ISI A.

DEFINISI Bioteknologi sederhana adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroba,prosesbiokimia dan proses genetic secara alami. Bioteknologi ini di manfaatkan untuk menghasilkan produk tertentu yang bermanfaat bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Berikut ini adalah ciri-ciri bioteknologi sederhana atau konvensiomal: 1.Tidak melalui disiplin ilmu tertentu 2.Secara turun temurun atau teradisi 3.Tanpa melakukan manipulasi mikroba 4.Menggunakan alat-alat yang ada di sekitar kita 5.Teknik yang digunakan melalui fermentasai 6.Tidak mengubah sifat(proses)pada gen biologi(organisme) yang digunakan. 7.Pengunaan makhluk hidup langsung dan belum menggunakan enzim 8.Belum bisa diproduksi secara masal.

B.PRINSIP Prinsip prinsip yang digunakan bioteknologi ini adalah sebagai berikut: 1.Untuk membuat dan memodifikasai tanaman 2. .Untuk membuat dan memodifikasai hewan 3. .Untuk membuat dan memodifikasai produk makanan

Tape ketan Bahan dasar: ketan Proses : fermentasi Mikroorganisme yang terlihat 1. cara bercocok tanam tanpa media tanah 2.Mukos clamydosporus dan Endomi copsis fibuligera 2.Sapi Jersi yang dapat menghasilkan susu dan kandungan krim yang lebih bagus c.Dalam bidang pangan 1.C.Bidang Pertenakan 1.Tanaman jenis mustard alamiyang diteliti yang dapat mengahsilkan tanaman kubis. .Saccharomyces cereviseace 3.Hasil mutasi alam yang menghasilkan domba ankon 2.CONTOH HASIL BIOTEKNOLOGI SEDERHANA Berikut adalah contoh-contoh hasil dari pembuatan bioteknologi sederhana: a. Rhizopus oryzae 2.dll.Yougret Bahan dasar:SUSU Proses:FERMENTASI Mikroorganisme yang terlihat: Lactobasiilus bulgarius dan Strepcococcus thermophilus b.kembang kol . Tempe Bahan dasar:kedelai Proses:fermentasi non-alkoholik Mikroorganisme yang berperan 1.Hidroponik.Bidang Pertanian 1. Rhizopus ollgosprus 2.

hasil isolasi dari bakteri dan jamur untuk pengobatan . Vaksin untuk meningkatkan imunitas 2. Antibiotik . Bidang Kesehatan 1.d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful