P. 1
Rangkuman Materi IAD

Rangkuman Materi IAD

|Views: 851|Likes:
Published by Kurniawan Tirta Aji

More info:

Published by: Kurniawan Tirta Aji on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

Materi kelompok 6 (Sumber Daya Alam dan Lingkungan) I.

Klasifikasi Sumber Daya Alam Klasifikasi sumber daya alam Z Berdasarkan Bentuk yang dapat dimanfaatkan a. Sumber daya alam hayati Sumber daya alam hayati ialah sumber daya alam yang berupa hewan dan tumbuh-tumbuhan. -Sumber daya hewani: berasal dari hewan. -sumber daya alam nabati: berasal dari tumbuhan. b. Sumber daya alam energi Sumber daya alam energi ialah sumber daya alam yang terkandung pada suatu benda, energi atau tenaga yang dihasilkan dan berguna bagi manusia. Contoh: bahan baku minyak, gas alam, batu bara, dan kayu bakar. c. Sumber daya alam ruang Sumber daya alam ruang ialah ruang atau tempat yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk mata pencaharian (pertanian, perikanan), tempat tinggal, dan sebagainya. Contoh: di kota-kota besar seperti jakarta, sumber daya alam ruangnya makin sulit didapat. d. Sumber daya alam materi Sumber daya ini biasanya berupa berbagai mineral, contohnya mineral besi yang dapat dijadikan berbagai bahan baku alat rumah tangga ataupun bangunan. e. Sumber daya alam waktu Sumber daya alam waktu ialah sumber daya alam yang penting karena berkaitan dg pemanfaatan sumber daya lain. Contoh: pemanfaatan air pada musim kemarau dan musim penghujan. Z Berdasarkan Sifat Pembentukannya a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (Renewable Resources) Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat diperbaharui oleh alam atau manusia. Sumber daya alam dapat diperbaharui dengan dua cara, yaitu sebagai berikut. 1) Pembaharuan dengan reproduksi Pembaharuan ini terjadi pada sumber daya alam hayati seperti hewan dan tumbuhan yang berkembang biak. 2) Pembaharuan dengan adanya siklus Contoh: udara dan air dapat diperbaharui oleh alam melalui siklus. b. Sumber Daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Unrenewable resources) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat habis dalam penggunaannya atau dapat juga dibentuk lagi tetapi memerlukan waktu yang lama yaitu ribuan tahun bahkan jutaan tahun. Contohnya semua jenis bahan galian (tambang). 1) Golongan A yaitu golongan bahan galian strategis. Contoh: semua jenis batu batu bara, minyak bumi, bahan radio aktif, tembaga, aluminium, timah putih, mangan, besi, nikel, dan sebagainya. Bahan galian ini penting untuk menjamin perekonomian negara.

2) Golongan B yaitu golongan bahan galian vital. Contoh: emas, perak, magnesium, seng, wolfarm, batu permata, mika, asbes, dan sebagainya. Bahan galian penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. 3) Golongan C yaitu bahan galian yang tidak termasuk ke dalam golongan A atau B Contoh: bahan galian yang termasuk bahan industri. Z Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya a. sumber daya alam yang tidak cepat habis karena nilai konsumtifnya terhadap barang relatif kecil manusia memanfaatkannya hanya dalam jumlah sedikit, dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis contoh: intan, batu permata, dan emas. b. Sumber daya alam yang cepat habis Karena nilai konsumtif barang tersebut relatif tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlah yang banyak, daur ulang sukar dilakukan. Contoh; bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya. Z Berdasarkan jenisnya a. sumber daya alam biotic sumber daya alam biotik ialah sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan termasuk di dalamnya mikroorganisme. b. Sumber daya alam fisik (non hayati) Sumber daya alam fisik ialah sumber daya alam yang berupa benda mati. Contoh: tanah, air , udara, mineral, dan sebagainya.

II. Pengelolaan Sumber Daya Alam pengelolaan sumber daya alam seharusnya mengacu kepada aspek konservasi dan pelestarian lingkungan. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawa efek positif secara ekonomi tetapi menimbulkan efek negatif bagi kelangsungan kehidupan umat manusia. Dengan memperhatikan permasalahan dan kondisi sumber daya alam dan lingkungan hidup dewasa ini, maka kebijakan di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup ditujukan pada upaya: (1) mengelola sumber daya alam, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui melalui penerapan teknologi ramah lingkungan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampungnya, (2) memberdayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, (3) memelihara kawasan konservasi yang sudah ada dan menetapkan kawasan konservasi baru di wilayah tertentu, dan (4) mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan. Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup terdiri atas 3 fungsi, yaitu : Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Adapun beberapa hal yang dapat diusahakan untuk kelestarian sumber daya alam dan lingkungan, yaitu : 1) Berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan kesinambungan Penghijauan dan Reboisasi Usaha penghijauan dan reboisasi hutan dapat mencegah rusaknya lingkungan yang berhubungan dengan air,tanah dan udara. Sengkedan atau terasering Pengembangan daerah aliran sungai Pengelolaan air limbah Penertiban pembuangan sampah 2) Berdasarkan prinsip mengurangi Dalam mengambil sumber daya alam sebaiknya jangan diambil semuanya,tetapi berprinsip mengurangi saja. Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem lingkungan. 3) Berdasarkan prinsip daur ulang Proses daur ulang adalah pengolahan kembali suatu masa atau bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yag tidak mempunyai nilai eknomi menjadi barang yang berguna bagi kehidupan manusia. Ada dua system pengelolaan sampah yaitu system pengelolaan formal dan informal System pengelolaan formal Yakni pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan yang dilakukan oleh aparat setempat, misalnya Dinas Kebersihan dan Pertanaman. System pengelolaan informal Yakni aktifitas yang dilakukan oleh dorongan kebutuhan untuk hidup dari sebagian masyarakat. Secara tidak sadar mereka berperan serta dalam kebersihan kota dan mereka sebenarnya juga merupakan pendekar lingkungan. III. Masalah Kependudukan dan Lingkungan Hidup Lingkungan Hidup ‡ Pengertian lingkungan hidup Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia. Masalah penduduk sebenarnya sangat kompleks, banyak sekali aspek yang mencakup aspek didalamnya, diantara aspek pangan, pemukiman, sandang, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan sebagainya. Lalu, apa saja konsekuensi yang mesti diterima oleh Negara ± Negara yang sedang berkembang dengan laju pertumbuhan penduduk yang demikian cepat itu? Diantara beberapa konsekuensi tsb, ada tiga hal yang perlu dicatat yaitu : 1) jumlah angkatan kerja bertambah dengan cepat seiring engan cepatnya laju pertumbuhan penduduk, 2) rendahnya kemampuan Negara ± Negara yang sedang berkembang untuk menciptakan kesempatan kerja tambahan, dan 3) semakin menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kualitas kehidupan. Masalah ± masalah lanjutan yang muncul kemudian adalah angka pengangguran semakin meningkat, urbanisasi, migrasi makin

menjadi ± jadi, dan last but not least, angka kejahatan dengan berbagai bentuk juga meningkat. MASALAH LINGKUNGAN HIDUP Persoalan yang sering di kaitkan sebagai dampak dari pesatnya pertumbuhan penduduk dan meluasnya pengangguran adalah masalah lingkungan hidup. Sehingga muncul beragam pembahasan masalah kualitas lingkungan hingga konservasi lingkungan, dan sekarang masalah tersebut telah menjadi bagian penting dalam setiap pembicaraan baik di tingkat nasional maupun internasional. Lingungan hidup beralih dari permasalahan ilmiah menjadi masalah pemerintah. IV.Pelestarian SDA Cara ± cara usaha pelestarian SDA 1. Dilakukan konservasi SDA, seperti : - Suaka Margasatwa/SM adalah salah satu dari daerah hutan suaka alam tujuannya sebagai tempat perlindungan untuk hewan-hewan langka agar tidak punah.

yang

2. Memperbanyak tumbuhan langka dengan cara campur tangan manusia (reproduksi vegetative : cangkok, merunduk, stek dll). Budidaya tanaman dapat dilakukan dengan : a. Generatif yaitu dengan biji b. Vegetatif buatan antara lain menyentek, mencangkok ,merunduk
3. Memperbanyak hewan dan tumbuhan langka dengan cara bioteknologi, seperti cloning, mutasi gen, rekayasa genetika, dll.

4. Menggalakkan reboisasi Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul disebut juga reboisasi. Reboisasi dilakukan melalui gerakan menanam pohon di tanah gundul, lereng gunung, dan di lingkungan sekitar. Adanya kegiatan penghijauan di setiap tepi jalan raya,pemukiman penduduk, perkantoran, dan pusat-pusat kegiatan lain. 5. Menggalakkan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan PROKASIH (Program Kali Bersih) pada kota-kota besar dan padat industry. 6. Melakukan gerakan tebang pilih. Program sistem tebang pilih yaitu dengan menebang kayu di hutan dengan cara memilih kayu yang sudah tua dan menanamnya kembali. 7. Membuat sengkedan untuk mengurangi laju erosi. Sengkedan disebut juga terasering, yaitu tanah bertingkat. Sengkedan dibuat di tanah-tanah yang miring, seperti di daerah pegunungan. Sengkedan bertujuan menahan pengikisan tanah. Sengkedan membuat gerak air yang deras menjadi berkurang. Jadi, erosi atau pengikisan tanah tidak terjadi. 8. Menangkap ikan secara normal dan umum. Artinya tanpa menggunakanbahan peledak atau racun untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Sehingga dengan demikian bila ada yang masih kecil tertangkap dapat dikembalikan lagi. 9. Menggali hasil tambang dengan memperhatikan buangan limbahnya. 10. Menjaga kawasan tangkapan hujan seperti kawasan pegunungan yang harus selalu hijau karena daerah pegunungan merupakan sumber bagi perairan di darat. 11. Adanya pengaturan terhadap penggunaan air bersih oleh pemerintah. Adanya pengendalian terhadap kendaraan bermotor yang memiliki tingkat pencemaran tinggi sehingga menimbulkan polusi. Di kota besar sangat sulit untuk mendapat udara yang segar, diperkirakan 70 % pencemaran yang terjadi adalah akibat adanya kendaraan bermotor.

Contoh : di Jakarta antara tahun 1993-1997 terjadi peningkatan jumlah kendaraan berupa : - Sepeda motor 207 % - Mobil penumpang 177 % - Mobil barang 176 % - Bus 138 % Materi Kelompok 7 (Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia ) A. Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi. Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu :(1) pesawat terbang, (2) maritim dan perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi, (6) rekayasa , (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan keamanan. B. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai dasar Pengembangan Teknologi Teknologi dapat dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. IPA ada dalam teknologi dan mengendalikan teknologi, sehingga teknologi aman dan bermanfaat bagi manusia. Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek-objek, membuat konstruksi di alam, dan membuat alat untuk mengendalikan cara alam bekerja C. Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi Pada pembahasan Sejarah Peradaban manusia kami akan memaparkan sejarah peradaban manusia pada tahun Masehi sekaligus alur peradaban manusia yang di prediksi akan terjadi dimasa yang akan datang secara kronologisnya, sebagai berikut : 2050 Perjalanan ke luar angkasa secara komersial dimulai; 2021-Mobil terbang akan mulai diperkenalkan; 2020-SETI (Search for Extra Terrestrial Intelligence) yang beroperasi sejak 1960

memperkirakan akan bisa berkomunikasi dengan alien; 2010-NASA akan memperkenalkan wahana piring terbang (daya tampung 12 orang). Menuju ke bulan hanya 6 jam; 2004- Penemuan fosil Homo floresiensis di Pulau Flores, Indonesia; 1996-Agama Kristen tidak pernah menentang teori evolusi Darwin. Dalam tahun 1996 Paus Paul II sendiri secara RESMI telah mengakui teori evolusi sebagai more than a hypothesis . Bahkan agama Kristen (St Augustine) telah mendahului Darwin dengan teori evolusinya, sekalipun dalam bentuk yang masih primitif 1858- Teori Darwin; n kaum Khuza'ah; 500 ± 1500 Zaman Kegelapan (Dark Age) di Eropa; D. Manfaat dan Dampak dari Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi A. Bidang Informasi dan komunikasi Dampak Positif a.Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet b.Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone c.Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dampak Negatif a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas) b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. d. Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.

B. Bidang Ekonomi dan Industri Dampak Positif 1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi 2. Terjadinya industrialisasi 3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko. 4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki .Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut. 5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Dampak negatif 1. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan 2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental ³instant´. {mospagebreak} C. Bidang Sosial dan Budaya Dampak Positif 1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. 2. Meningkatnya rasa percaya diri Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan

ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia. 3 Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras Dampak Negatif 1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi ³kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani´. 2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan. 3. Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja. D. Bidang Pendidikan Dampak Positif 1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. 2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. 3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Dampak Negatif

1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. 2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lainlain. E. Bidang politik Dampak Positif 1. Timbulnya kelas menengah baru . Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar. 2. Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental. 3. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru. Dampak Negatif 1. Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan. 2. Terorisme yang semakin merajalela. 3. Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaan yang tidak terjamin dengan semakin canggihnya alat ±alat pendeteksi.

I.

Materi Kelompok 8 (Perkembangan Teknologi Penting) Bioteknologi Pengertian Bioteknologi berasal dari kata latin yaitu bio (hidup), teknos (teknologi = penerapan) dan logos (ilmu).Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup

(bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

II. Garis waktu bioteknologi ‡ 8000 SM Pengumpulan benih untuk ditanam kembali. Bukti bahwa bangsa Babilonia, Mesir, dan Romawi melakukan praktik pengembangbiakan selektif (seleksi artifisal) untuk meningkatkan kualitas ternak. ‡ 6000 SM Pembuatan bir, fermentasi anggur, membuat roti, membuat tempe dengan bantuan ragi ‡ 4000 SM Bangsa Tionghoa membuat yogurt dan keju dengan bakteri asam laktat ‡ 1500 Pengumpulan tumbuhan di seluruh dunia ‡ 1665 Penemuan sel oleh Robert Hooke(Inggris) melalui mikroskop. ‡ 1800 Nikolai I. Vavilov menciptakan penelitian komprehensif tentang pengembangbiakan hewan ‡ 1880 Mikroorganisme ditemukan ‡ 1856 Gregor Mendel mengawali genetika tumbuhan rekombinan ‡ 1865 Gregor Mendel menemukan hukum hukum dalam penyampaian sifat induk ke turunannya. ‡ 1919 Karl Ereky, insinyur Hongaria, pertama menggunakan kata bioteknologi ‡ 1970 Peneliti di AS berhasil menemukan enzim pembatas yang digunakan untuk memotong gen gen ‡ 1975 Metode produksi antibodi monoklonal dikembangkan oleh Kohler dan Milstein ‡ 1978 Para peneliti di AS berhasil membuat insulin dengan menggunakan bakteri yang terdapat pada usus besar ‡ 1980 Bioteknologi modern dicirikan oleh teknologi DNA rekombinan. Model prokariotnya, E. coli, digunakan untuk memproduksi insulin dan obat lain, dalam bentuk manusia. Sekitar 5% pengidap diabetes alergi terhadap insulin hewan yang sebelumnya tersedia) ‡ 1992 FDA menyetujui makanan GM pertama dari Calgene: tomat "flavor saver" ‡ 2000 Perampungan Human Genome Project III.Pemanfaatan Bioteknologi a. Kesehatan Pengobatan baru dan diperbaiki - untuk penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker dan diabetes Antibiotika - yang lebih baik dan lebih murah Vaksin ± penyakit viral: hepatitis, influenza, rabies, dan penyakit parasitik: malaria dan sleeping sickness Tes cepat ± membantu dokter untuk diagnosa yang akurat untuk berbagai penyakit Metoda yang diperbaiki ± untuk kecocokan organ dalam transplantasi

Teknik-teknik ± untuk mengoreksi kimia tubuh untuk mengobati penyakit turunan, seperti hemophilia b. Pertanian Penciptaan tanaman baru yang dapat menghasilkan pupuk sendiri Tanaman yang tahan kekeringan, kebekuan, salinitas tinggi dan tekanan-tekanan lingkungan lainnya Substans yang dapat mempercepat pertumbuhan ternak Vaksin untuk ternak Makanan ternak dengan harga yang lebih murah

c. Produk pangan 1. Makanan bahan susu.Prinsipnya adalah memfermentasi susu menghasilkan asam laktat. Keju Mikroba: Propiabacterium (bakteri asam laktat) yang juga berperan memberi rasa dan tekstur keju. Yoghurt Mikroba: 1. Lactobacillusbulgaris   pemberi rasa dan aroma 2.Streptococcus thermophilus   menambah keasaman Mentega

3. Mikroba: Leuconostoc cremoris 2. Makanan non susu Roti, asinan, dan alkohol (bir, anggur "wine", rum), oleh ragi Kecap, oleh Aspergillus oryzae Nata de Coco, oleh Acetobacter xilinum Prinsipnya adalah pemecahan amilum oleh mikroba menghasilkan gula, yang kemudian difermentasi Cuka,oleh Acetobacter aseti Alkohol difermentasi dalam kondisi aerob Produksi energi Renewable fuels termasuk gas methane dan hidrogen dan bahan bakar alkohol untuk penggunaan domestik dan industri Substans yang dihasilkan oleh mikroba yang akan membantu ekstraksi minyak dari perut bumi. Industri Sumber-sumber baru bagi bahan dasar untuk produksi plastik, cat, serat sintetis dan perekat

Mikroba yang bisa mengekstraksi metal dari batuan padat Sistem-sistem baru untuk mengontrol polusi Protein Sel Tunggal PROTEIN SEL TUNGGAL (Single Cell Protein = SCP) adalah makanan berkadar protein tinggi, berasal dari mikroorganisme Contoh:1. Mikoprotein dari Fusarium .............. Substrat: tepung gandum dan ketan ............2. Spirulina dan Chlorella Kelebihan SCP: 1. Kadar protein lebih tinggi dari protein kedelai atau hewan 2. Pertumbuhan cepat

Rekayasa Genetika / ADN Rekombian 1. Vektor, berupa plasmid bakteri atau viral ADN virus. 2. Bakteri, berperan dalam perbanyakan plasmid melalui perbanyakan bakteri. 3. Enzim, terdiri dari enzim RESTRIKSI (pemotong plasmid/ADN) dan enzim LIGASE (penyambung ptongan-potongan ADN) . Secara umum ekspektasi ditingkat nasional nampaknya tidaklah berbeda jauh dengan ekspektasi secara global, apabila dilihat dari amanat GBHN dan Program PELITA VI. Sesuai dengan amanat GBHN 1993 khususnya sasaran Bidang Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam PELITA VI, maka bioteknologi termasuk dalam Kebijaksanaan Nasional sebagai suatu bidang Iptek yang perlu dikembangkan-Dalam PELITA VI telah ditetapkan tiga bidang bioteknologi yang dijadikan prioritas untuk dikembangkan yaitu: Bioteknologi pertanian yang mencakup bioteknologi tanaman, ternak dan bioteknologi perikanan Bioteknologi industri, menitikberatkan pemanfaatan teknologi fermentasi sebagai dasar teknologinya serta pemanfaatan bioteknologi lainnya untuk menunjang pertumbuhan bioindustri. Bioteknologi kesehatan, yang menitikberatkan pada penemuan teknologi vaksin dan pemanfaatan biologi molekuler untuk pencegahan dan pengobatan penyakit.

IV. Teknologi informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas. TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan . V.Teknologi Kearifan Lokal Kearifan Lokal adalah suatu pengetahuan yang secara turun temurun diberitahukan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Teknologi kearifan lokal adalah suatu cara, pemecahan atau bantuan untuk melakukan dan atau mendukung tindakan atau pengetahuan yang kita sebut dengan kearifan lokal. Teknologi kearifan lokal mempunyai pengertian yang sangat luas karena mencakup segala peralatan atau benda, cara, metode, informasi, dan pengorganisasian yang diciptakan oleh manusia dalam komunitas tertentu berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk melakukan segala aktifitasnya dengan tujuan tertentu. Teknologi kearifan lokal biasanya tumbuh dan berkembang berdasarkan pengalaman dan telah teruji dalam kurun waktu yang panjang (mengakar secara turun temurun) sehingga menjadi bagian dari adat kebiasaan dalam suatu kelompok masyarakat dan kebudayaan setempat. A. KARAKTERISTIK Dari pengertian dan uraian tersebut di atas, dapat perkirakan bahwa teknologi kearifan lokal umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. b. c. d.

Sederhana dan bersifat spesifik serta telah mentradisi. Operasionalisasinya menggunakan bahan baku lokal. Penggunaannya lebih mengutamakan etika dan benefit sharing di dalam komunitas sendiri. Kelayakan teknis dan ekonomisnya masih rendah. Penggunaannya lebih ditinjau pada upaya pelestarian.

e. f. g.

³Kepemilikan´ bersifat komunal, bukan individu perorangan. Tumbuh dan berkembang tanpa melalui metoda ilmiah yang mengacu pada teori modern. Sudah menjadi public domain (milik umum) tapi tidak terdokumentasi dengan baik B. CAKUPAN Teknologi kearifan lokal dianggap dapat mencakup berbagai bentuk kreasi teknologi masyarakat yang merupakan respon berkelanjutan dan kontemporer oleh individu atau komunitas terhadap perkembangan lingkungannya, misalnya seperti:

a. b.

Teknologi Terapan, yang antara lain mencakup teknologi-teknologi pertanian, peternakan, makanan, kesehatan dan lingkungan. Teknologi Produksi dan Desain, yang antara lain mencakup kerajinan tangan, tekstil dan arsitektur.

Seperti telah disampaikan, dalam konteks proses menghasilkan nilai tambah (value-adding process), maka teknologi (termasuk teknologi kearifan lokal) secara umum bisa dikategorikan sebagai enabler (bersifat ³tak langsung´) dan productivity tool (lebih bersifat ³langsung´). C. SUMBER Beberapa sumber yang dapat digali untuk mendata teknologi kearifan lokal antara lain adalah:
a.

Anggota Masyarakat, khususnya para ³sesepuh´. Namun, karena pengetahuan tentang teknologi kearifan lokal tidak tersebar secara merata di dalam masyarakat, maka sangat penting untuk mengetahui ³siapa´ paham tentang ³apa´ agar benar-benar dapat memperoleh sumber yang tepat. Cerita Rakyat tentang praktek-praktek teknologi. Catatan-catatan di masyarakat. Meskipun pada umumnya teknologi kearifan lokal tidak terdokumentasi secara tertulis, namun kemungkinan ada catatan-catatan yang bersifat tradisional seperti misalnya tulisan singkat, gambaran dan ukiran. Seseorang yang telah lama bekerja bersama masyarakat. Sumber-sumber sekunder (photo, museum). Materi Kelompok 9 (Isu Lingkungan)

b. c.

d. e.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->