TUGAS PKN

Nama: Astriani Nuralfiyyah Kelas: IX-I

1. Terangkan pengertian makna wajib bela negara bagi warga negara! Jawab : Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Artinya sebagai warga negara kita wajib berpartisipasi dalam upaya pembelaan negara. Jadi sudah pasti mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. (http://organisasi.org/kewajiban-bela-negara-bagi-semua-warga-negara-indonesiapertahanan-dan-pembelaan-negara) 2. Jelaskan tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945! Jawab: Tujuan nasional Indonesia yang ada pada pembukaan undang-undang dasar 1945 adalah mencakup tiga hal, yaitu : 1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. 2. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 3. Ikut melaksanakan ketertiban dunia. (http://organisasi.org/tujuan_nasional_yang_termaktub_dalam_pembukaan_uud_45_aline a_ke_4_republik_indonesia_ilmu_pendidikan_pmp_dan_ppkn) 3. Berikan 3 contoh sikap bela negara yang dapat dilakukan oleh siswa SMP dalam pembagunan di masyarakat! Jawab: a. Ikut serta menanggulangi akibat bencana alam. b. Gotong royong. c. Ikut serta dalam organisasi PMI (http://tebar-ilmu.blogspot.com/2010/08/contoh-bentuk-bentuk-usaha-bela-negara.html)

4. Sebutkan 3 partisipasi selaku warga negara dalam upaya pembelaan negara! Jawab: partisipasi warga masyarakat dalam menjaga lingkungannya antara lain melalui kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling), ikut serta menanggulangi akibat bencana alam, ikut serta mengatasi kerusuhan masal.

460 km2). (http://id. Tuliskan isi pasal 30 ayat 2 UUD 1945! Jawab: Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bagaimana pendapatmu tentang budaya asing yang tidak bertentangan dengan budaya daerah? Jawab: Menurut saya itu sangat bagus.wikipedia. Berikan 3 alasan mengapa kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia! Jawab: a.org/wiki/Otonomi_daerah) 10. karena akan lebih baik bila budaya asing tidak bertentangan dengan budaya daerah.html) 9. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi. Sumatera (473. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.gunadarma. Apakah arti wawasan nusantara? Jawab: Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. sebagai kekuatan utama.blogspot.504 pulau b.wordpress. (http://go-goblog. c. Dekskripsikan arti otonomi daerah! Jawab: Otonomi daerah dapat diartikan sebagai hak.[1] Dalam pelaksanannya.wikipedia. yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539. dan rakyat.981 km2). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia. Sebutkan dan uraikan sistem otonomi daerah! Jawab: .(http://asefts63. Bila budaya asing bertentangan dengan budaya daerah. maka budaya tersebut akan merusak budaya daerah dan akan terjadinya kecenderungan warga daerah terhadap budaya asing daripada budaya daerah.com/2009/09/24-alasan-bangga-jadi-orang-indonesia.id/2010/02/pasal-30-ayat-2-pada-bab-xii-undangundang-dasar-1945-tentang-pertahanan-dan-keamanan-negara/) 7. (http://wartawarga. wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. wewenang.com/materi-pelajaran/pkn-kls-9/partisipasi-dalam-usahapembelaan-negara/) 5.org/wiki/Wawasan_Nusantara) 8. dan kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut aspirasi masyarakat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan (http://id. 6.ac.606 km2) dan Papua (421. sebagai kekuatan pendukung.

( buku pendidikan kewarganegaraan penerbit pusat perbukuan DPNkelas IX edisi 4) 15. (http://bebasbanjir2025. (dari buku catatan PKN Astriani Nuralfiyyah kelas IX) 11. yaitu dalam hal pemberian wewenang oleh pusat kepada daerah harus melihat kemampuan nyata dari unsur matrill dan formill. Sebutkan menurutmu manfaat otonomi daerah bagi sebuah daerah! Jawab: . Apakah yang dimaksud dengan kebijakan populis? Jawab: . artinya tidak ada perbedaan dalam prinsip pelaksanaan otonomi daerah c. masyarakat diminta untuk ikut serta dalam pelaksanaan kebijakan publik.wordpress. Sistem otonomi rill. dari tanya jawab) 12. Sistem otonomi materil. Apa yang terjadi jika masyarakat sudah tidak aktif dan tidak peduli dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik? Jawab: Akan adanya ketidakseimbangan proses kerja masyarakat yang akan menimbulkan masyarakat tersebut mendapat hukuman karena tidak mematuhi kebijakan yang telah dipilih pemerintah.Dapat memungkinkan adanya kemajuan pada sarana kesehatan . artinya pembagian tugas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah b.Dapat mempercepat pembangunan. Apa tujuan partisipasi masyarakat? Jawab: Yaitu bertujuan untuk membuat masyarakat berupaya memperkuat kapasitas individu dan masyarakat untuk mendorong mereka dalam menyelesaikan permasalan yang mereka hadapi. Sebutkan ciri khas otonomi rill dengan otonomi formal! Jawab: Ciri otonomi rill: adanya kewanangan penuh pada suatu daerah Ciri otonomi formal: otonomi yang masih ada campur tangan dengan pemerintah pusat (bukan dari internet atau buku.Dapat mempermajukan sarana pendidikan .a. dll 16. dan adanya ketrogenisme. adanya jumlah penduduk yang berlebihan. Oleh karena itu.com/04-konsep-konsep-dasar/partisipasi/) 14. Sistem otonomi formal. Menurutmu hal-hal apa yang mendasari dilaksanakannya otonomi daerah? Jawab: Menurut saya hal-hal yang mendasari dilaksanakannya otonomi daerah ialah adanya upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan. 13.

(http://id.blogspot. Manfaat ZEE bagi bangsa Indonesia! Jawab: Agar membatasi pembatasan zona yang luasnya 200 mil dari garis pantai. 4. Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling) Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri Belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn Mengikuti kegiatan ekstraklurikuler seperti Paskibra.org/wiki/Zona_Ekonomi_Eksklusif) 19. 2. sumbernya mengacu pada persiapan untuk UNCLOS III.com/2010/04/pengertian-kebijakan-publik. PMR dan Pramuka (http://organisasi. kebebasan bernavigasi. dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya. yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya. 3.wikipedia.html) 17. terbang di atasnya. dan menentukan hak kekayaan pada setiap negara dan untuk mempermudah warga pesisir pantai dalam pencarian nafkah sebagai nelayan. Setiap pelanggaran akan diberi sanksi sesuai dengan bobot pelanggarannya yang dilakukan dan sanksi dijatuhkan didepan masyarakat oleh lembaga yang mempunyai tugas menjatuhkan sanksi (http://abdiprojo. dan turut serta dalam kegiatan kepahlawanan demi bangsa dan negara. Bagaimana caramu dalam upaya menghargai jasa pahlawan yang telah gugur? Jawab: Menurut saya. yaitu suatu aturan yang mengatur kehidupan bersama yang harus ditaati dan berlaku mengikat seluruh warganya. Sebutkan cara atau upaya yang dapat dilakukan oleh warga negara dalam hal bela negara! Jawab: 1. (http://id. Sementara akar sejarahnya berdasarkan pada kebutuhan yang berkembang semenjak tahun 1945 untuk memperluas batas jurisdiksi negara pantai atas lautnya. Apa yang anda ketahui tentang Zone Economy Exclusive(ZEE) ? Jawab: Zona Ekonomi Eklusif adalah zona yang luasnya 200 mil dari garis dasar pantai. ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.Dari berbagai kepustakaan dapat diungkapkan bahwa kebijakan publik dalam kepustakaan Internasional disebut sebagai public policy.com/law-and-politics/law/1961273-zona-ekonomi-eksklusif-zee/) 20. Konsep dari ZEE muncul dari kebutuhan yang mendesak.shvoong. 18.org/kewajiban-bela-negara-bagi-semua-warga-negara-indonesiapertahanan-dan-pembelaan-negara) . meneladani prilaku para pahlawan. dengan cara menghormati para pahlawan dan mengenag pengorbanannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful