Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M

)

Sumartono Email: sip.dp2m@dikti.go.id; sumartono@dikti.go.id Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas)

VISI

Tersampaikannya manfaat hasil penelitian Dan pengabdian kepada masyarakat bagi akademisi dan/atau masyarakat

MISI
1. Meningkatkan penelitian berbasis persoalan industri dan/atau masyarakat serta penelitian yang berpeluang menciptakan industri baru, 2. Memfasilitasi aplikasi hasil-hasil penelitian dan pengetahuan entitas PT melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan entrepreneurship, 3. Meningkatkan pertumbuhan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang berorientasi kepada mutu, relevansi dan kemandirian lulusan PT

SINERGISME TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI
PUBLIKASI PATENT PENGUASAAN IPTEK DAN SENI
J NA A A RB RU

PE

-angka kredit -dana penelitian -penghargaan
RM AS AL AH A

BA

HA

ng ka & ela n r b ahua i a lat get olog n pe etod m

PENELITIAN

ca ra p so roble lvin m g

NT ER

AP

AN

PENDIDIKAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DIKTAT, BUKU MODUL
-angka kredit -gaji -penghargaan

DIKMAS YANMAS PENGETAHUAN PRAKTEK

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT JASA NILAINILAI BARU

KARIR DAN KESEJAHTERAAN DOSEN

-angka kredit -dana jasa kerjasama -penghargaan

Ket: Dalam Pelaksanaan Tridharma Terjadi Bina Kemampuan Akademik Dan Manajemen

PASCA PENUGASAN PROGRAM DP2M Hasil DP2M Artikel Artikel Ilmiah Ilmiah Potensi HKI Jurnal Dosen Berkualitas TTG Bahan Ajar Paten Direktori Monograf Kualitas Dosen Dipertanyakan ? Laporan .

MENGAJAR 2 MENELITI 3. PENGABDIAN KPD MASY. .DOSEN HARUS MELAKUKAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (NORMATIF) UU 20 TAHUN 2003 SISDIKNAS. TUGAS DOSEN: 1.

PENINGKATAN KUALITAS BAHAN AJAR.MENGAPA DOSEN HARUS MELAKUKAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT? (SUBSTANSIF) PENINGKATAN KAPASITAS INTELEKTUAL PARA DOSEN. . Penerapan IPTEKS dalam rangka modernisasi/madanisasi masyarakat.

dan/atau seni untuk kemajuan ilmu pengetahuan. teknologi. . dan/atau seni. teknologi.Kegiatan mencari dan menemukan kebaruan dalam kebenaran ilmiah melalui metode ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan. serta kesejahteraan masyarakat.

.Kegiatan ilmiah terencana sivitas akademika PT dalam membangun peradaban masyarakat berketrampilan sains. teknologi dan seni berbasis kepakaran individu dan/atau kelompok.

Kekayaan yang timbul atau lahir karena Kemampuan intelektual manusia melalui daya cipta. rasa dan karsanya yang dapat berupa karya di bidang teknologi. . seni dan sastra. ilmu pengetahuan.

Perbaikan Revisi Hasil Penelitian/ Pengabdian Kelayakan Publikasi Tidak Laporan OK Dewan Redaksi Jurnal Jurnal Nasional Jurnal Jurnal Nasional Lokal Nasional Jurnal InterNasional .

revisi revisi revisi revisi HASIL PENELITI AN/PENG ABDIAN Kesesu aian HKI tidak Kesesu aian Jurnal tidak Kesesu aian TTG tidak Keses.TTG Tim Buku Ajar NOBEL??? KI Artikel TTG Buku Ajar .B uku Ajar tidak Laporan ya ya ya ya Tim review HKI Tim rev.Jurnal Tim rev.

Sub Direktorat Penelitian Program Penelitian No. 90 <S3 <3 2 31 Mei 75 <S3 <3 3 31 Mei 300 . 1 2 3 4 5 6 7 8 Uraian Seleksi Pengusul Jumlah Peneliti (orang) Masa Penelitian (tahun) Batas masuk usul Biaya Maksimum * (juta/tahun) Pemantauan Pengelolaan 10 PDM <S3 <3 1 SKW <S3 <3 1 31 Mei 10 50 40 PT/DP2M DP2M HB >S1 <4 <3 <3 1 PF Pasca Pekerti Rapid Wilayah DP2M >S2 <3 3 30 Sept.

1 2 3 4 5 6 7 8 Uraian Seleksi Pengusul Jumlah Peneliti (orang) Masa Penelitian (tahun) Batas masuk usul Biaya Maksimum * (juta/tahun) Pemantauan Pengelolaan HK DP2M D/P <3 <3 Mei 100 HKPUS HKPPN BPKI ESD DP2M D/P <3 <3 D/P/ MLN <3 <3 <3 <3 Mei 500 <S3 <3 2 Mei 50 <S3 <3 3 31 Mei 100 PDD PKALPT DP2M D/P Mei 1000 Mei 100 Mei 200 PT/DP2M DP2M Next .Program Penelitian No.

selama 1 th) back . Penelitian Dosen Muda/Studi Kajian Wanita Kegiatan pembinaan penelitian yang mengarahkan dan membimbing calon peneliti untuk mendapatkan kemampuan dan kepekaan meneliti. tetapi bukan dari bidang ilmu kajian wanita. Diperuntukan bagi dosen yang belum bergelar doktor dan belum berpangkat lektor kepala. Penelitian Fundamental Penelitian yang pendanaannya Multi tahun (2 tahun) berorientasi pada mutu untuk pengembangan/memperkaya khasanah ilmu pengetahuan. 10 jt.) 2. Luaran yang sangat penting adalah publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional. 40 jt.Sub Direktorat Penelitian Program Penelitian 1. (11 PT penugasan. 1500 Granted/ 1 tahun / Maks. (150-200 granted/maks. Studi Kajian Wanita memperbolehkan pengusul bergelar doktor dan berpangkat guru besar.

75 jt/thn) back .3. budaya dan peralatan yang baik dan lengkap dan laboratorium penelitian perguruan tinggi yang telah maju melalui kerja sama penelitian antara Tim Peneliti Pengusul (TPP) dan Tim Peneliti MItra (TPM). Penelitian Kerja sama antar Perguruan Tinggi (PEKERTI) Melalui program Hibah PEKERTI diharapkan kesenjangan akses terhadap sarana penelitian yang lengkap baik dapat diatasi dengan memberikan kesempatan kepada peneliti yang belum berkembang untuk memanfaatkan keahlian. Penelitian Hibah Bersaing Tujuannya untuk mendorong penelitian inovatif dan invensi dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan kesenian (IPTEKS). 4. Target dari program ini adalah terjadinya kerja sama yang harmonis antara perguruan tinggi pada bidang ilmu sejenis yang mampu memacu inovasi IPTEKS (12-20 judul/2 th/maks.gunaan hasil (product oriented) dan dilaksanakan dengan kompetisi dimaksudkan untuk lebih terkait dan sepadan (link and match) dengan kebutuhan pembangunan baik di pusat maupun di daerah. Penelitian multi tahun yang berorientasi kedayaan. Para peneliti diharapkan mampu mengelaborasi bidang-bidang penelitian yang terkait dengan potensi sumber daya di daerah (700800 judul/2-3 tahun /maks 50 jt).

Penelitian Tim Pascasarjana / Hibah Pascasarajana Merupakan wahana yang memberikan kesempatan terjadinya sinergi antara proses pendidikan pascasarjana dalam menghasilkan penelitian yang menyentuh teknologi frontier dan berbobot ilmiah tinggi. Industri = 25% back . PT=15%. Dengan demikian budaya penelitian (yang bernuansa penciptaan produk secara berkelanjutan) akan tumbuh di dunia industri indonesia dan budaya industri akan tumbuh pula di PT di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan pascasarjana melalui peningkatan mutu penelitian yang berkualitas internasional (peserta S3 yang punya bimbingan 15-20 orang / 3 th/maks 90 jt) 6. produk-produk industri mutakhir dengan fitur-fitur baru atau yang mampu memutus rantai ketergantungan dengan pihak luar negeri.5. dimungkinkan beredar di pasaran sebagai hasil penelitian perguruan tinggi. Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID) Program RAPID merupakan wahana yang memberikan kesempatan bagi terwujudnya hubungan kerja sinergis antara lembaga penghasil konsep dan teknologi dengan lembaga manufaktur. Tujuannya untuk komersialisasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (15-20 judul/3 thn/maks 350 jt) komposisi: Dikti=60%.

publikasi ilmiah. dan buku ajar. teknologi yang terkait dalam sektor strategis sudah mengalami kemajuan yang cepat. (beberapa angkatan. • Selain itu. Hibah Kompetensi Maksimum 3 tahun. sehingga diperlukan upaya yang lebih ekstensif untuk menguasai kemajuan teknologi tersebut. Maks 1 Milyar back .7. Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Program Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional dikembangkan dengan pertimbangan sebagai berikut : • Masih banyak sektor produksi strategis yang belum berkembang karena lemahnya penguasaan dan keterkaitan berbagai bidang teknologi. maks 100 jt/thn) 8. 1 angkatan/2-3. 100 juta Memberikan kesempatan bagi para dosen/peneliti yang telah melaksanakan kegiatan penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat secara terprogram. terus menerus dan berkesinambungan salah satu tujuan meningkatkan perolehan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang HKI. • Perlunya upaya yang komprehensif untuk memetakan technology roadmap yang terkait dengan perkembangan sektor produksi strategis dan mengimplementasikannya dalam kegiatan produksi. TTG rekayasa sosial/kebijakan publik.

Hibah Kompetitif Penelitian sesuai Prioritas Nasional Kegiatan penelitian Hibah Kompetitif Penelitian sesuai Prioritas Nasional (Penelitian Strategis Prioritas) sebagai tanggapan atas pencanangan 6 bidang strategis nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI pada tahun 2008. Rencana strategis tersebut dikembangkan oleh DP2M menjadi 10 tema penelitian untuk mengakomodasi semua cabang keilmuan di perguruan tinggi Indonesia.9. Manfaat yang akan diperoleh dari skim penelitian ini adalah : Meningkatkan kemampuan para peneliti di perguruan tinggi Indonesia untuk melakukan kerjasama penelitian dengan lembaga mitra di luar negeri Bantuan Maks 200 jt back . sehingga diharapkan dapat meningkatkan secara signifikan jumlah publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi internasional. Penelitian Strategis Prioritas dapat dilakukan dengan lama penelitian 2-3 tahun per judul dan dana maksimum setiap tahun sebesar 100 jt Hanya tim peneliti yang dapat memenuhi luaran yang ditargetkan yang dapat mengajukan usul penelitian periode kedua. yang memerlukan penelitian yang intensif untuk mengatasi pelbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia. Bantuan Penelitian Kerja sama Internasional Dalam Rangka Publikasi Internasional bertujuan untuk memberikan bantuan dana penelitian bagi para peneliti di perguruan tinggi Indonesia yang mempunyai kemampuan untuk melakukan kerjasama riset dengan pihak lembaga (perguruan tinggi) di luar negeri terutama dengan negara-negara maju. 10.

dan pengabdian pada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. energi. diversitas kultur dan budaya serta Pengembangan Sains & Teknologi ramah lingkungan). relevansi. klas sosial tertentu. penelitian. Lingkungan/Ekologi (air. dan biodiversitas). Kesetaraan hak dan kesempatan. 12. Penelitian Disertasi Doktor Program peningkatan mutu. Pendampingan EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) Block Grant bagi pendampingan ESD dikembangkan Ditjen DIKTI untuk memfasilitasi hal-hal tersebut diatas.11. Demokrasi. Program ini sangat terkait dengan dimensi Ekonomi (Pertumbuhan berkesinambungan. Maks Hibah 50 jt back . gender. Keadilan sosial: ras. dan daya saing pendidikan tinggi akan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan peningkatan pelayanan pendidikan. Penerapan otonomi keilmuan dimaksudkan untuk mendorong perguruan tinggi melaksanakan tugasnya sebagai pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi. kesehatan. partisipasi. termasuk Politik. serta Keseimbangan produksi dan konsumsi). Maks Hibah 500 jt. selaras dan empati. pertanian. dan Sosial. Budaya (Harmoni. serta meningkatkan kualitas/kuantitas dan diversifikasi bidang penelitian di lingkungan perguruan tinggi.

Untuk memfasilitasi kegiatan tersebut dipandang perlu membuat program Hibah Penelitian Kerjasama antar Lembaga dan Perguruan Tinggi. Hampir 20 tahun sejak tahun 1989 Diknas sudah banyak mengelola kegiatan penelitian kompetitif yang dilakukan oleh para dosen di semua perguruan tinggi negeri dan swasta.13. sudah waktunya penelitian-penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi dapat disinergikan dengan penelitian yang ada di lembaga penelitian dan pengembangan departemen maupun non departemen untuk menghasilkan penelitian terintegrasi. Penelitian Kerja sama Antar Lembaga dan PT Departemen Pendidikan Nasional bertanggung jawab atas kegiatan penelitian di perguruan tinggi dari segi kuantitas dan terutama dari segi kualitasnya. Oleh karena itu. Jumlah alokasi dana yang diberikan Maks 100 jt back .

Sub Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat PRODUK SAMA TIDAK TUNTAS KHUSUS EKSPOR WIRAUSAHA BARU KURANG FLEKSIBEL PERUBAHAN KEBUTUHAN MITRA SATU TUJUAN .

5 jt) 2 VUCER (15 jt) 3 KWU‐KKU‐MKU  (15 ‐30 jt) 4 KBPK‐INWUB (50‐75 jt) 5 6 VUCER MULTI TAHUN  (100 jt) U‐UJI (100 jt) PROGRAM BARU Ib‐M Ipteks bagi  Masyarakat (50 jt) Ib‐K Ipteks bagi  Kewirausahaan (100 jt) Ib‐PE Ipteks bagi Produk  Ekspor (100 jt) Ib‐IKK Ipteks bagi Inovasi  dan Kreativitas Kampus (100 jt) Ib‐W Ipteks bagi Wilayah (100 jt) 7 SIBERMAS (100 jt) next .NO PROGRAM LAMA 1 IPTEKS (7.

. 3)Meningkatkan keterampilan berpikir. 2)Membantu menciptakan ketentraman. kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat. membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan.Tujuan Program IbM : 1)Membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomis.

Sasaran Program IbM : Sekelompok masyarakat atau sejumlah pengusaha mikro. teknologi. sesuai kebutuhan mitra sasarannya. . Kegiatan IbM dapat dilakukan di perkotaan atau perdesaan dari berbagai bidang ilmu. seni suatu perguruan tinggi.

(d) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu. (b) peningkatan produktivitas mitra (c) peningkatan atensi akademisi terhadap kelompok masyarakat/industri kecil.Luaran : Luaran program IbM dapat berupa: 1) Jasa. 2) Metode. teknologi dan seni di perguruan tinggi . 3) Produk/Barang dan 4) Paten yang memberi dampak pada: (a) up-dating ipteks di masyarakat.

Pengusul Program IbM : • Dosen dari Perguruan Tinggi S2. S3 dan Profesor (guru besar) • Tim pelaksana maksimal terdiri dari 4 (empat) pelaksana • Tidak merangkap sebagai ketua Peneliti/PPM pada program DP2M lainnya pada tahun yang sama • Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu .

000.Biaya : Maksimal sebesar Rp.(lima puluh juta rupiah) dukungan dana DIPA DP2M Ditjen Dikti dengan jangka waktu pelaksanaan maksimal 8 (delapan) bulan ______________________________________________________________________________________________________________ .000. 50..

.Tujuan Program IbK 1) Menciptakan wirausaha baru yang mandiri. Mengingat bahwa IbK suatu saat harus mandiri dan operasionalnya berkelanjutan. 2) Meningkatkan keterampilan manajemen usaha bagi masyarakat industri. maka IbK diberi akses seperti halnya unit profit. 3) Menciptakan metode pelatihan kewirausahaan yang cocok bagi mahasiswa PKMK/mahasiswa wirausaha.

Sasaran Program IbK Dalam upaya menciptakan wirausaha baru mandiri. program IbK dapat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kewirausahaan. . menempatkan mahasiswa untuk melaksanakan magang pada perusahaan yang mapan dan memfasilitasi mahasiswa berwirausaha.

.Sasaran Program IbK (lanjutan…) IbK diharapkan juga bersinergi dengan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi untuk merekrut mahasiswa yang mendapatkan Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan dan peserta kegiatan kewirausahaan yang didanai Direktorat Kelembagaan Dikti sebagai tenant.

2) 80 % dari calon wirausaha tahun pertama menjadi wirausaha baru. .Luaran Program IbK 1) Wirausaha baru mandiri per tahun yang siap berkompetisi di masyarakat.

S3 dan Profesor (guru besar) • Tim pelaksana maksimal terdiri dari 4 (empat) pelaksana • Tidak merangkap sebagai ketua Peneliti/PPM pada program DP2M lainnya pada tahun yang sama • Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu • Memiliki kemampuan profesimen dan kewiraushaan .Pengusul Program IbK • Dosen dari Perguruan Tinggi S2.

000. ___________________________ .Biaya Program IbK: Dana yang disediakan Dikti adalah maksimum Rp 100. flat selama tiga tahun.000.-. dan PT yang bersangkutan minimal Rp 20 juta (duapuluh juta rupiah).

Pemda. 2) Meningkatkan pengembangan UKM dalam merebut peluang ekspor melalui peningkatan kualitas produk dan pemasaran. dan masyarakat luas. 3) Mempercepat alih teknologi dan manajemen PT ke masyarakat industri. . industri. 4) Mengembangkan proses link & match antara PT.Tujuan Program IbPE : 1) Memacu pertumbuhan ekspor produk Indonesia melalui pertumbuhan pasar yang kompetitif.

UKM mitra yang dipilih harus mampu meng-hasilkan produk atau komoditas yang berpeluang ekspor atau minimal dijual antar pulau. Demikian juga persoalan produksi dan manajemen perusahaan. menjadi bidang garapan wajib IbPE. .Sasaran Program IbPE Persoalan yang ditangani meliputi seluruh aspek bisnis UKM sejak bahan baku sampai ke pemasaran produk.

3) Bertambahnya jumlah dan mutu produk yang dipasarkan. 4) Meningkatnya imbalan jasa bagi semua yang terlibat. . 2) Terjalinnya kerjasama antara PT dan UKM.Luaran Program IbPE Luaran program yang diharapkan adalah: 1) Meningkatnya nilai aset UKM. 5) Meningkatnya jumlah tenaga kerja UKM.

2) UKM mitra bukan usaha yang baru tumbuh tetapi yang telah berjalan lancar. dan 5) UKM mitra membutuhkan bantuan penerapan sains. 3) Bermitra dengan 2 (dua) UKM dengan usaha yang sama 4) Produk yang dihasilkan juga bukan produk yang sama sekali baru. teknologi dari PT.Pengusul Program IbPE Pengusul program harus memahami bahwa : 1) UKM mitra berdiri sejajar dengan PT. .

25.000. ________________________________________________________ . yaitu: 1)DIPA DP2M Rp.. 100..dan.Biaya Program IbPE : Pendanaan Program IbPE berasal dari minimal 2 (dua) sumber.000. 2)UKM Rp.000.000..

(c) Menunjang otonomi kampus perguruan tinggi melalui perolehan pendapatan mandiri atau bermitra. . (b) Membantu menciptakan akses bagi terciptanya wirausaha baru.Tujuan Program IbIKK : (a) Mempercepat proses pengembangan budaya kewira-usahaan di perguruan tinggi.

(e) Mendorong berkembangnya budaya pemanfaatan hasil riset per-guruan tinggi bagi masyarakat dan (f) Membina kerjasama dengan sektor swasta termasuk pihak industri dan sektor pemasaran. .Tujuan Program IbIKK (lanjutan…) (d) Memberikan kesempatan dan pengalaman kerja kepada mahasiswa.

jurusan/ departemen. Wujud IbIKK di perguruan tinggi dapat berupa badan usaha atau bermitra dengan industri lainnya dan dapat didirikan serta dikelola kelompok dosen sesuai dengan kompetensinya di level laboratorium. . pilot plant. fakultas/sekolah. pusat riset dan pengembangan atau lembaga lain yang berada di dalam perguruan tinggi tersebut.Sasaran Program IbIKK : Program IbIKK diharapkan mampu mendorong perguruan tinggi dalam membangun akses yang menghasilkan produk jasa dan/atau teknologi hasil ciptaannya sendiri. bengkel. UPT.

Luaran Program IbIKK : Luaran program adalah (a) Unit profit di perguruan tinggi berbasis produk intelektual dosen. (c) Paten dan/atau (d) wirausaha-wirausaha baru berbasis ipteks. (b) produk jasa dan/atau barang komersial yang terjual dan menghasilkan pendapatan bagi per-guru-an tinggi. .

Pengusul Program IbIKK : • Dosen dari Perguruan Tinggi S2. S3 dan Profesor (guru besar) • Tim pelaksana maksimal terdiri dari 4 (empat) pelaksana • Tidak merangkap sebagai ketua Peneliti/PPM pada program DP2M lainnya pada tahun yang sama • Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu .

.Tujuan Program IbW : 1) Menciptakan kemandirian. kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat me-lalui sinergi kepakaran masyarakat perguruan tinggi (PT). 2) Menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi Pemkab/Pemkot dan/ atau masyarakat serta secara langsung atau tidak langsung berpotensi mempengaruhi kenyamanan kehidupan masyarakat. kemampu-an dan kebijakan Pemkot/Pemkab seperti tertuang dalam RPJM dan poten-si masyarakat.

3) Produk/Barang atau 4) Paten yang memberi dampak pada: (1) up-dating ipteks di masyarakat. (3) peningkatan atensi PT terhadap kawasan. teknologi dan seni di perguruan tinggi. (5) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu. (2) pertumbuhan ekonomi wilayah.Luaran Program IbW : Luaran program dapat berupa: 1) Jasa. (4) peningkatan mutu perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah. 2) Metode. .

Pengusul : • Dosen dari Perguruan Tinnggi S2. S3 dan Profesor (guru besar) • Tim pelaksana maksimal terdiri dari 4 (empat) pelaksana • Tidak merangkap sebagai ketua Peneliti/PPM pada program DP2M lainnya pada tahun yang sama • Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu .

Biaya : Pelaksanaan program IbW didukung pendanaan yang bersumber dari 2 (dua) pihak. . yaitu: APBD Pemkot/Pemkab dan DIPA DP2M Ditjen DIKTI.

Hasil Program PPM : Wajib di diseminasikan dalam bentuk artikel dan dipublikasikan melalui Jurnal/Majalah. Untuk IbM dalam Jurnal Nasional dan untuk yang Multi Tahun (IbK. IbPE dan IbW) dalam Jurnal Internasional _______________________________________________________________________________________________________________________________________ . IbIKK.

Posisi strategis mahasiswa sebagai Generasi Penerus Pembangunan Nasional 3. Mahasiswa sebagai ujung tombak bagi perubahan bangsa ke arah yang lebih baik .Sub Direktorat Kreativitas Mahasiswa LATAR BELAKANG PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 1. Kesenjangan yang relatif besar antara waktu kelulusan dengan waktu perolehan kerja atau mulai berwirausaha 2.

Pengabdian kepada Masyarakat. dan Penulisan Ilmiah 2. Pengembangan Kewirausahaan. Meningkatkan Kemampuan Lulusan Untuk Meraih Kesempatan Bekerja Atau Berwirausaha 3.TUJUAN PKM 1. Mendorong Pengembangan Gagasan dan Kreativitas Mahasiswa sejak awal dalam Penelitian. Mengalihkan Kegiatan Mahasiswa Yang Kontra Produktif Menjadi Kegiatan yang Produktif dan Konstruktif . Penerapan Teknologi.

KEGIATAN UTAMA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) No Program Waktu PKM Pelaksanaan 1. PKMP PKMM PKMK PKMT PKMKT PKMGT next 52 Seleksi PIMNAS PIMNAS PIMNAS PIMNAS Publikasi PIMNAS Dana @7 Juta @7 Juta @7 Juta @7 Juta @3 Juta @3 Juta Keterangan Penelitian Abmas Kewirausahaan Teknologi Karya Tulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Mhs Gagasan Tertulis 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun . 2. 4. 5. 6. 3.

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 1. PKM-GT) Merupakan ajang perlombaan bagi tim yang lolos seleksi dari Program PKM dan PKM-GT yang di danai Kegiatan yang dilombakan dalam PIMNAS yaitu : a. PKMP. Merupakan Kegiatan puncak dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Di Ikuti oleh Tim PKM (PKMK. . PKMM. Presentasi Ilmiah b. Gelar Produk dan Poster 2. PKMT. 3.

Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Ipteks. 10. 5. Memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah. Mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa. 6. Sebagai bahan umpan balik evaluasi proses belajar mengajar. 9. Meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa. Mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa. Menyediakan ajang komunikasi mahasiswa/mahasiswi seluruh Indonesia. 4. 2. 8.TUJUAN PIMNAS 1. Menjadi ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa Indonesia. Mempererat ikatan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI. 54 . 3. 7. Sebagai ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil dalam forum ilmiah.

8. 4.5 Juta 5 Juta 5 Juta 6 Juta 6 Juta 5 Juta 4 Juta 4 Juta Subsidi 3 Juta Setiap Kategori Bentang panjang Go Internasional Go Internasional Go Internasional Jembatan (KJI-BP) 10 Juta Bangunan Gedung 10 Juta (KBGI) Roket (KORINDO) Gemastik 8 kategori @: 10 Juta 10 Juta next . 9. 6. 3. 5. 2.5 Juta 8 Juta 8 Juta 7.5 Jt 10 Juta 10 Juta 7. Robot (KRI) Robot Cerdas (KRCI) Robot Seni (KRSI) Jembatan (KJIBaja) Jembatan (KJIKayu) Juara 1 Juara 2 Juara 3 Harapan Keterangan 5 Juta 3 Juta 10 Juta 12.5 Juta 7. 7.PROGRAM KEGIATAN LAINNYA No Kegiatan Kontes 1.5 Juta 7.

Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) a. d.PROGRAM KEGIATAN LAINNYA 1. b. 10 juta Informasi tentang robotika dapat dilihat pada website : http://kri. 3 Juta Kompetisi Tingkat Nasional Uang Pengembangan Rp. b. b. c. Kontes Robot Indonesia (KRI) a. 5 Juta Tahap seleksi dibagi menjadi 5 Regional Pemenang tingkat Nasional akan dikirim pada kejuaraan Robot Internasional Trinity Collage Mendapat Uang Pengembangan Rp. . c. Tahap seleksi dibagi Menjadi 5 Regional Pemenang tingkat Nasional akan di kirim pada kejuaraan Robot Internasional ABU Robocon Kompetisi dan Peraturan Mengacu pada Kompetisi Robot Internasional yaitu ABU Robocon Mendapat uang pengembangan Rp. 3. Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) a.eepis-its.edu 2.

5 Juta b. 12. 10 Juta Juara II Rp. Kompetisi Jembatan Kayu (4 Kategori) Pemenang mendapat uang pembinaan Juara I Rp. 7. 10 Juta Juara II Rp. Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) terdiri dari: a. 10 Juta Juara III Rp.5 Juta Juara II Rp. Kompetisi Jembatan Bentang Panjang (3 Kategori) Pemenang mendapat uang pembinaan Juara I Rp. 5 Juta .5 Juta Juara III Rp.5 Juta Juara III Rp. 7. Kompetisi Jembatan Baja (4 Kategori) Pemenang mendapat uang pembinaan Juara I Rp. 7.4. 5 Juta c.

3.5. 4 Juta 58 . Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) a.000/Tim b. 4 Juta 6. 10 Juta Rp. 6 Juta Rp. 8 Juta Rp. Juara I Juara II Juara III Harapan Rp. 6 Juta Rp. Subsidi Pembelian Muatan Roket @ RP.000. Juara I Juara II Juara III Harapan Rp. 8 Juta Rp. 10 Juta Rp. Kompetisi Roket Indonesia (KORINDO) a.

yaitu: a. e. c.7. 5 Juta back 59 . 7. Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi & Komunikasi (Gemastik) Lomba bidang TIK merupakan ajang kompetisi bagi peserta yang terdiri dari 8 kategori. d.5 Juta Juara III Rp. f. Smartware contest Application Contest Programming Contest Data Mining Contest Network Security Contest Business Game Contest Game Development Contest ICT Paper Contest Untuk setiap Juara pada masing-masing kategori memperoleh : Juara I Rp. 10 Juta Juara II Rp. h. b. g.

Subdit Sistem Informasi dan Publikasi (SIP) No Kegiatan Quota Hibah /  Anggaran Prosedur Waktu 1 Akreditasi Jurnal 2 Hibah Tatakelola ‐ ‐ 100 Jurnal 50 juta April ‐ September terakreditasi sebagai  1 tahun jurnal pembina sebagai jurnal binaan 1 tahun seleksi jurnal  terakreditasi seleksi jurnal himpro seleksi proposal 3 tahun 3 tahun 1 tahun Seleksi 3 Penginternasionalan 30 jurnal Jurnal 4 Hibah simposium Ilmiah HIMPRO 150 juta 20 Himpro  300 juta Simposium.  48 peserta 5 Pelatihan penulisan  @50 orang ‐ artikel ilmiah 8 lokasi seleksi  penyelenggaraan 1 tahun .

5 juta ‐ Hibah kompetitif  ‐ bantuan penelitian 8 Bantuan pengajuan Penelitian  patent siap patent 9 Hasil penelitian  10 lokasi berpotensi patent 10 Anugerah HKI LB 4 bidang       50 judul 11 Hibah kompetisi  ‐ Seminar LN 12 Insentif Penulisan Blm pernah Buku Ajar dapat 13 Hibah Penulisan  seleksi hasil  pelatihan seleksi seleksi seleksi 3 tahun 1 tahun 2x pertahun 1 tahun 250 jt per  seleksi 1 tahun judul 40 juta per  seleksi administrasi 1 tahun simposium 15-25 Jt Seleksi 1 tahun Buku Teks Buku siap  terbit 20 juta seleksi  1 tahun .Kegiatan SIP‐DP2M  No Kegiatan Quota Hibah /  Anggaran Prosedur Waktu 6 7 Bantuan publikasi 50 judul 30 juta 20 juta 7.

Program Hilink 16 Langganan E‐Journal  7700 judul  250 Jt ‐ Seleksi Kontrak (lelang) 3 tahun 1 tahun untuk seluruh  PT 17 Pengembangan                       ‐ ‐ Portal Garuda  Internasional penunjukan  1 tahun penyelenggaraan Ada kurang dan lebihnya mohon maaf .Kegiatan SIP‐DP2M  No Kegiatan Quota Hibah /  Anggaran Prosedur Seleksi Waktu 1 tahun 14. Expose hasil penelitian via media elektronik 15.

. Pelaksanaan Akreditasi Jurnal Ilmiah • Meningkatkan mutu jurnal ilmiah di Indonesia • 2 Periode dalam 1 tahun.(April & September) Penataran dan Lokakarya Manajemen Jurnal Ilmiah • Meningkatkan motivasi dan kemampuan pegelola jurnal ilmiah termasuk mekanisme dan segi-segi penting dalam meningkatkan mutu bekala dan proses akreditasi • Peserta adalah jurnal yang sedang mengusulkan akreditasi • 4 lokasi 2.Subdit Sistem Informasi dan Publikasi (SIP) 1.

Hibah Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional •Untuk meningkatkan mutu terbitan Indonesia secara menyeluruh yang ditumpukan pada mutu artikel ilmiah yang diloloskan untuk dimuatnya. •100 Jurnal •Jumlah Hibah @ Rp.Jurnal Mapan Terakreditasi dipilih sebagai jurnal pengembang dan pembina sebidang Jurnal yang belum berhasil terakreditasi sebagai jurnal binaan.3. Seleksi dan Penentuan Jurnal sebidang yang belum terakreditasi yang perlu dikembangkan dan dibina Menunjuk anggota tim reviewer akreditasi jurnal sebagai pendamping setiap jurnal pengembang back . 50. disamping peningkatan mutu penyuntingan dan pengelolaan penerbitan.000.000.

150. Perintisan Jurnal Domestik Terakreditasi Menjadi Jurnal Internasional • Mendorong dan meningkatkan kesiapan sejumlah jurnal terpilih Indonesia berkemampuan memasuki forum ilmiah internasional • Menggalakkan para peneliti Indonesia yang telah menghasilkan penelitian yang bermutu untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah yang bermutu internasional baik di Indonesia maupun diluar negeri • Tersedianya jurnal ilmiah yang bereputasi internasional di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai sarana publikasi baik oleh ilmuwan luar negeri maupun dalam negeri dan juga sebagai acuan bagi para dosen dan mahasiswa untuk pemahaman ilmu • 30 Jurnal • Jumlah Bantuan Maks @Rp.4.000.-/Tahun untuk selama 3 Tahun .000.

6. 7. • 20 Organisasi Profesi (2010) • Jumlah Hibah maks.000. @Rp.5.000. 300.• Pertemuan ilmiah dengan tujuan menjaring naskah artikel ilmiah yang layak terbit di berkala nasional dan internasional Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional • Meningkatkan motivasi dam kemampuan dosen untuk dapat menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa artikel yang berkualitas baik • Peserta melalui proses seleksi • Belum pernah mengikuti kegiatan sejenis Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional • Dalam Berkala Ilmiah bereputasi Internasional • Melalui proses seleksi • Artikel berbahasa Inggris • Belum pernah Mengikuti Kegiatan Sejenis back . Hibah Simposium Ilmiah Organisasi Profesi • 48 Organisasi Profesi (2009).

Thesis.8.Pengembangan Portal sebagai Referensi Ilmiah Indonesia “GARUDA” • Journal Domestik • Hasil Penelitian • Skripsi. dll .000. 9. Bantuan Penulisan/Penerbitan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional • Mendorong dan meningkatkan minat para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal yang bertaraf internasional • Artikel telah diterbitkan dan bukan prosiding dalam 3 tahun terakhir • 50 judul artikel • Jumlah Hibah @Rp. Disertasi • Pengukuhan Guru Besar. 30.000.

GALE • Sasaran ± 2.700 jurnal • EBSCO. Langganan E-Jurnal • Jumlah ± 7.10.996 PT • Akses ID/Password masing-masing PT • 31 Desember 2010 . Pro Quest.

Rp. maks. Program Hi-Link • Meningkatkan Capasity Building PT dalam penerapan Teknologi temuan PT yang di Butuhkan Industri dan Masyarakat secara berkelanjutan dan Intitusional Kerjasama antara PT. 250 jt per tahun untuk selama 3 tahun back • • • • • . Industri dan Pemerintah Daerah Kontribusi Industri Mitra dan Pemda Mitra Wajib dalam bentuk tunai Teknoligi dari PT kepada Industri Mitra harus diterpkan sejak tahun pertama sambil terus penyempurnaan dalam bentuk penelitian terapan dari teknologi tersebut Kerjasama bisa diluar lokasi PT dengan mempertimbangkan efektifitas program dari segi biaya perjalanan Multi tahun.11.

12. Hibah Kompetitif Perolehan Paten a. 20. Pemanfaatan Hasil Penelitian. Bantuan Pengajuan Perolehan HKi/Paten • Hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah selesai kegiatannya dan siap diajukan pendaftaran patennya • Jumlah Bantuan @Rp.000. Pengabdian kepada Masyarakat dan Program Kreativitas Mahasiswa yang Berpotensi Paten (10 Lokasi) . Bantuan Penelitian Berpotensi Paten • Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah selesai kegiatannya pada tahun sebelumnya dan siap diajukan namun masih perlu adanya tambahan kegiatan penelitian sehingga hasilnya dapat siap didaftarkan • Jumlah Bantuan @Rp.c.500. 7.000.000.b.

Penghargaan Kepada Peneliti/dosen dan masyarakat yang menghasilkan kekayaan intelektual/Penemuan Luar Biasa • Memacu para ilmuwan.back Website: www. 250. Bidang Ilmu Pengetahuan d.13. Bidang Teknologi b.000.anugerahkekayaanintelektual. Hak Cipta.000. maupun Indikasi Geografis lainnya sehingga dapat melepaskan diri dari ketergantungan penemuan asing yang umumnya sangat mahal. Bidang Pemulihan Varietas Tanaman (PVT) c. a. praktisi dan masyarakat untuk berlomba berkreasi dan mencari inovasiinovasi terbaru untuk menyelesaikan masalah bangsa • Tergalinya potensi kekayaan Intelektual bangsa Indonesia baik berupa paten.com . Bidang Industri Kreatif 50 orang Besarnya Hadiah @ Rp.

Hibah Penulisan Buku Teks Perguruan Tinggi • Program untuk dosen yang memiliki naskah buku teks pembelajaran yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya ditambah hasil penelitian orang lain dalam bidang ilmu apapun tetapi belum diterbitkan • Naskah buku siap terbit • Jumlah Hibah @ Rp.14.000. 20.000.• Pendampingan oleh pakar sebidang .

15.000.000 per judul bergantung kualitas terbitan dan penerbitnya • Belum pernah mendapat insentif . Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi • Program ini terbuka bagi dosen PT yang telah memiliki buku teks pembelajaran yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya dalam bidang ilmu apapun yang telah diterbitkan • Program ini tidak membiayai penyiapan atau penerbitan naskah buku. tetapi menyediakan dana insentif bagi penulis yang telah memiliki atau menerbitkan buku • Bagi penerima insentif ini hak kepengarangan tetap ada pada penulis.000.15. royalti tetap menjadi hak penulis atau institusi tempat penulis bekerja • Insentif diberikan berkisar Rp.25.000 sampai Rp.

petunjuk praktikum. tesis/disertasi dan laporan penelitian tidak akan dipertimbangkan • Paling lambat usulan Tanggal 30 Juli 2010 back . pengayaan pembelajaran atau modul pembelajaran yang didasarkan pada data dan informasi hasil penelitian • Bukan hasil terjemahan atau saduran dan harus bebas dari plagiarisme. Buku manual untuk pengoperasian program komputer. kompedium. monograf.• Jenis buku yang dapat diajukan adalah buku ajar.

000. Pengabdian dan Kreativitas Mahasiswa melalui Media Cetak dan Elektronik 17. Hibah Kompetitif untuk Seminar dan Workshop Luar Negeri Menuju Publikasi Internasional .Jumlah Hibah maks @Rp.16.Undangan sebagai pembicara (keynote speaker) .Di utamakan luar Asia (Eropa & Amerika) .000.Bahan paparan yang sudah di setujui penyelenggara .40. Expose Hasil Penelitian..Dosen/peneliti yang diusulkan oleh pimpinan PT .

dikti.id http://dp2m.go.go.id 76 .dikti.Direktorat Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Dikti-Kemendiknas http://dp2m.

Pengelola Berkala Evaluasi Diri dan Pengajuan Akreditasi Pemeriksaan Administratif Sekretariat DP2M Lengkap? Ya Pelaksanaan Penilaian Penilai Layak >70 Ya Komisi Penyelaras Rekomendasi Tidak Tidak Perbaikan Mekanisme Penilaian Berkala Dir P2M Persetujuan Dirjen Penerbitan SK & Sertifikat .

3 Penyebab Kegagalan Akreditasi • Tidak eligibel untuk diakreditasi • Kecerobohan dan ketidaktahuan pengelola berkala dan mitra bestari • Mutu naskah yang kurang baik akibat langkanya naskah .

Memuat Artikel Ilmiah Penerbit: OPI*/PT Terbit 6x berturutan Eligibilitas untuk USULAN AKREDITASI Terbit >2x setahun Tiras > 300 Memuat > 5 artikel Ajukan 6bln sblmnya * Organisasi profesi ilmiah Gagal? Usul 2 th lagi back .

000 60.000 30.000 0 ue st  A gr icu l pr oq tu re ue st  A rt og i pr oq pr oq ue st  B io l Grafik Download berdasarkan Sebaran Bidang Ilmu Sebaran Bidang Ilmu  May June July August September October November ue st  R el pr igi oq on ue Ac st  So ad cio em lo ic  gy So ur Bu ce sin  P es re s S m ie ou r rc e  Co CI m NA pl et HL e  w ith M  F ED ul In l T L IN fo ex Tr E  t ac w ith  H um  Fu ll T an iti ex es t  &  Ed uc at io In n fo Tr ac  Sc ie nc e .000 50.000 40.000 70.000 20.pr oq Jumlah Download 10.

423 6.919 4.789 7.47 •Arts 51.555 20.93 •Biology 273.58 •Cinahl with full text 11.50 •Business source complete 79.492 2.691 2.733 19.15 .61 •Info Trac Humanities & Education 20.054 25.Jumlah dan Persentase Unduhan per Bidang Ilmu (sampai 27 November 2009) Bidang Ilmu Unduhan % _______________________________________________________________ •Agriculture 215.984 7.93 •Religion 79.92 •Info Trac Science 22.06 •Medline with full text 27.260 1.60 •Sosiology 202.25 •Academic source premier 68.180 1.

Perkembangan akses e-journal pada PT Juni-Desember 2009
2,000 1,800 1,600 1,400 1,200 1,000 800 600 400 200 0 Proquest Ebsco Cengage Juni Juli Agustus September Oktober November Desember

Jumlah akses E-Journal PT tahun 2009
Tahun 2009 Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Proquest 544 790 830 891 1,024 1,067 1,199 Ebsco 301 557 599 726 831 1,520 1,860 Cengage 371 828 893 916 963 1,232 1,286

• • • • • • • •

> Perguruan Tinggi tidak membutuhkan referensi E-Journal > Dosen dan peneliti jarang menulis karena menulis hanya untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat, bukan sebagai kewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan > Kendala bahasa (Ingin yang Bahasa Indonesia) > Bidang ilmu yang kurang cocok > Belum akrab dengan teknologi informasi termasuk kondisi prosedur sistem IT yang belum diakui secara merata

• back

VISI dan MISI
Visi
• Menjadi acuan pertama dan utama untuk akses informasi ilmiah demi pengembangan ilmu dan kemajuan peradaban bangsa

Misi
• Menyediakan layanan dan akses global ke sumber informasi bagi ilmuwan dan peneliti untuk mewujudkan lingkungan akademik yang sehat dan memikat. • Menghindari plagiarisme dan duplikasi kegiatan penelitian • Mendorong kolaborasi penelitian • Mendorong terwujudnya hasil penelitian bertaraf internasional

Sasaran • Meningkatkan sitasi karya akademisi dan peneliti Indonesia • Memperlihatkan kontribusi Indonesia dalam pengembangan ilmu • Meningkatkan rangking Perguruan Tinggi • Meningkatkan daya saing bangsa .

381 .Capaian • Sejak diluncurkan 17 Oktober 2009 sudah ada 131187 hits dari 3659 IP address (data 9 Des 2009) = 2.301 per hari • Kontributor 14 PTN/PTS. dan PDII-LIPI Jumlah judul yang dapat diakses : 184.