KELEBIHAN DAN KELEMAHAN IDEOLOGI LIBERALISME , KOMUNIS, DAN PANCASILA

IDEOLOGI LIBERALISME keunggulan / kelebihan ideologiliberalisme :

1. Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarkat dalam mengatur kegiatan ekonomi. Masyarakat tidak perlu menunggu komando dari pemerintah. 2. Setiap individu bebas untuk memiliki sumber-sumber daya produksi. Hal ini mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian. 3. Timbul persaingan untuk maju karena kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat. 4. Menghasilkan barang-barang bermutu tinggi, karena barang yang kurang bermutu tidak akan laku di pasar. 5. Efisiensi dan efektivitas tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari keuntungan 6. Kontrol sosial dalam sistem pers liberal berlaku secara bebas. Berita-berita ataupun ulasan yang dibuat dalam media massa dapat mengandung kritik-kritik tajam, baik ditujukan kepada perseorangan lembaga atau pemerintah. 7. Masyarakat dapat memilih partai politik tanpa ada gangguan dari siapapun.

Kelemahan ideologi liberalisme : 1. Sulit melakukan pemerataan pendapatan. Karena persaingan bersifat bebas, pendapatan jatuh kepada pemilik modal atau majikan. Sedangkan golongan pekerja hanya menerima sebagian kecil dari pendapatan. 2. Pemilik sumber daya produksi mengeksploitasi golongan pekerja, sehingga yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. 3. Sering muncul monopoli yang merugikan masyarakat. 4. Sering terjadi gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi budaya oleh individu yang sering terjadi

pemerintah sulit untuk mengadakan dan memberikan kontrol. dan pengawasan maka pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi. Karena penyelenggaran pers dilakukan oleh pihak swasta. IDEOLOGI PANCASILA kelebihan / keunggulan ideologi pancasila : 1. Karena perekonomian sepenuhnya ditangani oleh pemerintah. Mencakup nilai – nilai positif yang diambil dari berbagai ideology 2. 4. Ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Pemerintah sehingga tidak mengorbankan rakyat. 2. Pers dijadikan alat propaganda oleh pemerintah untuk menyebarkan nilai – nilai komunis 2. pelaksanaan. Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat 4. Tidak ada pembagian kelas apapun ketimpangan yang ada Kelemahan ideologi Komunis : 1. Mematikan inisiatif individu untuk maju. 4. 3. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan. Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memiliki sumber daya. IDEOLOGI KOMUNIS Keunggulan / Kelebihan ideologi Komunis : 1. 3. pengorganisasian. Pemerintah menentukan jenis kegiatan produksi sesuai dengan perencanaan sehingga pasar barang dalam negri berjalan dengan lancer. Jarang terjadi krisis ekonomi karena kegiatan ekonomi direncanakan oleh pemerintah. pengangguran atau berbagai keburukan ekonomi lainnya. baik dalam hal perncanaan. Menutup kelemahan dari kedua ideology yang bertentangan. sebab segala kegiatan diatur oleh pusat 3. 5. Dapat Menimbulkan tafsir yang berbeda – beda . Bersifat fleksibel yang artinya mengikuti perkembangan Zaman Kekurangan ideologi pancasila: 1.5. Sehingga pers sebagai media komunikasi dan media masa sangat efektif menciptakan image dimasyarakat sesuai misi kepentingan mereka.

serta hak asasi bagi warga negaranya. Sering disebut parlementer karena lembaga yang memegang kekuasaan menentukan terbentuknya dewan menteri (kabinet) berada di tangan parlemen atau DPR. • Sering muncul monopoli yang merugikan masyarakat.demokrasi liberal adalah paham demokrasi yang menekankan pada kebebasan individu. Sedangkan golongan pekerja hanya menerima sebagian kecil dari pendapatan. serta multipartai kelebihan dan kekurangan dari demokrasi liberal Kekurangan Demokrasi Liberal : -Multipartai. yang mengakibatkan aspirasi yang belum tersalurkan seluruhnya dengan baik. mosi. Masyarakat tidak perlu menunggu komando dari pemerintah. sehingga yang kaya makin kaya. • Setiap individu bebas untuk memiliki sumber-sumber daya produksi. baik ditujukan kepada perseorangan lembaga atau pemerintah. Berita-berita ataupun ulasan yang dibuat dalam media massa dapat mengandung kritik-kritik tajam. sehingga tidak ada pertanggungjawabannya . • Sering terjadi gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi budaya oleh individu yang sering terjadi • Karena penyelenggaran pers dilakukan oleh pihak swasta. baik dalam hal perncanaan. -Kebebasan mengeluarkan pendapat yang terlalu bebas. • Efisiensi dan efektivitas tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari keuntungan • Kontrol sosial dalam sistem pers liberal berlaku secara bebas. yang miskin makin miskin. persamaan hukum. Karena persaingan bersifat bebas. demonstrasi. KOMUNIS Keunggulan: • Karena perekonomian sepenuhnya ditangani oleh pemerintah. . landasan pelaksanaan demokrasi liberal di indonesia adalah maklumat pemerintah tanggal 3 november 1945. Sehingga pers sebagai media komunikasi dan media masa sangat efektif menciptakan image dimasyarakat sesuai misi kepentingan mereka. penggunaan sistem voting. konstitusi RIS 1949(pasal 116 ayat 2). Hal ini mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian. • Masyarakat dapat memilih partai politik tanpa ada gangguan dari siapapun. Kelebihan Demokrasi Liberal : -HAM dipegang teguh dan dijunjung tinggi oleh Negara tugas pkn kelebihan dan kelemahan ideologi komunis. karena barang yang kurang bermutu tidak akan laku di pasar. • Menghasilkan barang-barang bermutu tinggi. • Timbul persaingan untuk maju karena kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat. • Pemilik sumber daya produksi mengeksploitasi golongan pekerja. pendapatan jatuh kepada pemilik modal atau majikan. pemerintah sulit untuk mengadakan dan memberikan kontrol. oposisi.liberal dan pancasila LIBERAL Keunggulan: • Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarkat dalam mengatur kegiatan ekonomi. Kelemahan: • Sulit melakukan pemerataan pendapatan. konstitusi UUDS tahun 1950(pasal 83 ayat 2) Ciri-ciri umum demokrasi liberal antara lain adanya golongan mayoritas/minoritas.

sebab segala kegiatan diatur oleh pusat • Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat • Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memiliki sumber daya. pengangguran atau berbagai keburukan ekonomi lainnya. pelaksanaan. • Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan. • Tidak ada pembagian kelas apapun ketimpangan yang ada Kelemahan: • Pers dijadikan alat propaganda oleh pemerintah untuk menyebarkan nilai – nilai komunis • Mematikan inisiatif individu untuk maju.pengorganisasian. • Pemerintah menentukan jenis kegiatan produksi sesuai dengan perencanaan sehingga pasar barang dalam negri berjalan dengan lancer. • Ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Pemerintah sehingga tidak mengorbankan rakyat. • Bersifat fleksibel yang artinya mengikuti perkembangan Zaman Kekurangan: • Dapat Menimbulkan tafsir yang berbeda – beda . PANCASILA Kelebihan: • Mencakup nilai – nilai positif yang diambil dari berbagai ideologi • Menutup kelemahan dari kedua ideology yang bertentangan. • Jarang terjadi krisis ekonomi karena kegiatan ekonomi direncanakan oleh pemerintah. dan pengawasan maka pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi.