing internet. mengajukan contoh pembanding. antara lain siapa yang disebut pakar. pengalaman. Kedua. Pakar biasa memiliki beberapa konsep umum : Pertama. Pengetahuan. serta kemampuan untuk menerapkan bakat ini dalam memberi nasihat dan memecahkan masalah. Sumber-sumber pengetahuan yang diperoleh agar menghasilkan data-data yang baik maka perlu diolah dengan kemampuan yang baik pula sehingga dapat menghasilkan solusi yang efisien. Mendapatkan pengetahuan dari pakar adalah tugas kompleks yang sering menmbulkan kemacetan dalam konstruksi ES. tetapi bukan pakar di rumah sakit terkemuka. harus mampu memecahkan persoalan dan mencapai tingkat performa yang secara signifikan ebih baik dari orang kebanyakan. “Konsep Dasar Sistem Pakar” mencakup beberapa persoalan mendasar. Sumber pengetahuan dari buku. seseorang memerlukan knowledge engineer atau pakar elisitasi pengetahuan untuk berinteraksi dengan satu atau lebih pakar manusia dalam membangun basis pengetahuan. Dalam membangun sistem besar.

maka komputer harus dapat diprogram untuk membuat inferensi. Sistem pakar generasi kedua jauh lebih fleksibel dalam mengadopsi banyak representasi pengetahuan dan metode pertimbangan. Prediksi. inferensi pengetahuan. adalah menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memenuhi kendala-kendala tertentu. Membagi-bagi aturan jika diperlukan. dan mempraktikkan. pengetahuan perlu didokumentasikan atau dianalisis. dan pengalihan pengetahuan ke user. adalah memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi-situasi tertentu. Kedua. merupakan tujuan utama dari sistem pakar. dan pengetahuan implisit yang diperoleh dari pengalaman. 4. misalnya teori yang dipelajari dari buku teks atau kelas. pakar di suatu perusahaan/instansi bisa pensiun. Terdapat beberapa alasan bagi suatu perusahaan untuk mengadopsi sistem pakar. Sistem pakar memungkinkan pengetahuan ditransfer lebih mudah dengan biaya lebih rendah. Pengetahuan yang disimpan di komputer disebut sebagai basis pengetahuan. representasi pengetahuan (ke komputer). membaca. Keahlian mencakup pengetahuan eksplisit. Desain. Proses ini membutuhkan 4 aktivitas yaitu: tambahan pengetahuan (dari para ahli atau sumber-sumber lainnya). Kebanyakan sistem pakar generasi pertama menggunakan aturan jika-maka untuk merepresentasikan dan menyimpan pengetahuannya. Pertama. Ketiga. yaitu: fakta dan prosedur (biasanya berupa aturan). Keahlian sering dicapai dari pelatihan. adalah menentukan sebab malfungsi dalam situasi yang didasarkan pada gejala-gejala yang teramati. 2. keluar. atau telah meninggal. Diagnosis. adalah membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah. Memecahkan persoalan dengan cepat dan tepat. Dan setiap sub sistem mempunyai sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi sistem tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Pengalihan keahlian dari para ahli ke media elektronik seperti komputer untuk kemudian dialihkan lagi pada orang yang bukan ahli. Pengembangan sistem pakar dibagi menjadi dua generasi. Menyusun ulang pengetahuan. Menetapkan relevansi Keahlian adalah pengetahuan ekstensif yang spesifik terhadap tugas yang dimiliki pakar. pendidikan dan pelatihan adalah hal penting tetapi merupakan tugas yang sulit. .Biasanya pakar manusia mampu melakukan hal berikut : Mengenali dan merumuskan persoalan. Interprestasi. 3. Salah satu fitur yang harus dimiliki oleh sistem pakar adalah kemampuan untuk menalar. Kategori dan Area Permasalahan Sistem Pakar 1. Menjelaskan solusi tersebut. Proses inferensi ini dikemas dalam bentuk motor inferensi (inference engine). Jika keahlian-keahlian sudah tersimpan sebagai basis pengetahuan dan tersedia program yang mampu mengakses basis data. Belajar dari pengalaman.

Selection. adalah merencanakan serangkaian tindakan yang dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu. akan dapat digunakan oleh orang awam untuk membantu memecahkan masalah tertentu dan bagi seorang ahli. adalah membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan.5. dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang lazimnya memerlukan pakar tertentu (Martin dan Oxman. Instruksi. 1998). fakta dan teknik penalaran yang dimiliki manusia sebagai pakar yang tersimpan di dalam komputer. 9. sebanding dengan seorang pakar yang mempunyai pengetahuan dalam bidang tertentu. Monitoring. sistem pakar dapat dijadikan alat untuk menunjang aktivitasnya yaitu sebagai sebagai asisten yang berpengalaman. Dengan demikian seorang awam sekalipun bisa menggunakan sistem pakar itu untuk memecahkan berbagai persoalan yang ia hadapi. adalah pemodelan interaksi antara komponenkomponen sistem. Sistem pakar dengan desain yang benar dan sejumlah komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu kesatuan integrasi. Sistem pakar merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan. adalah mengatur tingkah laku suatu lingkungan yang kompleks. “Sistem pakar” yang baik dapat menyelesaikan masalah dengan lebih sempurna. Sistem pakar adalah program “artificial inteligence” (”kecerdasan buatan” atau AI) yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. adalah mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain subyek. Ini merupakan bagian software spesialisasi tingkat tinggi atau bahasa pemrograman tingkat tinggi (High level Language). adalah mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan kemungkinan. 7. yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. sebagai hasil himpunan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari beberapa orang pakar. Perencanaan. 6. 8. adalah menentukan dan menginterpresentasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi. fakta dan teknik penalaran yang dimiliki manusia sebagai pakar yang . Pengendalian. Debugging dan Repair. 10. Sistem pakar merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan. Program ini bertindak sebagai konsultan yang cerdas atau penasihat dalam suatu lingkungan keahlian tertentu. Simulation. 11.

Lingkungan pengembangan sistem pakar digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar.tersimpan di dalam komputer. dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang lazimnya memerlukan pakar tertentu (Martin dan Oxman. 5. 1998). mesin inferensi. dan antarmuka pemakai. “Ciri-ciri Sistem Pakar” 1. yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. Program ini bertindak sebagai konsultan yang cerdas atau penasihat dalam suatu lingkungan keahlian tertentu. Struktur Sistem Pakar Sistem pakar disusun oleh dua bagian utama. sedangkan lingkungan konsultasi digunakan oleh pengguna yang bukan pakar guna memperoleh pengetahuan pakar. Tiga komponen utama yang tampak secara virtual disetiap sistem pakar adalah basis pengetahuan. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi. yaitu lingkungan pengembangan (development environment) dan lingkungan konsultasi (consultation environment) (Turban. 4. Memiliki informasi yang handal. Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer. akan dapat digunakan oleh orang awam untuk membantu memecahkan masalah tertentu dan bagi seorang ahli. Sistem pakar dengan desain yang benar dan sejumlah komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu kesatuan integrasi. sebanding dengan seorang pakar yang mempunyai pengetahuan dalam bidang tertentu. sebagai hasil himpunan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari beberapa orang pakar. 2. Heuristik dalam menggunakan pengetahuan (yang sering kali tidak sempurna) untuk mendapatkan penyelesaiannya. Ini merupakan bagian software spesialisasi tingkat tinggi atau bahasa pemrograman tingkat tinggi (High level Language). sistem pakar dapat dijadikan alat untuk menunjang aktivitasnya yaitu sebagai sebagai asisten yang berpengalaman. Dengan demikian seorang awam sekalipun bisa menggunakan sistem pakar itu untuk memecahkan berbagai persoalan yang ia hadapi. Sistem pakar adalah program “artificial inteligence” (”kecerdasan buatan” atau AI) yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. 3. 1995). Inferensi . “Sistem pakar” yang baik dapat menyelesaikan masalah dengan lebih sempurna. Mudah dimodifikasi.

Inferensi adalah konklusi logis atau implikasi berdasarkan informasi yang tersedia. dan merumuskan kesimpulan. Runut mundur ( backward chaining) Runut mundur adalah penalaran dimulai dari kesimpulan dan akan dibuktikan kebenarannya(goal driven). yang dikenal juga sebagai struktur kontrol atau penerjemah aturan (dalam ES berbasis-aturan). Terdapat dua cara (metode) mekanisme inferensi dalam sistem pakar berbasis aturan. Mesin inferensi adalah keahlian yang dibutuhkan disimpan di dalam knowledge base (basis pengetahuan). Dalam sistem pakar. atau paling tidak telah berada pada level yang cukup akurat. komputer diprogram sehingga dapat menghasilkan solusi. “Kelebihan Sistem Pakar” 1. Mesin Inferensi ”Otak” ES adalah mesin inferensi. Komponen ini sebenarnya adalah program komputer yang menyediakan metodologi untuk mempertimbangkan informasi dalam pengetahuan dan workplace. Best first search. 2. 5. maka representasi pengetahuan tersebut telah siap digunakan. Kedua cara di atas dipengaruhi oleh macam penelusuran yang terdiri dari 3 macam/ teknik penelusuran: • • • Depth first search. teknik penelusuran dari node ke node bergerak menurun ke tingkat dalam yang berurutan. proses inferensi dialakukan dalam suatu modul yang disebut inference engine. Ada dua metode inferensi yang penting dalam sistem pakar. Runut maju (forward chaining) Runut maju adalah aturan-aturan diuji satu demi satu dalam urutan tertentu (data driven).Inferensi merupakan suatu proses untuk menghasilkan informasi dari fakta yang diketahui. Inference engine merupakan modul yang berisi program tentang bagaimana mengendalikan proses reasoning. kombinasi antara depth first search dan breadth first search. Ketika representasi pengetahaun pada bagian knowledge base telah lengkap. yaitu: 1. 3. Breadth first search. teknik penelusuran pada semua node dalam satu level sebelum berpindah ke level di bawahnya. 4. 2. yaitu runut maju (forward chaining) dan runut balik (backward chaining). Orang awam bisa menggunakannya Melestarikan keahlian seorang pakar Mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya Kemampuan dalam mengakses pengetahuan Bisa berkerja dalam informasi yang tidak lengkap .

Hendra Says: Mei 15th.terima kasih. Produktifitas “Kekurangan Sistem Pakar” 1. apabila tulisan saya bisa bermanfaat. Salam kenal. . umarhapsoro Says: Januari 26th. Menghemat waktu dalam mengambil suatu ke putusan 8.6. 2009 at 18:43 Pak Umar Hapsoro. Umar Hapsoro Ishak Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini Apakah anda menyukai tulisan ini ? Suka tulisan ini 5 Responses to “Apa Itu Pengetahuan ?” 1. Dwi N 2. Media pelengkap dalam penelitian 7.. 2009 at 17:28 Apa keunggulan Forward Chaining ya??? Dibandingkan dengan yang lain. karena saya jadi tahu apa sejatinya pengetahuan itu. 2009 at 19:46 Salam kenal juga buat pak Dwi Nindyatono..saya telah belajar banyak dari tulisan bapak tersebut. Biaya yang sangat mahal membuat dan memeliharanya 2. Keahlian sama dengan seorang pakar 10. Senang bisa berkenalan dgn bapak. dwi n Says: Januari 26th. Proses secara otomatis 9. Sulit di kembangkan karena keterbatasan keahlian dan ketersediaan pakar 3. Alhamdulillah. Sistem pakar tidak 100% bernilai benar Tulisan disusun dari berbagai sumber oleh : H. 3.

myun Says: Desember 9th. 2010 at 17:49 Salam kenal kembali. dan terima kasih atas kunjungannya Salam.4. . 2010 at 09:37 salam kenal.^^ mampir juga ke … repository unand ya 5.. umarhapsoro Says: Desember 29th.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful