P. 1
Proses Terjadinya Manusia Menurut Al

Proses Terjadinya Manusia Menurut Al

|Views: 3,066|Likes:
Published by Mel Dacomel

More info:

Published by: Mel Dacomel on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

Proses terjadinya Manusia menurut Al-Qur'an dan Al Hadist

Ketika berbicara tentang manusia, Al-Qur¶an menggunakan tiga (3) istilah pokok. Pertama, menggunakan kata yang terdiri atas huruf alif, nun, dan sin, seperti kata insan, ins, naas, dan unaas. Kedua, menggunakan kata basyar. Ketiga, menggunakan kata Bani Adam dan dzurriyat Adam. Menurut M. Quraish Shihab, kata basyar terambil dari akar kata yang bermakna penampakan sesuatu dengan baik dan indah. Dari akar kata yang sama lahir kata basyarah yang berarti kulit. Al-Qur¶an menggunakan kata basyar sebanyak 36 kali dalam bentuk tunggal dan sekali dalam bentuk mutsanna untuk menunjuk manusia dari sudut lahirnya serta persamaannya dengan manusia lainnya. Dengan demikian, kata basyar dalam Al-Qur¶an menunjuk pada dimensi material manusia yang suka makan, minum, tidur, dan jalan-jalan. Dari makna ini lantas lahir makna-makna lain yang lebih memperkaya definisi manusia. Dari akar kata basyar lahir makna bahwa proses penciptaan manusia terjadi secara bertahap sehingga mencapai tahap kedewasaan. Allah swt. berfirman:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak (memiliki anak). (Q.S. arRum [30]: 20) Selain itu, kata basyar juga dikaitkan dengan kedewasaan manusia yang menjadikannya mampu memikul tanggung jawab. Akibat kemampuan mengemban tanggung jawab inilah, maka pantas tugas kekhalifahan dibebankan kepada manusia. Hal ini sebagaimana firman Allah berikut ini.

.

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ³Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur

hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.´ (Q.S. al-Hijr [15]: 28-29):

.
(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ³Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.´ Mereka berkata, ³Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?´ Tuhan berfirman, ³Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.´ (Q.S. al-Baqarah [2]: 30) Sementara itu, kata insan terambil dari kata ins yang berarti jinak, harmonis, dan tampak. Musa Asy¶arie menambahkan bahwa kata insan berasal dari tiga kata: anasa yang berarti melihat, meminta izin, dan mengetahui; nasiya yang berarti lupa; dan al-uns yang berarti jinak. Menurut M. Quraish Shihab, makna jinak, harmonis, dan tampak lebih tepat daripada pendapat yang mengatakan bahwa kata insan terambil dari kata nasiya (lupa) dan kata naasa-yanuusu (berguncang). Dalam Al-Qur¶an, kata insaan disebut sebanyak 65 kali. Kata insaan digunakan Al-Qur¶an untuk menunjuk kepada manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raga. Bahkan, lebih jauh Bintusy Syathi¶ menegaskan bahwa makna kata insaan inilah yang membawa manusia sampai pada derajat yang membuatnya pantas menjadi khalifah di muka bumi, menerima beban takliif dan amanat kekuasaan. Dua kata ini, yakni basyar dan insaan, sudah cukup menggambarkan hakikat manusia dalam Al-Qur¶an. Dari dua kata ini, kami menyimpulkan bahwa definisi manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna, yang diciptakan secara bertahap, yang terdiri atas dimensi jiwa dan raga, jasmani dan rohani, sehingga memungkinkannya untuk menjadi wakil Allah di muka bumi (khaliifah Allah fii al-ardl).

Asal-Usul Penciptaan Manusia

Al-Qur¶an telah memberikan informasi kepada kita mengenai proses penciptaan manusia melalui beberapa fase: dari tanah menjadi lumpur, menjadi tanah liat yang dibentuk, menjadi tanah kering, kemudian Allah swt. meniupkan ruh kepadanya, lalu terciptalah Adam a.s. Hal ini diisyaratkan Allah dalam Surah Shaad [38] ayat 71-72.

. .
(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, ³Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka, apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan)-Ku, maka hendaklah kamu menyungkur dengan bersujud kepadanya.´ (Q.S. Shaad [38]: 71-72.) Perhatikan juga firman Allah dalam Surah al-H{ijr [15] ayat 28-29.

. .
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ³Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.´ (Q.S. al-Hijr [15]: 28-29) Dalam Al-Qur¶an, kata ruh (ar-ruh) mempunyai beberapa arti. Pengertian ruh yang disebutkan dalam ayat-ayat yang menjelaskan penciptaan Adam a.s. adalah ruh dari Allah swt. yang menjadikan manusia memiliki kecenderungan pada sifat-sifat luhur dan mengikuti kebenaran. Hal ini yang kemudian menjadikan manusia lebih unggul dibanding seluruh makhluk yang lain. Karakteristik ruh yang berasal dari Allah ini menjadikan manusia cenderung untuk mengenal Allah swt. dan beribadah kepada-Nya, memperoleh ilmu pengetahuan dan menggunakannya untuk kemakmuran bumi, serta berpegang pada nilai-nilai luhur dalam perilakunya, baik secara individual maupun sosial, yang dapat mengangkat derajatnya ke taraf kesempurnaan insaniah yang tinggi. Oleh sebab itu, manusia layak menjadi khalifah Allah swt.

S. maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah. supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. . kamu lihat bumi ini kering. Hai manusia. Dan. dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun. . Dari perpaduan keduanya ini terbentuklah diri manusia dan kepribadiannya. kita akan dapat memahami kepribadian manusia secara akurat. kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan. al-Hajj [22]: 5) . Dengan memperhatikan esensi manusia dengan sempurna dari perpaduan dua unsur tersebut. . kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi. hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. kemudian dari setetes mani. agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim. ruh dan materi. kemudian apabila telah kami turunkan air di atasnya. (Q. dalam ayat lain juga disebutkan mengenai permulaan penciptaan manusia yang berasal dari tanah. apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan. kemudian dari segumpal darah. kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna. jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur).Ruh dan materi yang terdapat pada manusia itu tercipta dalam satu kesatuan yang saling melengkapi dan harmonis. Kemudian.

yang disebut oleh Al-Qur¶an dengan istilah nutfah. yaitu tanah. . Maka. Umar Shihab memaparkan bahwa proses penciptaan manusia terbagi ke dalam beberapa fase kehidupan sebagai berikut. Oleh karena itu. yaitu saripati yang merupakan faktor utama dalam pembentukan jasad manusia. Pada fase ini.S. Pencipta yang paling baik. Kelima. proses ini merupakan kelanjutan dari mudlghah. (2) sperma atau ovum yang menjadi cikal bakal manusia bersumber dari saripati makanan yang berasal dari tanah. proses penciptaan manusia selanjutnya adalah menjadi daging (lahmah). Keempat.s. Penegasan Al-Qur¶an yang menyatakan bahwa manusia diciptakan dari tanah ini merujuk pada pengertian jasadnya. Keenam. dan segumpal daging itu kami jadikan tulang-belulang. Manusia berasal dari tanah disebabkan oleh dua hal: (1) manusia adalah keturunan Nabi Adam a. Kedelapan. yang diciptakan dari tanah.Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Penciptaan manusia yang bermula dari tanah ini tidak berarti bahwa manusia dicetak dengan memakai bahan tanah seperti orang membuat patung dari tanah. Dalam hal ini. (Q. lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci-lah Allah. Al-Qur¶an menyatakan bahwa kelak ketika ajal kematian manusia telah sampai. saripati makanan yang berasal dari tanah tersebut menjadi sperma atau ovum. penciptaan manusia dari tanah tersebut bermakna simbolik. Kedua. bentuk embrio sudah mengeras dan menguat sampai berubah menjadi tulang belulang (µidzaam). akhirnya lahirlah bayi tersebut di atas dunia. kemudian sperma dan ovum tersebut menyatu dan menetap di rahim sehingga berubah menjadi embrio (µalaqah). proses peniupan ruh. proses selanjutnya. Akan tetapi. Ketujuh. embrio sudah berubah menjadi bayi dan mulai bergerak. Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah. Secara komprehensif. setelah sempurna kejadiannya. Pertama. Ketiga. al-Mu¶minuun [23]: 13-14) Itulah di antara sekian banyak ayat Al-Qur¶an yang menjelaskan tentang asal-usul penciptaan manusia. maka jasad itu akan kembali pula ke asalnya. embrio tersebut berubah menjadi segumpal daging (mudlghah). fase awal kehidupan manusia yang berupa tanah. lalu tulang-belulang itu kami bungkus dengan daging.

kawan :p). diedit. setelah dikompil2. Setelah masuk dan terjadi fertilisasi pun.dan juga gaya gravitasi yang berlawanan (lihat? susah tauu sperma ketemu sel telur. gerakan µmenyapu¶ dari dalam saluran reproduksi wanita. 4. Manusia tidak diciptakan dari mani yang lengkap..Hanya seribu dari 250 juta sperma yang berhasil mencapai sel telur. kemungkinan salahnya banyak loh. Sebelum proses fertilisasi (baca : pembuahan) terjadi. 3. Penjelasan : .Alhamdulillah nemu juga artikel keren. Beberapa di antaranya sebagai berikut: 1.. dan sekali salah.belum tentu si zygot ini (bahasa biologinya : konseptus) menempel di tempat yang tepat di rahim..hehe. Beberapa informasi di dalam ayat-ayat ini sedemikian rinci. 2. jadilah notes ini. Sel kelamin laki-lakilah yang menentukan jenis kelamin bayi. maka. Sperma-sperma melakukan perjalanan yang sulit di tubuh si ibu sampai menuju sel telur karena saluran reproduksi wanita yang berbelok2. dan ditambahkan pengetahuan yang afi tau. bersyukurlah teman . bisa berbahaya buat ibunya. 250 juta sperma terpancar dari si laki-laki pada satu waktu dan menuju sel telur yang jumlahnya hanya satu setiap siklusnya (hanya satu loh :p ). hanya akan membolehkan masuk SATU sperma saja (persaingan ketat.Setetes Mani. Alhamdulillah kita masih normal dan mungkin mamah kita ga mengalami gangguan pada masalah itu. semoga bermanfaat ya Penciptaan manusia dan aspek-aspeknya itu ditegaskan dalam banyak ayat. Janin manusia melekat pada rahim sang ibu bagaikan lintah. kadar keasaman yang tidak sesuai dengan sperma. makanya orang yang aborsi itu PARAH banget dosanya dan ga bersyukurnya!) Nah. Manusia berkembang di tiga kawasan yang gelap di dalam rahim. Sel telur. tetapi dari sebagian kecilnya (spermazoa).

36). Bahwa tekanan khusus dalam pernyataan ini mengumumkan suatu fakta yang baru ditemukan oleh ilmu pengetahuan modern itu merupakan bukti bahwa pernyataan tersebut berasal dari Ilahi. N. Al-Qur¶an memberi tahu kita bahwa manusia tidak terbuat dari mani selengkapnya.Segumpal Darah Yang Melekat di Rahim.terlihat bahwa bahan manusia bukan mani seluruhnya. Ahmed. prosesnya kompleks dan kritis. 1992. Persaud. Melalui hubungan semacam ini.. zigot mampu mendapatkan zat-zat penting dari tubuh sang ibu bagi pertumbuhannya (Moore. jadi ungkapan anak adalah darah dan daging .. T. Tapi.. Kenal istilah plasenta kan?? nah. ya. Human Development as Described in the Qur¶an and Sunnah. melainkan hanya sebagian kecil darinya. Makkah. V. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur¶an : ³Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus? Bukankah ia hanya setitik mani yang dipancarkan?´ (QS Al Qiyamah:36-37) Seperti yang telah kita amati. . s. Gerald C. tempat menempelnya embryo dengan rahim ibu itu disebut plasenta. dan jangan dikira prosesnya simpel dan mudah. zigot tersebut tidak melewatkan tahap pertumbuhannya begitu saja.. Keith L. fetus bisa mengalami kecacatan. tetapi hanya bagian kecil darinya. Ketika sperma dari laki-laki bergabung dengan sel telur wanita. E.terbentuk sebuah sel tunggal. manusia juga terbuat dari sel telur ibunya. Tentu saja hal ini hanya dapat dilihat oleh manusia dengan bantuan mikroskop. Ia melekat pada dinding rahim seperti akar yang kokoh menancap di bumi dengan carangnya.. and Mustafa A. Marshall Johnson. Zindani. Commission on Scientific Signs of the Qur¶an and Sunnah. lanjut lagi. kalo sampe ada kesalahan kecil sedikiiit aja pas tahap2 tertentu. Abdul-Majeed A. teman! di setiap proses pembelahannya. Sel tunggal yang dikenal sebagai ³zigot´ dalam ilmu biologi ini akan segera berkembang biak dengan membelah diri hingga akhirnya menjadi ³segumpal daging´.Dari uraian di atas. Goeringer.

dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. ³Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah. Maka Maha Sucilah Allah.bapak ibunya itu sangat benar sekali. karena bener2 nempel di daging ibu. penelitian canggih dengan mikroskop yang dilakukan dengan menggunakan perkembangan . para ahli embriologi beranggapan bahwa tulang dan otot dalam embrio terbentuk secara bersamaan. pada bagian ini.. sejak lama banyak orang yang menyatakan bahwa ayat ini bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Di sini. satu keajaiban penting dari Al Qur¶an terungkap. Karenanya. Allah menggunakan kata ³µalaq´ dalam Al Qur¶an: ³Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Kata ini secara harfiah digunakan untuk menggambarkan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah. Dia telah menciptakan manusia dari µalaq (segumpal darah). Pencipta Yang Paling Baik´ (QS Al Mu¶minun:14) Embriologi adalah cabang ilmu yang mempelajari perkembangan embrio dalam rahim ibu. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain.Pembungkusan Tulang oleh Otot. dan selanjutnya terbentuklah otot yang membungkus tulang-tulang ini. Disebutkan dalam ayat tersebut bahwa dalam rahim ibu. Bacalah. Sisi penting lain tentang informasi yang disebutkan dalam ayat-ayat Al Qur¶an adalah tahap-tahap pembentukan manusia dalam rahim ibu. mulanya tulang-tulang terbentuk. Saat merujuk pada zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu. Hingga akhir-akhir ini. dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. dan dapet darah dari ibu. lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging.´ (QS Al µAlaq:1-3) Arti kata ³µalaq´ dalam bahasa Arab adalah ³sesuatu yang menempel pada suatu tempat´. . Namun.

Misalnya. sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi. (Moore.Tiga Tahapan Bayi Dalam Rahim. Sungguh. dalam buku Basic Human Embryology. Peristiwa ini digambarkan dalam sebuah terbitan ilmiah dengan kalimat berikut: Dalam minggu ketujuh. 39:6) Sebagaimana yang akan dipahami. 6. edition. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. jaringan tulang rawan embrio mulai mengeras. Penelitian di tingkat mikroskopis ini menunjukkan bahwa perkembangan dalam rahim ibu terjadi dengan cara persis seperti yang digambarkan dalam ayat tersebut. Tuhan yang mempunyai kerajaan. di semua buku pelajaran embriologi yang dipakai di berbagai fakultas kedokteran. hal ini dijadikan sebagai pengetahuan dasar.teknologi baru telah mengungkap bahwa pernyataan Al Qur¶an adalah benar kata demi katanya. Kemudian sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di sekitar tulang-tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang ini. Dalam Al Qur¶an dipaparkan bahwa manusia diciptakan melalui tiga tahapan dalam rahim ibunya. Pada akhir minggu ketujuh dan selama minggu kedelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah. Pertama. Developing Human. biologi modern telah mengungkap bahwa pembentukan embrio pada bayi terjadi dalam tiga tempat yang berbeda dalam rahim ibu. rangka mulai tersebar ke seluruh tubuh dan tulang-tulang mencapai bentuknya yang kita kenal. Sekarang. fakta ini diuraikan sebagai berikut: .) . otot-otot menempati posisinya di sekeliling bentukan tulang. maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?´ (Al Qur¶an. dalam ayat ini ditunjukkan bahwa seorang manusia diciptakan dalam tubuh ibunya dalam tiga tahapan yang berbeda. ³« Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan.1998. Tuhan kamu.

Yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi. kedua tangan dan kakinya. sampai akhir minggu ke delapan. Pada tahap ini.Tahap fetus Dimulai dari tahap ini dan seterusnya. Basic Human Embryology. pada tahap ini juga terjadi pembentukan organ2 tubuh. 64. 3.´ (Williams P.Tahap Pre-embrionik Pada tahap pertama. ciri-ciri tahap perkembangan bayi dalam rahim adalah sebagaimana berikut: . pernah nyadar ga kalo kita. dan pengaturan posisi. bayi disebut sebagai ³fetus´.) Fase-fase ini mengacu pada tahap-tahap yang berbeda dari perkembangan seorang bayi. endoderm :p) . Tahap ini berlangsung selama kurang lebih 30 minggu. dan janin.lapisan sel tersebut. .Tahap Embrionik Tahap kedua ini berlangsung selama lima setengah minggu. Tahap ini dimulai sejak kehamilan bulan kedelapan dan berakhir hingga masa kelahiran. sumbu tubuh. sel-sel penyusunnya pun mengatur diri mereka sendiri guna membentuk tiga lapisan (bahasa biologinya disebut lapisan lembaga ektoderm. kesemua organnya telah nampak.³Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik. dengan wajah. Meskipun pada awalnya memiliki panjang 3 cm. organ dan sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan. manusia itu. zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel. dari minggu ke delapan sampai kelahiran. dan perkembangan berlanjut hingga minggu kelahiran. Pada masa ini bayi disebut sebagai ³embrio´. edition. dua setengah minggu pertama. sebelum tahap ini adalah sebuah KEPING ! jadi ga keping lagi ya karena adanya tahap2 ini. s.. . 1984. Ciri khusus tahapan ini adalah terlihatnya fetus menyerupai manusia. Seiring pertumbuhan zigot yang semakin membesar.. dan pembentukan tubuh. Ringkasnya. dan terbentuklah segumpalan sel yang kemudian membenamkan diri pada dinding rahim. mesoderm. embrionik. .

Saripati Tanah dalam Campuran Air Mani. apabila dipancarkan. Kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria. membawa kromosom X. Pada wanita. menetralkan asam di pintu masuk rahim. Dengan kata lain. dan yang lainnya berisi kromosom Y. Cairan-cairan ini mempunyai fungsi-fungsi semisal mengandung gula yang diperlukan untuk menyediakan energi bagi sperma. . dari air mani. Dua kromosom ini disebut ³XY´ pada pria. sel kelamin seorang pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda. Cairan ini justru tersusun dari campuran berbagai cairan yang berlainan.´ (QS An Najm:45-46) Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan biologi molekuler telah membenarkan secara ilmiah ketepatan informasi yang diberikan Al Qur¶an ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian. dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini. Jika satu sel telur berkromosom X dari wanita ini bergabung dengan sperma yang membawa kromosom Y. Cairan yang disebut mani tidak mengandung sperma saja. Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pria. satu berisi kromosom X. dan ³XX´ pada wanita.³Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. dan melicinkan lingkungan agar memudahkan p . sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan. yang pada pria dan wanita ada dalam keadaan berpasangan. kedua bagian sel kelamin. yang membelah menjadi dua selama peristiwa ovulasi. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Sebaliknya. Pembentukan seorang manusia baru berawal dari penggabungan silang salah satu dari kromosom ini. jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari pria yang bergabung dengan sel telur wanita.

.

Al Mukminun : 12-14 y y y y y y Allah adalah stu-satunya yang menciptakan manusia Penegasan Allah SWT bahwa manusia meupakan makhluk ciptaan-Nya yang asal kejadiannya dari sari pati tanah Informasi dari Allah tentang proses kejadian manusia ketika masih berada dalam kandungan Allah memberi kesempatan hidup di dunia kepada manusia Usia manusia ditentukan oleh Allah SWT Manusia diperintahkan untuk memikirkan proses kejadiannya agar tidak sombong kepada Allah dan sesama manusia. Al Mukminun : 12-14 Bacalah Surat Al Mukminun ayat 12-14 dengan tertib (tartil). Manusia . lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging. 13. Pencipta Yang Paling Baik. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Penjelasan QS. fasih. Tumbuh-tumbuhan menghisap saripati tanah itu dan hewan memakan sebagian tumbuh-tumbuhan.´ (QS Al Mukminun : 12-14) 3. jasmaninya berproses dari saripati tanah. Maka Maha sucilah Allah. 14. 40 : 67 bahwa Manusia adalah keturunan Nabi Adam As. Terjemah QS. Kandungan QS. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.1. dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Al Mukminun : 12-14 Artinya: ³12. Bacaan QS. dan suara yang indah sesuai dengan tajwid yang benar serta pahamilah makna dan kandungannya ! 2. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Al Mukminun : 12-14 a) Proses Penciptaan Manusia Menurut Pandangan Ilmu Pengetahuan Umum Penjelasan tentang proses penciptaan manusia sebelum dijelaskan menurut pandangan ilmu pengetahuan umum Allah SWT sudah terlebih dahulu mejelaskan perihal kejadian tersebut dalam Al Qur¶an seperti dalam surat Al-Mu¶min. 4. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah.

Asam Arang ( CO2 ). Dari alaqah Allah SWT menjadikan sebagai mudghah. nuthfah masuk ke dalam qarar (rahim atau kandungan ibu).Kaporit = 0.14 % .10 % . manusia. Di dalam rahim.14 % .Magnesium = 0.Sodium = 0. Allah menjadikan nuthfah sebagai alaqah yaitu gumpalan darah yang berbentuk menyerupai buah lecis atau lintah 3. Kemudian tulang atau rangka itu dibalut oleh daging 6. berproses manjadi nuthfah (air yang berisi spermatozoa. Natrium ( Na ). Zat Belerang ( S ). nuthfah (sperma) bertemu dengan sel telur atau ovum.Klor = 0. Bahi Khuli mengemukakan bahwa ada unsur yang sama antara debu dan jasad manusia. hewan dan tumbuh-tumbuhan sama dengan unsur-unsur yang terdapat dalam tanah. yaitu tulang atau rangka 5. Hidrogen ( H ). b) Proses Penciptaan Manusia Menurut QS. Melalui proses senggama. Allah SWT menjadikan saripati tanah yang terdapat dalam tubuh manusia sebagai nuthfah (air yang berisi spermatozoa.07 % . Senada dengan pendapat di atas.Nitrogen = 2. yang kemudian ditumpahkan ke dalam qarar (rahim atau kandungan) 2. Menurut ilmu Biologi. yaitu segumpal daging menyerupai daging hancur yang sudah dikunyah 4. disebut sperma). sehingga terjadi pembuahan. Kalium ( K ). Setelah itu Allah SWT menjadikan sebagai makhluk dalam bentuk lain yaitu dalam bentuk manusia yang telah berkepala. Al Mukminun : 12-14 Proses Kejadian manusia menrurut QS. Dari mudghah Allah SWT menjadikan sebagai i¶izaam. hewan dan tumbuh-tumbuhan asal kejadiannya adalah dari tanah.20 % .50 % .11 % . Sebagian saripati makanan (saripati tanah).zat besi = 0. Hal ini telah dibuktikan dengan menggunakan metode abu bekas bakaran dari makhluk hidup tersebut.Hidrogen = 9. berbadan.Fhlor = 0. yaitu Oksigen ( O ).16 % . disebut sperma) yang terdapat pada laki-laki (suami).90 % .45 % Phaspor = 1. Al Mukminun : 12-14 ketika masih berada dalam kandungan adalah sebagai berikut : 1. Unsur-unsur tesebut adalah : Oksigen = 63 % Karbon = 20.Kalsium = 2.Photasium = 0. Hasil penelitian tersebut diketahui bahwa unsur-unsur asli yang ada pada manusia. Yodium ( J ). Air ( H2O ) dan zat-zat lainyya yang berfungsi sebagai pelengkap. Zat Arang ( C ). Ini berarti ke dalam tubuh manusia telah masuk unsur saripati tanah.01 % Yodium+Silikon+Magnet = Molekul atom.memakan tumbuh-tumbuhan dan hewan.01 % . Prof. bertangan dan berkaki .

sehingga jarak antara sorga dengan dia hanya satu hasta. beramal dengan amal ahli neraka. kemudian selama 40 hari lagi sebagai mudghah. ajalnya (batas hidupnya). maka ia beramal dengan penghuni neraka. ajalnya. Berdasarkan Hadits ditakhrij oleh Bukhari Artinya : Dari Abdullah bin Mas¶ud ra. . kemudian Allah mengutus Malaikat. maka ia masuk neraka. Berdasarkan Hadts yang diriwatkan Imam Muslim Artinya : ³Sesungguhnya seseorang dari kamu berproses kejadiannya dalam perut ibunya selama 40 hari sebagai air mani. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari). kemudian dipermaklumkan dengan empat kata. dan selama 40 hari sebagai µalaqah.. semisal itu (40 hari = pen) kemudian menjadi segumpal daging. sehingga jarak antara neraka dengan dia hanya satu hasta. (HR. beliaulah yang benar dan dibenarkan : ³Sesungguhnva penciptaan perseoranganmu terkumpul dalam perut ibunva empat puluh hari dan empat puluh malam atau empat puluh malam. yaitu mengenai rizki orang itu. lalu ia tiupkan roh ke dalamnya. Dan sesungguhnya salah seorang diantaramu. semisal itu (40 hari = pen). maka ia masuk sorga.ia berkata : Rasululla saw bercerita kepada kami. Muslim). Dan malaikat diperintah mencatat 4 kalimat. maka ia beramal dengan amal penghuni sorga. Sesungguhnya salah seorang di antaramu niscaya beramal dengan amal ahli (penghuni) sorga. namun catatan mendahuinya. amalnya serta celaka dan bahagianya kemudian Malaikat meniupkan ruh padanya. namun catatan mendahuluinya. 2. sesudah itu Allah mengirim seorang malaikat. kemudian malaikat mencari rizkinya. amal perbuatanyya dan celaka atau bahagianya´. kemudian menjadi segumpal darah.c) Proses Penciptaan Manusia Menurut Hadits Rasulullah SAW Proses Kejadian manusia menrurut hadits Rasulullah SAW ketika masih berada dalam kandungan adalah sebagai berikut : 1.

lalu ditiupkan ruh kepadanya sehingga manusia bernyawa (bertubuh jasmani dan rohani).H. almarhum (1920 ±1979). 5. Yang dimaksud dengan kata "thien" (tanah) di ayat ini ialah "Atom zat air" atau Hidrogen. 2. Sebagaimana disebutkan pada ayat yang keenam tentang kata "turab" (tanah) ialah zat-zat asli yang terdapat di dalam tanah yang dinamai zat anorganis. lalu berbentuk manusia". Yang dimaksud dengan kata "turab" (tanah) di ayat ini ialah: "Unsur-unsur zat asli yang terdapat di dalam tanah" yang dinamai "zat-zat anorganis". Pertama: Di surat Ar Rahman ayat 14: "Dia menjadikan manusia seperti tembikar (tanah yang dibakar)". Yang dimaksud dengan kata "lazib" (tanah liat) di ayat ini ialah "Zat besi" atau ferrum.Oleh K. Jelasnya adalah persenyawaan antara Fachchar (Carbon = zat arang) dalam surat Ar . Di ayat ini. Ketiga: Di surat Al Hijr. Bahaudin Mudhary. Kelima: Di Surat Ash Shaffaat ayat 11: "Sesungguhnya Aku (Allah) menjadikan manusia daripada Tanah Liat". 7. Di Al Qur'an disebutkan bahwa asal kejadian manusia terdiri dari 7 (tujuh) macam kejadian. 3. Ketujuh: Di surat Al Hijr ayat 28: "Maka setelah Aku sempurnakan (bentuknya). tersebut juga "shal-shal" telah saya terangkan. 4. Kedua: Di ayat itu disebutkan juga kata "Fakhkhar" yang maksudnya ialah "Zat Arang" atau Carbon. sedangkan kata "Hamaa-in" di ayat tersebut ialah "Zat Lemas" atau Nitrogen. 6. Keempat: Di surat As Sajadah ayat 7: "Dan Allah membuat manusia berasal dari pada tanah". ayat 28: "dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang manusia dari tanah kering dan lumpur hitam yang berbentuk". Yang dimaksudkan dengan kata "Shal-shal" di ayat ini ialah: Tanah kering atau setengah kering yakni "Zat pembakar" atau Oksigen. lalu Kutiupkan ruh-Ku kepadanya" Ketujuh ayat Al Qur'an yang saya baca ini Allah telah menunjukkan tentang proses kejadian Nabi Adam sehingga berbentuk manusia. Zat Anorganis ini baru terjadi setelah melalui proses persenyawaan antara "Fakhkhar" yakni Carbon (zat arang) dengan "shal-shal" yakni Oksigen (zat pembakar) dan "hamaa-in" yaitu Nitrogen (zat lemas) dan Thien yakni Hidrogen (Zat air). Keenam: Di Surat Ali Imran ayat 59: "Dia menjadikan Adam daripada tanah kemudian Allah berfirman kepadanya "jadilah engkau. Saya sebutkan susunan ayat-ayatnya satu demi satu: 1.

Inilah yang disebut "Turab" (zat-zat anorganis) dalam surat Ali Imran ayat 59.org .indoforum. Salah satu diantara zat-zat anorganis yang terpandang penting ialah "Kalium" yang banyak terdapat dalam jaringan tubuh. Adapun Sinar Cosmic ialah suatu sinar yang mempunyai kemampuan untuk merubah sifat-sifat zat yang berasal dari tanah. lalu menggempurlah electron-electron dari sinar cosmic yang mewujudkan sebab pembentukan (formasi). Sampai di sinilah ilmu pengetahuan exact dapat menganalisa tentang pembentukan tubuh kasar (jasmaniah. Hamaa-in (Nitrogen = zat lemas) dalam surat Al Hijr ayat 28. Kalau ada waktu saya akan terangkan juga proses asal kejadian tubuh rohani dari segi ilmu metafisika. telinga.IndoForum http://www.Rahman ayat 14. yang disebut "laazib" (zat-zat anorganis) dalam surat As Shafaat ayat 11.. yang sangat erat hubungannya dengan ilmu Metafisika. hidung. dan seterusnya.indoforum. lalu terbentuklah zat yang dinamai protein. Wassalam Sumber: Asal Kejadian Manusia menurut Al Quran . Silcum dan mangaan. sampai berujud manusia. Thien (Hidrogen = Zat Air) dalam surat As Sajadah ayat 7. sedangkan tentang rohani (abstract wetenschap) tentu dibutuhkan ilmu pengetahuan yang serba rohaniah pula. yakni dalam pembentukan badan halus.org/t55258/#ixzz1iy4pn5Hb Hak Cipta: www. tangan. mata. yang terdiri dari badan. Kalium. Yodium. kemudian bersenyawa dengan zat besi (Ferrum). jasmani manusia/Adam). hingga pada badan halusnya (invisible). shal-shal (Oksigen = zat pembakar) juga dalam surat Ar Rahman ayat 14. dinamai juga "sebab ujud" atau Causa Formatis. Setelah selesai mengalami substitusi. Dalam proses persenyawaan tersebut. Maka dengan mudah sinar cosmic dapat mewujudkan pembentukan tubuh manusia (Adam) berupa badan kasar (jasmaniah). Kalium ini dipandang penting oleh karena mempunyai aktivitas dalam proses hayati. Dengan berlangsungnya "proteinisasi" menjelmakan "proses penggantian" yang disebut "substitusi".. Semoga bermanfaat. teristimewa di dalam otot-otot. Cukup jelas tentang ayat-ayat Al Qur'an yang menunjukkan proses asal kejadian tubuh jasmani Adam (visible). kepala.

dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. termasuk mengenai teori penciptaan manusia pertama yaitu Adam adalah tidak melalui proses evolusi seperti yang dilontarkan oleh Darwin. yang mendirikan shalat. padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?´ Tuhan berfirman: ³Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. sperma. Salah satu yang Alquran jelaskan adalah mengenai teori penciptaan manusia. karena Alquran sudah pasti benar. Hal ini dikarenakan kandungan Alquran yang luar biasa banyak yang menjelaskan ilmu pengetahuan dan sains yang baru terungkap oleh alat-alat canggih jaman sekarang. petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib. Bahkan banyak persoalan pada suatu ilmu pengetahuan yang baru terpecahkan dari Alquran. Alquran diturunkan kepada seorang Rasul yang buta huruf dan pada negeri yang cukup tertinggal dari ilmu pengetahuan. Bagaimana ketika manusia pertama diciptakan dan bagaimana mekanisme terbaik pembentukan jasad manusia di rahim ibunya. pembentukan ovum. Maka tidak ada yang bisa diragukan dari Alquran.´ (QS. Alquran bukan yang harus dibuktikan oleh sains dan teknologi. tapi sains dan teknologi lah yang harus dibuktikan oleh Alquran. karena manfaatnya akan dirasakan oleh semua manusia sampai akhir jaman. Tidak hanya ilmuwan muslim yang mengeksplor Alquran dan menjadikannya rujukan ilmu pengetahuan dan sains. Alquran adalah mukjizat terbesar sepanjang masa. hukum. Pembentukan manusia ini baru terbukti oleh sains pada akhir-akhir abad ini oleh teknologi mutakhir.´ (Albaqarah: 30) . Al Baqarah (2) : 2-3) Ayat di atas jelas menerangkan pada kita bahwa Alquran tidak ada yang bisa diragukan lagi. Kebenaran Alquran ini telah banyak terbukti oleh ilmu pengetahuan manapun. Prapenciptaan ³Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: ³Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.Penciptaan Manusia Menurut Alquran Pendahuluan ³Kitab (Al Qur¶an) ini tidak ada keraguan padanya.´ Mereka berkata: ³Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. dan fenomena-fenomena alam yang tidak bisa dipecahkan. Segala yang ada di dalam Alquran adalah sudah pasti benar. Tidak masuk akal jika menyebutkan bahwa Alquran adalah buatan Muhammad. dan lain sebagainya telah dijelaskan secara rinci dan detail. tapi juga ilmuwan-ilmuwan barat yang mengembangkan teori.

a) Proses Kejadian Manusia Pertama (Adam) Di dalam Al Qur¶an dijelaskan bahwa Adam diciptakan oleh Allah dari tanah yang kering kemudian dibentuk oleh Allah dengan bentuk yang sebaik-baiknya. (QS. makhluk yang dipilih Allah itu adalah manusia. Pasti ada sejuta hikmah dari jawaban Allah tersebut. Ada sesuatu dibalik skenario yang dibuat Allah.Malaikat adalah makhluk Allah yang paling patuh terhadap segala perintahNya. Kita harus ingat bahwa malaikat itu makhluk yang paling taat dan patuh pada segala perintah dan keputusanNya. Padahal Allah menciptakan manusia dengan tujuan menjadi khalifah di muka bumi. Akan tetapi satu hal ini yang membuat malaikat ³angkat bicara´ kepada Allah berkenaan dengan akan adanya penciptaan manusia ini. Suatu ketika saat Allah memberikan pengumuman berupa rencana akan menciptakan suatu makhluk yang akan menjadi khalifah di muka bumi. Mengetahui hal ini malaikat sedikit ³protes´ pada Allah. Ayat ini juga mengingatkan pada manusia bahwa tujuan awal kita diciptakan oleh Allah adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Sebelum manusia pertama atau Adam diciptakan. Al Hijr (15) : 26) Disamping itu Allah juga menjelaskan secara rinci tentang penciptaan manusia pertama itu dalah surat Al Hijr ayat 28 dan 29 . ³Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. malaikat sudah diciptakan terlebih dahulu. Allah pun menjawab ³protes´ para malaikat dengan kalimat ³Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui´ disini kita bisa melihat bahwa Allah lah sang perencana segalanya. Al Hijr (15) : 28-29) . Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya. As Sajdah (32) : 7) ³Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk´. Allah lah sang maha pencipta yang paling mengetahui ciptaannya. Namun. Hal ini ditegaskan oleh Allah di dalam firman-Nya : ³Yang membuat sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah´. Setelah sempurna maka oleh Allah ditiupkan ruh kepadanya maka dia menjadi hidup. dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)-ku. (QS. Seperti yang dijelaskan oleh ayat di atas. maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud´ (QS. malaikat tahu bahwa manusia yang akan diciptakan Allah tersebut akan membuat kerusakan di muka bumi.

(HR. beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini. tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Demikian halnya dengan manusia. dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang sangat banyak«´ (QS. bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri. dan dari padanya Allah menciptakan isterinya. bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ?´ (Albaqarah:33) ³Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah. baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui´ (QS. Allah berkehendak menciptakan lawan jenisnya untuk dijadikan kawan hidup (isteri). sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana .Di dalam sebuah Hadits Rasulullah saw bersabda : ³Sesunguhnya manusia itu berasal dari Adam dan Adam itu (diciptakan) dari tanah´. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam salah satu firman-Nya : ³Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya. kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu). Allah berfirman: ³Bukankah sudah Ku katakan kepadamu. An Nisaa¶ (4) : 1) Di dalam salah satu Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dijelaskan : . kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: ³Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!´ (Albaqarah:31) ³Mereka menjawab: ³Maha Suci Engkau. Yaasiin (36) : 36) Adapun proses kejadian manusia kedua ini oleh Allah dijelaskan di dalam surat An Nisaa¶ ayat 1 yaitu : ³Hai sekalian manusia. sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu).´ (Albaqarah:32) ³Allah berfirman: ³Hai Adam. Bukhari) ³Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya. dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya).´ (Alanam:2) b) Proses Kejadian Manusia Kedua (Siti Hawa) Pada dasarnya segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah di dunia ini selalu dalam keadaan berpasang-pasangan.´ Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu.

´ (HR. Pencipta Yang Paling Baik. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Al Mu¶minuun (23) : 12-14).³Maka sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk Adam´ (HR. sari-sari makanan yang kita makan yang semua berasal dan hidup dari tanah. lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging. Kemudian dalam salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda : ³Telah bersabda Rasulullah SAW dan dialah yang benar dan dibenarkan. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah. maka secara tak langsung hubungan manusia laki-laki dan perempuan melalui perkawinan adalah usaha untuk menyatukan kembali tulang rusuk yang telah dipisahkan dari tempat semula dalam bentuk yang lain. Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan sepotong daging. dan buruk baik (nasibnya). Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan segumpal darah. Yang kemudian melalui proses metabolisme yang ada di dalam tubuh diantaranya menghasilkan hormon (sperma). ajal (umurnya). amalnya. maka terjadilah pembauran antara sperma (lelaki) dan ovum (sel telur wanita) di dalam rahim. kemudian hasil dari pernikahan (hubungan seksual). Addahr: 2) . lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging.´ (QS. Kemudian berproses hingga mewujudkan bentuk manusia yang sempurna (seperti dijelaskan dalam ayat diatas). dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. BukhariMuslim) Apabila kita amati proses kejadian manusia kedua ini. Di dalam Al Qur¶an proses kejadian manusia secara biologis dejelaskan secara terperinci melalui firman-Nya : ³Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Dalam proses ini disamping dapat ditinjau menurut Al Qur¶an dan Al Hadits dapat pula ditinjau secara medis. ³ Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari air mani yang bercampur´ (QS. Maka Maha Sucilah Allah . Sesungguhnya seorang diantara kamu dikumpulkannya pembentukannya (kejadiannya) dalam rahim ibunya (embrio) selama empat puluh hari. c) Proses Kejadian Manusia Ketiga (semua keturunan Adam dan Hawa) Kejadian manusia ketiga adalah kejadian semua keturunan Adam dan Hawa kecuali Nabi Isa a. Kemudian diutuslah beberapa malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya (untuk menuliskan/menetapkan) empat kalimat (macam) : rezekinya. Bukhari-Muslim) Selanjutnya yang dimaksud di dalam Al Qur¶an dengan ³saripati berasal dari tanah´ sebagai substansi dasar kehidupan manusia adalah protein. Dengan perkawinan itu maka akan lahirlah keturunan yang akan meneruskan generasinya. Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain.s.

Ahmad Syauqiy al-Fanjary. Mulailah tampak pertumbuhan syaraf dalam pada ujung tubuh bagian belakang embrio. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran. bahkan bagian lain belum terbentuk. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya. Lubang-lubang itulah yang nantinya akan menjadi organ-organ tubuh dan anggota-anggotanya. Setelah itu. sebagian anggota tubuh embrio tercipta lebih dulu dari yang lainnya. Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka . secara perlahan mulai tampaklah lengan dan kaki tersebut.´ (QS 96. Karena menurut Dr. dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. penglihatan dan hati. kepala. Sebagian organ (seperti kepala) tampak lebih besar dari tubuhnya dibandingkan dengan organ tubuh yang lain. ini adalah I¶jâz `ilmiy (mukjizat sains) yang terdapat di dalam Al-Quran. namun para ahli embriologi mengamati proses membanyaknya sel-sel yang begitu cepat dan aktivitasnya dalam membentuk organ-organ tubuh.³Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Inilah deskripsi yang dekat dengan kebenaran.Mulbry stage adalah kata dari bahasa Latin yang artinya embrio (janin) yang berwarna murberi (merah tua keungu-unguan). (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. fase segumpal darah (`alaqah) berlanjut terus dari hari ke-15 sampi hari ke24 atau ke-25 setelah sempurnanya proses pembuahan. sempurna (mukhallaqah) dan kedua tidak sempurna (ghair mukhallaqah). Tidak diragukan lagi. Penafsiran dari ayat tersebut adalah: Secara ilmiah. sehingga tampaklah tonjolan-tonjolan dan celah (rongga-rongga) dari bekas kunyahan tersebut. (Assajdah:7-9)´ ³Dan orang-oranng yang beriman. (Athuur:21)´ Interpretasi . Ia terbentuk sebelum sebelum bagian tubuh ujung belum terbentuk. Realitanya. terbentuk (sedikit-demi sedikit ) kepingan-kepingan benih. embrio dalam fase perkembangannya seperti tidak sempurna dalam susunan organ tubuhnya. Al-¶Alaq: 2) Selanjutnya. karena terdapat berbagai penampakan-penampakan dan lubang-lubang (rongga-rongga) di atasnya. Contoh. sebagai persiapan perpindahan fase ini (`alaqah kepada fase berikutnya yaitu mudhgah (mulbry stage)). pertama. ungkapan Al-Quran lebih mendalam. Di dalam Al-Quran disebutkan bahwa embrio terbagi dua. Lebih penting dari itu. menjelasnya lipatan kepala. kata `alaqah tidak digunakan kecuali di dalam Al-Quran. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina. dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan. Meskipun begitu kecil. karena embrio menyerupai sepotong daging yang dikunyah dengan gigi. seperti kedua lengan dan kaki. Karena bentuknya pada fase ini menyerupai biji murberi. ³Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

dapat disimpulkan sebagai berikut: y y Adam diciptakan dari tanah liat secara langsung. kegelapan dalam rahim. Awal penciptaan dituturkan di dalam al-Qur¶an seara logis dan tegas. dinding uterus (rahim). Penciptaan tersebut memberi penjelasan yang masuk akal mengenai kesamaan antara peta genetik dan jumlah chromosom pada kedua Adam dan Hawa. Keith Moore. Adam menerima hembusan ruh dari Allah nafas yang memberinya kemampuan kemampuan untuk belajar dan potensi untuk mengenali. Dr. ³Dari ungkapan Al Qur¶an dan hadits banyak mengilhami para scientist (ilmuwan) sekarang untuk mengetahui perkembangan hidup manusia yang diawali dengan sel tunggal (zygote) yang terbentuk ketika ovum (sel kelamin betina) dibuahi oleh sperma (sel kelamin jantan).Para ahli dari barat baru menemukan masalah pertumbuhan embrio secara bertahap pada tahun 1940 dan baru dibuktikan pada tahun 1955. Namun. dan kegelapan dalam selaput yang menutup/membungkus anak dalam rahim).´ Sebagai bukti yang konkrit di dalam penelitian ilmu genetika (janin) bahwa selama embrio berada di dalam kandungan ada tiga selubung yang menutupinya yaitu dinding abdomen (perut) ibu. dengan menyatakan banyak fakta dalam penciptaan. seseorang yang membandingkan penjelasan tentang awal penciptaan seperti yang disebutkan dalam al-Qur¶an dan seperti yang disebutkan dalam Kitab Kejadian itu akan dengan mudah menyimpulkan bahwa kedua buku memiliki sumber yang sama namun al-Qur¶an menjelaskannya secara logis dan ilmiah. . Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia mengendalikan alam semesta menurut kehendak-Nya sesuai fungsi dan peran yang spesifik. Selain iti beliau juga mengatakan. atau secara tidak langsung dari bahan dasar lumpur. kegelapan dalam rahim. Kesemuanya itu belum diketahui oleh Spalanzani sampai dengan eksperimennya pada abad ke-18. Inilah teori penciptaan dalam Islam. dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim)«´ (QS. Ini sangat mengagumkan bagi salah seorang embriolog terkemuka dari Amerika yaitu Prof. tetapi dalam Al Qur¶an dan Hadits yang diturunkan 15 abad lalu hal ini sudah tercantum. Dari al-Mu¶minun: 12-16. demikian pula ide tentang perkembangan yang dihasilkan dari perencanaan genetik dari kromosom zygote belum ditemukan sampai akhir abad ke-19. Hal ini ternyata sangat cocok dengan apa yang dijelaskan oleh Allah di dalam Al Qur¶an : ³«Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan (kegelapan dalam perut. Az Zumar (39) : 6). dan lapisan tipis amichirionic (kegelapan di dalam perut. Tetapi jauh ebelumnya Al Qur¶an telah menegaskan dari nutfah Dia (Allah) menciptakannya dan kemudian (hadits menjelaskan bahwa Allah) menentukan sifat-sifat dan nasibnya. Hawa diciptakan dari sel atau tulang Adam. beliau mengatakan : ³Saya takjub pada keakuratan ilmiah pernyataan Al Qur¶an yang diturunkan pada abad ke-7 M itu´. Sebelum berubah menjadi manusia.

peta genetika atau jumlah chromosom bersama antara pasangan perkawinan. Hanya Allah yang tahu.Dalam teori penciptaan dalam Islam. Allah menjaga sumber kelangsungan kehidupan makhluk-Nya. Allah menyatakan bahwa Dia adalah Pencipta kehidupan dan kematian. tidak akan hidup. Karena itu. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?¶ [an-Nahl: 72] Menurut ayat-ayat ini. Allah mengelola pasokan energi untuk makhluk-Nya demgam proses fotosintesis yang ajaib. cucu. yang terdiri dari orang tua. Hal ini menjadi rahasia Allah semata. bahkan di Alquran pun dikatakan bahwa Allah lah yang memegang kunci rahasia alam ruh. Jiwa ditiupkan ke dalam Adam dan juga ditiupkan ke dalam setiap manusia. Adam dan Hawa merupakan bagian dari bangunan masyarakat yang lengkap. yang menyimpan energi dari matahari menjadi buah yang dapat dimakan. sebuah jasad yang ada tidak akan berfungsi. seorang perempuan diciptakan dari laki-laki. Teori Penciptaan dalam Islam mengenai peran Pencipta sebagai Pencipta unsur kehidupan. Allah menentukan peran bagi Hawa. Biogenesis juga gagal dalam mengasumsi awal mula kehidupan dalam zat kimia dengan regenerasi imajiner spontan. Tanpa ruh. . dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sebagaimana teori evolusi nihil logika kehidupan evolusi. laki-laki dan perempuan. Sesuai kehendak Allah. Dia mengatur siklus untuk menghasilkan air tawar untuk minuman manusia dan pengairan tanaman yang mereka makan. dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. µAllah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu. Allah menentukan desain fitur-fitur manusia dalam air sperma yang dipancarkan manusia dengan DNA yang spesifik. anak anak dan cucu-cucu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benarbenar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. dan seterusnya. tidak seorang pun bisa mendefinisikannya. Allah mengatur kerajaan tumbuhan sebagai makhluk otonom yang menyediakan makanan yang diperlukan untuk kerajaan manusia. teori penciptaan menurut Islam itu mencakup hal-hal berikut: y y y y y y y Allah menganugerahi Adam isteri dengan sifat-sifat tertentu untuk tujuan kasih sayang dan rahmat. Unsur seperti itu tidak diketahui sampai sekarang oleh manusia. supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. anak. Ruh masih menjadi misteri dalam sains dan teknologi.´ (ar-Rum: 21) Allah juga berfirman. Dalam al-Qur¶an. Allah memberi Hawa fitur reproduksi untuk memberikan anak laki-laki dan perempuan. yang ditugaskan di Al-Qur¶an dengan ayat-ayat berikut: ³Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri. Teori Darwin tidak mampu menjelaskan mengenai ruh.

´ (al-Isra¶: 85) Allah dalam teori Penciptaan dalam Islam tidak hanya membuat badan kita hidup. . ³Dia-lah Allah Yang Menciptakan. yaitu al-Mushawwir (Yang membentuk rupa). Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.³Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. namun ia juga merupakan sebuah kitab yang banyak mengandung tanda-tanda ilmiah. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Katakanlah. bukan buatan Muhammad SAW.´ (al-Hasyr: 24) Dari penjelasan singkat di atas dapat ditarik sebuah konklusi bahwa Al-Quran bukan hanya sebagai kitab suci yang membacanya merupakan ibadah. Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Hal ini semakin membuktikan bahwa Al-Quran itu benar-benar wahyu dari Allah. Yang Mengadakan. dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit. Yang Membentuk Rupa. Allah memiliki nama lain dalam Al-Qur¶an selain al-Khaliq (Pencipta). tetapi ia juga membentuk rupa kita agar terlihat seperti rupa manusia. µRoh itu termasuk urusan Tuhan-ku.

kerana itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat " Menurut Ibn Jurair al-Tabari. .PROSES KEJADIAN MANUSIA MENURUT ALQURAN PERINGKAT SATU NUTFAH : iaitu peringkat pertama bermula selepas persenyawaan atau minggu pertama. Daripada nutfah inilah Allah menciptakan anggota-anggota yang berlainan . tulang dan fakulti . manakala dari nutfah perempuan akan terbentuknya darah dan daging. tingkahlaku yang berbeza serta menjadikan lelaki dan perempuan. Sementara perkataan amsyaj berasal daripada perkataan masyj yang bererti percampuran Berasaskan kepada makna perkataan tersebut maksud ayat di atas ialah sesungguhnya Kami (Allah) menciptakan manusia daripada air mani lelaki dan air mani perempuan. Ianya bermula setelah berlakunya percampuran air mani Maksud firman Allah dala surah al-Insan : 2 " Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia daripada setitis air mani yang bercampur yang Kami (hendak mengujinya dengan perintah dan larangan). asal perkataan nutfah ialah nutf ertinya air yang sedikit yang terdapat di dalam sesuatu bekas samada telaga. Daripada nutfah lelaki akan terbentunya saraf. tabung dan sebagainya.

Alaqah sebenarnya suatu benda yang amat seni yang diliputi oleh darah.A. Pada hari yang ketujuh telor yang sudah disenyawakan itu akan tertanam di dinding rahim (qarar makin). Ini mungkin dibuat berasaskan pandangan mata kasar. Selepas itu Kami mengubah nutfah menjadi alaqah. Selain itu alaqah mempunyai beberapa maksud : y y y sesuatu yang bergantung atau melekat pacat atau lintah suatu buku atau ketulan darah Peringkat alaqah adalah peringkat pada minggu pertama hingga minggu ketiga did alam rahim.Sperma B-Sperma menembusi ovum PERINGKAT KEDUA ALAQAH : Peringkat pembentukan alaqah ialah pada hujung minggu pertama / hari ketujuh . . Firman Allah yang bermaksud " Kemudian Kami mengubah nutfah menjadi alaqah" al-Mukminun : 14 Kebanyakan ahli tafsir menafsirkan alaqah dengan makna segumpal darah.

Apabila tulang belulang telah dibentuk. Serentak dengan itu sistem pernafasan dan saluran pernafasan dari . Selain itu sistem pernafasan bayi sudah terbentuk. saraf tunjang. Firman Allah yang bermaksud : "Lalu Kami mengubahkan pula mudghah itu menjadi izam da kemudiannya Kami membalutkan Izam dengan daging" al-Mukminun : 14 Kemudian pada minggu ketujuh terbentuk pula satu sistem yang kompleks.Vilus yang tertanam di dalam otot-otot ibu kini mempunyai saluran darahnya sendiri. Pada tahap ini perut dan usus . seluruh saraf. Untuk perkembangan seterusnya. darah mula mengalir dengan lebih banyak lagi kesitu bagi membekalkan oksigen dan pemakanan yang secukupnya. Menjelang tujuh minggu sistem pernafasan bayi mula berfungsi sendiri. otak dan tulang belakang mula terbentuk. Perkataan mudghah disebut sebanyak dua kali di dalam al-Quran iaitu surah al-Hajj ayat 5 dan surah al-Mukminun ayat 14 Firman Allah yang bermaksud "lalu Kami ciptakan darah beku itu menjadi seketul daging" al-Mukminun : 14 Diperingkat ini sudah berlaku pembentukan otak. keenam dan ketujuh ialah peringkat pembentukan tulang yang mendahului pembentukan oto-otot. PERINGKAT KEEMPAT IZAM DAN LAHM : Pada peringkat ini iaitu minggu kelima. Jantung bayi pula mula berdengup. telinga dan anggota-anggota yang lain.PERINGKAT KETIGA MUDGHAH : Pembentukan mudghah dikatakan berlaku pada minggu keempat. otot-otot akan membungkus rangka tersebut.

pembentukan uri menjadi cukup lengkap menyebabkan baki pranatel bayi dalam kandungan hanya untuk menyempurnakan semua anggota yang sudah wujud. kalenjar. beberapa perubahan lagi berlaku. Begitu juga mata. Begitu juga dengan organ pembiakan. Janin pada usia 12 minggu PERINGKAT KELIMA NASY'AH KHALQAN AKHAR : Pada peringkat ini iaitu menjelang minggu kelapan . semua tulang janin telah terbentuk dengan sempurnanya Kuku-kukunya pun mula tumbuh. pundi air kencing dan lain-lain terbentuk dengan lebih sempurna lagi.Pada bulan ketiga. Perubahan pada tahap ini bukan lagi embrio tetapi sudah masuk ke peringkat janin. Pada minggu kelapan semuanya telah sempurna dan lengkap. telinga dan mulut semakin sempurna. buah penggang. Kaki dan tangan juga mula tumbuh.mulut ke hidung dan juga ke pau-paru mula kelihatan. hati. Pada bulan keempat. Walaupun perubahan tetap berlaku tetapi perubahannya hanya pada ukuran bayi sahaja. .

Para ulamak Islam menyatakan bilakah roh ditiupkan ke dalam jasad yang sedang berkembang? Mereka hanya sepakat mengatakan peniupan roh ini berlaku selepas empat puluh hari dan selepas terbentuknya organ-organ tubuh termasuklah organ seks.w.w.t melalui ikatan kesaksian sebagaimana yang disebutkan oleh Allah di dalam al-Quran surah al-A'raf : 172. Nilai kehidupan mereka telah pun bermula sejak di alam rahim lagi.t . Ketika di alam rahim perkembangan mereka bukanlah proses perkembangan fizikal semata-mata tetapi telahpun mempunyai hubungan dengan Allah s. Dengan ini entiti roh dan jasad saling bantu membantu untuk meningkatkan martabat dan kejadian insan disisi Allah s.Janin mendapat makanan melalui uri PERINGKAT KE ENAM NAFKHUR-RUH : Iaitu peringkat peniupan roh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->