JENIS KABEL

Beberapa Jenis - Jenis Kabel

 Kabel NYA Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus.

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.  Kabel NYM Kabel NYM memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. 

Kabel NYAF Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi.

ada yang berinti 2. 3 atau 4.kabel NYAF  Kabel NYY Kabel NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam).  Kabbel NYFGbY Kabel NYFGbY ini digunakan untuk instalasi bawah tanah. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah). atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan. di dalam ruangan di dalam saluran-saluran dan pada tempat-tempat yang terbuka dimana perlindungan terhadap gangguan mekanis dibutuhkan. dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. .

maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik. untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR. sehingga daya hantarnya lebih baik.  Kabel AAAC Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam. mencapai ratusan meter. .  Kabel ACAR Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran. Kabel ACSR Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. untuk memberi sifat yang lebih baik. sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR. dimana jarak antara menara/tiang berjauhan.Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi. keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide.

Ukuran / tegangan mak = 6 ± 500 mm2 / 500 V Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan . disatukan. Kabel BC Kabel ini dipilin/stranded.

Mangnet remanen (sementara) 3. Bahan setengah jadi 3. Bahan non magnetis 4. Menurut kondisinya bahan dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1. Penghantar / kabel Kawat penghantar digunakan untuk menghubungkan sumber tegangan dengan beban. Bahan isolator 3. Bahan semikonduktor Menurut sifat kemagnetan terdiri dari : 1. Macam ± macam kabel tersebut diantaranya : a. Syarat penandaan dari kabel NYA : Huruf kode N Y Komponen Kabel jenis standart dengan penghantar tembaga Isolator PVC . Paramagnetis Dalam materi instalasi listrik akan dijelaskan beberapa bahan pendukung diantaranya : 1. Kabel NYA Digunakan dalam instalasi rumah dan system tenaga.5 mm2 . Bahan penghantar ( konduktor ) 2. Bahan mentah 2. Magnet permanen 2. Dalam instalasi listrik ada berbagai macam jenis kabel yang digunakan sesuai dengan kebutuhan daya dari kegunaannya. Dalam instalasi rumah digunakan kabel NYAdengan ukuran 1. Bahan jadi Menurut sifat kelistrikan bahan bahan dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1.BAHAN ± BAHAN DALAM INSTALASI LISTRIK Pengertian bahan Bahan secara sederhana dapat diartikan sesuatu zat yang dapat berubah menjadi sesuatu atau barang lain. Kawat penghantar yang baik umumnya terbuat dari logam.5 mm2 dan 2.

dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang b. tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus. berlapis bahan isolasi PVC. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus. namun tidak boleh ditanam. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat. 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis. biru dan hitam.A Re Rm Kawat berisolasi Penghantar pada bulat Penghantar bulat berkawat banyak NYA : berinti tunggal. kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Kabel NYM berinti lebih dari 1 Komponen Kabel jenis standart dengan N penghantar tembaga Y Isolator PVC M Berselubung PVC Re Penghantar pada bulat Penghantar bulat berkawat Rm banyak NYM : memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu). Huruf kode . kuning. ada yang berinti 2. Agar aman memakai kabel tipe ini. Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah. sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kode warna isolasi ada warna merah. Kabel NYM Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan system tenaga. untuk instalasi luar/kabel udara.

Fasa T Belang hijau kuning = Ground Biru = Netral 2. Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.c. Macam ± macam saklar Saklar merupakan alat untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan listrik. Saklar banyak macam dan jenisnya. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah). d. Saklar silang 3. Saklar kutub satu b. Saklar kutub tiga d. 3 atau 4. Macam ± macam fitting a. yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari ± hari dirumah maupun dimana saja. Fiting langit-langit . Ada saklar yang dipasang dalam tembok (inbow) dan diluar tembok (out bow) Untuk instalasi penerangan umumnya digunakan saklar untuk menyalakan dan mematikan lampu. ada yang berinti 2. Kabel NYY Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam). Saklar seri f. Fasa S. Saklar kelompok e. misalnya untuk kebutuhan instalasi penerangan. Tanda kabel / warna Merah / Kuning / Hitam = Fasa R. Saklar kutub ganda c. Saklar tukar g. instalasi tenaga dan banyak lagi jenisnya. dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Saklar menurut fungsinya dibedakan menjadi : a.

Pipa Merupakan tempat untuk mendapatkan sumber tegangan. stop kontak. Fiting gantung Pemasangannya biasanya digabungkan pada fiting langit-langit. Pipa digunakan sebagai pelindung kabel atau hantaran darigangguan. Kotak Sambung Pada saat penyambung kabel pada titik percabangan harus menggunakan kotak sambung. Pada bigian atas fiting ini terdapat cicin yang dipakai untuk mengikatkan tali penarik hingga kedudukannya menjadi kuat.Bisanya digunakan untuk pemasangan lampu yang menggunakan roset yang menempel pada langit-langit(eternity/lainnya). kolam dan sebagainya 4. Stop kontak dipasang untuk memudahkan mendapatkan tegangan yang diperlukan bagi peralatan listrik yang dapat dipindahkan. Stop Kontak Pemasangan biasanya pada tempat-tempat lembab yang kemungkinan terjadipercikan air. Pipa yang digunakan biasanya jenis pipa union atau bisa juga pipa PVC dengan ukuran 5/8 dlm. 6. Klem Adalah suatu bahan yang dipakai untuk menahan pipa agar dapat dipasang pada dinding atau langit-langit. misalnya terdapat pemakaian saklar. . Menurut ketentuan peraturan instalasi yang diijinkan tidak boleh dalam pipa terdapat sambungan. jarak pemasangan klem satu dengan lainny maksimal 80 cm. c. Stop Kontak Didalam instalasi listrik banyak sekali dipakai pipa. Klem ini dibuatdari pelat besi atau plastic dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran pipa. 7. Dengan pipa pemasangan hantaran atau kabel lebih rapi. Kotak sambung cabang dua Digunakan untuk menyambung lurus. Tegangan ini diperoleh dari hantaran fasa dan nol yang dihubungkan dengan kontak-kontak stopkontak.karena dikwatirkan kawat putus dalam pipa. Contohnya kamar mandi. Kotak sambung cabang tiga (T-Dos) Digunakan untuk percabangan-percabangan. b. 5. b. Macam-macam kotak sambung: a.

Bila terjadi hubung singkat atau arus lebih yang besar maka kumparan magnetic R akan memerintahkan kontak jatuh. Jarak antara rol satu dengan yang lain 50 cm dan antar hantaran jaraknya 5 cm. Apbiladialiri arus melebihi ketetapa maka sekring akan putus. KWH Meter Digunakan sebagai pengukur energi listrik. 9. Keduanya memiliki fungsi yang sama tapi kerja teknis yang berbeda. MCB dipakai sampai 50 A. Kotak Sekring Kotak sekring merupkan alat yang digunakan membatasi besar arus yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik. Komponen untuk mengamankan beban lebih adalah bimetal sedangkanuntuk mengamankan arus hubung pendek adalah electromagnet. Rol Isolator Untuk pemasangan kawat hantaran diatas plafon tanpa menggunakan pipa digunakan rol isolator. priringan akan memotong garis-garis fluksi magnet m dari magnet permanen dan akn menyebabkan terjadinya arus-arus putar yang berbanding lurus terhadap n@m2 . Tegangan kerja sampai dengan 440 VAC. sehingga tidak ada arus yang mengalir dalam rangkaian. Kotak sambung cabang empat (Cross Dos) Pemakaian sama dengan T-Dos hanya percabangan bukan tiga tapi empat. kepingan lauminium akan berputar dengan kecepatan n. MCB (miniature Circuit Breaker) Fungsi MCB adalah untuk pengaman terhadap beban lebih atau hubung singkat. 8. Wp memiliki sejumla lilitan yang besar yang dianggap sebagai reaktansi murni.c. 11. Secara praktisnya KWH meter digunakan untuk mengukur daya terpakai (daya aktif) yang digunakan dalam pemakaian beban listrik dalam jangka waktu tertentu. sehingga arus Ip yang mengalir melalui Wb akan tertinggal fasanya terhadap tegangan beban dengan sudut 90 0dan menyebabkan fluksi magnetis 2. Prinsip kerja KWH meter: Bila arus beban I mengalir melalui Wc akan menyebabkan terjadinya fluksi I. Bila terjadi arus beban lebih atau hubung pendek MCB memutuskan sirkit dari sumber. 10. Fungsinya sebagai pengaman. Ada dua tipe sekring yang terdapat dipasaran yaitu sekring patron lebur dan sekring otomat. sambil berputar. misalnya karena pengaruh momen gerak ini. Rol isolator dibuat dari keramik atau plastic dan kekuatannya disesuaikan dengan besar hantaran dan tegangan kerja untuk kepentingan peletakan besar hantaran dan tegangan kerja untuk kepentingan peletakan hantaran pada instalasi penerangan rumah.

dalam kepingan aluminium tersebut. Arus gangguan Arus yang disebabkan oleh kerusakan isolasi. Bila momen-momen tersebut yaitu Td dan Td dalam keadaan seimbang maka berlaku hubungan: KdVI cos = Km n m2 atau n = Kd / Km m (V I cos ) Dengan Kd dan Km sebagai konstanta. Kemampuan hantar arus .untuk suatu jangka waktu tertentu berbanding dengan energy yang akan diukur untuk jangka waktu tersebut. c. Arus gangguan tanah Arus yang mengalir ke tanah d. Arus lebih Setiap arus yang melebihi harga nominalnya (arus kerja yang mendasari perbuatan peralatan tersebut). Arus ±arus putar ini akan pula memotong garisgaris fluksi @m sehingga kepingan akan mengalami momen redaman Td yang berbanding lurus terhadap n@m2. Daftar istilah dalam instalasi listrik : a. dari kepungan D. sehingga dengna demikian maka jumlah perputaran dari pada kepingan tersebut. Jadi dari persamaan dapat terlihat bahwa kecepatan putar n. adalah berbanding lurus dengan beban VI cos@. b.

. e. Penghantar nol Penghantar yang dibumikan dengan tugas rangkap.Arus maksimum yang dapat dialirkan dengan kontinu oleh penghantar pada keadaan tertentu tanpa menimbulkan kenaikan suhu melampaui nilai tertentu. yaitu sebagai penghantar pengaman dan penghantar netral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful