Perkiraan dan Antisipasi terhadap Masyarakat Masa Depan

Pendidikan berperan penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan karena akan berdampak pada kebudayaan yang diwariskan dan dipelihara oleh setiap generasi bangsa. Ini sesuai dengan UU ± RI No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 telah ditetapkan bahwa ³ pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa depan.´ Yang menjelaskan pendidikan merumuskan masa depan oleh karena itu keputusan dan tindakan dalam bidang pendidikan harus berorientasi pada masyarakat masa depan . Untuk itu di bawah ini adalah paparan tentang perkiraan masyarakat masa depan serta akan diikuti dengan kajian tentang upaya pendidikan untuk mengantisipasinya.

Dalam hal ini adalah kebudayaan dalam arti luas yakni ³ keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu.A. ( koentjaraningrat. Perkiraan Masyarakat Masa Depan Di Indonesia pendidikan nasional dilaksanakan berdasarkan latar kemasyarakatan dan kebudayaan Indonesia. Kebudayaan itu dapat : 1. 5. Berwujud ideal yakni ide. Sistem pengetahuan. 1974: 15-22 ). 6. Karena pengertian kebudayaan itu sendiri yang begitu luas seringkali dipecah menjadi unsur ± unsur kebudayaan yang dipandang sebagai unsur ± unsur universal dari kebudayaan yakni : 1. 3. Sistem dan organisasi kemasyarakatan.´ ( koentjaraningrat. Di sisi lain pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan setiap masyarakat. nilai ± nilai. peraturan dan sebagainya. 3. Dalam UU No 2 tahun 1989 juga dijelaskan bahwa ³ dalam kehidupan suatu bangsa pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Bahasa. gagasan. norma ± norma. Berwujud kelakuan yakni kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat. masyarakat Indonesia dan kebudayaan nasional merupakan Landasan Sistem Pendidikan Nasional. maka perlu dikemukakan terlebih dahulu pengertian kebudayaan. 7. Berwujud fisik yakni benda ± benda hasil karya manusia. Kesenian. 4. Sistem religi dan upacara keagamaan. Sistem mata pencaharian. 2. . 2. 1974: 19 ). Sistem teknologi dan peralatan. seiring dengan perubahan masyarakat wujud kebudayaan juga mengalami perubahan .´ Demi pemahaman dan dan karena adanya saling pengaruh antara pendidikan dan latar sosio ± kultural.

Percepatan itu terjadi karena pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. ekonomi. . Dewasa ini perkembangan kebudayaan sangat cepat serta meliputi seluruh aspek kehidupan. Gelombang globalisasi sedang menerpa seluruh aspek kehidupan dan penghidupan manusia. Kebutuhan / tuntutan peningkatan layanan profesional dalam berbagai segi kehidupan manusia. 2. menyusup ke dalam seluruh unsur kebudayaan dengan dampak yang berbeda ± beda. Globalisasi iptek tersebut memberi orientasi baru dalam bersikap dan berpikir serta berbicara tanpa batas negara. Menurut Emil Salim ( 1990: 8-9 ) terdapat empat kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol.Unsur ± unsur di atas diurut dari unsur yang sukar terkena pengaruh dari kebudayaan lain sampai yang mudah berubah atau terpengaruh kebudayaan lain. Perkembangan arus informasi yang semakin padat dan cepat. Perkembangan Iptek yang makin cepat. 3. utamanya dengan menggunakan teknologi canggih seperti komputer dan satelit. 1. serta saling ketergantungan antar bangsa di dunia. dunia menjadi amat transparan corak kebangsaan tidak lagi secara dominan dapat ditonjolkan. 4. Perubahan yang cepat tersebut memiliki beberapa karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan. dan bahkan bahasa tidak lagi menentukan identitas suatu bangsa. Kecenderungan Globalisasi Globalisasi berarti keseluruhan atau secara umum. Bidang tersebut meliputi iptek. Kecenderungan globalisasi yang makin kuat. pakaian. Kajian keempat bidang tersebut sebagai berikut : a) Bidang iptek yang mengalami perkembangan yang semakin dipercepat. Perubahan salah satu dari unsur ± unsur tersebut akan berdampak pada keseluruhan unsur ± unsur kebudayaan lainnya. Ciri ± ciri yang akan dibahas adalah : 1. lingkungan hidup dan pendidikan. sehingga bumi ini seakan ± akan sebagai satu kesatuan tanpa batas administrasi negara dunia seolah-olah makin akrab suatu bangsa tidak lagi merasa asing bila berada di suatu tempat bangsa lain. makanan.

Kesemua itu akan mempengaruhi wawasan. Misanya saja. terutama dalam bidang iptek. TV. Peristiwa ekonomi di suatu negara seperti krisis moneter di Indonesia akan berdampak pula pada hampir seluruh dunia. Demikian juga pelajaran-pelajaran teknik dan pelayanan yang ada di sekolah jauh ketinggalan dengan yang ada di masyarakat. Di samping terpaan ± terpaan gagasan ± gagasan dalam pendidikan. sehingga sekolah tidak siap untuk membekali lulusannya dengan kemajuan iptek yang akan ditemui di masyarakat. terkadang menyebabkan sekolah selalu ketinggalan untuk mengikutinya. Kerusakan lingkungan hidup di negara tertentu juga akan berdampak pada negara lainnya. padahal di dunia pekerjaan komputer yang seperti itu sudah ketinggalan zaman. 2. dan bahkan perilaku manusia. sedang dari segi ekonomi semakin kabur saja. Sekolah harus mempersiapkan anak bukan saja untuk masa kini. c) Bidang lingkungan hidup telah menjadi bahan pembicaraan dalam berbagai pertemuan Internasional yang mencapai puncaknya pada Konferensi PBB mengenai Lingkungan Hidup dan Pembangunan pada awal Juni di Brasil.dan hal itu pula yang harus di perkirakan bagi masyarakat masa depan. di sekolah anak-anak diberi pelajaran mengetik denga mesin ketik. yakni : . Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Perkembangan Iptek yang semakin cepat dalam era globalisasi ini merupakan salah satu ciri utama dari masyarakat masa depan. tetapi yang lebih penting adalah untuk masa depan yang kita perkirakan pasti sudah canggih daripada sekarang ini.b) Bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi regional dan atau ekonomi global tanpa mengenal batas ± batas negara. pikiran. padahal dimasyarakat mesin ini sudah tidak dipakai. Globalisasi ekonomi ini telah menyebabkan negara hanya bertapal batas politik saja. Hal ini menyebabkan banyak kelompok ± kelompok ekonomi yang berkembang misalnya Masyarakat Ekonomi Eropa untuk eropa barat dan NAFTA di Amerika Serikat. globalisasi juga menerpa setiap individu manusia melalui radio. Di sekolah diberi pelajaran computer. d) Bidang pendidikan yang berkaitan dengan identitas bangsa termasuk budaya nasional dan budaya ± budaya nusantara. tetapi yang ada di sekolah belum seberapa. Contohnya kebakaran hutan yang asapnya sampai ke negara ± negara tetangga. dan Internet. Adapun serangkaian kegiatan pengembangan dan pemanfaatan iptek. di bidang kesehatan sudah begitu canggih. Karena Perkembangan iptek yang demikian cepatnya.

Penelitian terapan ( applied research ) 3. 3. Kesemua hal itu akan mempercepat terwujudnya suatu masyarakat informasi sebagai masyarakat masa depan. Namun. makin cepat menguasai dan memakai penemuan-penemuan baru dan teknologi baru. Di bidang media cetak antara lain penggunaan VDT ( video display terminal ). Pengembangan teknologi ( technological development ) 4. dan sistem cetak jarak jauh. Pengembangan teknologi satelit yang mutakhir. . Peluang bagi kita untuk mengikuti perkembangan iptek tersebut secara dini dan apabila masyarakat belum siap menerimanya maka akan berubah menjadi tantangan . Penerapan teknologi Segala sesuatu itu pasti ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkan begitu pula dengan iptek bisa menjadi peluang dan tantangan. orang makin cepat memperoleh pengetahuan baru. 3. Meskipun teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami perkembangan yang pesat. Penggunaan teknologi digital yang mampu menyalurkan signal yang beragam. Perkembangannya di negara berkembang masih sangat lambat karena didominasi oleh negara ± negara maju. karena cepatnya komunikasi maka informasi mengenai sesuatunya tidak lagi menunggu waktu sampai kepada seantero dunia. maka masa datang adalah masa dimana arus komunikasi semakin cepat dan padat. namun belum merata pada semua negara.1. 4. surat kabar elektronik. Penelitian dasar ( basic research ) 2. terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu : 1. Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat Tidak terlepas dengan perkembangan iptek.Untuk itu diharapkan di masa ± masa mendatang lahir pakar ± pakar iptek yang menguasai secara mendalam dan memiliki wawasan yang luas dan mampu bekerja secara disiplin dan tetap berpijak pada budaya indonesia. Untuk itu diperlukan upaya ± upaya untuk merebut teknologi tersebut. 2. Di media elektronik antara lain penggunaan DBS ( direct broadcast satelitte ).

2 dan 1 dalam bidang perbankan. Dengan orientasi yang mendunia ini setiap layanan pun akan ditingkatkan setaraf dengan layanan yang berlaku secara internasional. sekolah menengah pariwisata. barang kali dapat juga disebut era spesialisasi. Peningkatan Layanan Profesional Dapat diperkirakan bahwa masyarakat masa depan adalah masyarakat yang menggunakan tenaga-tenaga spesialis. Kalau dahulu untuk menjadi karyawan hotel persyaratannya tidaklah sukar. tidak merasa adanya masalah untuk pergi sejauh mungkin baik untuk studi maupun bisnis. Hotel-hotel. dan selanjutnya arus komunikasi semakin padat. orang yang sedang berada di Negara lain tidak merasa jauh dengan tempat tinggalnya. Muncullah berbagai akademi dan sekolah khusus seperti akademi pariwisata. Barangkali sudah banyak sekali sekolah atau akademi yang menyiapkan tenaga-tenaga spesial dan profesional ini untuk meningkatkan pelayanan di era yang mendunia yang akan datang . menguasai beragam bahasa asing. untuk tenaga-tenaga yang disiapkan adalah tenaga yang spesialis. begitu juga bank. Karena cepatnya komunikasi orang yang berada di luar negeri.Hal tersebut tak akan memungkinkan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan sehingga masa mendatang merupakan masa yang sangat dinamis. lapangan udara dan pelabuhan laut dan sebagainya. berkompeten dan profesional. sehingga dunia dirasakan semakin mudah untuk dijangkau. maka setiap Negara adalah mendunia. sangat cepat berubah. manajemen dan bahasa asing. Kecepatan arus komunikasi merangsang pihak-pihak tertentu untuk menciptakan dan menghasilkan sistem dan alat komunikasi yang lebih canggih lagi. maka mereka harus lulusan akademi perhotelan.berorientasi internasional. semua serba spesialis. Sejalan dengan kecenderungan globalisasi. rumah sakit internasional. sekretaris. 4. program diploma 3. tetapi sekarang karena tuntuan profesionalitas. memiliki perspektif global. sehingga dapat dikatakan masa datang itu adalah masa era komunikasi.

antara lain ialah : Memiliki sikap yang terbuka. mau belajar dari pengalaman orang lain atau bangsa lain. Memiliki sikap toleransi yang tinggi untuk mau memahami budaya bangsa lain. Barangkali sekarang kita telah memiliki . sehingga mau terus belajar baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. meningkatkan kegemaran membaca. Azas belajar sepanjang hayat harus disikapi sebagai suatu usaha meningkatkan kualitas dari pribadi. saling menghargai dan menghormati. memiliki wawasan internasional dan seimbang dengan itu memiliki wawasan nusantara dan ketahanan nasional agar tidak lebur dengan adanya kecenderungan globalisasi. dan sebagainya. orang perlu belajar dan belajar terus agar tidak ketinggalan dengan kemajuan yang terjadi. berkemauan dan berusaha meningkatkan kualitas diri pribadi . memiliki sikap yang tidak cepat merasa puas dengan ilmu yang telah dimiliki. dan kesempatan menerima arus informasi yang padat dan cepat. sehingga mau terus belajar baik sepanjang hayat harus disikapi dengan suatu usaha meningkatkan kualitas pribadi. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan datang. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara Indonesia dalam abad 21 yang akan datang untuk itu diperlukan: y Tuntutan bagi Manusia Masa Depan Mempertimbangkan beberapa keadaan yang akan berkembang pada masa depan itu sesuai dengan kecenderungan yang ada tadi. Pengembangan pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematiksistematik.B. memiliki sikat yang tidak cepat merasa puas dengan ilmu yang telah dimiliki. Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi Masa Depan Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi.telah memerlukan warga yang mau dan mampu menghadapi segala permasalahan serta siap menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut. maka agar kita survive. jaga jati diri sebagai bangsa exsist. karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat. kemajuan iptek. berhasil dan sukses. atau juga belajar secara mandiri. agar dapat memanfaatkan perkembangan iptek tersebut secara tepat guna. perlu diperhatikan beberapa tuntutan yang diharapkan dimiliki oleh manusia masa depan itu. Menerapkan dan meningkatkan azas pendidikan seumur hidup (long life education).

karena arus komunikasi yang semakin cepat dan padat kurang dapat ditangkap informasinya dengan cara-cara trandisional. artinya tidak ada yang tidak dipelajari asalkan orang mau menggunakan akal dan pikirannya secara sungguhsungguh. mengukuti program khusus tenaga kerja tertentu. menolak dan bahkan selalu curiga kepada pembaharuan. suka mencoba untuk membuktikan mana yang lebih baik. 3. untuk keperluan hubungan sosial. faximale.gambaran. rekreasi. kalau dulu sudah cukup puas bila sudah memperoleh gelar sarjana. atau sekedar membaca novel. misalnya dengan surat kabar dan majalah. Orang modern mampu mengatur waktu dan mengisi waktu sesuai dengan yang direncanakan. 2. oleh Alex Inkeles disebut ciri-ciri manusia modern diantaranya adalah : 1. tidak suka mencoba. dituntut meningkatkan inisiatif dan kreativitas. olah raga dan hiburan. Tuntutan manusia masa depan sesuai dengan kecenderungan perkembangan iptek. tetapi sekarang masih belajar lagi dan melanjutkan ke tingkat pasca sarjana untuk sampai pada jenjang S2 dan S3. Mempercayai dan mengutamakan kemampuan akal manusia. karenanya orang modern juga suka kepada perubahan. Orang yang tidak modern sukar sekali diajak untuk mengadakan pembaharuan. tentu bagi manusia modern. memiliki spesialisasi dalam bidang pekerjaan tertentu. Barang kali kita dapat juga dikemukakan di sini bahwa zaman sekarang dan masa depan itu di sebut zaman modern. prestise. Memiliki ilmu pengetahuan yang bersifat khusus. . Melengkapi sarana kehidupan dengan alat-alat komunikasi yang up to date. atau pajangan. penguasaan beberapa bahas asing dan penampilan yang layak untuk standar internasional. Suka kepada pembaharuan dan mau menerima pembaharuan. walaupun memang ada orangorang memakai telepon genggam sekedar gengsi. yang lama atau yang baru. sangat padat dan sangat ketat. dan manusianya disebut manusia modern. adalah manusia yang suka belajar dan berusaha meningkatkan kualitas dirinya. baik untuk bekerja. Menggunakan dan memanfaatkan waktu sangat efisien. Pada masa sekarang ini saja bagi orang-orang yang sangat merasa berkepentingan dengan informasi mereka menyewa bahkan memiliki saluran internet. teratur untuk hal-hal yang berguna. membaca buku-buku ilmu pengetahuan. selalu bersifat dinamis. belajar. Di era informasi dan komunikasi orang-orang dituntut untuk cepat tanggap.

Mampu mengontrol diri sendiri. untuk pembelajaran sendiri. ruang komputer. dan film ilmu pengetahuan dengan catatan sarana tersebut bukan hanya ada tetapi tetap berfungsi. maka suasana belajar-mengajar lebih menekankan pengembangan diri anak dengan memberikan kesempatan yang luas untuk mengeluarkan pendapat. luas dan rasional. Upaya Mengantisipasi Masa Depan Mengantisipasi masa depan terutama dalam perubahan nilai dan sikap adalah merupakan hal yang sangat sulit dan tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang cepat. Ketiga pusat pendidikan ini didukung oleh kebijakan-kebijakan dari pemerintah akan mampu mempersiapkan manusia masa depan dengan segala tuntutannya. 5. Hemat dalam penggunaan penghasilan. penemuan baru. 6. dan juga berbagai kepercayaan yang . dari sikap yang menolak perubahan kepada sikap yang menerima dan melaksanakan perubahan. mengenai kejadian baru belum masuk perpustakaan. y Tidak suka tergantung pada bantuan orang lain. tetapi untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman dalam merencanakan masa depan. dari yang dangkal dan emosional menjadi bersikap matang. intervensi apa yang dapat diberikan agar materi dapat mendekati kenyataaan yang ada di masa depan. berdasarkan pengalaman adalah sukar sekali. di sekolah ada perpustakaan tetapi bukubuku yang ada disana hanyalah buku paket. Orientasi ke masa depan. OHP. saving minded ( cara hidup yang suka menabung ). itupun sudah lama. Sekolah dapat menyediakan sarana seperti laboratorium. Upaya yang dapat dilakukan oleh pendidikan dengan menganalisis materi yang ada di dalam kurikulum dan di dalam buku pelajaran. ruang praktek. 7. kurang senang diatur dan dicampuri oleh orang lain. perpustakaan. Mengubah orang dari yang bersifat negatif menjadi sikap positif.4. pendidikan di sekolah dan pendidikan di masyarakat. penggunaan uang juga terencana. Diperlukan suasana yang demokratis dan suasana lainnya yang konduksif untuk mengembangkan sikap dan nilai-nilai yang harus dimiliki anak untuk masa depan. Misalnya. Sekolah tetap tanggap kepada suku bangsa yang ada di kelas. workshop. Apakah materi tersebut masih relevan sebagai pengetahuan yang dapat dilakukan. Namun demikian kita tetap percaya bahwa upaya-upaya hanya dapat dilakukan melalui pendidikan di rumah tangga oleh keluarga. masa lalu bukan untuk dipuja dan dikenang-kenang. Mengenai pengetahuan baru. ruang gelap untuk belajar dengan media slide.

informasi tentang buku yang baik dan baru. mau meningkatkan kualitas profesinya. guru harus menjadi orang yang gemar membaca. dan majalah-majalah yang berhubungan dengan bidang spesialisasinya. Tidak kalah penting adalah sikap guru yang mau mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. membaca koran. Guru membiasakan anak untuk mampu mencari informasi tentang apa saja yang sesuai dengan anak. pengajaran dan psikologi paling tidak. jurnal. . jadi sekolah sebagai agent of innovation. mau memperhatikan hasil-hasil penelitian di dalam bidang pendidikan. secara terencana mengarahkan siswanya untuk mengantisipasi masa depan dengan skala ciri dan tuntutannya.ada. informasi tentang dunia kerja. informasi tentang kecenderungan masa depan. mau mencari informasi-informasi baru di dalam bidang pendidikan pengajaran.

serta pengembangan sarana pendidikan. 3. Kecenderungan globalisasi yang makin kuat.telah memerlukan warga yang mau dan mampu menghadapi segala permasalahan serta siap menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut. Perubahan keadaan masyarakat masa depan yang berlangsung dengan cepat mempunyai beberapa karateristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan yaitu: 1. Pengembangan pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematiksistematik.Kesimpulan Pendidikan selalu merupakan penyiapan peserta didik bagi peranan di masa yang akan datang. . Perkembangan iptek yang makin cepat. Pembanguna manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara Indonesia dalam abad 21 yang akan datang untuk itu diperlukan: 1. 4. Tuntutan bagi manusia masa depan. dan kesempatan menerima arus informasi yang padat dan cepat. Upaya mengantisipasi masa depan. serta diperkirakan akan makinpenting peranannya di masa depan. Keseluruhan hal itu telah mulai tampak pengaruhnya masa kini. utamanya yang berhubungan dengan perubahan nilai dan sikap sebagai manusia modern. 2. Dengan demikian. 2. Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi. Kebutuhan/tuntutan peningkatan layanan professional dalam berbagai segi kehidupan manusia. kemajuan iptek. pengembangan kehidupan dan kebudayaan. dan sebagainya. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan datang. Perkembangan arus informasi yang makin padat dan cepat. pendidikan seharusnya selalu mengantisipasi keadaan masyarakat masa depan.

2005.. Mahendra (2011) .com/2008/09/17/masyarakat-masa-depan/. L. Pengantar Pendidikan.com/2011/04/perkiraandan-antisipasi-terhadap. Perkiraan dan Antisipasi terhadap Masyarakat Masa Depan.wordpress. From http://mahendracollage. Masyarakat Masa Depan. 4 Oktober 2011 . La Sulo S. From http://cafestudi061.Daftar Pustaka Prof. Dr. Rineka Cipta.blogspot. 29 September 2011 Anonymous (2008).html . Tirtarahardja U dan Drs. Jakarta.

PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARAKAT MASA DEPAN ³Tugas Pengantar Pendidikan´ Kelompok Nama : 4 : Risa Juniar Pangestu Yuni Andari Rina Apriani Rini Nurilma Program Studi Kelas : Pendidikan Bahasa Inggris :IF Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2011 .