PENGGUNAAN, KELENGKAPAN DAN ATRIBUT TNI AD

PAKAIAN DINAS UPACARA I PDU I PRIA

PDU I KOWAD

PDU I 1. Penggunaan. a. Upacara pelantikan Kepala Negara/Wakil Kepala Negara. b. Persemayaman dan upacara pemakaman secara militer. c. Upacara penganugerahan Tanda Kehormatan RI, apabila dilaksanakan oleh Pejabat selain Presiden/Wakil Presiden. d. Upacara pelepasan Purnawirawan (Wisuda Purnawira). e. Pengantaran/penyambutan jenazah. f. Ziarah nasional. g. Upacara tabur bunga di laut. (Upacara Hari Dharma Samudera) h. Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). i. Upacara Hari Pahlawan. j. Upacara Kenegaraan (HUT negara asing dan Angkatan Perang negara asing yang dilaksanakan di Indonesia). k. Upacara Penyambutan pejabat setingkat Menteri/Panglima Angkatan Perang negara asing di Mabes TNI. l. Upacara perkawinan (Pedang Pora).

2.

Kelengkapan.

a. Pet upacara (Tamtama TNI AL menggunakan dop). b. Sepatu dan kaos kaki (wanita TNI tanpa kaos kaki). c. Ikat pinggang (hitam untuk TNI AD dan TNI AU, putih untuk TNI AL). d. Dasi (Pa/Ba TNI AL tanda dasi). e. Pedang (kecuali Kowal) dan sarung tangan putih untuk Pa TNI AL. f. Perwira wanita TNI dilengkapi dengan tas PDU (hitam untuk Kowad dan Wara, putih untuk Kowal).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda jabatan. Tanda kemahiran/kualifikasi. Tanda kehormatan Medali gantung besar.

4.

Keterangan. a. b. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak. ADC dan Athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan.

PDU IA PRIA

PDU IA KOWAD

PATI
PDU IA 1. Penggunaan.

PA

a. Upacara HUT Kemerdekaan RI. b. Upacara HUT RI di negara asing. c. Upacara kebesaran militer (HUT TNI dan HUT Angkatan). d. Upacara HUT TNI/Angkatan di negara asing. e. Upacara kenegaraan (HUT negara asing/Angkatan perang negara asing yang dilaksanakan di negara yang bersangkutan). f. Upacara penganugerahan tanda kehormatan RI, apabila dilaksanakan oleh Presiden/Wakil Presiden RI dan upacara penganugerahan tanda kehormatan negara asing di negara yang bersangkutan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. f. Pet upacara (Tamtama TNI AL menggunakan dop). Sepatu dan kaos kaki (wanita TNI tanpa kaos kaki). Ikat pinggang (hitam untuk TNI AD dan TNI AU, putih untuk TNI AL). Dasi (Pa/Ba TNI AL tanpa dasi). Pedang (kecuali Kowal) dan sarung tangan putih untuk Pa TNI AL. Wanita TNI dilengkapi dengan tas PDU (hitam untuk Kowad dan Wara, putih untuk Kowal).

3.

Atribut. a. Papan nama ebonit.

b. c. d. e.

Tanda pangkat upacara. Tanda jabatan. Tanda kemahiran/kualifikasi. Tanda kehormatan: 1) 2) 3) 4) Slempang. Kalung. Patra. Medali Gantung Besar.

4.

Keterangan : a. b. c. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak. ADC dan athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan. Pemakian tanda kehormatan maksimal (slempang satu buah, kalung satu buah).

PAKAIAN DINAS UPACARA II PDU II PRIA PDU II KOWAD

PDU II 1. Penggunaan. a. b. c. Resepsi Kenegaraan (kecuali HUT RI). Resepsi Hari Nasional negara asing di Indonesia. Resepsi Hari Angkatan Perang negara asing di Indonesia.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Sepatu dan kaos kaki hitam (wanita tanpa kaos kaki). Dasi kupu-kupu warna hitam. Wanita menggunakan tas/dompet dan stoking warna natural.

3.

Atribut. a. b. c. Tanda pangkat upacara. Tanda kemahiran/kualifikasi/korps. Tanda kehormatan: Medali gantung kecil.

4.

Keterangan : a. b. PDU II hanya dipakai oleh Perwira. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak.

PDU IIA PRIA

PDU IIA KOWAD

PDU IIA 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. f. Resepsi HUT RI. Resepsi HUT TNI dan Angkatan Resepsi HUT RI di negara asing. Resepsi HUT TNI dan Angkatan di negara asing. Resepsi HUT negara asing di negara yang bersangkutan. Resepsi HUT Angkatan Perang negara asing di negara yang bersangkutan .

2.

Kelengkapan. a. b. c. Sepatu dan kaos kaki hitam (wanita tanpa kaos kaki). Dasi kupu-kupu warna hitam. Wanita menggunakan tas/dompet dan stoking warna natural.

3.

Atribut. a. b. c. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda kehormatan. 1) 2) 3) 4) Slempang. Kalung. Patra. Medali gantung kecil.

4.

Keterangan : a. b. PDU II A hanya dipakai oleh perwira. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak.

PAKAIAN DINAS UPACARA III PDU III PRIA

PA

BA PDU III KOWAD

TA

PA
PDU III 1. Penggunaan.

BA

a. Upacara mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila. b. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah perwira. c. Undangan pada upacara penyambutan/pengantaran tamu negara asing setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

2.

Kelengkapan. a. Pet upacara (Tamtama TNI AL menggunakan dop). b. Sepatu dan kaos kaki (wanita TNI tanpa kaos kaki). c. Ikat pinggang (hitam untuk TNI AD dan TNI AU, putih untuk TNI AL). d. Dasi (Pa/Ba TNI AL tanpa dasi). e. Wanita TNI dilengkapi dengan tas PDU (hitam untuk Kowad dan Wara, putih untuk Kowal), kecuali sebagai peserta upacara.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda jabatan. Tanda kemahiran/kualifikasi. Tanda kehormatan pita.

4.

Keterangan : a. b. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak.. ADC dan Athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan.

PAKAIAN DINAS UPACARA IV PDU IV PRIA

PA

BA PDU IV KOWAD

TA

PA
PDU IV 1. Penggunaan.

BA

TA

a. Pejabat dalam sidang pengadilan TNI. b. Upacara Serah Terima Jabatan. c. Upacara Pembukaan/Penutupan Pendidikan (Diktuk, Dikbangum, Dikspes). d. Upacara Penganugerahan tanda penghargaan kepada Lambang-Lambang Kesatuan. e. Menerima kunjungan resmi Kepala Perwakilan Diplomatik Asing ke Markas/Kapal. Penyambutan/kunjungan balasan/pelepasan kapal perang asing. g. Peresmian dan likuidasi kesatuan. h. HUT Kesatuan/Korps/Kecabangan. i. Upacara Penyambutan tamu negara asing setingkat Kas Angkatan. j. Ziarah perorangan, rombongan dan khusus ke Taman Makam pahlawan.

f.

2.

Kelengkapan. a. Pet upacara/baret. b. Sepatu dan kaos kaki dinas upacara (wanita TNI tanpa kaos kaki). c. Ikat pinggang. d. Wanita TNI dilengkapi dengan tas PDU (hitam untuk Kowad dan Wara, putih untuk Kowal), kecuali sebagai peserta upacara.

3.

Atribut. a. b. c. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda jabatan.

d. e. f.

Bed dan lokasi kesatuan. Tanda kemahiran. Tanda kehormatan pita.

4.

Keterangan : a. b. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak. ADC dan Athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan.

PAKAIAN DINAS LAPANGAN I PDL I PRIA BARET

PA

BA PDL I PRIA PET

TA

PA

BA PDL I KOWAD

TA

BARET
PDL I. 1. Penggunaan. a. b. c. Meninjau latihan, Instruktur latihan/Pelatih. Tugas/latihan lain yang ditentukan. Piket.

PET

2.

Kelengkapan.

a. b. c. d.

Tutup kepala baret/topi lapangan (lidah topi polos). Kopelriem, sepatu dan kaos kaki lapangan warna hitam. Kaos dalam (T shirt) loreng TNI. Tali peluit (khusus POM).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama dari kain. Papan nama Angkatan (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU). Tanda pangkat lapangan. Tanda jabatan bordir warna hitam. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir warna hitam. Badge lokasi/kesatuan.

PAKAIAN DINAS LAPANGAN II PDL II PRIA BARET

PA

BA PDL II PRIA HELM

TA

PA

BA PDL II PRIA TOPI RIMBA

TA

PA

BA

TA

PDL II KOWAD

PDL II. 1. Penggunaan. a. b. c. d. Geladi posko I. Dinas dalam (jaga ksatrian). Dril lapangan. Upacara pembukaan dan penutupan kursus/latihan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. f. g. h. Tutup kepala helm/baret/topi rimba. Kopelriem. Draaghriem. Senjata organik dan sangkur. Tas magazen. Sepatu dan kaos kaki lapangan. Kaos dalam/T.shirt loreng TNI Tali peluit (khusus POM TNI)

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama dari kain. Papan nama lokasi/monogram Angkatan (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU). Tanda pangkat lapangan. Tanda jabatan bordir warna hitam. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir warna hitam. Badge lokasi/Kesatuan.

PAKAIAN DINAS LAPANGAN III PDL III PRIA BARET

PDL III PRIA HELM

PDL III PRIA TOPI RIMBA

PDL III KOWAD BARET

PDL III KOWAD HELM

PDL III KOWAD TOPI RIMBA

PDL III 1. Penggunaan. a. b. c. d. Tugas operasi. Latihan tempur di lapangan. Gelar pasukan. Tugas/latihan lain yang ditentukan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. Tutup kepala helm/baret/topi rimba. Ransel. Veldples. Misting. Kopelriem. Draagriem. Senjata organik dan sangkur. Tas magazen. Sepatu dan kaos kaki lapangan warna hitam. Kaos dalam (T.shirt loreng TNI).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama. Tanda pangkat lapangan. Tanda jabatan bordir warna hitam. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir warna hitam. Badge lokasi/Kesatuan.

PAKAIAN DINAS LAPANGAN IV PDL IV PRIA BARET

PDL IV PRIA HELM

PDL IV KOWAD

PDL IV 1. Penggunaan. a. b. c. Tugas jaga (jajar kehormatan). Pasukan upacara (parade). Untuk kegiatan intern bagi TNI AD, Marinir TNI AL dan Paskhas TNI AU.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Tutup kepala helm/baret. Kopelriem. Draaghriem.

d. e. f. g. h. i.

Senjata organik dan sangkur. Tas magazen. Sepatu dan kaos kaki lapangan. Kaos dalam/T. Shirt loreng TNI. Scraf warna angkatan. Sarung tangan warna angkatan.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama dari kain. Lokasi/monogram (TNI AD, TNI AL,dan TNI AU). Tanda pangkat lapangan. Tanda jabatan bordir warna hitam. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir warna hitam. Badge lokasi/Kesatuan.

4.

Keterangan : a. b. c. Label nama bordir warna hitam. Badge dan lokasi kesatuan warna hitam. Tanda pangkat. 1) Perwira : tanda pangkat dan tanda korps bordir warna hitam/dipasang di krah Kemeja (tanda pangkat di kanan, tanda korps di kiri). 2) Bintara : tanda pangkat bordir warna hitam (dipasang di lengan kiri dan kanan). 3) Tamtama : bordir warna merah untuk TNI AD dan TNI AU, warna biru untuk TNI AL. d. Lengan kemeja digulung ke atas sampai dengan + 3 jari di atas siku (sesuai dengan kebutuhan), lebar lipatan dengan kemeja + 3 jari (pangkat Ba/Ta terlihat). e. Untuk Pa dapat menggunakan pistol. f. Lengan kemeja diturunkan sesuai dengan kebutuhan. g. Kelengkapan piket : Pa piket pistol dan selempang piket berjumbai, Bintara piket sangkur/pisau satuan dan selempang tanpa jumbai, Tamtama piket sangkur/pisau satuan dan band lengan. g. Untuk tugas Internasional dibawah PBB, tutup kepala memakai baret biru dengan emblem PBB, lokasi/badge PBB dilengan baju kanan dan lokasi/monogram merah putih/Indonesia dilengan baju kiri.

PAKAIAN DINAS HARIAN I PDH I PRIA & KOWAD

PDH I 1. Penggunaan. a. Untuk bekerja sehari-hari dalam ruangan, kompleks, kantor, asrama, instansi lain. b. Mengikuti pelajaran yang bukan bersifat lapangan. c. Perjalanan dinas dalam negeri. d. Rapat, ceramah, pertemuan kedinasan dan lain-lain. e. Peresmian atau pembukaan kantor/museum/ksatrian/kapal/tugu peringatan dan bangunan lainnya. f. Upacara pembukaan/penutupan penataran, kursus. g. Upacara pemberhentian tidak dengan hormat (BTDH) anggota TNI.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. Tutup kepala baret/peci harian angkatan. Ikat pinggang warna hitam lambang TNI. Sepatu harian (kaos kaki harian khusus pria). Tas PDH (wanita TNI).

3.

Atribut. a. Papan nama ebonit. b. Tanda pangkat harian. c. Tanda jabatan logam. d. Badge lokasi/kesatuan berwarna. e. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps logam. f. Tanda jasa pita. Keterangan : a. b. Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak. ADC dan Athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan.

4.

PAKAIAN DINAS HARIAN II PDH II PRIA

PDH II KOWAD

PDH II. 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. Untuk bekerja sehari-hari diluar ruangan, kompleks, kantor, asrama, instansi lain lain. Mengikuti/meninjau kegiatan latihan upacara. Meninjau kegiatan latihan non-tempur. Mengikuti/meninjau kegiatan sosial. Mengantar/menyambut kesatuan yang berangkat ke/kembali dari tugas operasi.

2.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama. Tanda pangkat harian. Tanda jabatan logam. Badge lokasi/kesatuan berwarna. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps logam. Tanda jasa pita.

3.

Kelengkapan. a. Tutup kepala topi lapangan warna angkatan dengan tanda pangkat bordir dan lidah pet bordir bunga padi, kapas untuk Pamen dan Pati. b. Ikat pinggang warna hitam lambang TNI. c. Sepatu harian (kaos kaki harian khusus pria). d. Tas PDH (khusus Wanita TNI).

4.

Keterangan :

a. b.

Atribut dan kelengkapan dikenakan hanya oleh yang berhak. ADC dan Athan dilengkapi dengan tali bahu sesuai dengan ketentuan.

PAKAIAN DINAS HARIAN III PDH III

PDH III. 1. Penggunaan. a. b. c. Untuk melaksanakan tugas internasional dibawah organisasi PBB. Untuk perjalanan dinas internasional pada saat tugas dibawah organisasi PBB. Melaksanakan tugas internasional terutama di dalam ruangan/Markas.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. Tutup kepala baret warna biru dengan emblem PBB. Ikat pinggang lambang TNI. Sepatu harian (kaos kaki harian khusus pria). Wanita TNI dilengkapi tas PDH warna hitam.

3.

Atribut. a. Papan nama. b. Tanda pangkat harian. c. Badge lokasi berwarna (badge PBB di lengan kanan dan badge merah putih serta tulisan Indonesia di lengan kiri). d. Tanda jabatan logam. e. Tanda jasa pita. f. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps logam.

4.

Keterangan : a. Khusus Kowal yang bertugas di kapal, Wara di pesawat terbang (pramugari) menggunakan celana panjang dan sepatu dinas harian. b. Untuk Kopassus ebonit merah menggunakan baret kopelriem dan sepatu lapangan, ujung celana dilipat (sama dengan PDL). c. Pakhas berbaret warna merah jambu, marinir berwarna ungu. d. POM menggunakan kopelriem warna putih dan baret POM.

PAKAIAN DINAS PARADE PDP BARET

PDP HELM

PSDP KOWAD

PAKAIAN DINAS PARADE (PDP) 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. f. g. Upacara HUT TNI/Angkatan/Kecabangan/Korps/Kesatuan. Upacara mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila. AKRS di daerah (di tingkat pusat menggunakan Gamprot Angkatan). Upacara Hari Pahlawan. Persemayaman, pengantaran/penyambutan jenazah dan pemakaman secara militer. Regu jajar kehormatan. Upacara searah serima jabatan komandan/panglima.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Tutup kepala helm/baret, pet upacara (PA, Ba TNI AL). Dop (Tamtama Pelaut TNI AL). Dragriem.

d. Kopelriem. e. Senjata, sangkur, tas magazen. f. Sepatu lapangan, kaos kaki untuk TNI AD dan TNI AU, sepatu dinas upacara untuk TNI AL non-Marinir. g. Scraf warna merah untuk TNI AD, biru untuk TNI AU. h. Sarung tangan warna hijau TNI AD, putih untuk TNI AL dan TNI AU. i. Pedang (khusus perwira). j. Anglet warna putih untuk Bintara dan Tamtama non-Marinir.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama kain untuk TNI AD, ebonit untuk TNI AL dan TNI AU. Tanda pangkat lapangan untuk TNI AD, TPU untuk TNI AL, TPH untuk TNI AU. Tanda kemahiran bordir untuk TNI AD dan TNI AU. Badge lokasi kesatuan bordir untuk TNI AD, logam untuk TNI AL dan TNI AU. Badge lokasi kesatuan bordir untuk TNI AD dan TNI AU. Tanda jabatan bordir untuk TNI AD, logam untuk TNI AL dan TNI AU.

4.

Keterangan. a. PDP wanita TNI. Spesifikasi dan atribut PDP Wanita TNI sama/sesuai dengan PDU IV Wanita TNI tiap-tiap Angkatan, kelengkapannya juga sama, tetapi ditambah dengan scraf, sarung tangan, senjata, sangkur, tas magazen, kopelriem dan draagriem, (Perwira ditambah pedang). b. Tanda pangkat : 1) Perwira : tanda pangkat dan tanda korps (TNI AD, TNI AU) bordir warna kuning/hitam (dipasang di krah Kemeja, tanda pangkat dikanan, tanda korps dikiri), untuk TNI AL TPU. 2) Bintara : tanda pangkat bordir berwarna kuning/hitam dipasang dilengan kiri dan kanan. 3) Tamtama : tanda pangkat bordir berwarna (TNI AD, TNI AU) warna merah, dipasang dilengan kiri dan kanan. c. Khusus POMAL menggunakan pakaian putih (PDU I) baret POM, draghriem, sarung tangan dan tali sandang warna putih, sepatu hitam putih, band lengan bertuliskan PM.

PAKAIAN DINAS SERAGAM HAMIL (PDSH) PDSH KOWAD

PAKAIAN DINAS SERAGAM HAMIL (PDSH). 1. Penggunaan. Dipakai wanita TNI yang sedang hamil dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai pengganti PDH I.

2.

Kelengkapan. a. b. Tas PDH warna hitam. Sepatu pantovel model PDH tinggi hak 2 cm.

3.

Atribut. a. b. Papan nama ebonit di bawah nama tertulis pangkat dan korps si pemakai. Badge lokasi/kesatuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK I (GAMSIK I) PDSM I

PA
PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK I (GAMSIK I) 1.

BA

TA

Penggunaan : Untuk upacara yang bersifat Satsik gabungan TNI. a. Upacara HUT Kemerdekaan RI. b. Upacara pelantikan Kkepala Negara/Wakil Kepala Negara. c. Upacara Hari TNI. d. Upacara penganugerahan tanda kehormatan negara, apabila dilaksanakan dengan Irup Presiden/Wakil Presiden RI. e. Upacara penyambutan/pengantaran tamu asing setingkat Kepala Negara asing/Kepala Pemerintahan. f. Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). g. Upacara Hari Pahlawan. h. Upacara penyumpahan Perwira dengan Irup Presiden/Wakil Presiden. i. Upacara ziarah nasional dan ziarah tamu negara asing.

2.

Kelengkapan. a. Tanda pangkat upacara bordir, dasar hitam diperkecil, untuk Bati dan Perwira pada lap/lidah pindak dengan epoulette hitam. b. Pet warna biru muda (untuk Ba, Ta memakai lis kuning sama dengan Pa). c. Lap/lidah pundak memakai lis warna kuning. d. Kopelriem warna putih. e. Scarf biru muda. f. Sarung tangan ¾ lengan warna putih. g. Sepatu ¾ lars warna putih dan kaos kaki warna putih (Sol sepatu warna putih).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit (dipasang 1 cm di atas saku sebelah kanan). Tanda pangkat upacara dengan monogram TNI untuk BA/TA dijahitkan pada ban lengan. Tanda-tanda kehormatan medali gantung besar. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jabatan.

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK II (GAMSIK II) PDSM II TNI AD

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK II (GAMSIK II) 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. Upacara apabila Irup dan undangan memakai PDU I,II dan III yang dilaksanakan di Angkatan masing-masing. Upacara HUT Angkatan. Upacara mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila. Upacara persemayaman dan pemakaman. Upacara Penyambutan tamu negara asing setingkat Menhan/ Panglima TNI.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. f. g. h. TPU bordir, dasar hitam diperkecil dan dijahitkan pada lengan jas untuk Ba/Ta, untuk Bati keatas di bordir langsung diatas epeulette jumbai. Epeulette warna dasar hitam berjumbai dari bahan benang gallon warna kuning. Pet upacara (TNI AD warna hijau, TNI AL warna abu-abu tua, TNI AU warna biru tua) dengan emblem/lambang angkatan. Lap/lidah pundak memakai lis warna kuning. Kopelriem warna putih dengan timang Raraswara Andrepati. Scarf warna kuning. Sarung tangan ¾ lengan warna putih. Sepatu ¾ lars dari kulit dan kaos kaki ( TNI AD, TNI AL, dan TNI AU sama warna hitam).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kepangkatan bentuk pita. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jabatan.

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK III (GAMSIK III) PDSM III TNI AD

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK III (GAMSIK III ). 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. Upacara bulanan. Upacara sertijab (Irup Kolonel ke bawah). Upacara kenaikan bendera. Upacara lainnya yang apabila Irup menggunakan PDH I/ PDH II. Upacara lainnya yang apabila pasukan upacara menggunakan PDP.

2.

Kelengkapan ( pria dan wanita sama ). a. Tutup kepala baret warna biru tua, lambang Rarawara Andrepati dengan dasar warna merah. b. Sabuk hitam harian lambang TNI. c. Sepatu harian dan kaos kaki warna hitam ( wanita tanpa kaos kaki ). d. Kaos dalam/T shirt warna kemeja. e. Tali koor (tali bahu) di pundak kanan dari bahan sutera pintal warna kuning list merah, lengkap dengan nestel.

3.

Atribut ( pria dan wanita sama ). a. b. c. d. e. f. Papan nama dari bahan ebonit. Tanda pangkat harian. Tanda jabatan logam warna kuning emas. Tanda kehormatan bentuk pita. Tanda kualifikasi/ kemampuan/ korps logam warna kuning emas. Badge dan lokasi satuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK IV (GAMSIK IV) PDSM IV TNI AD

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK IV ( GAMSIK IV ). 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. f. g. Upacara serah terima jabatan. Upacara pembukaan/penutupan pendidikan. Upacara penganugerahan tanda kehormatan dan lambang-lambang kesatuan. Peresmian dan likuidasi kesatuan. HUT Kesatuan/Korps/Kecabangan. Upacara penyambutan tamu negara asing setingkat Kas Angkatan. Upacara ziarah Kesatuan.

2.

Kelengkapan. a. tua). b. c. Pet upacara sesuai dengan warna Angkatan (TNI AD hijau, TNI AL Putih, dan TNI AU biru Sepatu ¾ dan kaos kaki (TNI AD dan TNI AU warna hitam, TNI AL warna putih). Badge dan lokasi satuan.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Tanda pangkat upacara dengan monogram TNI. Papan nama ebonit. Tanda kehormatan bentuk pita. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jabatan logam.

4.

Keterangan.

Bahan, warna dan bentuk sama dengan PDU IV.

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK V (GAMSIK V) PDSM V TNI AD

PAKAIAN DINAS SERAGAM MUSIK V (GAMSIK V). 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. Upacara pengantaran/penjemputan pasukan yang dilaksanakan tugas operasi. Upacara pembukaan/penutupan pendidikan dan latihan tempur dilapangan. Upacara gelar pasukan. Pelaksanaan geladi setiap upacara militer. Tugas/latihan lain yang ditentukan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. emas. d. kanan. e. nestel. f. f. g. Tutup kepala baret warna biru tua. Emblem baret lambang Raraswara Andrepati dengan dasar warna merah. Kopelriem warna putih dengan timang Raraswara Andrepati dari logam warna kunung Draagriem tunggal/selempang warna putih disilangkan dari pundak kiri ke pinggang sebelah Tali koor dipundak kanan dari bahan sutera pintal warna kuning lis merah, lengkap dengan Sepatu PDL standar TNI dari bahan kulit mengkilap pakai ritsluiting. Kaos kaki warna hitam. Sarung tangan ¾ lengan warna putih.

3.

Atribut. a. Papan nama bordir warna hitam dengan dasar kain warna hijau. b. Tanda pangkat lapangan dan korps warna hitam dengan dasar kain warna hijau dijahitkan pada krah. c. Tanda kehormatan. d. Tanda kualifikasi/kemampuan/korps bordir warna hitam dengan dasar kain warna hijau. e. Tanda jabatan bordir warna hitam dengan dasar kain warna hijau. f. Badge dan lokasi satuan bordir warna hitam dengan dasar kain warna hijau.

PAKAIAN DINAS SERAGAM KELOMPOK PEMBAWA LAMBANG KESATUAN.

PAKAIAN DINAS SERAGAM KELOMPOK PEMBAWA LAMBANG-LAMBANG KESATUAN. 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. Upacara HUT TNI Angkatan/Kesatuan/Korps/Kecabangan. Upacara serah terima jabatan komando. Upacara penyambutan pejabat negara asing setingkat Menteri/Panglima. Upacara penganugerahan tanda kehormatan lambang-lambang kesatuan. Upacara peresmian/likuidasi kesatuan.

2.

Kelengkapan. a. Helm warna putih (pria), pet putih (Wanita TNI) dengan lambang Angkatan masing-masing. b. Sepatu ¾ lars bertali, warna putih dengan sol kulit hitam dan kaos kaki putih. c. Sabuk kecil celana warna hitam. d. Sarung tangan ¾ (panjang 35 cm) warna putih. e. Scraf warna : TNI AD merah, TNI AL biru muda, TNI AU biru tua. f. Kopelriem biasa warna putih. g. Sabuk silang warna putih, di atas besar di bawah kecil (draagriem), dengan timang dada segi lima simbul angkatan, dasar kuning, pinggiran hitam.

3.

Atribut. a. Tanda kehormatan medali gantung besar.

b. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. c. Tanda jabatan. d. Papan nama ebonit. e. Tanda pangkat upacara untuk Pa (Pama dan Pamen) warna hitam bordir kuning di bahu, untuk Ba warna kuning dan untuk Ta (TNI AD dan AU warna merah, TNI AL warna biru) di lengan. f. Badge dan tanda lokasi satuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS SERAGAM PROVOS I (GAMPROV I) TNI AD.

HELM

BARET

PAKAIAN DINAS SERAGAM PROVOS I (GAMPROV I). Spesifikasi (bahan, warna, bentuk) dan atribut Pakian Dinas Seragam Provos I sama/sesuai dengan PDL TNI, sedangakan kelengkapannya disesuaikan dengan tugas yang dihadapi. 1. Kelengkapan. a. T shrit motif loreng TNI. b. Band lengan polos warna biru tua dengan huruf besar PROV warna putih. c. Kopelriem. d. Draagriem tunggal warna putih. e. Sarung pistol dan tas magazen warna putih. f. Tali peluit warna putih. g. Sepatu PDL warna hitam dan kaos kaki lapangan warna hitam. h. Senjata genggam (pistol). i. Knoppel dan borgol. j. Jas hujan. k. Helm dari fiber glass warna putih dengan huruf PROV warna biru yang dapat memantulkan cahaya (spot light)/baret/topi rimba. l. Baret khas Angkatan.

2.

Pemakai : Pa, Ba, Ta. Provos Mabes TNI/Angkatan/Satuan.

3.

Penggunaan. a. TPL bordir berwarna. b. Untuk tugas Provos di satuan masing-masing. c. Untuk membantu tugas POM dalam menjalankan tugas operasi Kepolisian Militer di daerah penugasan. d. Untuk tugas operasi Provos sesuai dengan kebutuhan dan perintah atasan.

PAKAIAN DINAS SERAGAM PROVOS II (GAMPROV II) TNI AD.

HELM

BARET

PAKAIAN DINAS SERAGAM PROVOS II (GAM PROV II). Pakaian Dinas Seragam Provos II Mabes TNI/Angkatan/Satuan sesuai/sama dengan Pakaian Dinas Harian tiap-tiap Angkatan.

1.

Penggunaan.

Untuk tugas harian didalam Kesatuan masing-masing.

2.

Kelengkapan. a. T shirt warna kemeja. b. Ban lengan polos warna biru tua dengan huruf besar PROV warna putih. c. Kopelriem warna putih. d. Draagriem tunggal warna putih. e. Sarung pistol dan tas magazen warna putih. f. Tali peluit warna putih. g. Sepatu dinas harian. h. Senjata genggam (pistol) i. Knoppel dan borgol. j. Jas hujan. k. Helm dari fiber glass warna putih dengan huruf PROV warna biru yang dapat memantulkan cahaya (spot light)/baret/pet lapangan. l. Baret khas Angkatan.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama ebonit. Tanda kaulifikasi/kemahiran/korps. Tanda pangkat harian. Tanda jabatan. Badge bordir berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri. Tanda lokasi Polisi Militer dipasang di lengan baju bagian kanan.

PAKAIAN DINAS POLISI MILITER I TNI AD (GAM POM I TNI AD). PRIA/HELM

PA

BA KOWAD/HELM

TA

PA PRIA/BARET

BA

PA

BA

TA

KOWAD/BARET

PA
PAKAIAN DINAS POLISI MILITER I (GAM POM I). 1. Penggunaan.

BA

a. Untuk menjalankan tugas dinas dalam. b. Untuk menjalankan tugas operasi kepolisian militer sesuai dengan kebutuhan dan perintah atasan.

2.

Kelengkapan. a. T. shirt sesuai dengan warna kemeja. b. Band lengan warna dasr biru tua bertuliskan PM warna putih dan badge lokasi masingmasing angkatan, pada ujung ban lengan berlubang dipasang pada lengan kemeja sebelah kiri. c. Kopelriem warna putih berlubang. d. Draagriem tunggal warna putih. e. Sarung pistol dan tas magazen warna putih. f. Tali peluit warna putih menempel dan melingkar pada ketiak sebelah kanan, peluit warna putih dipasang pada ujung tali. g. Sepatu kulit ¾ warna hitam putih dan kaos kaki lapangan warna hitam. h. Senjata/pistol. i. Knoppel dan borgol. j. Helm warna putih dengan huruf PM warna biru. k. Tali helm dari kulit warna putih.

3.

Atribut. a. b. c. d. Label nama bordir warna hitam dipasang diatas saku bagian kanan. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir dan berwarna, dipasang diatas saku bagian kiri. Tanda jabatan, dibordir dan berwarna, dipasang disaku bagian kanan, tengah. Tanda pangkat lapangan bordir dan berwarna : 1) Untuk Pa tanda pangkat lapangan dibordir dan berwarna dipasang di krah baju bagian kanan untuk korps dipasang di krah baju bagian kiri. 2) Untuk Ba/Ta tanda pangkat lapangan dibordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri dan kanan. e. f. g. Tanda badge lokasi bordir berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri. Tanda badge Polisi Militer bordir berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri. Tanda badge Polisi Militer bordir berwarna dipasang di lengan baju bagian kanan.

4. ]

Keterangan. a. b. c. TNI AD, bertuliskan PM TNI AL, bertuliskan PM TNI AU, bertuliskan PM

PAKAIAN DINAS POLISI MILITER II TNI AD (GAM POM II TNI AD)

TANPA JAKET
PAKAIAN DINAS POLISI MILITER II (GAM POM II) 1. Penggunaan.

PAKAI JAKET

a. Untuk tugas pengawalan bermotor pejabat VIP, pergeseran pasukan, material maupun kegiatan patroli. b. Untuk tugas pengawalan protokoler kenegaraan.

2.

Kelengkapan. a. T. Shirt sesuai dengan warna kemeja. b. Ban lengan warna dasar biru tua bertuliskan PM warna putih dan badge lokasi angkatan masing-masing pada ujung ban lengan berlubang dipasang pada lengan kemeja sebelah kiri. c. Kopelriem warna putih berlubang. d. Draagriem tunggal warna putih. e. Sarung pistol dan tas magazen warna putih. f. Tali peluit warna putih menempel dan melingkar pada ketiak sebelh kanan, peluit warna putih dipasang pada ujung tali. g. Sepatu tinggi sampai dengan lutut warna hitam dan kaos kaki lapangan warna hitam. h. Senjata/pistol. i. Borgol. j. Helm penuh sampai menutup telinga warna putih dengan huruf PM warna biru. k. Tali helm dari kulit warna putih. l. Sarung tangan panjang dari kulit berwarna putih strip biru. m. Pada malam hari dilengkapi dengan jaket kulit warna hitam.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Label nama bordir warna hitam dipasang di atas saku bagian kanan. Tanda kualifikasi, korps dibordir dan berwarna, dipasang di atas saku bagian kiri. Tanda jabatan, dibordir dan berwarna, dipasang disaku bagian kanan, tengah. Tanda pangkat lapangan berwarna dibordir, dipasang di lengan baju bagian kiri dan kanan. Tanda badge lokasi bordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri. Tanda badge Polisi Militer bordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kanan.

4.

Keterangan. a. Khusus pengawalan Presiden/Wakil Presiden dan tamu negara setingkat Presiden/Wakil Presiden RI menggunakan scraft dan sarung tangan warna putih. b. Tulisan helm dan ban lengan : 1) 2) 3) TNI AD bertuliskan PM. TNI AL bertuliskan PM. TNI AU bertuliskan PM.

PAKAIAN DINAS POLISI MILITER III TNI AD (GAMPOM III TNI AD) PRIA

PA

BA KOWAD

TA

PA
PAKAIAN DINAS POLISI MILITER III (GAMPOM III) 1. Penggunaan.

BA

a. Untuk tugas upacara parade dan defile. b. Untuk tugas-tugas Polisi Militer. c. Khusus pramuka kepresidenan menggunakan senjata/pistol. Tutup kepala menggunakan helm putih bertuliskan PM.

2.

Kelengkapan. a. T Shirt sesuai dengan warna kemeja. b. Ban lengan warna dasar biru tua bertuliskan PM warna putih dan badge lokasi angkatan masing-masing pada ujung ban lengan berlubang dipasang pada lengan kemeja sebelah kiri. c. Kopelriem warna putih berlubang. d. Double dragriem warna putih. e. Tas magazen dan sarung sangkur warna putih. f. Tali peluit warna putih menmpel dan melingkar pada ketiak sebelah kanan, peluit warna putih dipasang pada ujung tali. g. Sepatu kulit ¾ warna hitam putih dan kaos kaki lapangan warna hitam. h. Senapan panjang dan sangkur untuk Bintara/Tamtama.

i. j. k. l.

Baret biru. Tali sandang dan sarung sangkur warna putih. Sarung tangan dan scraft warna putih. Khusus Pa berpedang.

3.

Atribut. a. b. c. d. Label nama bordir warna hitam dipasang di atas saku bagian kanan. Tanda kualifikasi, korps dibordir dan berwarna, dipasang di atas saku bagian kiri. Tanda jabatan, dibordir dan berwarna, dipasang di saku bagian kanan, tengah. Tanda pangkat lapangan bordir dan berwarna : 1) Untuk Pa tanda pangkat lapangan dibordir dan berwarna dipasang di krah baju bagian kanan untuk korps dipasang di krah baju bagian kiri. 2) Untuk Ba/Ta tanda pangkat lapangan dibordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri dan kanan. e. f. Badge dan lokasi bordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kiri. Badge dan lokasi PM bordir dan berwarna dipasang di lengan baju bagian kanan.

4.

Keterangan. a. TNI AD. 1) 2) b. TNI AL. 1) 2) c. TNI AU. 1) 2) 3) Scraf warna biru cerah. Sarung tangan warna putih. Helm putih dan ban lengan bertuliskan PM. Scraf dan sarung tangan warna putih. Helm putih dan ban lengan bertuliskan PM. Sarung tangan dan scraft warna putih. Helm putih dan ban lengan bertuliskan PM.

PAKAIAN DINAS POLISI MILITER IV TNI AD (GAMPOM IV TNI AD).

PAKAIAN DINAS POLISI MILITER IV (GAMPOM IV). 1. Penggunaan. a. b. c. Untuk tugas operasi/tempur. Untuk tugas pengawalan pasukan di daerah operasi/tempur. Untuk tugas pengawalan pejabat VIP di daerah operasi/tempur.

2.

Kelengkapan. a. Tutup kepala helm bertuliskan PM warna putih. b. Ransel. c. Vedples. d. Misting. e. Kopelriem warna hitam. f. Senjata organik dan sangkur. g. Sarung pistol dan sangkur. h. Tas magazen. i. Sepatu dan kaos kaki lapangan warna hitam. j. T Shirt loreng TNI. k. Tali peluit warna putih menempel pada ketiak sebelah kanan, peluit warna putih dipasang pada ujung tali. l. Ban lengan warna dasar biru tua bertuliskan PM warna hitam dan badge lokasi warna hitam dipasang pada lengan kemeja kiri. m. Tali sandang warna hitam.

3.

Atribut. Pakaian Dinas PM IV memiliki atribut yang sama/sesuai dengan PDL I TNI.

4.

Keterangan. a. b. Pakaian Dinas PM IV merupakan pakaian dinas seragam PDL standar TNI. Helm warna hijau militer dan ban lengan : 1) TNI AD bertuliskan PM warna hitam.

2) 3)

TNI AL bertuliskan PM warna hitam. TNI AU bertuliskan PM warna hitam.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES I (GAM PAMMATAN)

PAKAIAN DINAS SERAGAM PENGAMANAN DAN PENYELAMATAN (GAM PASPAMRES I). 1. Penggunaan. Untuk pengamanan dan penyelamatan perjalanan dalam kendaraan konvoi VVIP pada setiap acara di wilayah jabotabek.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. Baret dan emblem angkatan/helm. Tanda pangkat tempel perekat, Pa di pundak, Ba/Ta di lengan kiri dan kanan. Kopelriem lubang. Sepatu lapangan dan kaos kaki warna hitam. Senjata/pistol dan tas magazen warna hitam.

f.

Tameng dan baju anti peluru (rompi).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Label nama dan monogram TNI bordir hitam. Badge dan lokasi Paspamres dasar kemeja bordir warna hitam. Papan nama bordir. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps bordir warna hitam. Tanda jabatan bordir warna hitam.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMRES II ( WALIS )

PA

BA

TA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMRES II ( MERAH PUTIH ). 1. Penggunaan. Untuk tugas pengawalan Istana Presiden Republik Indonesia.

2.

Kelengkapan.

a. Topi bludru warna merah hitam dengan tali warna kuning emas pada bagian depan serta emblem garuda pada tengah depan. Untuk Ba/Ta memakai ban lengan warna merah cabe dibordir gambar garuda, tulisan “Paspamres” dan tanda pangkat upacara warna hitam. b. Untuk Pa memakai ban lengan warna merah cabe dibordir gambar garuda dan tulisan “Paspamres”. c. Epolet anyaman tali warna kuning emas. Untuk Pa ditambah tanda pangkat d. upacara warna hitam. e. Kopelriem putih polos/berlubang dan timang garuda warna kuning emas. f. Senjata organik dengan tali sandang warna putih. g. Sepatu kelinci/PDL/Lars ¾,kaos kaki hitam ( warna hitam putih).

3.

Atribut. a. Badge dan lokasi Paspampres dasar warna merah gambar bordir warna kuning. b. Papan nama ebonit. c. Tanda pangkat upacara warna hitam, (untuk Pa pada epolet anyaman tali warna kuning emas, untuk Ba/Ta pada ban lengan warna merah cabe yang dibordir gambar Garuda, tulisan “Paspampres”). d. Tanda kehormatan medali gantung besar. e. Tanda kualifikasi/kemampuan. f. Tanda jabatan.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II (WALIS) 1. Penggunaan. mengawal Istana Negara. Pakaian Seragam Paspampres II digunakan oleh Paspampres untuk

2. Kelengkapan. Pakaian Seragam Paspampres II memiliki kelengkapan yang sama/sesuai dengan subpasal 2. a. s/d g. di atas, dengan menggunakan sepatu kelinci.

3. Atribut. subpasal 3 di atas.

Pakaian Seragam Paspampres II memiliki atribut yang sama/sesuai dengan

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II A (PASKIBRAKA).

PA

BA

TA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II A (PASKIBRAKA). 1. Panggunaan. Pakaian Seragam Paspampres II A memiliki digunakan oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Paspampres.

2. Kelengkapan. Pakaian Seragam Paspampres II A memiliki kelengkapan yang sama/sesuai dengan subpasal Paspampres II A (Merah Putih) 2. a. s/d g. di atas, dengan memakai sepatu PDL putih sol kulit berpaku jamur.

3. Atribut. Pakaian Seragam Paspampres II A memiliki atribut yang sama/sesuai dengan subpasal Paspampres II A (Merah Putih) 3. di atas.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II B (PASUKAN KEHORMATAN TAMU NEGARA).

PA

BA

TA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II B (PASUKAN KEHORMATAN TAMU NEGARA). 1. Penggunaan. Tamu Negara. Pakaian Seragam Paspampres II B digunakan oleh pasukan Kehormatan

2. Kelengkapan. Pakaian Seragam Paspampres II B memiliki kelengkapan yang sama/sesuai dengan subpasal Pakaian Seragam Paspampres II (Merah Putih) 2 a. s/d g. Di atas, ditambah sepatu PDL putih sol kulit berpaku jamur.

3. Atribut. subpasal 3 di atas.

Pakaian Seragam Paspampres II B memiliki atribut yang sama/sesuai dengan

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II C (PENGAWAL TIANG BENDERA)

PA

BA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II C (PENGAWAL TIANG BENDERA). 1. Penggunaan. Pakaian Seragam paspampres II C hanya digunakan oleh Ba/Ta Pengawal Tiang bendera pada upacara HUT Proklamasi Ri di Istana Negara Merdeka.

2. Kelengkapan. Pakaian Seragam Paspampres II C memiliki kelengkapan yang sama/sesuai dengan subpasal Pakaian Seragam Paspampres II (Merah Putih) 2. a. s/d g. Di atas, ditambah sepatu PDL putih.

3. Atribut. Pakaian Seragam Paspampres II C memiliki atribut yang sama/sesuai dengan subpasal Pakaian Seragam Paspampres II (Merah Putih) 3. di atas.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II D (SATSIKSUS)

PA

BA

TA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES II D (SATSIKSUS). 1. Penggunaan. Paspampres. Pakaian Seragam Paspampres II D digunakan oleh Satuan Musik

2. Kelengkapan. Pakaian Seragam Paspampres II D memiliki kelengkapan yang sama/sesuai dengan subpasal Pakaian Seragam Paspampres II (Merah Putih) 2. a. s/d g. di atas, ditambah sepatu laras ¾ warna putih.

3. Atribut. Pakaian Seragam Paspampres II D memiliki atribut yang sama/sesuai dengan subpasal Pakaian Seragam Paspampres II (Merah Putih) 3. di atas.

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES III (CORDON)

PA

BA

TA

PAKAIAN SERAGAM PASPAMPRES III (CORDON). 1. Penggunaan. Pakaian Seragam Paspampres III (Cordon) digunakan hanya untuk menyambut tamu negara saat jamuan makan.

2.

Kelengkapan. a. Papan nama ebonit. b. Badge lokasi Paspampres dasar merah gambar bordir warna kuning. c. Tanda pangkat upacara warna hitam. d. Topi bludru warna merah hitam bertali warna kuning emas pada bagian depan emblem di tengah depan. e. Ban lengan Paspampres warna merah dengan bordiran garuda dan Paspampres serta tanda pangkat upacara untuk Ba/Ta. f. Epolet tempat tanda pangkat upacara anyaman tali kuning emas, dan tanda pangkat upacara untuk Pa. g. Sabuk kecil warna hitam. h. Kopelriem putih. i. Senjata, tali sandang, tas magazen dan sarung sangkur warna putih. j. Sarung tangan warna putih.

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASPAMPRES IV (WALIS HIJAU)

PA

BA

TA

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASPAMPRES IV (WALIS HIJAU) 1. Penggunaan. Untuk tugas pengawalan Istana Negara.

2.

Kelengkapan.

a. Baret PM dengan emblem . b. Scraf dan tali kurt warna putih. c. Tanda pangkat lapangan, untuk Ba/Ta dijahit kanan-kiri untuk Bati dan Perwira di krah disesuaikan dengan korps pemakai. d. Band lengan polos warna putih dengan huruf PM. e. Dragriem silang ganda, kopelriem lubang dengan timang, dua tas magazen warna putih bahan polyster.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kehormatan medali gantung besar. Tanda kualifikasi/kemampuan. Tanda jabatan. Band lengan warna putih dengan tulisan PM warna biru.

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASPAMPRES V (GAM PRAMUKA)

PA

BA

TA

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASPAMPRES V (GAM PRAMUKA) 1. Penggunaan. Untuk tugas pengawalan Istana Negara.

2.

Kelengkapan. a. Baret. b. Scraf, tali kurt dan sarung tangan warna putih. c. Tanda pangkat lapangan, untuk Ba/Ta dijahit pada lengan jas kanan dan kiri, untuk Bati dan Perwira dijahit di krah jas disesuaikan dengan korps pemakai. d. Band lengan polos warna biru tua dengan huruf PM warna putih dan badge Mabes TNI. e. Dragriem silang ganda, kopelriem lubang dengan timang PM, sarung pistol dan tas magazen warna putih terbuat dari bahan polyster. f. Badge dan lokasi, bahan kain warna dasar Mabes TNI dibordir, dijahit di lengan kiri jas. g. Sepatu kelinci dan kaos kaki warna hitam.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kehormatan medali gantung besar. Tanda kualifikasi/kemampuan. Tanda jabatan.

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASUKAN/ SATUAN PROTOKOL TNI AD

PA

BA

TA

PAKAIAN DINAS SERAGAM PASUKAN/SATUAN PROTOKOL 1. Penggunaan. a. AKRS di pusat/Jakarta. b. Pasukan kehormatan pada upacara penyambutan tamu negara asing setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan/Menteri/Panglima TNI/Kas Angkatan.

2.

Kelengkapan. a. Helm warna putih lambang Angkatan dengan satu garis selebar 4 cm yang terputus 5 cm di bagian belakang. Warna garis (TNI AD merah, TNI AL biru muda, TNI AU biru tua). b. Sepatu ¾ lars bertali warna putih dengan sol kulit warna hitam dan kaos kaki warna putih. c. Sabuk celana hitam kecil. d. Sarung tangan ¾ lengan warna putih. e. Scraf berwarna (TNI AD merah, TNI AL biru laut, TNI AU biru muda). f. Kopelriem warna putih dari katun dengan timang lambang Angkatan dari logam putih di atas dasar segi lima dari logam warna kuning. g. Senjata, sangkur, dan tali sandang warna putih.

3.

Atribut. a. Tanda kehormatan pita. b. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. c. Tanda jabatan. d. Papan nama ebonit. e. Tanda pangkat upacara untuk Pa (Pama dan pamen) warna hitam bordir kuning di bahu. Untuk Ba dan Ta warna dasar hitam bordir kuning (Ta, AD, AU) warna merah, dan AL warna biru di lengan). f. Badge dan tanda lokasi Angkatan bordir berwarna sesuai dengan angkatan.

PAKAIAN DINAS SERAGAM WANITA TNI AD/KOWAD YANG BERTUGAS DI DAERAH ACEH. PAKAIAN DINAS UPACARA I

PA
PDU I 1. Penggunaan.

BA

a. Persemayaman dan upacara pemakaman secara militer di daerah Aceh. b. Upacara penganugerahan Tanda Kehormatan RI yang dilaksanakan oleh pejabat selain Presiden/Wakil Presiden RI di daerah Aceh. c. Upacara pelepasan purnawirawan/wisuda purnawira di daerah Aceh. d. Ziarah Nasional di daerah Aceh. e. Pengantaran/penyambutan jenazah di daerah Aceh. f. Upacara tabur bunga di laut (upacara Hari Dharma Samudera) di daerah Aceh. g. Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di daerah Aceh. h. Upacara Hari Pahlawan di daerah Aceh. i. Upacara kenegaraan (HUT negara asing dan Angkatan Perang negara asing yang dilaksanakan di daerah Aceh). k. Menghadiri upacara perkawinan (Pedang Pora).

2.

Kelengkapan. a. Pet/tutup kepala upacara. b. Jilbab. c. Kancing lambang angkatan warna kuning emas. d. Sepatu dinas upacara dan kaos kaki (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih) e. Ikat pinggang (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). f. Tas PDU (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih berlambang sesuai dengan ciri khas korps wanita Angkatan). g. Sarung tangan putih untuk Pa Kowal.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran. Tanda jabatan. Tanda kehormatan : medali gantung besar.

PAKAIAN DINAS UPACARA I A

PDU I A 1. Penggunaan. a. Upacara HUT Kemerdekaan RI di daerah Aceh. b. Upacara HUT TNI dan HUT Angkatan. c. Upacara penganugerahan tanda kehormatan yang dilaksanakan oleh Presiden/Wakil Presiden RI di daerah Aceh.

2.

Kelengkapan. a. Pet/tutup kepala upacara. b. Jilbab. c. Kancing lambang angkatan warna kuning emas. d. Sepatu dinas upacara dan kaos kaki (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). e. Ikat pinggang (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). f. Tas PDU (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih berlambang sesuai ciri korps wanita angkatan).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran. Tanda jabatan. Tanda Kehormatan : 1) 2) 3) 4) 5) Medali gantung besar. Selempang. Kalung. Patra. Medali gantung besar.

PAKAIAN DINAS UPACARA II

PDU II. 1. Penggunaan. a. b. c. d. Resepsi Kenegaraan. Resepsi Hari Nasional negara asing di Aceh. Resepsi Hari Angkatan Perang negara asing di Aceh. Tersebut 1) sampai dengan 3) digunakan pada malam hari.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Sepatu upacara dan kaos kaki warna hitam. Jilbab warna putih. Tas tangan/dompet.

3.

Atribut. a. b. c. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda kehormatan medali gantung kecil.

PAKAIAN DINAS UPACARA II A

PDU II A 1. Penggunaan. a. b. c. Resepsi HUT RI. Resepsi HUT TNI dan Angkatan. Tersebut 1) dan 2) digunakan pada malam hari.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Sepatu upacara dan kaos kaki warna hitam. Jilbab warna putih. Tas tangan/dompet.

3.

Atribut. a. b. c. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda kehormatan. 1) 2) 3) 4) Selempang. Kalung. Patra. Medali gantung besar. Pemakaian tanda kehormatan maksimal (selempang satu buah, kalung dua buah).

Keterangan.

PAKAIAN DINAS UPACARA III

PA
PDU III. 1. Penggunaan.

BA

a. Upacara hari peringatan Kesaktian Pancasila. b. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah perwira. c. Undangan pada upacara penyambutan/pengantaran tamu negara asing setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

2.

Kelengkapan. a. Pet/tutup kepala upacara. b. Jilbab. c. Kansing lambang angkatan warna kuning emas. d. Sepatu dinas upacara dan kaos kaki (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). e. Ikat pinggang (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). f. Tas PDU (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih berlambang sesuai dengan ciri khas korps wanita Angkatan).

3.

Atribut. a. b. c. d. e. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda Kualifikasi/kemahiran. Tanda jabatan. Tanda kehormatan pita.

4.

Keterangan. a. b. Perwira Kowal tanpa sarung tangan. Personel yang dilantik/disumpah menggunakan PDU I.

PAKAIAN DINAS UPACARA IV

PA
PDU IV. 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. f. g. h. i.

BA

Sidang pengadilan TNI bagi yang menjabat. Upacara serah terima jabatan dan pengambilan sumpah jabatan. Upacara pembukaan/penutupan pendidikan (Diktuk, Dikbangum, Dikbangspes). Peresmian monumen/gedung dan sebagainya. Upacara penganugerahan lambang-lambang satuan. Menerima kunjungan resmi kepala perwakilan diplomatik asing ke Markas/Kapal. Penyambutan/kunjungan balasan/pelepasan kapal perang asing. Peresmian dan likuidasi kesatuan. HUT kesatuan/korps/kecabangan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. Pet upacara. Sepatu dan kaso kaki (Kowad dan Wara warna hitam, Kowal warna putih). Jilbab. Tas upacara.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama ebonit. Tanda pangkat upacara. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jabatan. Tanda kehormatan pita. Badge lokasi satuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS HARIAN I

PA
PDH I 1. Penggunaan. a. b. c. d. e. f. g.

BA

Untuk bekerja sehari-hari di dalam ruangan, kompleks, kantor, asrama dan instansi lain. Mengikuti pelajaran yang bukan bersifat lapangan. Perjalanan dinas. Laporan dinas perorangan. Rapat, ceramah, pertemuan kedinasan. Untuk pesiar. Kegiatan lain yang ditentukan oleh pimpinan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. Tutup kepala jilbab warna putih dan muts. Sabuk hitam harian, dengan kepala sabuk lambang TNI. Sepatu dan kaos kaki harian warna hitam. Tas PDH warna hitam. ADC menggunakan tali bahu tanda pengenal sesuai dengan ketentuan.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama ebonit. Tanda pangkat harian. Tanda kehormatan pita. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jajaran logam warna kuning emas. Badge lokasi satuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS HARIAN II

PDH II 1. Penggunaan. a. b. c. d. Untuk bekerja sehari-hari di luar ruangan, kompleks, kantor, asrama dan instansi lain. Mengikuti/meninjau kegiatan latihan nontempur. Mengikuti/meninjau kegiatan sosial. Tugas/kegiatan lain yang ditentukan oleh pimpinan.

2.

Kelengkapan. a. b. c. d. e. Tutup kepala jilbab warna putih dan topi lapangan. Sabuk hitam harian, dengan kepala sabuk lambang TNI. Sepatu dan kaos kaki harian warna hitam. Tas PDH warna hitam. ADC menggunakan tali bahu tanda pengenal sesuai dengan ketentuan.

3.

Atribut. a. b. c. d. e. f. Papan nama ebonit. Tanda pangkat harian. Tanda kehormatan pita. Tanda kualifikasi/kemahiran/korps. Tanda jabatan logam warna kuning emas. Badge dan lokasi satuan bordir berwarna.

PAKAIAN DINAS HAMIL

PAKAIAN DINAS SERAGAM HAMIL (PDSH) 1. Penggunaan. Dipakai Wanita TNI yang berdinas di daerah Aceh selama masa hamil.

2.

Kelengkapan. a. b. c. Jilbab. Tas PDH warna hitam. Sepatu pantovel tinggi hak 2 cm dan kaos kaki warna hitam.

3.

Atrbut. a. b. Papan nama ebonit bagian bawah tertulis pangkat dan korps si pemakai. Badge lokasi satuan bordir berwarna dengan PDU IV umum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful