LAPORAN KEWIRAUSAHAAN

Oleh: Emiliah (E1D110119)
UNIVERSITAS MATARAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Penulis. laporan ini merupakan tugas dari mata kuliah Kewirausahaan yang diberikan oleh bapak dosen.2012 Emiliah . Atas rahmad Allah akhirnya kami bisa menyelesaikan laporan kami yang.mataram 02.01. sehubungan dengan hal ini kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada temanteman yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. yang selalu melimpahkan karunianya kepada kita semua. kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna.Kata pengantar Puji syukur hanyalah untuk Allah SWT Tuhan semesta alam. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan risalah dan syari’at islam kepada umat manusia.

....8 hal penting yang dapat dipetik.....9 Saran....................................................................7 a..........9 Daftar pustaka. latar belakang............................... b..................................................................4-5 strategi pemasaran..9 ................................................................... c.................... b....................2 Bab I : pendahuluan.................................................4 strategi pengolahan. alternatif pemecahan masalah......5-6 permasalahan yang dihadapi.........................................................1 Daftar isi...............3 a........................Daftar isi Kata pengantar.......8 Bab III : kesimpulan....6 Bab II : pemecahan masalah.............................. c...........7-8 strategi pengembangan . d...

Wira. manusia unggul. Usaha. berjiwa besar. memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Wirausaha ini bukan faktor keturunan atau bakat. yang artinya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan peluang bisnis. . Jadi. mempunyai kemauan terus belajar. tidak mudah putus asa. tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan. pandai mengelola dan berdo’a. Kata “Wirausaha” merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris entrepreneur. Wirausaha dapat mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya. artinya pejuang. dan berwatak agung. gagah berani. J. B. Say menggambarkan pengusaha sebagai orang yang mampu memindahkan sumber-sumber ekonomi dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas tinggi karena mampu menghasilkan produk yang lebih banyak. dalam arti mereka yang memulai usaha baru. artinya perbuatan amal. Suparman Sumahamijaya pada tahun 1975 dengan menjabarkan dalam istilah aslinya yaitu entrepreneur. karena semua usaha dan rencana tidak akan berhasil tanpa adanya ridho dari Allah SWT. Menurut dari segi etimologi (asal usul kata ). Dalam proses pengembangan usaha ini diperlukannya jiwa seseorang wirausaha yang soft skill yang artinya adanya ketekunan berani mengambil resiko. pahlawan. Dalam kewirausahaan perlu adanya pengembangan usaha. bersikap ramah terhadap konsumen. yang dimana dapat membantu para wirausahawan untuk mendapatkan ide dalam pembuatan barangbarang yang akan dijadikan produk yang akan dijual. Dr. teladan. bekerja. wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. dan mengambil tindakan yang tepat guna untuk memastikan keberhasilan usahanya. terampil.Pendahuluan Istilah wirausaha diperkenalkan oleh Prof. berbuat sesuatu. menanggung segala resiko dan mendapatkan keuntungan. sabar. Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha.

dsb. antara lain melalui pendidikan dan latihan serta penyuluhan dan bimbingan. Di antara manusia tersebut ada beberapa orang yang mendapat kesempatan dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri bahkan dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. petani menggarap yang tidak memiliki lahan. seperti buruh tani.mencintai. ataupun pengrajin. b. dengan mengikut sertakan pengusaha besar dan menengah. Pengusaha golongan ekonomi lemah termasuk pengusaha informal dan tradisional perlu ditingkatkan dan dibina untuk meningkatkan kemampuan usaha dan pemasaran dalam rangka mengembangkan kewirausahaan. latar belakang Di antara makhluk hidup yang di ciptakan Tuhan Yang Maha Esa. kredit dan permodalan. . pedagang kecil. Manusia membutuhkan pekerjaan agar memperoleh penghasilan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Dalam rangka pemerataan hasil-hasil pembangunan perlu lebih di tingkatkan dan diperluas usaha-usaha untuk memperbaiki penghasilan kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencaharian rendah. peternak kecil. nelayan. kini para masyarakat hanya saja perlu pengembangan usahanya. tempat berusaha bimbingan teknologi cepat. manusia merupakan makhluk yang paling sempurna.Bab I a. Olehkarena itu. strategi pengolahan menurut I ketut Taman Jaya seorang pemilik Mini Market mengolah suatu usaha harus dengan sepenuh hati. bagaimana cara pengelolaan barangbarang yang akan dibuat menjadi produk jual dan produknya itu dapat menarik hati konsumen. dan menyayangi usaha tersebut karena jika kita mencintai suatu usaha tentu akan muncul kiat-kiat dan strategi-strategi untuk melakukan pengembangan. Dan kini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui penyediaan yang memadai untuk berbagai kemudahan dan bantuan seperti.

akhirnya mereka mencoba berbisnis valas sedangkan bisnis garmennya terbengkalai. dan bergizi serta rasa yang enak. c. kebanyakan konsumen lebih memilih dan membeli produk yang tengah tren meskipun dalam kualitas produknya nomor 2 daripada kualitas produk nomor 1 tapi produknya ketinggalan jaman (dalam bidang garmen/usaha pakaian). Berikut strategi dalam melakukan pemasaran: 1. tentunya mata-mata dalam arti positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. jeli melihat pasar Dalam hal ini. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran. beberapa pengusaha garmen tergiur keuntungan sesaat dari bisnis valas saat krisis moneter 1998. mutu. Dan semua pengorbanan yang kita keluarkan untuk mengembangkan usaha harus didukung juga rasa percaya diri agar mampu bersaing di dunia bisnis yang di dalami. strategi pemasaran Pada hakekatnya dalam dunia wirausaha para wirausahawan harus berani terjun dalam mengembangkan usahanya hingga titik kesuksesan dan pada intinya banyak cara untuk mencapai kesempurnaan dalam dunia bismis namun semua dapat dicapai jika dilakukan dengan bersungguh-sungguh untuk mengembangkan bisnis yang kita punya. Sebagai contoh. fokus dalam usaha Kelemahan dari para wirausahawan selama ini adalah tidak mampu mengelola kesuksesan yang telah dicapai dengan melakukan tindakan yang tidak terkendali. 2. Sementara bisnis valasnya merugi akibat ketiadaan pengalaman bisnis financial.Adapun strategi yang digunakan dalam mengolah usaha perdangan yaitu: 1. konsumen lebih membeli produk yang mempunyai kualitas. menjalin komunikasi dengan orang lain Maksudnya agar tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha. . Seandainya dalam bidang makanan. maka pengusaha tersebut gulung tikar.

d. masyarakat dapat mengenal produk yang ditawarkan. calon pelanggan Adalah setiap orang yang telah mampir ke toko. permasalahan yang dihadapi dalam usaha apapun tentu selalu ada saja masalah-masalah yang terjadi baik itu masalah dari dalam maupun dari luar. tempat strategis Dan dalam hal memproduksi barang dan penamaan tempat (toko) perlu adanya keunikan. Sehingga konsumen dapat tertarik membeli produk yang telah dibuat. dengan mengadakan even-even seperti pesta rakyat di dekat tokoh. masalah dari luar adanya pihak-pihak yang ingin menjatuhkan atau saingan yang melakukan kecurangan dengan membayar orang untuk merampok dan kemudian memprosesnya ke pihak hukum tanpa adanya penyelesaian. dan semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan besar. 3. 2. karena sarana promosi ini bermanfaat untuk memprkenalkan tokoh pada masyarakat banyak dan dapat dijadikan momen untuk mengambil keuntungan.2. maka kemungkinan banyak konsumen yang mencari. dalam hal ini juga dapat memberikan nilai tambah didalam penjualan produk atapun memberikan nilai diskon apabila pembelian banyak. . mereka juga orang-orang yang telah menelepon ke toko dan meminta penjelasan tentang suatu produk atau merespon spanduk atau brosur yang di buat untuk promosi tapi mereka belum membeli. terjadi kesalahan dalam memberi harga pada barang. kurang memprhatikan tanggal kadaluarsa barang. Setelah itu baru mempersiapkan brosur ataupun spanduk. tapi belum membeli. 3. masalah dari dalam yaitu: 1. barang yang disediakan oleh produsen dianggap tidak bermutu oleh konsumen. promosi Dengan adanya promosi. Para wirausahawan dapat mengambil alternatifnya yakni. 4. Karena dengan keunikan suatu barang.

Bab II Pemecahan masalah a. omset dan pelanggan sebenarnya adalah hasil akhir yang tidak dapat diubah bila wirausahawan tidak mengubah strategi tsb. Anggapan ini adalah salah. 2. dan selalu menjaga silaturahmi agar tidak tercipta persaingan yang tidak sehat.dilakukan untuk membandingkan harga barang. jika harga barang pada tokoh tersebut lebih . survei survei ke tokoh besar seperti mall atau supermarket yang ternama.dan sepintar-pintarnya seorang usahawan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam usahanya. Agar tidak salah dalam memberi harga barang penjual harus melabelkan harga pada produk. berani berinvestasi Sebagai pemula dalam usaha dengan dana/modal yang terbatas. alternatif pemecahan masalah setiap masalah selalu ada penyelesaiannya. Agar usaha berkembang seorang usahawan baiknya melakukan hal-hal sebagai berikut: 1. -untuk menyelesaikan masalah dari luar yaitu dengan menjalin komunikasi yang hangat dengan usahawan-usahawan yang ada disekitar usaha kita. dan selalu melakukan survei ke tokoh-tokoh lain untuk mengetahui barang atau produk yang sedang tren. strategi pengembangan Langkah untuk melakukan pengembangan Yakni dengan jalan Waralabalisensi atau peluang bisnis ataupun distribusi wholesale. -masalah dari dalam harus diselesaikan dengan menggunakan trik yaitu menyediakan barang yang tanggal kadaluarsanya jangka panjang dan memisahkan barang yang tanggal kadaluarsanya jangka pendek. b. Seringkali para pemilik bisnis berpikir bahwa untuk meningkatkan profit/keuntungan maka mereka harus menaikkan jumlah pelanggan mereka dan omset mereka / total pendapatan kotor mereka. karena profit. diharapkan untuk berani menjual asset sendiri yang dapat menghasilkan uang untuk berinvestasi ataupun berusaha mengkredit uang dengan orang lain dengan syarat harus adanya pertanggungjawaban untuk melunasinya.

karyawan dalam memulai usaha anda tidak perlu memiliki karyawan yang bayank untuk usaha RUKO (rumah tokoh) 2-3 karyawan sudah cukup karena karyawan yang banyak akan menghambat perkembangan usaha jika tidak sesuai dengan profit. lebih berhati-hati mengambil keputusan serta waspada dalam menerapkan strategi-strategi yang akan membawa usaha menuju kesuksesan sehingga akan menumbuhkan jiwa wirausaha yang soft skill. . hal penting yang dapat di petik Dari semua masalah-masalah yang tejadi dalam suatu usaha akan menjadikan seseorang lebih matang dalam mengelolah suatu usaha. dengan demikian akan muncul kemudahan-kemudahan untuk mengembangkan usaha diberbagai tempat atau wilayah. 3.mahal dibanding tokoh anda maka turunkan harga barang sebear 5%-10% dari harga barang pada mall-mall atau supermarket untuk menarik minat pelanggan dan sekaligus mempengaruhi pelanggan tokoh tersebut. c.

usahaanda. Saran Menurut saya usaha Mini Market bapak I Made Taman Jaya sebaiknya dipisahkan dengan rumahnya yang berada di tingkat atas tokonya sehingga tidak perlu lagi menyewa tempat untuk mengembangkan usahanya dibidang Garmen(tokoh pakaian) karena berhubung beliau sudah memiliki rumah di tempat lain. Uang tersebut dapat dialokasikan untuk menambah modal usaha garmenya sehingga tidak perlu menjual aset berharga seperti tanah dan meminjam uang pada suatu instansi. mempunyai kemauan terus belajar. karena semua usaha dan rencana tidak akan berhasil tanpa adanya ridho dari Allah SWT. yang dimana dapat membantu para wirausahawan untuk mendapatkan ide dalam menyediakan barangbarang yang akan dijadikan produk jualan. memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen. tidak mudah putus asa. terampil. 2010 www.com. Daftar pustaka Kompas. June 23rd. bersikap ramah terhadap konsumen. Hal ini hanya membuang uang.Bab III Kesimpulan Dalam kewirausahaan perlu adanya pengembangan usaha. Dalam proses pengembangan usaha ini diperlukan jiwa wirausaha yang soft skill yang artinya adanya ketekunan berani mengambil resiko. sabar. pandai mengelola dan berdo’a.Related • Filed Under .