P. 1
Ssp Tematik Ipa Kelas 1 Kd 1

Ssp Tematik Ipa Kelas 1 Kd 1

5.0

|Views: 985|Likes:
Published by Putri Panda's

More info:

Published by: Putri Panda's on Jan 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK Penekanan Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Pengantar Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung. Atas dasar pemikiran di atas dan dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar yakni kelas satu, dua, dan tiga lebih sesuai jika dikelola dalam pembelajaran terpadu melalui pendekatan pembelajaran tematik. Untuk memberikan gambaran tentang pembelajaran tematik yang dapat menjadi acuan dan contoh konkret, disiapkan model pelaksanaan pembelajaran tematik untuk SD/MI kelas I hingga kelas III. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.

Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. I. STANDAR KOMPETENSI  IPA 1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.  Pendidikan Kewarganegaraan 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.  Matematika 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 II. KOMPETENSI DASAR  IPA 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.  Pendidikan Kewarganegaraan 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.  Matematika 1.1 Membilang banyak benda. III.Indikator IPA - Kognitif Produk 1. Menunjukkan gambar bagian tubuh. 2. Menyebutkan bagian tubuh yang ditunjuk. 3. Menyebutkan lima anggota tubuh. Proses 4. Menentukan ciri-ciri bagian tubuh.

5. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh. 6. Melakukan pengamatan terhadap teman sebangku. - Afektif Karakter 7. Menyanyikan lagu tentang bagian tubuh dengan semangat. 8. Menunjukkan gambar bagian tubuh yang ditunjuk dengan percaya diri. 9. Menjawab pertanyaan guru dengan percaya diri. 10. Membedakan kegunaan anggota tubuh dengan tepat. Keterampilan Sosial 11. Menyimpulkan kegunaan anggota tubuh dengan bekerja sama. 12. Membacakan kesimpulan di depan kelas. - Psikomotor 13. Menjawab berdasarkan imajinasinya terhadap gambar bagian tubuh. 14. Menuliskan hasil jawaban di buku tulis. 15. Menuliskan lima anggota tubuh beserta kegunaannya. Pendidikan Kewarganegaraan - Kognitif Produk 1. Mengenali perbedaan antara satu siswa dengan siswa lain. 2. Mengamati gambar laki-laki dan perempuan. Proses 3. Menyebutkan perbedaan laki-laki dan perempuan secara lisan. - Afektif Karakter 4. Menyebutkan perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan dengan percaya diri. Keterampilan Sosial 5. Menjawab dan bertanya kepada guru tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

- Psikomotor 6. Mengumpulkan jawaban tentang perbedaan laki-laki dan perempuan secara fisik. Matematika - Kognitif Produk 1. Menyebutkan bagian tubuh manusia. 2. Menyebutkan benda-benda di lingkungan kelas. 3. Membandingkan dua kumpulan benda dengan kata lebih banyak lebih sedikit atau sama banyak. Proses 4. Mengitung jumlah bagian tubuh manusia. 5. Membilang dan mengurutkan dari 1 sampai 5. 6. Menghitung benda-benda di lingkungan kelas antara 1 sampai 5. - Afektif Karakter 7. Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan kelas. 8. Membilang benda-benda di sekitar. 9. Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi benda-benda di lingkungan kelas Keterampilan Sosial 10. Membilang dengan bekerja sama dalam kelompok. 11. Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi benda-benda di lingkungan kelas. - Psikomotor 12. Mengurutkan bilangan 1 sampai 5.

IV. Tujuan pembelajaran IPA Kognitif Produk 1. Siswa dapat menunjuk bagian tubuh dengan mengikuti guru. 2. Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh termasuk anggota tubuh Proses 3. Setelah mengetahui anggota tubuh, siswa dapat menjelaskan kegunaan bagian tubuh termasuk anggota tubuh melalui diskusi. Afektif Karakter 4. Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam diskusi. Keterampilan Sosial 5. Melalui kegiatan yang dirancang guru, siswa dapat mengembangkan keterampilan sosial berkomunikasi seperti bertanya, menjawab pertanyaan, menanggapi, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil kerja dengan baik. Psikomotor 6. Dengan disediakan gambar dan nama bagian tubuh, siswa dapat menghubungkan gambar dan nama bagian tubuh dengan tepat. 7. Dengan menggunakan gambar imajinasi, siswa dapat menebak nama bagian tubuh dengan tepat. 8. Siswa dapat menjelaskan kegunaan anggota tubuh melalui kegiatan. Pendidikan Kewarganegaraan Kognitif Produk 1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan jenis kelamin antara lakilaki dan perempuan melalui gambar.

2. siswa dapat menjelaskan ciri-ciri anak laki-laki dan anak perempuan. Psikomotor 7. siswa dapat menyebutkan bagian anggota tubuhnya. Dengan mengamati anggota tubuh. siswa dapat menjelaskan tugas anak laki-laki dan anak perempuan. Keterampilan sosial 6. Siswa dapat memberikan contoh perbedaan jenis kelamin melalui diskusi dengan teman sebangku.2. siswa dapat membedakan antara laki-laki dan perempuan. Dengan mengetahui perbedaan anak laki-laki dan perempuan. Dengan mengamati gambar. Siswa dapat mengidentifikasi gambar sesuai dengan jenis kelamin secara tepat. 4. Siswa dapat mengklasifikasikan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan. Proses 3. siswa dapat membandingkan jumlah anggota tubuh. Dengan mengamati anggota tubuh. Dengan mengamati gambar. siswa dapat mengitung jumlah bagian tubuh antara 1 sampai 5. baik secara fisik maupun sesuai dengan tugasnya. Proses 3. 4. . Matematika Kognitif Produk 1. Dengan bimbingan guru. Afektif Karakter 5. Dengan bimbingan guru. siswa membilang benda-benda di lingkungan kelas. misalnya peralatan sekolah.

siswa dapat mengurutkan bilangan 1 sampai 5. Psikomotor 8. keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya 2. Dengan permainan yang memerlukan kerjasama. siswa dapat melaporkan kepada guru hasil pengamatan kelas berupa jumlah benda-benda-benda di lingkungan kelas. menyelesaikan masalah. Sedangkan pengalaman belajar dalam pembelajaran IPA pada hakekatnya mencangkup berbagai kegiatan yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. sikap positip teknologi. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar. Mengembangkan rasa ingin tahu. Dengan menggunakan tabel. menjaga dan melestarikan lingkungan alam dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA. Dengan pengamatan. memecahkan masalah dan membuat keputusan 5. Afektif Karakter 6. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari 3. siswa dapat menidentifikasi bagian tubuh dan banyaknya (membilang) secara tepat. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan. Pengalaman belajar Pengalaman belajar pada pembelajaran tematik pada hakikatnya mencakup keterampilan memahami masalah. lingkungan. Keterampilan Sosial 7.5. 1. V. Tanpa membuka buku. siswa dapat membilang jumlah siswa di kelas. dan masyarakat 4. dan menafsirkan solusinya. .mengidentifikasi masalah.

Tahap orientasi atau pengenalan yaitu proses dimana peserta didik di bawa masuk untuk mengenal materi tentang bagian-bagian tubuh. kepada peserta didik sebagai bekal dini untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya. Memperoleh bekal pengetahuan. . berani untuk mengemukakan pendapat. 5. Guru pada akhir kegiatan memberikan kesimpulan. guru menyiapkan gambar gambar bagian tubuh. 2. Selain itu. bilangan 1 sampai 5. Dalam tahap ini. Tahapan refleksi. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan 7. dimana pada tahapan ini guru mengajak siswa berlatih untuk mampu ikut serta dan aktif dalam pemblajaran sejak dini. siswa juga bisa mengamati temannya untuk mengidentifikasi bagian tubuh. konsep dan keterampilan IPA Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik 1. Tahapan demonstrasi. Bagaimana seorang guru menyiapkan model-model pembelajaran yang efektif dan efisien yang berimplikasi pada anak didik sesuai yang diharapkan pada tujuan pembelajaran. Dalam tahap ini anak diajak untuk bernyanyi sesuai dengan tema misalnya lagu “Pundak Lutut Kaki” dan “ Dua Mata Saya”. Kegiatan ini juga ini bertujuan untuk melatih mental siswa mulai dini. dengan harapan kedepan menjadi siswa yang aktif. dan perbedaan jenis kelamin sesuai dengan tema yaitu diri sendiri. Tahap mengkaji topik bahasan yang akan di pelajari.6. mencocokkan gambar dan mengisi LKS. dimana guru membimbing siswa mempresentasikan hasil pengamatannya di depan teman-temannya. 3. Siswa di bentuk kelompok dan setiap kelompok mempunyai tugas masing-masing sebagai pembilang dan pengamat. nasihat-nasihat. seperti: penugasan dengan permainan pembilang dan pengamat. pemberian tugas juga dilakukan dengan mengisi tabel. Selain itu. 4. Tahapan pemberian instruksi/ petunjuk/ penugasan yang disesuaikan dengan tema yang sedang di pelajari.

Rincian Materi 1. c). Buku BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Tijan dkk. d). Gambar-gambar anggota tubuh manusia. Buku BSE IPA Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Sholehudin. Kinerja : Penilaian kinerja dengan menggunakan LKS VIII. Buku BSE IPA Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh S. Tertulis Individual. Buku BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Setiati Widiastuti. Tindak Lanjut atau pemberian penghargaan Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai KKM dan menyelenggarakan perbaikan(remidial program)bagi siswa yang belum mencapai KKM. Performance : tampil di depan kelas untuk menyebutkan bagian tubuh dengan benar. Sumber Belajar VII. Lembar Kerja Siswa Evaluasi Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapt dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut: a. 2. e). b. Rosytawati.VI. b). Tahap ini dimaksudkan : Mengisi tabel dan mencocokkan gambar secara . Bahan Pembelajaran dari buku siswa: a). Buku BSE Matematika Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Purnomosidi.Dalam kegiatan pembelajaran kelompok.

d. i. Lampiran a. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional S. Asiknya Belajar IPA untuk SD Kelas 1. dkk. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional X.untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok yang terbaik . Rositawaty. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Widihastuti. Setiati. 2008. Penetapan ini diumumkan pada saat sebelum melaksanakan rencana pembelajaran selanjutnya. c. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Sholehudin. 2008.dan super. Jakarta. Pendidikan Kewarganegaraan 1. dkk. Jakarta. Pendidikan Kewarganegaraan 1. h. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tijan. Matematika 1. 2008. 2008. IX. f. Senang Belajar IImu Pengetahuan Alam 4. Jakarta.hebat. 2008. Jakarta. Silabus Rpp Lks Power point Media gambar Lks Kisi-kisi soal Lembar penilaian Kunci jawaban lks Kunci jawaban penilaian . b. j. Sumber Belajar Purnomosidi. e. g. Jakarta.

6 1.1. Mengenal bagianbagian tubuh dan kegunaannya serta a. - U 9 10 11 Gambar mata 2 jp x .3 Menyebutkan lima anggota ciri-ciri bagian tubuh. bagian tubuh tubuh. melaporkan kegunaan terhadap teman sebangku.1.gambar dicocokkan mata. 35 alat Indra . Mengisi Tabel Mata jumlahnya berapa? tubuh.8 Menyanyikan lagu tentang . cara perawatanny 3 1.SILABUS TEMATIK KELAS 1/ SEMESTER 1 MATA PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK 4 Mengenal bagian KEGIATAN BELAJAR 5 Siswa INDIKATOR Teknik 7 Tertulis gambar bagian PENILAIAN Bentuk Instrumen 8 Mencocokan gambar Contoh Instrumen ALOK ASI WAKT SUMBER BELAJAR 1 IPA 2 1.1. cara perawatanny 6 Kognitif Produk 1.1 1. Melakukan kegunaan pengamatan dan tanya jawab dengan guru.1.Gambar. ciri-ciri Nontes Demonstrasi Membacakan hasil kesimpulan tentang kegunaan bagian tubuh kegunaannya melalui diskusi dengan secara Siswa teman lisan 1.5 1.1. menjelaskan dan menyimpulkan bagian tubuh.Buku IPA Kelas 1 dengan tulisan menit menebutkan.7 Menjelaskan anggota tubuh.1 Mengenal bagiandan kegunaannya serta a.1.4 Menentukan bagian tubuh.1. Afektif Karakter 1. dan Proses 1. 1.2 Menunjukkan bagian tubuh. Menyebutkan tubuh yang ditunjuk.1.

Menuliskan hasil jawaban di buku tulis.15 Menuliskan lima anggota tubuh kegunaannya.1.1.10 bagian semangat.14 berdasarkan terhadap gambar bagian tubuh. 1.Gambar. 1. tubuh tulis guru dengan percaya diri. 1.1. Menjawab tubuh ditunjuk dengan percaya pertanyaan menuliskan kegunaan anggota di buku kemudian dikumpulkan.11 Membedakan anggota tepat.13 Menjawab imajinasinya 1.1. Menerapkan 2.1Menjelask Hidup rukun Siswa mengamati beserta Kognitif Tertulis Mengisi Tabel Mengisi tabel 2 jp x .gambar .1.9 tubuh dengan gambar yang teman- Menunjukkan bagian diri.12 Menyimpulkan kegunaan anggota tubuh dengan bekerja sama.1.bagian tubuh di depan teman.1. Psikomotor 1. PKn 2. tubuh kegunaan dengan Keterampilan Sosial 1. Siswa 1.

. agama. Proses 3. Mengidentifikasi gambar perbedaan antara satu siswa dengan tentang perbedaan permainan laki perempuan. Menjawab dan bertanya kepada guru tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Siswa menuliskan hasil dan ciri fisik pengamatan mampu antara dan ciriciri bangian tubuh Produk 1 Mengenali siswa lain. laki-laki dan perempuan membedakan cirilaki-laki perempuan . 2. Memberi silang gambar perbedaan dengan kelaminnya.Buku PKn kelas 1 perbedaan. Mengamati gambar lakilaki dan perempuan. dan suku bangsa. fisik antara laki-laki dan Keterampilan Sosial 5. Mengumpulkan dan fisik.Psikomotor 6.Afektif Karakter 4. Menyebutkan secara lisan. Performan ce perbedaan dengan Penilaian di depan kelas Menyebutkan perbedaan laki perempuan lakidan tanda pada sesuai jenis lakidan 35 menit alat Indra .hidup dalam rukun an perbedaan jenis kelamin. perempuan jawaban secara tentang perbedaan laki-laki . dalam perbedaan teman sebangkunya untuk menentukan manusia. Menyebutkan perempuan percaya diri.

mengenai hitung dan tubuh dan Nontes Permainan Menilai kekompakan dan keaktifan permainan berkelompok 3.gambar 35 menit alat Indra 1 Buku Matematika kelas dalm mengamati teman Siswa menuliskan bagian manusia Siswa mengerjakan soalsoal operasi penjumlahan pengurangan.Gambar. banyak lebih sedikit atau sama banyak.1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 1. 5. . Membandingkan kumpulan dengan kata dua benda lebih menghitungnya. 2. Proses 4. bagian Tertulis Mencocokkan gambar Membilang gambar anak panah dengan menghububgkan 2 jp x . Mengidentifikasi bendabenda di lingkungan kelas. Mengitung jumlah bagian tubuh manusia. 6.Afektif Karakter 7.Matematika 1. dari dan 1 .Membilang banyak benda Bilangan - Siswa menyebutkan bagian manusia sebangku tubuh dengan Kognitif Produk 1. Menyebutkan tubuh manusia. Membilang mengurutkan sampai 5. Menghitung benda-benda di lingkungan kelas antara 1 sampai 5. Menyebutkan benda-benda di lingkungan kelas.

8. Membilang di sekitar. Membilang bekerja kelompok. 11. benda-benda Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi bendabenda di lingkungan kelas Keterampilan Sosial 10. 9.Psikomotor 14. Menyebutkan benda berdasarkan jumlahnya . Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi bendabenda di lingkungan kelas. sama dengan dalam .

Kompetensi Dasar 1. STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)  Ilmu Pengetahuan Alam Standar kompetensi 1.1 Membilang banyak benda. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. .1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. : 6 jam pelajaran x 35 menit I.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya  Pendidikan Kewarganegaraan Standar Kompetensi 1. Kompetensi Dasar 1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. dan suku bangsa.  Matematika Standar Kompetensi 1. agama.RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Satuan Pendidikan Kelas / Semester Tema Mata pelajaran Matematika Alokasi Waktu : SD/ MI :I/1 : Diri Sendiri : IPA. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 Kompetensi Dasar 1. Pendidikan Kewarganegaraan.

Menjelaskan kegunaan anggota tubuh. Membacakan kesimpulan di depan kelas. Pendidikan Kewarganegaraan .II.Kognitif Produk 22.Afektif Karakter 13. 16. 18. .Kognitif Produk 7. 15. 9. Menyebutkan bagian tubuh yang ditunjuk. Melakukan pengamatan terhadap teman sebangku. Proses 10. Menuliskan lima anggota tubuh beserta kegunaannya. Menyimpulkan kegunaan anggota tubuh dengan bekerja sama. Menyanyikan lagu tentang bagian tubuh dengan semangat. Menunjukkan gambar bagian tubuh yang ditunjuk dengan percaya diri. Membedakan kegunaan anggota tubuh dengan tepat. . 8. 23. Menunjukkan gambar bagian tubuh. Menjawab pertanyaan guru dengan percaya diri. 20. Menentukan ciri-ciri bagian tubuh. . Mengamati gambar laki-laki dan perempuan. INDIKATOR IPA . Mengenali perbedaan antara satu siswa dengan siswa lain. 21. Keterampilan Sosial 17. 12. Menjawab berdasarkan imajinasinya terhadap gambar bagian tubuh. 14. Menyebutkan lima anggota tubuh. Menuliskan hasil jawaban di buku tulis. 11.Psikomotor 19.

Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi benda-benda di lingkungan kelas . Menghitung benda-benda di lingkungan kelas antara 1 sampai 5. 16. 19. 20. Menyebutkan perbedaan laki-laki dan perempuan secara lisan. Menyebutkan benda-benda di lingkungan kelas.Afektif Karakter 25. Membandingkan dua kumpulan benda dengan kata lebih banyak lebih sedikit atau sama banyak. Membilang dan mengurutkan dari 1 sampai 5. 13. Mengitung jumlah bagian tubuh manusia. Menyebutkan bagian tubuh manusia. Proses 15.Kognitif Produk 12. .Afektif Karakter 18. Menjawab dan bertanya kepada guru tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan kelas. Menyebutkan perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan dengan percaya diri. 14. Matematika . Membilang benda-benda di sekitar. Mengumpulkan jawaban tentang perbedaan laki-laki dan perempuan secara fisik.Proses 24. . . 17.Psikomotor 27. Keterampilan Sosial 26.

Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh termasuk anggota tubuh Proses 3.Psikomotor 12. Psikomotor 6. IPA Kognitif Produk 1.Keterampilan Sosial 21. Mengurutkan bilangan 1 sampai 5. menanggapi. Setelah mengetahui anggota tubuh. 8. Siswa dapat menjelaskan kegunaan anggota tubuh melalui kegiatan. Keterampilan Sosial 5. . Afektif Karakter 4. siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam diskusi. berdiskusi. Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran. Dengan disediakan gambar dan nama bagian tubuh. siswa dapat menebak nama bagian tubuh dengan tepat. Melalui kegiatan yang dirancang guru. Melaporkan kepada guru tentang klasifikasi benda-benda di lingkungan kelas. III. 2. menjawab pertanyaan. TUJUAN PEMBELAJAN . dan mempresentasikan hasil kerja dengan baik. Siswa dapat menunjuk bagian tubuh dengan mengikuti guru. siswa dapat menjelaskan kegunaan bagian tubuh termasuk anggota tubuh melalui diskusi. 7. 22. Dengan menggunakan gambar imajinasi. siswa dapat menghubungkan gambar dan nama bagian tubuh dengan tepat. Membilang dengan bekerja sama dalam kelompok. siswa dapat mengembangkan keterampilan sosial berkomunikasi seperti bertanya.

Dengan melihat gambar. siswa dapat menjelaskan tugas anak laki-laki dan anak perempuan. siswa dapat membandingkan jumlah anggota tubuh. Afektif Karakter 12. Dengan mengamati gambar. siswa dapat menjelaskan ciri-ciri anak laki-laki dan anak perempuan. siswa dapat menyebutkan bagian anggota tubuhnya. Dengan mengamati anggota tubuh. Siswa dapat memberikan contoh perbedaan jenis kelamin melalui diskusi dengan teman sebangku. Dengan mengamati anggota tubuh. . siswa dapat membedakan antara laki-laki dan perempuan. 10. Dengan mengamati gambar. Dengan bimbingan guru. Psikomotor 14. 9. Siswa dapat mengidentifikasi gambar sesuai dengan jenis kelamin secara tepat. Dengan mengamati teman. Proses 10.Pendidikan Kewarganegaraan Kognitif Produk 8. baik secara fisik maupun sesuai dengan tugasnya. Siswa dapat mengklasifikasikan ciri-ciri anak lakilaki dan perempuan. Dengan mengetahui perbedaan anak laki-laki dan perempuan. Keterampilan sosial 13. Matematika Kognitif Produk 9. siswa dapat membedakan jenis kelamin antara lakilaki dan perempuan melalui gambar. 11.

Dengan permainan yang memerlukan kerjasama. 2. 3. METODE PEMBELAJARAN • Pendekatan • Model • Metode : Tematik : Pembelajaran Kooperatif : Ceramah. PKn : Hidup rukun dalam perbedaan.Proses 11. Dengan bimbingan guru. Matematika : Bilangan 1 sampai 5 V. misalnya peralatan sekolah. siswa membilang benda-benda di lingkungan kelas. siswa dapat mengurutkan bilangan 1 sampai 5. MATERI PEMBELAJARAN 1. siswa dapat melaporkan kepada guru hasil pengamatan kelas berupa jumlah benda-benda-benda di lingkungan kelas. Diskusi. Psikomotor 16. IV. Dengan bimbingan guru. siswa dapat mengitung jumlah bagian tubuh antara 1 sampai 5. 13. Dengan menggunakan tabel. Keterampilan Sosial 15. Dengan pengamatan. Tanpa membuka buku. dan Penugasan . siswa dapat menidentifikasi bagian tubuh dan banyaknya secara tepat. 12. Tanya Jawab. Afektif Karakter 14. IPA : Mengenal bagian tubuh. siswa dapat membilang jumlah siswa di kelas.

1. dan mempresensi kehadiran siswa). Guru Kegiatan Inti menjelaskan secara garis besar tentang anggota tubuh manusia.Kegiatan Awal (± 30 menit) Kegiatan guru dan siswa 02  Guru mengucapkan salam pembuka. kesiapan siswa.  Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa bersama. Guru siswa menjelaskan satu dengan secara yang garis besar tentang perbedaan lainya baik secara fisik.  Guru mengajak siswa untuk berkenalan. kesiapan kelas. 2.  Guru melakukan aktivitas rutin (mengecek: kebersihan kelas.  Guru menanyakan kabar siswa.VI. jenis kelamin. dan suku bangsa. agama. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pembelajaran 01 1. Keterlaksanaan Ya Tidak .  Melakukan apersepsi untuk merangsang pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang akan disajikan.  Siswa memperkenalkan diri di depan kelas.

4.  Guru menyajikan gambar anggota tubuh manusia dan siswa diminta untuk menjelaskan kegunaannya. Guru meminta murid untuk bernyanyi bersama-sama.  Guru membimbing siswa untuk menghitung jumlah anggota . Guru memberi contoh mendendangkan lagu sambil menunjuk bagian tubuh yang dimaksud. Lagu ”Dua Mata Saya” dua mata saya hidung saya satu dua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut saya tidak berhenti makan  Guru menunjuk bagian tubuhnya dan murid diminta mengikutinya.Fase 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (± 30 menit) 3.  Guru meminta murid maju ke depan dan menyebutkan bagian tubuh yang ditunjuk sambil menyanyikan lagu “pundak lutuk kaki”  Guru menjelaskan tentang anggota tubuh dan kegunaannya dan murid mendengarkan.

 Guru menjelaskan tentang karakteristik anggota tubuh berdaskan pada perbedaan jenis kelamin. 3 anak.  Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan teman-temannya. 2 anak. 1 anak.  Guru meminta murid untuk mengamati teman sebangku. dan 4 anak  anak yang tidak ikut kelompok menjadi pengamat  kelompok sudah siap permainan akan segera kita mulai  antar kelompok bekerja sama agar tersusun urutan kelompok yang benar  permainan dimulai bila guru telah memberi aba aba tepukan tangan  pengamat akan menghitung sampai lima apakah urutan kelompok dapat tersusun dengan benar  berikutnya bergantian.  Guru membuat 5 kelompok anak  setiap kelompok terdiri dari 5 anak.  Setiap kelompok berdiskusi untuk mengamati benda-benda di Fase 3 Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok bermain (± 30 menit) Fase 4 Membimbing kelompok untuk bekerja (±15 menit) .  Guru membimbing siswa untuk berdiskusi.Fase 2 Menyajikan/menyampaikan informasi (± 30 menit) tubuh.  Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan ciri-ciri fisik antara anak laki-laki dan anak perempuan.

Fase 6 Memberikan penghargaan (±10 menit) Kegiatan Akhir (±20 menit)  Guru memberikan evaluasi akhir.Fase 5 Evaluasi Proses (±20 menit) lingkungan kelas.  Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran. Kelompok lain diminta memberikan tanggapan. Hal ini akan memotivasi siswa yang lain untuk selalu antusias dalam melaksanakan tugas pada pertemuan selanjutnya. Dengan demikian maka siswa dapat mencapai prestasi yang diinginkan dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran.  Guru membagikan lembar kerja siswa untuk dikerjakan secara berkelompok.  Siswa mengidentifikasi bendabenda di lingkungan kelas.  Pemberian penghargaan kepada siswa yang paling antusias mengikuti KBM dan kepada satu kelompok belajar yang berkinerja terbaik.  Guru bersama siswa menentukan kelompok kerja terbaik.  Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.  Guru bersama siswa merayakan .

Buku BSE Matematika Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Purnomosidi. Gambar-gambar alat sekolah BAHAN AJAR TEMA DIRI SENDIRI . Buku BSE IPA Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Sholehudin. e. Sarana. Rosytawati.keberhasilan menyelesaikan KBM sesuai yang direncanakan dengan menyanyikan lagu ‘Kalau Kau Suka Hati’. c. Sumber. Gambar-gambar anggota tubuh/ anggota tubuh h. d. Buku BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Setiati Widiastuti.  Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam penutup. Lembar kerja Siswa g. f.  Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk rajin membaca dan berhati-hati dalam perjalanan pulang ke rumah. dan Media Belajar a. Buku BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh Tijan dkk. VII. b. Buku BSE IPA Kelas 1 SD terbitan Pusat Perbukuan oleh S.  Guru meminta wakil siswa untuk memimpin doa bersama.

ayo berkenalan ini hari pertama sekolah murid murid berkenalan Kenalkan namamu dan sebutkan nama dan alamat rumahmu! .

mengenal anggota tubuh ayo bernyanyilah bersama temanmu marilah bernyanyi dua mata saya ciptaan pak kasur dua mata saya hidung saya satu dua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut saya nah asyik kan tidak memang asyik belajar ipa berhenti makan itu bagian tubuh kita ada lagi yang lain tubuh terdiri kepala badan dan kaki di kepala ada bagiannya lagi rambut telinga mata hidung dan mulut di badan ada bagiannya lagi pundak dada perut punggung dan tangan di kaki juga ada bagiannya lagi paha lutut betis tumit dan jari .

AYO SEBUTKAN BAGIAN BAGIAN TUBUH KEPALA WAJAH BADAN LENGAN TANGAN KAKI dahi rambut mata bagian bagian kepala telinga hidung mulut pipi dagu .

bagian bagian badan leher dada perut bahu pundak punggung pinggang bagian bagian lengan .

tangan Jari tangan Telapak tangan lengan Kuku jari tangan bagian bagian kaki lutut tumit kaki betis Jari kaki Kegunaan anggota tubuh .

ada mata telinga mulut hidung kulit itulah anggota tubuh kita punya bagian tubuh lain semuanya punya kegunaan yuk kita cari tahu gunanya ayo peragakanlah olehmu ● kegunaan mata pejamkanlah matamu dapatkah kamu melihat bukalah matamu dapatkah kamu melihat kamu dapat melihat teman teman di kelasmu mata berguna untuk melihat • kegunaan telinga tutuplah telingamu dengan kedua tanganmu mintalah temanmu berbicara kepadamu dapatkah kamu mendengar suara temanmu sekarang bukalah telingamu mintalah temanmu berbicara kepadamu dapatkah kamu mendengar suara temanmu telinga berguna untuk mendengar • kegunaan hidung tutuplah hidungmu dengan tanganmu .

dapatkah kamu bernapas sekarang bukalah hidungmu kamu dapat bernapas kembali kamu juga dapat mencium aroma masakan hidung berguna untuk bernapas dan mencium bau • kegunaan lidah ambillah gula putih makanlah sedikit saja bagaimana rasanya gula terasa manis di lidah lidah berguna untuk mencicipi rasa asin dan manis lidah berguna untuk mencicipi rasa asam dan pahit kegunaan kaki kaki untuk berjalan kaki untuk berlari kaki untuk menendang kaki untuk menaiki tangga • • kegunaan tangan tangan untuk memegang .

tangan tangan tangan tangan untuk untuk untuk untuk menulis menarik mendorong menyuap makanan • kegunaan rambut apakah kegunaan rambut ayo perhatikanlah gambar berikut apakah kamu berambut ikal apakah kamu berambut lurus atau keriting kepalamu ditutupi rambut rambut melindungi kepalamu dari panas dan dingin • kegunaan gigi tanyakanlah kepada ibumu apakah makananmu ketika masih bayi kamu belum memiliki gigi ketika masih bayi kamu makan bubur sekarang gigimu sudah tumbuh .

kamu tidak makan bubur lagi sekarang kamu sudah dapat mengunyah makanan dengan gigimu • kegunaan kulit lihatlah tangan dan kakimu lihatlah leher dan wajahmu semuanya ditutupi kulit semua anggota tubuhmu ditutupi kulit menurutmu apakah kegunaan kulit kulit berguna melindungi tubuhmu dari kuman Kulit berguna melindungi tubuhmu dari cahaya matahari kulit juga berguna untuk merasa dan meraba Bagian tubuh Banyaknya Bagian tubuh Banyaknya ayo kerjakanlah di buku latihanmu Dua Mata tangan buatlah tabel seperti berikut kemudian lengkapi Dua AYO BERLATIH …… …… hidung kepala alis telinga …… …… mulut jari …… …… .

mengenali perbedaan Kalian tentunya sudah mengetahui dan memahami anggota tubuh masing-masing. Nah sekarang kita akan melihat perbedaan berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan PERBEDAAN JENIS KELAMIN . Pastinya ada perbedaan diantara kalian. Misalnya ada yang berambut panjang dan ada yang berambut pendek.

Contoh 1=c .Gambar 1. Made LEMBAR KERJA SISWA 1 Siswa diminta untuk menjodohkan gambar dan tulisan dengan cara memasangkan huruf dengan angkanya saja. Alin Alin anak perempuan Alin berambut panjang Made anak laki-laki Made berambut pendek Ketika sekolah Pakaian mereka berbeda Alin memakai rok Sedangkan Made memakai celana gambar 2.

TELINGA 1 a 2 MULUT b TANGAN 3 c MATA 4 d HIDUNG 5 e LEMBAR KERJA SISWA 2 teman teman sudah pandai membilang ya ayo kita membilang anggota badan .

tarik garis agar gambar sesuai dengan banyaknya lima tiga empat satu dua LEMBAR KERJA SISWA 3 ♦ amati gambar di bawah ini ♦ berilah tanda silang (x) di bawah gambar sesuai jenis kelaminnya .

♦ kerjakan di buku tugasmu Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan .

Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan Laki-laki Perempuan LEMBAR EVALUASI SISWA .

hidung c. telinga 3. a empat b tujuh c sepuluh 2. Pehatikan gambar berikut ini ini teman sekelas dani yang berjenis kelamin perempuan adalah …... dua c. . jari tangan b. satu b. sebutkanlah jumlah anggota tubuh dari gambar berikut mata saya ada dua hidung saya ada ____ telinga saya ada ___ mulut saya ada ____ tangan saya ada ___ kaki saya ada ___ banyak telinga saya s a m a dengan mata saya banyak hidung saya _ _ _ _ dengan mulut saya . untuk bernapas kamu menggunakan… a. jenis kelamin ada… a. jari jari tangan semuanya ada . ayo pilihlah jawaban yang benar 1. .. a sama b tinggi laki laki c tinggi perempuan b. a adi b wati c roni 5. anak laki laki dan perempuan kedudukannya .a. ayo kerjakan di buku latihanmu 1. tiga 4.

.. 4. .banyak tangan saya _ _ _ _ dengan kaki saya 2. nita akan pergi sekolah nita jenis kelaminnya . . untuk mencicipi kamu menggunakan……. . 3.. untuk bernapas kamu menggunakan .

4=a.LEMBAR JAWABAN LKS 1 TELINGA 1 a 2 MULUT b TANGAN 3 c MATA 4 d HIDUNG 5 e 1=c. 3=d.5=b . 2=e.

LEMBAR JAWABAN LKS 2 lima tiga empat satu dua .

LEMBAR JAWABAN LKS 3 Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X .

Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X Laki-laki Perempuan X .

Lidah 4. Perempuan . c 2. b 3. Menyebutkan jumlah anggota tubuh Satu Dua Satu Dua Dua Sama Sama 2. Hidung 3.LEMBAR JAWABAN EVALUASI Memilih jawaban 1. b 5. a Mengisi jawaban 1. b 4.

A5.KISI KISI PENILAIAN No 1. B4 Aspek yang Dinilai No Nama Ketepatan menjodohkan gambar Kejujuran Kerja sama Tanggung jawab Partisi pasi Jml NA 1 1 2 3 4 5 Keterangan : 3 2 1 = Baik = Cukup = Kurang 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 Instrumen Penilaian Mempresentasikan Hasil Diskusi dan Pengamatan . B3 A4. B1 A2. B2. Indikator Menyebutkan anggota tubuh Menyebutkan jumlah anggota tubuh Menyebutkan kegunaan anggota tubuh Mengidentifikasi perbedaan manusia berdasarkan pada jenis kelamin PENILAIAN Instrumen Penilaian Saat Diskusi Nama Kelompok:………………………………………… Butir Soal B1 A 1.

NO NAMA JML Aspek Yang Dinilai Ketepatan Kepercayadirian Penggunaan NA Jawaban 1 2 3 1 2 3 4 5 Keterangan : 3 2 1 = Baik = Cukup = Kurang 1 2 3 1 Ejaan 2 3 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->