P. 1
VEKTOR

VEKTOR

|Views: 116|Likes:

More info:

Published by: Alhamda Khairunnisa Ulfah on Jan 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

VEKTOR

I.

TUJUAN : 1. Agar siswa mampu menentukan besar dan arah resultan 2. Siswa dapat mengetahui letak dan possi sebuah titik dalm suatu bidang datar 3. Siswa dapt menentukan besar sudut dan dapat menghitung jumlah sudut.

II.

ALAT DAN BAHAN 1. Beban 2. Katrol 3. Kertas grafik 4. Papan vektor 5. Busur derajat 6. Mistar plastik 7. Paku payung 8. Benang nilon

III.

LANDASAN TEORI Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Besaran ini selain dipengaruhi nilainya juga akan dipengaruhi oleh arahnya. Contoh besaran ini adalah perpindahan. Untuk menulis suatu besaran vektor dapat langsung menyebutkan nilai dan arahnya, misalnya gaya F = 20 N ke kanan, kecepatannya v = 100 km/jam ke utara dan berpindah sejauh 5 m ke barat. Tetapi untuk mempermudah pemahaman dan analisa, besaran vektor dapat diwakili dengan gambar yang berlaku secara universal yaitu gambar anak panah. Anak panah dapat memberikan dua sifat yang dimiliki oleh vektor. Panjang anak panah menggambarkan nilai vektor sedangkan arah anak panah menggambarkan arah vektornya.

lukis vektor ketiga dengan pangkalnya diujung vektor kedua dan seterusnya sampai semua vektor-vektor yang akan dijumlahkan telah terlukis.  Gambar 1. Vektor hasil penjumlahan (resultan) didapat dengan menghubungkan pangkal vektor pertam keujung vektor terakhir Penjumlahan vektor dapat juga di tulis dengan metode jajaran genjang aturannya: 1. Car menentukan besar resultan dengan keltelitian adalah dengan menggunakan rumus:    . Lukis vektor pertama dan vektor kedua dengan titik pangkal berhimpit 2.ketelitian alat ukir dan ketelitaian membaca alat ukur dan keltelitian membaca mistar. Lukislah sebuah jajaran genjang dengan kedua vektor itu sebagai sisisisinya 3. Secara grafik kita bisa menentukan besar resultan tetapi yang kita peroleh tidak teliti ketelitian perhitungan dengan cara grafik tergantung pada skala pangjang yang kita pilih.1 Vektor gaya  Aturan menulis dengan metode segi banyak yaitu : 1. Lukis salah satu vektor (vektor pertama) 2. Resultan adalh diagonal jajran genjang yang titik pangkalnya sama dengan titik pangkal kedua vektor. Vktor penjumlahan vektor 3. Lukis vektor kedua dengan pangkalnya di ujung vektor pertama. Selisih dua vektor dapat ditulis C=A ± B Sama dengan resultan antaranvektor A dengan vektor B. kita tulis C= A+(-B) jadi metode yang kita gunakan untuk melukis juga berlaku untuk menulis selisih vektor.

m2. dan m3 yang berbeda. dan m3 setelah keduanya setimbang kemudian catat besar sudut yang terbentuk 3. . Berilah beban m1. m2. CARA KERJA 1. Gambarkan pada kertas grafik dengan menggantikan besar m1.IV. m2. Ulangi percobaan 2 dan 3 sebanyak 4 kali dengan harga m1. Susunlahkonstruksi alat dan bahab seperti gambar M1 M2 M3 2. dan m3 tarik garis bantu (jajar genjang) umtuk mendapatkan arah dan besar resultan 4.

KESIMPULAN . DATA HASIL PENGAMATAN NO 1 2 3 4 M1 60 gr 40 gr 60 gr 30 gr M2 90 gr 80 gr 80 gr 50 gr M3 60 gr 60 gr 40 gr 40 gr < Resultan VI.V.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->