P. 1
Analisa Sumber-sumber Dan Penggunaan Dana

Analisa Sumber-sumber Dan Penggunaan Dana

|Views: 50|Likes:
Published by Hafid Nur Yudha

More info:

Published by: Hafid Nur Yudha on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

BAB 21

Disusun oleh : Kelompok 11 Niko Ardianto 12030110141117 Tifani Malinda Putri 12030110141121 Hafid Nur Yudha 12030110141123 Cintantya Wasistha 12030110141125 Devi Novita Sari 12030110141127 .

Untuk mengetahui darimana datangnya dana dan untuk apa dana itu digunakan Suatu laporan yang menggambarkan dari mana datangnya dan untuk apa dana itu digunakan disebut laporan sumber-sumber dana dan laporan penggunaan dana Dengan mengadakan analisa terhadap laporan tersebut dapat diketahui bagaimana perusahaan itu menggunakan dana yang dimilikinya .

Langkah pertama dalam analisa sumbersumber(Kas) dan penggunaan dana(Modal kerja) Penyusunan Laporan Perubahan Neraca Dengan bantuan Laporan Laba Ditahan Sehingga dapat disusun Laporan sumbersumber dana Laporan pengguna dana .

.

yang menggambarkan perubahan masing-masing elemen neraca antara dua periode waktu yang akan dianalisa Mengelompokkan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan perubahan-perubahan yang memperbesar jumlah kas dan yang memperkecil jumlah kas Mengelompokkan elemen-elemen dalam laporan rugi & laba atau laporan laba ditahan ke dalam golongan yang memperbesar jumlah kas dan yang memperkecil jumlah kas Mengadakan konsolidasi dari semua informasi tersebut ke dalam laporan sumber-sumber dan penggunaan dana .Langkah-langkah menyusun laporan sumbersumber dan penggunaan dana dimana dana dalam artian kas Menyusun laporan perubahan neraca.

Sumber-sumber dana yang mempengaruhi perubahan dari elemen neraca antara dua periode yang ber-efek memperbesar kas 1 Berkurangny a aktiva lancar selain kas 2 Berkurangnya aktiva tetap 3 Bertambahnya setiap jenis utang 4 Bertambahnya modal 5 Adanya keuntungan dari operasinya perusahaan .

Penggunaan dana yang mempengaruhi perubahan dari elemen neraca antara dua periode yang ber-efek memperkecil kas 1 Bertamba hnya aktiva lancar selain kas 2 Bertambahn ya aktiva tetap 3 berkurangny a setiap jenis utang 4 berkurangny a modal 5 Pembayaran cash dividend 6 Adanya kerugian dari operasinya perusahaan paymen t .

.

yang menggambarkan perubahan masing-masing unsur modal kerja (current account) antara dua periode waktu Mengelompokkan perubahan-perubahan dari unsur-unsur non-current account antara dua periode waktu ke dalam golongan yang mempunyai efek memperbesar modal kerja dan yang memperkecil modal kerja Mengelompokkan unsur-unsur dalam laporan laba ditahan ke dalam golongan yang perubahannya mempunyai efek memperbesar modal kerja dan memperkecil modal kerja Berdasarkan informasi tersebut di atas.sehingga dapat disusun Laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja .Langkah-langkah menyusun laporan sumbersumber dan penggunaan dana dimana dana dalam artian modal kerja Menyusun laporan perubahan modal kerja.

Sumber-sumber dana yang mempunyai efek memperbesar modal kerja antara dua periode 1 Berkurangnya aktiva tetap 2 Bertambahnya utang jangka panjang 3 Bertambahnya modal 4 Adanya keuntungan dari operasinya perusahaan .

Penggunaan dana yang mempunyai efek memperkecil modal kerja antara dua periode 1 Bertambahnya aktiva tetap 2 berkurangnya utang jangka panjang 3 berkurangnya modal 4 Pembayaran cash dividend 5 Adanya kerugian dari operasinya perusahaan paymen t .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->