Oleh : Oleh : Ibnuh Adi ngingi Meical manutila¶a Stenford Laruwi Wiwi wattimena Abdusalam punggawa Watti Florence

Batlolona Tasya J Akyuwen Apongsina Masela Joine Mawettars

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON 2012

1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa karena atas limpahan nikmat dan karunianya sehingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikaan Makalah ini dibuat sebagai suatu latihan pengembangan dasar pengajaran dalam mengkaitkan suatu problematika pada mahasiswa. Oleh karena itu kami selaku mahasiswa mencoba menerapkan metode-metode pembelajaran. Penulis menyadari akan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, karena keterbatasan sumber referensi yang dimiliki, namun penulis tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangatlah penulis harapkan untuk penyempurnaannya. Atas partisipasi sebelumnya penulis mengucapkan banyak terima kasih

Ambon, 10 Januari 2012

PENULIS

2

BAB 1 PENDAHULUAN Tujuan y y Menjelaskan algoritma pembagian suku banyak. Menentukan derajat suku banyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian. y y Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat. Menentukan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema faktor.

3

BAB II PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN SUKUBANYAK

Sukubanyak atau polinom dalam variabel  yang berderajat sebagai berikut .  dengan : y y  

secara umum dapat ditulis

adalah bilangan ± bilangan real dengan adalah koefisien dari adalah

adalah koefisien dari koefisien dari

, . . . .demikian seterusnya.

disebut suku tetap ( konstanta).

y

. adalah biolangan cacah yang menyatakan derajat sukubanyak.

Derajat dari suatu sukubanyak dalam variabel x ditentukan oleh pangkat yang paling tinggi bagi variabel yang ada dalam sukubanyak itu. variabelnya

Perhatikan bahwa suku-suku pada sukubanyak diatas diawali oleh suku yang mempunyai pangkat tertinggi, yaitu variabel suku tetap yang semakin turun, yaitu

. Kemudian diikuti oleh suku-suku dengan pangkat

mengikuti aturan pangkat turun dalam variabel . perlu dingat kembali bahwa variabel suatu variabel-variabel    

. sukubanyak yang disusun atau ditulis dengan cara seperti itu dikatakan disusun 

dan diakhiri dengan

sukubanyak tidaklah harus dalam variabel  , tetapi dapat saja variabel-variabel yang lain seperti

4

yaitu Metode Substitusi atau Bagan/ Skema. sebagai contoh. nilai sukubanyak untuk adalah dengan adalah bilangan real. Selanjutnya nilai dari dapat dicari dengan dua metode. sukubanyak dalam bentuk umum yang telah banyak dibicarakan diatas dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi sebagai berikut. Secara umum. maka sukubanyak itu dapat dituliskan dalam bentuk fungsi dari variabelnya. maka nilai sukubanyak itu dapat dengan mudah ditentukan. Metode substitusi Nilai suatu sukubanyak untuk sebuah nilai variabel tertentu dapat dicari dengan metode substitusi sebagai berikut : Nilai sukubanyak Untuk  bilangan real ) ditentukan oleh 5  . Dengan menuliskan atau menyatakan suatu sukubanyak sebagai fungsi dalam variabel . kadang-kadang dinyakan dengan : y y yang menunjukan fungsi sukubanyak dalam variabel atau yang menunjukan fungsi polinom dalam variabel .  Catatan : Nama fungsi sukubanyak diatas dinyatakan dengan . NILAI SUKUBANYAK Berbekal dari fakta bahwa suatu sukubanya adalah bentuk aljabar yang memuat variabel.B. 1. Misalnya suatu sukubanyak dalam variabel dapat dituliskan sebagai fungsi dari .

sebagai berikut. Jadi. yang ada pada sukubanyak menghitung nilai sukubanyak seperti itu disebut Metode Substitusi. CONTOH : 1) Hitunglah nilai sukubanyak a) Jawab : a) Untuk diperoleh : untuk adalah diperoleh : b) untuk nilai ± nilai berikut. nilai b) Untuk Jadi. nilai untuk  adalah dan .Perhatikan bahwa nilai sukubanyak sudstitusi nilai terhadap variabel untuk diperoleh dengan cara menyulih atau oleh karena itu. 2) Diketahui sukubanyak dengan dua variabel Hitunglah : a) b) c)  6 .

nilai sukubanyak untuk ditentukan oleh 7 . c)   artinya variabel   Jadi.   merupakan sukubanyak dalam variabel .  dan  2.Jawab : a)  Jadi.   merupakan bilangan real . Metode bagan/skema Untuk mendeskripsikan cara menghitung nilai sukubanyak dengan menggunakan metode bagan / skema . b)  merupakan sukubanyak dalam variabel  Jadi. simaklah sukubanyak berderajat 4 berikut ini : Dengan metode substitusi .

Nilai tersebut ternyata dapa disusun secara berurutan dengan menggunakan operasi perkalian dan operasi penjumlahan seperti berikut ini : Berdasarkan bentuk persamaan yang terakhir ini terlihta bahwa nilai sukubanyak dapat diketahui secara bertahap dengan menggunakan algoritma (perhitungan langkah demi langkah) sebagai berikut . kemudian jumlahkan hasilnya 8 . Langkah 1 Kalikan  dengan kemudian jumlahkan hasilnya dengan  Langkah 2 Kalikan hasil pada langkah pertama dengan dengan .

9 .              Catatan: Tanda menyatakan operasi ³kalikan dengan ´          Menghitung nilai sukubanyak dengan cara seperti diatas dikenal sebagai metode bagan atau metode skema .Langkah 3 Kalikan hasil pada langkah kedua dengan  Langkah 4 Kalikan hasil pada langkah ketiga hasilnya dengan  Hasil perhitungan pada langkah empat ini tidak lain adalah nilai sukubanyak untuk   dengan . kemudian jumlahkan dengan . kemudian jumlahakan hasilnya Proses perhitungan (mengalikan dan menjumlahkan) pada algoritma tersebut ternyata dapat ditampilkan dengan memakai bagan atau skema berikut .

serta untuk nila bilangan bulat .Catatan 1) Metode substitusi cocok dipakai untuk menghitung nilai sukubanyak yang bentuknya sederhana dan untuk nilai yang tidak terlalu besar . Nilai suku banyak - +4 ± untuk adalah  5 1 -3 + 5 2 4 + 10 14 -1 + 70 69   10 + 345 355 1 tanda menyatakan ³kalikan dengan 5´ 10 . 2) Cara bagan atau cara skema dapat dipakai untuk menghitung nilai semua bentuk sukubanyak dan sebarang nilai CONTOH Hitunglah nilai setiap suku banyak ini dengan menggunakan metode bagan . Berdasarkan   bagan tersebut. a) b) Jawab : a) Koefisien ± koefisien dari    y + +4 ± + + untuk  untuk . Untuk       - + 4 ± adalah  . sehingga bagannya diperlihatkan berikut ini.

b) Untuk menghitung nilai suku banyak dipandang sebagai sukubanyak dalam variabel dari  adalah      maka sukubanyak bentuknya berdasarkan pangkat turun = 0 dan + +  untuk Koefisien ± koefisien dari   . y +  sehingga bagannya diperlihatkan berikut ini. 0 +   +   Tanda menyatakan ³dikalikan dengan 2´.berdasarkan bagan tersebut. Dalam mengalikan suku ± suku dari kedua buah suku banyak itu digunakan sifat distributif perkalian.Pengurangan.Perkalian Penjumlahan atau pengurangna suku banyak dengan suku banyak    dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan suku ± suku yang sejenis dari kedua suku banyak itu . C. nilai suku banyak  2 + +  + . Sedangkan perkalian suku banyak dapat ditentukan dengan cara mengalikan suku ± suku dari kedua suku banyak itu. 11 . Penjumlahan. baik distributif perkalian terhadap penjumlahan maupun distributif perkalian terhadap pengurangan. OPERASI ANTAR SUKU BANYAK 1.

CONTOH Diketahui dua buah sukubanyak     dinyatakan dengan aturan a) Tentukan b) Tentukan c) Tentukan Jawab : a)   Jadi.  dan  berderajat 2.     12 . c)     serta derajatnya   serta derajatnya serta derajatnya +    dan  berderajat 3. b)   Jadi.

 dan berderajat 8. dan  13 . jika kedua     maka : y y Sukubanyak sukubanyak itu mempunyai nilai yang sama untuk semua variabel sukubanyak itu ditulis sebagai : bilangan real. Beradasrkan hasil perhitungan pada contoh 4 dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Misalkan    masing ± masing merupakan sukubanyak berderajat adalah sukubanyak berderajat maksimum adalah sukubanyak berderajat dikatakan memiliki kesamaan dengan sukubanyak  . Kesamaan dua Misalkna diketahui dua buah sukubanyak  yang dinyatakan dalam bentuk umum. ditulis  maka berlaku hubungan :   .   Jadi. Jika mempunyai kesamaan dengan   Dan .

Agar lebih jelasnya.simaklah beberapa contoh berikut ini. nilai adalah 2. Tentukan nilai Jawab: Jabarkan bagian ruas kanan kesamaan pada kesamaan  Dengan menggunakan sifat kesamaan sukubanyak . sifat kesamaan dan buah sukubanyak diatas digunakan untuk mencari nilai atau nilai ± nilai dalam suatu bentuk aljabar yang belum diketahui. Hitunglah nilai 14 . diperoleh :    pada kesamaan   yang memenuhi kesamaan :  Jadi.Dalam aplikasinya. Cara perhitungan demikian disebut metode koefisien tak ± tentu. CONTOH : 1.

(1)   «««««. di peroleh Jadi... nilai   yang memenuhi kesamaan Adalah 15 .diperoleh : «««««.  maka bagian      Berdasarkan kesamaan sukubanyak yang terakhir.(3) diatas ..(2) «««««.Jawab : Jumlahkan pecahan diruas kiri persamaan    Karena bagian penyebut berlaku persamaan pembilang juga harus berlaku kesamaan.(3)  dan Dari persamaan ± persamaan (1).(2).

Sebagai ilustrasi.dan sisa Sebagai ilustrasi . Dari bagan ini terlihat bahwa 4.         yang dibagi pembagi hasil bagi sisa pembagian Dengan demikian. hasil bagi   dibagi         _ _ _ yang dibagi   sisa pembagian 16 . dapat dirumuskan secara umum sebagai berikut .       Ternyata pembagian bilangan dengan metode bersusun pendek dapat diaplikasikan pada pembagian suku banyak.missal bilangan 4.369 dibagi dengan 14 dapat diselesaikan dengan metode bersusun pendek seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Pembagian Sukubanyak Hubungan cara yang dibagi .pembagi.369 dibagi dengan 14 memberikan hasil bagi 312 dengan sisa pembagian 1.2. hasil bagi. misalnya sukubanyak dengan akan diselesaikan dengan metode bersusun pendek.

oleh dengan metode oleh memberikan hasil bagi dan sisa 17 . Tulislah 3 ditempat hasil menurunkan menjadi sisa ditempat hasil. CONTOH : a) Dengan menggunakan metode bersusun pendek. carilah hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak Jawab: Pembagian sukubanyak bersusun pendek diperlihatkan pada bagan dibawah.Langkah 1 Dimulai dengan Tulislah Langkah 2 Sisa Tulislah Langkah 3 Sisa menurunkan 4 menjadi . dibagi dengan  sisa ditempat hasil disebelah kanan disebelah kanan Langkah 4 Sisa 7 sudah tidak dapat dibagi lagi dengan pembagiannya 7. sisa 7.

sisa 18 .Berdasarkan bagan tersebut. diperoleh hasil baginya pembagiannya adalah 17. dengan sisa hasil bagi    yang dibagi _       _ _ sisa pembagian b) Hitunglah nilai nilai Jawab : maka kemudian bandingkan nilai yang diperoleh pada contoh (a) dengan Jadi. Nilai sisa pada contoh (a) adalah 17 dan nilai dengan demikian .

maka berarti  19 . simaklah beberapa contoh berikut ini . CONTOH : 1) Tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak dengan Jawab : pembagian . Pembagian Sukubanyak Dengan Persamaan yang menghubungkan sukubanyak yang dibagi pembagi . PEMBAGIAN SUKUBANYAK DENGAN PEMBAGI BERBENTUK LINIER Cara yang akan digunakan untuk membagi sukubanyak dengan pembagi berbentuk linier dikenal sebagai metode Horner. yaitu pembagi berbentuk dan . Agar lebih memahami cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian pada sukubanyak oleh pembagi berbentuk linier dengan menggunakan metode pembagian sintetik atau metode Horner . 1.D. Ada 2 macam pembagi berbentuk linier yang akan dibicarakan disini . sukabanyak hasil bagi dan sisa pembagian  Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian pada pembagian sukubanyak oleh dengan sukubanyak adalah : dengan menggunakan bantuan bagan atau skema dikenal sebagai metode pembagian sintetik atau metode Horner.

maka adalah faktor dari dibagi dengan 2) Sukubanyak 10. dengan diselesaikan               Dari bagan diatas terlihat bahwa sisa pembagiannya adalah diketahui sisa pembagiannya adalah 10 .Bagan atau skemanya diperlihatkan dibawah ini .                    dan sisa pembagian dan Berdasarkan bagan diatas . maka :  oleh karena Jadi . nilai dan hasil baginya 20 . memberikan sisa kemudian tentukan hasil baginya. Hitunglah nilai Jawab : Pembagian sukubanyak dengan metode Horner dibawah ini .diperoleh hasil bagi oleh sisa pembagian Catatan : jika sebuah sukubanyak dikatakan habis dibagi oleh   memberikan hasil bagi dibagi dengan atau menghasilkan .

Selanjutnya persamaan diatas dapat diubah bentuknya sebagai berikut . Koefisien.koefisien dari dan sisa pembagian ditentukan dengan metode pembagian sintetik atau metode Horner . sehingga bentuk  memberikan hasilnya dan sisa pembagian .maka diperoleh hubungan     dan sisa dapat ditentukan harus diganti Berasarkan persamaan tersebut terlihat bahwa hasil bagi dengan metode pembagian sintetik atau metode Horner . hanya saja nilai dengan .      Persamaan tersebut menunjukan bahwa sukubanyak hasil bagi dibagi dengan memberikan dapat harus dan sisa pembagian . Jika sukubanyak dibagi dengan . hanya saja nilai diganti dengan  21 .2. Pemabagian Sukubanyak Dengan Misalkan menjadi adalah bilangan rasional yang ditentukan oleh )  .

Berdasarkan bagan diatas. diperoleh hasil bagi  dengan dan sisa memberikan  dengan sisa pembagian ). pembagian sukubanyak hasil bagi 2) Hitunglah ). kemudian tunjukan bahwa sisa yang diperoleh pada soal (a) sama dengan 22 .                   Jadi.Deskripsi tersebut menjelaskan bahwa metode pembagian sintetik atau metode Horner dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak dan CONTOH : 1) Tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak dengan Jawab : maka Bentuk dapat ditulis menjadi    dan . bagan atau . berarti skemanya diperlihatkan dibawah ini.

CONTOH : Tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak dengan  Jawab : Meskipun pembagi dapat difaktorkan menjadi tetapi dalam contoh ini. sisa pembagian Jadi. terbukti bahwa sisa pembagian  E. maka hasil bagi dan sisa pada pembagian sukubanyak itu dapat ditentukan dengan metode pemabagian bersusun pendek . PEMBAGIAN SUKU BANYAK DENGAN PEMBAGI BERBENTUK KUADRAT Misalkan sukubanyak dibagi dengan dan bentuk dapat difaktorkan atau yang tidak dapat difaktorkan). hasil bagi dan sisa tetap ditentukan dengan metode pembagian bersusun pendek .Jawab :  Dari hasil (a). 23 .

misalnya diketahui berderajat .    _ hasil bagi    _ Berdasarkan bagan tersebut. sebagai sukubanyak pembagi. Persamaan yang menyatakan hubungan antara Dengan : sebagai sukubanyak yang dibagi. misalnya diketahui berderajat dan y y 24 . sukubanyak dituliskan sebagai :  yang dibagi pembagi hasil bagi sisa pembagian  16 sisa pembagian  dapat jadi. dan sisa dan memberikan hasil bagi dengan . pembagian sukubanyak memberikan hasil bagi Misalkan sukubanyak pembagian adalah : dengan sisa pembagian dibagi dengan dengan .

yaitu sebuah konstanta yang tidak memuat . berderjat paling tinggi dan maksimum yaitu berderajat maksimum satu kurangnya dari derajat sukubanyak pembagi. yaitu pembagi berbentuk dan pembagi berbentuk a) Pembagi Berbentuk Jika sukubanyak pembagi menjadi: . F.maka persamaan sebelumnya dapat ditulis . Karena sukubanyak pembagi berderajat satu. Sisa pembagian ditentukan dengan menggunakan teorema berikut: Teorema 1 Jika sukubanyak berderajat dibagi dengan maka sisanya ditentukan oleh Teorema tersebut dikenal sebagai Teorema Sisa atau Dalil Sisa . Persamaan ini berlaku untuk semua bilangan real .y sebagai sukubanyak hasil bagi. maka sisa pembagian maksimum berderajat nol. MENENTUKAN SISA PEMBAGIAN SUATU SUKUBANYAK OLEH PEMBAGI BERBENTUK LINEAR Ada dua macam pembagi berbentuk linear yang dibahas disini. 25 . berderajat dibagi dikurangi dengan derajat sukubanyak pembagi. yaitu derajat sukubanyak yang y sebagai sukubanyak sisa pembagian.

Metode substitusi  Jadi. Tentukan sisa pada pembagian sukubanyak dengan Jawab : Sukubanyak nilai dibagi dengan dapat dihitung dengan dua metode. sisa pembagiannya adalah 26 .Bukti Teorema 1 Perhatikan kembali persamaan Karena persamaan itu berlaku untuk semua bilangan real . yaitu: sisanya adalah dibagi 1. terbukti bahwa sisa pembagian CONTOH : 1. maka dengan menyulihkan atau subtitusi kedalam persamaan itu diperoleh : Jadi.

maka pembaginya berarti  sehingga bagan  atau   dan skemanya . sukubanyak dibagi mengahasilkan sisa 15 untuk nilai 27 .2. diperlihatkan berikut ini. Metode bagan/skema  . Hitunglah nilai Jawab : jika dibagi dengan maka sisanya dibagi dengan Sisa karena diketahui sisa  maka diperoleh hubungan : Jadi. Diketahui sukubanyak menghasilkan sisa 15.                      Dari bagan diatas diperoleh Jadi. sisa pembagian 2.

maka dikatakan adalah faktor dari dengan memberikan sisa Dalam hal sisa atau habis dibagi dengan .sehingga : (dengan Pembagian dengan memberikan sisa   Jadi.3. Pernyataan ini dituliskan dalam persamaan berikut : Persamaan diatas berlaku untuk semua bilangan real Nilai sisa pembagian ditentukan dengan menggunakan teorema berikut. 28 . b) Pembagi Berbentuk Pada pembahasan sebelumnya telah ditunjukan bahwa pembagian sukubanyak dengan memberikan hasil bagi dan sisa pembagian . pembagian sukubanyak . Tentukan sisa pada pembagian sukubanyak Jawab : dengan Sukubanyak tersebut dipandang sebagai sukubanyak dalam variabel dipandang sebagai konstanta).

Teorema 2 Jika sukubanyak berderajat dibagi dengan maka sisanya ditentukan oleh Bukti Teorema 2 Perhatikan kembali persamaan : Persamaan ini berlaku untuk semua bilangan real persamaan itu diperoleh : . Nilai yang digunakan. terbukti bahwa sisa pembagian Catatan: dapat ditentukan dengan metode substitusi dan metode bagan. Jika metode bagan sekaligus dapa ditentukan. maka koefisien dari 29 . maka dengan substitusi ke  Jadi.

maka Bentuk dapat ditulis menjadi   berarti   dan dam . Sisanya adalah Jadi. sisa pembagiannya adalah 2. yaitu : . Metode Substitusi dibagi dengan dapat dihitung dengan dua metode.CONTOH : 1. Tentukan sisa pada pembagian sukubanyak dengan Jawab : Sukubanyak nilai 1. Bagan atu skemanya diperlihatkan berikut ini :            Dari bagan diatas diperoleh     Jadi. Metode Bagan/Skema . sisa pembagiannya adalah 30 .

sehingga 2. Pembagian sukubanyak dengan memberikan sisa 7. sisanya Sisa karena diketahui sisa maka diperoleh hubungan   Jadi.Dari bagan diatas sekaligus juga ditentukan koefisien ± koefisien dari  dan hasil baginya adalah . Hitunglah nilai Jawab : dibagi dengan . nilai 31 .

(2) «««««. dan jika Tentukan sisanya jika Jawab : dibagi dibagi ( dibagi Pembagi Misalkan sisanya sisanya 4. yang diketahui adalah sisanya apabila sukubanyak pembagi ± pembagi linearnya. dibagi sisanya 4.(3) maka sisanya maksimum berderajat 2.G. Untuk ini.. Akan tetapi. jika dibagi sisanya -3.(1) «««««.. 32 . CONTOH : 1. dan hasil baginya maka diperoleh hubungan . prasyarat yang diperlukan adalah teorema sisa tentang pembagian sukubanyak oleh atau pada umumnya tidak dibagi oleh Sebagian besar soal ± soal teorema sisa . maka sisanya -3. Jika dibagi dibagi sisanya 2. maka sisanya 2 maka «««««.. MENETUKAN SISA PEMBAGIAN SUATU SUKU BANYAK OLEH PEMBAGI BERBENTUK KUADRAT Sekarang akan dibahas cara menentukan sisa pembagian suatu suku banyak oleh pembagi berbentuk kuadrat dimana bentuk kuadrat nya dapat dinyatakan dalam faktor ± faktor linear.bentuk sukubanyak diketahui.

adalah faktor dari jika dan hanya jika Teorema tersebut dikenal sebagai Teorema Faktor. memberikan sisa . y Substitusi  Substitusi  Substitusi diperoleh :   diperoleh :  diperoleh :  y y Persamaan ± persamaan (  dibagi  membetuk system persamaan linear tiga variabel   dan . dengan penyelesaian Jadi. H. Perhatikan bahwa dalam Teorema Faktor memuat kata hubung logika jika dan hanya jika . Pengertian Faktor Dan Teorema Faktor Teorema 3 Misalkan adalah sebuah sukubanyak. pernyataan dalam Teorema Faktor itu dapat dibaca sebagai berikut . Oleh karena itu. TEOREMA FAKTOR 1. sehingga Teorema Faktor adalah sebuah pernyataan biimplikasi atau implikasi dua arah. 33 .

Jika 2. kedalam persamaan  sehingga diperoleh Subtansi nilai Jadi. jika 2. pernyataan ini dapat dituliskan sebagai untuk  persamaan diatas dapat diubah menjadi Hubungan ini menunjukan bahwa adalah faktor dari . Berdasarkan uraian 1 dan 2 tersebut terbukti bahwa : adalah faktor dari jika dan hanya jika 34 . Misalkan adalah faktor dari maka maka dan adalah faktor dari adalah faktor dari dapat dituliskan sebagai   Dengan adlah sukubanyak hasil bagi dengan bentuk tertentu. Misalkan  adalah faktor dari dibagi dengan maka memberikan hasil bagi dan sisa dengan menggunakan teorema 1.1. Jika Bukti Teorema 3 : 1.

35 . karena maka diperoleh hubungan :  b)  adalah faktor dari adalah faktor dari untuk setiap pernyataan berikut ini. syaratnya . syaratnya Karena maka diperoleh hubungan : Jadi. untuk nilai I.CONTOH : Tentukan nilai a) b) Jawab : a) mempunyai faktor . sekarang dipelajari bagaimana cara menentukan faktor ± faktor daru suatu sukubanyak dapat ditentukan dengan menggunakan algoritma berikut. mempunyai faktor untuk nilai . mempunyai faktor Jadi. adalah faktor dari . MENENTUKAN FAKTOR FAKTOR SUATU SUKUBANYAK Setelah memahami pengertian faktor dan teorema faktor .

subtitusikan nilai maka.  b) oleh . dari Langkah 3 Setelah diperoleh sebuah faktor sukubanyak hasil bagi CONTOH : Carilah faktor ± faktor dari setiap suku banyak berikut ini . Jika demikian bukan factor yang mungkin adalah faktor ± faktor bulat dari  . faktor ± faktor yang lain dapat ditentukan dari adalah faktor dari sehingga diperoleh maka . maka suku tetapan . yaitu  maka . Akan tetapi jika Substitusi nilai ± nilai adalah faktor dari sehingga diperoleh maka jika . . tetapi jika bukan faltor dari 36 . kemudian tuliskan sukubanyak itu dalam bentuk perkalian dan faktor ± faktornya . a) Jawab : a) .Langkah 1 Jika adalah faktor dari suku banyak maka nilai ± nilai Langkah 2 Dengan cara coba ± coba . .

b) Nilai ± nilai : Substitusi nilai.nilai maka suku tetapan yang mungkin adalah factor bulat dari . adalah faktor dari Hasil bagi oleh ditentukan dengan metode pembagian sintetik.y Untuk nilai diperoleh : bukan faktor dari y Untuk nilai diperoleh : . faktor ± faktor linier dari Sukubanyak adalah  dalam bentuk perkalian faktor ± faktornya adalah . yaitu 37 .                 dan bentuk ini Dari bagan tersebut terlihat bahwa hasil baginya adalah dapat difakrorkan menjadi Jadi.

Faktor ± faktor yang mempunyai cirri seperti itu disebut faktor ± faktor rasional .y Untuk diperoleh : bukan faktor dari y Untuk diperoleh : bukan faktor dari y Untuk diperoleh :  oleh adalah faktor dari Hasil dari sintetik. faktor ± faktor yang diperoleh mempunyai koefisien ± koefisien bilangan rasional. ditentukan dengan metode pembagian                 Hasil baginya adalah dan bentuk ini dapat difaktorkan menjadi adalah  dan jadi . faktor ± faktor linier dari Dengan demikian . 38 . . yaitu dapat dituliskan dalam bentuk Catatan: pada contoh ini .sukubanyak faktor ± faktor lineranya.

faktor ± faktor yang lain ditentukan dari sukubanyak hasil bagi yang berderajat dua.nilai Untuk diperoleh : y adalah faktor dari y Untuk  diperoleh : 39 . Kemampuan faktor ± faktor yang lain ditentukan dari sukubanyak hasil bagi yang berderajat tiga atau dua. Dengan menggunakan analisis yang sama .Perhatikan bahwa dalam mencari faktor ± faktor linier dari suatu suku banyak berderajat tiga . CONTOH : Tentukan faktor ± faktor linear setiap sukubanyak berderajat empat berikut ini .faktor ± faktor linear dari sukubanyak berderajat empat dapat ditentukan dengan cara mencari terlebih dahulu satu atau dua buah faktor linearnya. simaklah contoh berikut ini .untuk lebih jelasnya . Jawab : suku tetapan Nilai ± nilai yang mungkin adalah faktor ± faktor bulat dari yaitu    Substitusi nilai. pertama ± tama dicari dahulu sebuah faktor linearnya.

 Untuk  1) bukan faktor dari diperoleh :   adalah faktor dari y y Untuk  diperoleh :  2) bukan faktor dari Hasil bagi . dibagi oleh  Dapat ditentukan dengan metode pembagian bersusun pendek sebagai berikut.         _ _ _ 40 .

dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Misalkan adalah suku banyak . Taksiran geometri dari sumbu X. faktor ± faktor linear dari sukubanyak adalah  . Misalkan hanya jika adalah sebuah sukubanyak. merupakan faktor dari jika dan   disebut akar atau nilai nol dari persamaan sukubanyak Catatan : 1. 2. Jadi. Sedangkan merupakan faktor dari jika dan hanya jika dengan jika dan hanya jika adalah akar persamaan menggunakan kaidah silogisme pada dua pernyataan tersebut . adalah menyatakan titik potong grafik fungsi dengan 41 . jika sukubanyak berderajat maka persamaan maksimum mempunyai   buah akar yang real.Hasil baginya adalah dan bentuk kuadrat ini dapat difaktorkan menjadi .

42 . Untuk menunjukan bahwa 3 adalah akar dari adalah 3. Hasil bagi itu ditentukan dengan metode pembagian sintetik sebagai berikut. Kemuadian y cukup diperlihatkan bahwa  Karena y  maka 3 adalah akar dari persamaan Untuk menentukan akar ± akar yang lain . dicari terlebih dahulu hasil bagi dengan . akar ± akar yang lainnya adalah dan .         Hasil baginya adalah Jadi.         Pada contoh diatas akar ± akar persamaan sukubanyak itu dikatakan memiliki akar ± akar rasional bulat. Jawab: Misalkan  .CONTOH : Tunjukan bahwa salah satu akar persamaan sukubanyak tentukan akar ± akar yang lain.

Akar ± akar yang mungkin adalah . adalah faktor bulat positif dari dan  adalah faktor bulat dari . akar ± akar rasional dari suatu persamaan sukubanyak yang diungkapkan dalam teorema diatas ditentukan dengan menggunakan algoritma sebagai berikut. 43 y  dan . maka c adalah dengan koefisien ± koefisien bulat . Langkah 1 Mula ± mula di tentukan akar ± akar yang mungkin dari persamaan sukubanyak . yaitu Langkah 2 Dari himpunan akar ± akar yang mungkin yang diperoleh pada langkah 1.Akar ± akar rasional (bulat maupun pecahan)dari suatu persamaan sukubanyak secara umum dapat ditentukna dengan menggunakan teorema berikut. jika faktor bulat positif dari dan adalah factor bulat dari Dalam prakteknya. akar ± akar yang sebenarnya harus memenuhi syarat CONTOH : Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan Jawab : . Teorema Akar ± Akar Rasional Misalkan  adalah persamaan sukubanyak adalah akar rasional dari .

Karena y Untuk maka .diperoleh : adalah akar dari Karena  maka 1 adalah akar dari 44 . maka . diperoleh : bukan akar dari Karena y Untuk  .y  faktor bulat positif dari faktor bulat dari  yaitu yaitu 1 dan 3  dan Akar ±akar yang mungkin adalah        Menghitung nilai ± nilai y Untuk diperoleh : Karena y Untuk  maka diperoleh : adalah akar dari .

maka bukan akar y 45 . Berikut ini diberikan sebuah contoh penyelesaian persamaan sukubanyak yang mempunyai akar ± akar rasional dan irasional. CONTOH : Tentukan akar ± akar dari persamaan sukubanyak Jawab :  Akar ± akar yang mungkin adalah      . Sebab untuk maksimum hanya mempunyai tiga buah akar.Dari perhitungan diatas telah di peroleh tiga buah akar. dan adalah  . Akar ± akar irasional ini dapat ditentukan dari sukubanyak hasil bagi yang berderajat dua. Menguji nilai akar ± akar yang mungkin . Jadi. atau himpunan penyelesaiannya adalah HP Algoritma yang telah dijelaskan di atas hanya dapat digunakan untuk menentukan akar ± akar rasional dari suatu persamaan sukubanyak. akar ± akar persamaan suku banyak  . yaitu sehingga perhitungan nilai    dan berderajat 3 tidak perlu dilanjutkan. sehingga akar ± akar nya dapat dicari dengan menggunakan rumus kuadrat. Akar ± akar irasional tidak dapat ditentukan dengan menggunakan algoritma itu.

y  maka maka bukan akar y y Menentukan akar ± akar irasional.   atau mempunyai akar rasional 2 . Karena 2 adalah akar ± akar dari bukan akar dari  maka 2 adalah akar dari . maka dapat dituliskan menjadi bentuk kuadrat ini merupakan hasil bagi  dengan Akar ± akar irasionalnya ditentukan dari persamaan kuadrat Dengan menggunakan rumus kuadrat diperoleh Jadi. atau . persamaan sukubanyak dan akar irasional HP    . ditulis himpunan penyelesaiannya 46 .

3. Gray. Yogyakarta: PPPG Matematika 4. Persamaan dan pertidaksamaan Absolut serta persamaan polinom. A (1998). D.C (1971). Krismanto. Wirodikromo. Jakarta: Erlangga 47 . Sartono ( 2000). The Art Algebra. Matematika 2000. Adelaide: Rigby Limited. www.DAFTAR PUSTAKA 1. M. Jilid 7. Abrahansom.com 2.belajar-matematika.