P. 1
Fungsi Gamma

Fungsi Gamma

|Views: 487|Likes:
Published by Bambang Dwijono

More info:

Published by: Bambang Dwijono on Jan 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

Fungsi gamma

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Fungsi gamma sepanjang sumbu nyata
Dalam matematika , Fungsi gamma mengembangkan fungsifaktorial ke nomor kompleks dan bukan integer (ia telah didefinisikan pada yang asli, dan memiliki kutub sederhana pada integer negatif. fungsi faktorial untuk integer n ditulis sebagai n ! dan bersamaab dengan hasil perkalian n ! = 1 × 2 × 3 × ... × n . Fungsi gamma "mengisi" fungsi faktorial untuk bukan integer dan nilai kompleks untuk n . Jika z adalah variabel nyata, maka untuk nilai nomor asli saja, kita peroleh

tetapi untuk nilai bukan asli untuk z , persamaan di atas tidak bisa digunakan karena fungsi faktorial tidak tertakrif. Disebabkan fungsi gamma dan faktorial berkembang dengan cepat untuk argumen yang agak besar, banyak lingkungan perhitungan yang melibatkan fungsi ln (gamma) yang kembali ke logaritma asli untuk fungsi gamma; ini berkembang lebih lambat, dan untuk kombinasi perhitungan kombinatorial mengizinkan penambahan dan penolakan log dibandingkan mengalikan dan membagi nilai yang sangat besar.

Isi
[ sorokkan ]

• • • •

1 Definisi 2 Definisi lain 3 Fitur 4 Hubungan dengan fungsi lain

Nilai mutlak untuk fungsi gamma pada satah nomor kompleks. 3. Dengan menggunakan diferensial menurut bagian . [ sunting ]Definisi lain . Jika bagian nyata nomor kompleks z adalah positif. [1] Ia bisa digunakan untuk mengembangkan Γ ( z ) kepada fungsi meromorfik yang ditarkif untuk semua nomor kompleks z kecuali z = 0.. maka kamirnya terkonsentrasi secara mutlak . .• • • • • • 5 Plot 6 Nilai tertentu 7 penganggaran 8 Aplikasi 9 Lihat juga 10 Pranala luar [ sunting ]Definisi Notasi Γ ( z ) diambil pencarian Adrien-Marie Legendre . .. -1.) dan saldo (-1) n / n !. 2..n ( n = 0. hubungan ini menandai untuk nomor asli n . seseorang itu bisa menunjukkan Disebabkan Γ (1) = 1.. Ia adalah versi tambahan yang merujuk pada fungsi gamma. Fungsi meromorfik untuk x dengan pola sederhana pada x = . -2. oleh koneksi analitik . -3. 1.

yaitu . adalah sah untuk semua nomor kompleksz yang bukan negatif dan nol yaitu γ adalah konstanta Euler-Mascheroni .n untuk setiap nomor asli n . saldo diberikan oleh . Misalnya: Fungsi gamma memiliki pola untuk tingkat 1 pada z = .Berikut adalah definisi hasil perkalian tak terhingga untuk fungsi gamma. [ sunting ]Fitur Persamaan fungsi lain yang penting untuk Fungsi gamma adalah rumus pantulan Euler dan rumus duplikasi Rumus duplikasi merupakan kasus khusus untuk teorema pendaraban Nilai fungsi gamma pada argumen bukan integer adalah yang bisa ditemukan dengan mengatur z = 1 / 2 pada rumus pantulan atau dengan mengambil fungsi beta untuk (1 / 2. Terbitan untuk fungsi gamma dijelaskan dalam istilah fungsi poligamma . diambil dari penemuan Euler dan Weierstrass . 1 / 2).

sedangkan teorema pendaraban mengambil bentuk Kita juga akan menemukan yang merupakan fungsi keseluruhan . tertakrif untuk setiap nomor kompleks. maka Γ ( z ) tidak memiliki nol . batas kamiran adalah ditetapkan. Fungsi gamma berhubungan dengan fungsi beta dengan rumus Terbitan logaritma untuk fungsi gamma disebut fungsi digamma . Analog fungsi gamma ke atas bidang terbatas adalah jumlah Gaussian .Teorema Bohr-Mollerup menyatakan yang sepanjang semua fungsi yang mengembangkan fungsi faktorial untuk nomor nyata positif. . yang menentukan fungsi gamma. yang logaritma aslinya adalah cembung . hanya fungsi gamma adalah log-cembung . [ sunting ]Hubungan dengan fungsi lain Dalam kamiran satu pada. Fungsi gamma tak sempurnamerupakan fungsi yang diperoleh dengan mengizinkan salah satu batas atas atau bawah kamiran menjadi variabel. rumus pantulan mengambil bentuk yang sinc fungsi sinc yang dinormalkan. sejenis jumlah eksponensial . yang dalam istilah fungsi gamma adalah jadi Dengan menggunakan fungsi pi. Notasi lain yang diperkenalkan oleh Gauss dan yang terkadang digunakan fungsi pi . π ( z ) tidak memiliki pola. terbitan lebih tinggi adalah fungsi poligamma .

[ sunting ]Plot  Bagian nyata Γ (z)  Bagian imajiner Γ (z)  Nilai mutlak Γ (z)  Bagian nyata log Γ (z)  Bagian imajiner log Γ (z) .Fungsi gamma salingan merupakan fungsi keseluruhan dan telah dikaji sebagai topik khusus.

fungsi gamma dapat ditulis sebagai . Dengan kamiran berbahagian untuk kamiran Euler. Nilai mutlak log Γ (z) [ sunting ]Nilai tertentu Artikel utama: Nilai tertentu fungsi gamma [ sunting ]penganggaran Nilai kompleks untuk fungsi gamma dapat dihitung secara numerik dengan menggunakan penghampiran Stirling ataupenghampiran Lanczos .

2]. Untuk argumen yang merupakan daraban integer untuk 1 / 24. Maka dengan memilih xyang sesuai. [ sunting ]Aplikasi Fungsi gamma merupakan komponen berbagai fungsi distribusi probabilitas dan sesuai untuk digunakan dalam bidangprobabilitas dan statistik . fungsi gamma dapat dinilaikan ke bit N dengan akurasi seri pada. Jika z adalah rasio.N . perhitungan dapat dilakukan dengan pisahan biner dengan waktu O ((log N ) 2 M ( N )) yaitu M ( N ) adalah waktu yang diperlukan untuk mengalikan dua angka bit N .x <2 . fungsi gamma juga dapat dinilaikan dengan cepat menggunakan urutan min aritmatika-geometrik (lihat nilai tertentu fungsi gamma ). jika Re ( z ) dikurangi ke selang [1. .yaitu. kamiran terakhir adalah lebih kecil dari x e .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->