P. 1
materi kepemimpinan

materi kepemimpinan

|Views: 63|Likes:
Published by Bagus Kisworo

More info:

Published by: Bagus Kisworo on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2012

pdf

text

original

Pelatihan Kepemimpinan &Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar BEM FIP UNNES 2011

Bagus Kisworo

Hakikat Pemimpin Hakikat Pemimpin Sebagai Khalifah (Kodrati) Hakikat Pemimpin Sebagai Pemangku Jabatan ? .

‡ Kreatif ‡ Visioner ‡ Jujur ‡ Manusia Pembelajar ‡ Mentaati Norma Agama dan Sosial ‡ Berani ‡ Motivator ‡ Kharisma .

Gaya Kepemimpinan ‡ Demokratis ‡ Otoriter ‡ Paternalistis/Maternalistis ‡ Laizes Faire .

Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani .

Matur Sembah Nuwun .

Menurut Ken Maupin dan Mark Sanborn dalam artikel Failure of Leadership menjelaskan paling tidak ada 6 tanda kegagalan yaitu: Shift in Focus Tanda awal kegagalan kepemimpinan seseorang adalah bergesernya fokus sebagai pemimpin. Pergeseran itu bisa berupa kehilangan arah strategis kepada hal-hal yang kecil. .

. Dampaknya jelas! Bagaimana mungkin pengikut akan memahami komunikasi pada saat yang sama sang pemimpin tidak yakin lagi apa yang menjadi tujuannya. Inilah pangkal dari menurunnya kualitas komunikasi.Poor Communication Kehilangan fokus pada akhirnya menghasilkan disorientasi bagi seorang pemimpin.

Mereka menjadi khawatir tidak mencapai sukses lebih atau paling tidak mencapai seperti masa sebelumnya.‡ Risk Aversion Kesuksesan di masa lalu sering menghantui pemimpin. Kehawatiran tersebut justru makin menjauhkan pemimpin dari apa yang seharusnya ia lakukan agar sukses dalam kepemimpinannya saat ini. .

bila seorang pemimpin tidak dapat menjaga dirinya. Sungguh menyedihkan bahwa pada kenyataannya. maka tidak ada orang lain yang akan menjaganya. Poor Self Management Seorang pakar kepemimpinan menyebutkan salah satu menjadi pemimpinan hebat adalah don t be tired.Ethics Slip Prinsip tertinggi dari kepemimpinan adalah integritas. Kepemimpinan seseorang berada dalam bahaya. . begitu ada tanda pelanggaran nilai dan etika pada diri seseorang.

.‡ Lost Love Ken dan Mark menyebut kehilangan first love and dream untuk tanda kegagalan yang keenam ini. Sangat penting bagi seorang pemimpin merenungi dan memahami kembali apa yang membuat mereka menerima amanah kepemimpinan. First love and dream mereka artikan sebagai awal mula mengapa seseorang menerima tugas kepemimpinan dan apa visi yang mereka ingin capai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->