P. 1
MAKALAH KEPEMIMPINAN

MAKALAH KEPEMIMPINAN

|Views: 263|Likes:
Published by arahmadoni

More info:

Published by: arahmadoni on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN . A.Latar Belakang Kepemimpinan merupakan bagian terpenting dari organisasi lembaga pendidikan.

Hal inidapat dilihat pada kenyataannya ketika seorang pemimpin telah menjalankan tugasnya memanej organisasinya dengan baik maka organisasi tersebut akan menjadi baik pula.Begitu pulan halnya dengan kepemimpinan kepala sekolah, ia merupakan faktor penggerak, penentu arah kebijakan sekolah yang akan menentukan bagaimana tujuans ekolah dan pendidikan pada umumnya yang direalisasikan dengan MPMBS. Kepalasekolah dituntut senantiasa meningkatkan efektifitas kinerja. Dengan begitu, MPMBS sebagai paradigma baru pendidikan yang dapat memberikan hasil yang memuaskan.Kinerja kepala sekolah dalam kaitannya dengan MPMBS adalah segala upaya yangdilakuakan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalammengimplementasikan MPMBS disekolahnya untuk mewujudkan tujuan pendidikansecara efektif dan efisien.Melihat penting dan strategisnya posisi kepala sekolah dalam mewujudkan tujuansekolah, maka seharusnya kepala sekolah harus mempunyai nilai kemampuan relation yang baik dengan segenap warga di sekolah, sehingga tujuan sekolah dan tujuan pendidikan berhasil dengan optimal. Ibarat nahkoda yang menjalankan sebuah kapal mengarungi samudra, kepala sekolah mengatur segala sesuatu yang ada di sekolah.Dalam Islam sendiri, kepemimpinan mendapatkan porsi bahasan yang tidak sedikit.Tidak sedikit ayat al-Qur’an dan Hadits yang membincang akan pentingnyakepemimpinan dalam sebuah komunitas. Beberapa istilah al-Quran yang terkait dengankepemimpinan antara lain, khalifah (khilafah), imam (imamah) dan uli al-Amri.Disamping itu disebutkan juga prinsip-prinsip kepemimpinan, yang mana prinsip tersebutharus dimilki oleh seorang pemimpin walaupun tidak secara totalitasUntuk itulah, penulis merasa penting untuk mengaplikasikan teroi-teori kepemimpinan yang terdapat di dalamal-Qur’an tersebut dalam kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan yang dipimpinnya. B. Rumusan Masalah
1

a. otoritas dan legalitas yang memberikan wewenang kepada pemimpin guna mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu. keunggulan. serta diarahkan melalui proses komunikasi.1.[1]Sedangkan menurut Tannenbaum. banyak perbedaan pendapat mengenai definisinya. shingga orang mampu“mbawani” atau mengatur orang 2 . keutamaan. Halini disebabkan berbedanya sudut pendang dari masing-masing peneliti. Pengertian Kepemimpinan 1. b. Apa pengetian kepemimpinan? 2. Kewibawaan ialah kelebihan. Bagaimana teori kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif al-Qur’an? C.2. dan yang mengakibatkan kesediaanuntuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran. Disamping itu jika melihat rumus kepemimpinan yangdiajukan oleh Paul Hersey dan Kenneth H. maka hubungan natara pemimpindan yang dipimpin tidak harus selalu berada dalam hubungan yang hirarkis. Kekuasaan ialah kekuatan. mereka mendefinisikan kepemimpinan sesuai dengan perspektif-perspektif individual dan aspek dari fenomena yang paling menarik perhatian mereka. Bagaimana konsep kepemimpinan kepala sekolah 3. ke arah pencapain satu tujuan atau bebrapa tujuan tertentu. Tujuan Pembahasan Makalah ini bertujuan untuk menjelskan kembali konsep kepemimpinan kepala sekolahdan mengaitkannya dengan teori-teori kepemimpinan dalam ayat-ayat suci al-Qur’an.[2]Dari pengertian di atas ditarik kesimpulan bahwa kepemimpinan merupakan suatuhubungan proses mempengaruhi yang terjadi dalam suatu komunitas yang diarahkanuntuk tercapainya tujuan bersama. Blanchard. Weschler & Massarik kepemimpinan adalah pengaruhantarpribadi.Jacobs & Jacques mendefinisikan kepemimpinan sebagai sebuah proses memberi arti(pengarahan yang berarti) terhadap usaha kolektif. Syarat-Syarat KepemimpinanKonsepsi mengenai persaratan kepamimpinan itu harus selalu di kaitkan dengan tiga hal pokok yaitu.BAB BAB II PEMBAHASAN. yang dijalankan dalam suatu sistem situasi tertentu. Definisi KepemimpinanMengenai definisi kepemimpinan.

Mereka diharapkandapat menjadi sosok 3 . Diantara para penganut teori sifat/kesifatan dari kepemimpinan (the traitist theory of leadership) adalah Ordway Tead. bukanlah merekayang kebetulan mempunyai nasib baik senioritas.[4]B. atau tempat diamana terjadiinteraksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.[3]3. Konsep Kepala Sekolah1. dia harus mampu melihatadanya berubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan globalisasi yanglebih baik.lain. Kepala sekolah harus bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilansemua urusan pengaturan dan pengelolaan sekolah secara formal kepada atasannya atausecara informal kepada masyarakat yang telah menitipkan anak didiknyaKepala sekolah adalah tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatusekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar. Pengertian Kepala SekolahKeberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepalasekolah.c. kekuatan dan kecakapan/ketrampilan teknis maupun sosial yang dianggap melebihi dari kemampuan anggota biasa.Menurut Ordway. ada sepuluh sifat-sifat kepemimpinan. sehingga orang tersebut patuh pada pimpinan dan bersedia melakukakan perbuatan-perbuatan tertentu.a) Energi jasmaniah dan mental (Psysical and nervous energy) b) Kesadaran akan tujuan dan arah (A sense of purpose and direction)c) Antusiame (enthusiasm) d) Keramahan dan kecintaan (Friendliness and affection)e) Integritas (integrity)f) Penguasaan teknis (technical mastery)g) Ketegasan dalam mengambil keputusan (decisiveness)h) Kecerdasan (intelligence)i) Kepercayaan (faith). dengan kinerja yang serba kaku dan mandul.[5]Dilembaga persekolahan. yaitu . Karena dia sebagai pemimpin dilembaganya. kemampuan. maka dia harus mampu membawalembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. kepala sekolah atau yang lebih populer sekarang disebutsebagai ”guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah”. Kemampuan ialah segala daya. Sifat-Sifat PemimpinPenilaian sukses atau atau gagalnya pemimpin antara lain dilakukan dengan mengamatidan mencatat sifat-sifat dan kualitas perilakunya. apalagi secara kebetulan direkrut untuk menduduki posisi itu. kesanggupan.

c. bisa disimpulkan bahwasanya posisi kepala sekolah akanmenetukan arah suatu suatu lembaga. seperti administrasi sekolah(shcool administrator). karena terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah. Pensupervisi kegiatan sekolah. Mengatur kelancaran kegiatan. yang mencakup: a.Aswarni Sudjud. menyelenggarakan kegiatan(mengkoordinasi). kesejahteraan.Kepala sekolah adalah sebagai padanan dari shcool principal .3.pribadi yang tangguh. Moh. Kepala sekolah merupakan pengatur dari programyang ada di sekolah. andal dalam rangka pencapaian tujuanorganisasi sekolah. Kelima.2. Perumus tujuan kerja dan pembuat kebijaksanaan (policy) sekolah.yang harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT dan kepada manusia (wargasekolah) atas rakyat yang memberi amanah. bertanggungjawab untuk mempromosikan murid-muridterbaik melalui berbagai cara. Ketiga. manajer sekolah(shcoolmanajer). bertanggungjawab mendapatkan bantuan maksimal dari semuainstitusi pembantu. Saleh dan Tatang M Amirin dalam bukunya “AdministasiPendidikan” menyebutkan bahwa fungsi kepala sekolah:1. mengatur pembagiantugas dan wewenang. 4 .2. berkewajiban memberikan layanan sepenuhnya yang berharga bagi muridmurid dan guru-guru yang mungkin dilakukan melalui pengawasanresmi yang lain. yang tugas kesehariannyamenjalankan principalship atau kekepalasekolahan. Pengatur tata kerja (mengorganisasi) sekolah. meliputi: a. Penjelasan ini dipandang penting. Fungsi dan Tugas Kepala SekolahKyte (1972) mengatakan bahwa seorang kepala sekolah mempunyai lima fugsi utama. Ayat tersebut mengisyaratkan bahwasnya seorang kepala sekolah merupakan amanah. b.Pertama bertanggungjawab atas keselamatan.[6]Dari penjelasan diatas maka. Istilah kekepalasekolahanmengandung makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok danfungsi sebagai kepala sekolah. dan perkembangan murid-murid yang ada di lingkungan sekolah. pimpinan sekolah (shcool leader). Keempat. mengatur petugas pelaksana. dan lain-lain. Karena nantinya diharapkan kepala sekolah akn membawa spiritkerja guru serta kultur sekolah dalam peningkatan mutu belajar siswa. bertanggungjawab atas keberhasilan dankesejahteraan profesi guru. Kedua.

Kualitas Kepala Sekolah Yang Efektif Kualitas dan kompetensi kepala sekolah secara umum setidaknya mengacu kepada empathal pokok. Menggerakkan staf dalam arti memotivasi staf melalui internal marketing dan membericontoh external marketing.3.[7]Tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah:1. d. Mangawasi dalam arti melakukan supervisi.10. Pemimpin mendukung pengembangan tenaga kependidikan. c. (a) sifat dan ketrampilan kepemimpinan.b. Menyakinakn terhadap para pelanggan (peserta didik.5.2.8. mengevaluasi pelaksaanaan kegiatan. Pemimpin melakukan inovasi.Dalam kaitannya peningkatan kinerja tenaga kependidikan. Mengorganisasikan sekolah dalam arti mebuat membuat struktur organiasasi(stucturing). Menjaminkan Mengkomunikasi kebutuhan pesan yang berkaitan dengan kualitas. Perencanaan sekolah dalam arti menetapkan arah sekolah sebagai lembaga pendidikandengan cara merumuskan visi. dan membimbing semuastaf dan warga sekolah. kepalasekolah profesional seperti disarankan Sellis harus memperhatikan hal-hal berikut:1. serta melakukan problem “solving” baik secara analitis sistematismaupun pemecahan masalah secara kreatif. Menjamin stuktur organisasi yang menggambarkan tanggungjawab yang jelas. dan kualitas sekolah. Tidak menyalahkan pihak lain jika ada masalah yang muncul tanpa dilandasi buktiyang kuat. Mempunyai komitmen yang jelas pada program peningkatan kualiatas. yaitu. Mengevaluasi proses dan hasil pendidikan untuk dijadikan dasar peningkatan dan pertumbuhan kualitas. oranng tua.mengarahkan pelaksanaan kegiatan.membimbing dan meningkatkan kemampuan pelaksana. misi.2. dan peserta didik sebagai perhatian kegiatan kebijakansekolah. (b) kemampuan pemecahanmasalah. mayarakat.9. mengendalikan.4. dan menghindarka 3.) behwaterdapat “channel” cocok untuk meyampaiakan harapan dan keinginan6. dan (d) pengetahuan dan kompetensi profesional. baik bersifar oragnisasional 5 .7.5. tujuan.4. Mempunyai visi atau daya pandang yang mendalam tentang mutu yang terpadu bagilembaganya maupun bagi tenaga kependidikan dan peserta didik yang ada di sekolah. Mengembangkan komitmen untuk mencoba menghilangkan setiap penghalang. (c) ketrampilan sosial. menetapkan staff (staffing) dan menetapkan tugas dan fungsi masing-masingstaff (functionalizinng)3. dan strategi pencapaian.

11. Ibarat nahkoda yang menjalankan sebuah kapal mengarungi samudra. Akhirnya penulis hanya berharap semoga makalah ini dapat menjadi pencerahan baru bagi para kepala sekolah dan calon-calon manajer lembaga pendidikandi masa yang akan datang. sehingga tujuan sekolah dan tujuan pendidikan berhasil dengan optimal.Mengembangkan mekanisme yanng cocok untuk melakukan monitoring dan evaluasi BAB IIIPENUTUP Kepala sekolah merupakan faktor penggerak. Kepemimpinan Dalam Organisasi. 6 . Melihat penting dan strategisnya posisi kepala sekolah dalam mewujudkan tujuan sekolah. penentu arah kebijakan sekolah yang akanmenentukan bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya. Prenhallindo.[1]Gary Yukl. kepala sekolah mengatur segala sesuatu yang ada di sekolah. Kepala sekolahdituntut senantiasa meningkatkan efektifitas kinerja. Membangun tim kerja yang efektif. Jusuf Udaya. terj.maupun budaya. Di samping itu. konsep-konsep bagaimanaseharusnya seorang pemimpin berbuat telah terdapat dalam banyak penulis jelaskandalam makalah ini. maka seharusnya kepalasekolah harus mempunyai nilai kemampuan relation yang baik dengan segenap warga disekolah.Dalam al-Quran telah terdapat nilai-nilai agungtentang arti pentingnya kepemimpinan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->