TARI MERAK

Ikuti latar belakang Tari Merak yang sangat terkenal itu. Tari Merak merupakan tarian kreasi baru yang diciptakan oleh seorang koreografer bernama Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an, dan tahun 1965 dibuat koreografi barunya oleh Dra. Irawati Durban Arjon dan direvisi kembali pada tahun 1985 dan diajarkan kepada Romanita Santoso pada tahun 1993. Tari Merak sebenarnya menggambarkan tentang tingkah laku burung merak jantan yang memiliki keindahan bulu ekor sehingga banyak orang yang salah memperkirakan bahwa tarian ini tentang tingkah laku merak betina. Seperti burung-burung lainnya, burung merak jantan akan berlomba-lomba menampilkan keindahan ekornya untuk menarik hati merak betina. Merak jantan yang pesolek akan melenggang dengan bangga mempertontonkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarnawarni untuk mencari pasangannya, dengan gayanya yang anggun dan memesona. Tingkah laku burung merak inilah yang divisualisasikan menjadi tarian merak yang menggambarkan keceriaan dan keanggunan gerak. Pesona bulu ekornya yang berwarna-warni diimplementasikan dalam kostum yang indah dengan sayap yang seluruhnya dihiasi payet, dan hiasan kepala (mahkota) yang disebut siger dengan hiasan berbentuk kepala burung merak yang akan bergoyang mengikuti gerakan kepala sang penari. Tarian ini sendiri banyak ditarikan di beberapa event, baik nasional maupun internasional seperti perkenalan budaya di luar negeri. Bahkan Tari Merak pun ditampilkan sebagai tari persembahan dan penyambutan pengantin.

TARI MERAK

Tari merak merak merupakan tarian popular di Tanah Jawa, versi yang berbeda bisa didapati juga di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur. Tari Merak merupakan tarian kreasi baru dari tanah Pasundan yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950-an dan dibuat ulang oleh dra. Irawati Durban pada tahun 1965. Banyak orang salah kaprah mengira jika tarian ini bercerita tentang kehidupan dan keceriaan merak betina, padahal tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina. Sang jantan akan menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina. Gerak gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona dirinya yang terbaik sehingga sang betina terpesona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka.

Setiap gerakan penuh makna ceria dan gembira. Kostumnya yang berwarna warni dengan aksen khas burung merak dan ciri khas yang paling dominan adalah sayapnya dipenuhi dengan payet yang bisa dibentangkan oleh sang penari dengan satu gerakan yang anggun menambah indah pesona tarian ini. . sehingga tarian ini kerap digunakan sebagai tarian persembahan bagi tamu atau menyambut pengantin pria menuju pelaminan. Dalam setiap acara tari Merak paling sering ditampilkan terutama untuk menyambut tamu agung atau untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama budaya Pasundan ke tingkat Internasional. serta mahkota yang berhiaskan kepala burung merak yang disebut singer yg akan bergoyang setiap penari menggerakkan kepalanya.

gaya lemah gemulai yang dimainkan sang penari sungguh indah dan anggun. Bisa dilakukan oleh seorang atau banyak penari. Tari Merak berasal dari tanah Pasundan.Sekarang ga terlalu sering ditampakkan budaya tari tradisional Indonesia. Tari Merak ini melambangkan gerakan-gerakan burung Merak. yang konon katanya diciptakan oleh seorang koreografer bernama Raden Tjetjep Somantri. dan layak dibanggakan. . padahal budaya kita sungguh banyak. Walaupun begitu. Penari pada umumnya memakai selendang yang terikat di pinggang. Hiasan kepalanya mencerminkan kepala burung Merak. Salah satunya adalah Tari Merak. Untuk tarian ini. Jawa Barat dan Jawa Timur memiliki versi yang berbeda. di tahun 50-an. di media-media nasional. jika dibentangkan akan menyerupai sayap burung. Sayang ya.

Merupakan tarian solo atau bisa juga dilakukan oleh beberapa orang penari. merupakan salah satu karakteristik tarian ini. Penari umumnya memakai selendang yang terikat dipinggang.Dahulu Sultan Ngayogyakartahadiningrat pernah menghadiahkan beberapa ekor burung Merak ke negeri kincir angin dan dipelihara di Istana Musim Panas sang Ratu Belanda. Gerakan tangan yang gemulai dan iringan gamelan. sudah tidak tampak burung Merak lagi. tarian ini kembali diperkenalkan dengan kreasi gerak baru oleh Irawati Urban. seorang koreografer tari Sunda pada tahun 1950-an. Location: Tari Merak Tanah Jawa Indonesia Tari merak Asal: Jawa Tengah Propinsi: Jawa Tengah Kontributor YouTube: 2arikaradia Keterangan: Tari Merak meerupakan tari paling populer di Tanah Jawa. Sayang seribu sayang. Penari juga memakai mahkota berbentuk kepala burung Merak. seorang . Seperti namanya tarian Merak merupakan tarian yang melambangkan gerakan-gerakan burung Merak. Tarian ini diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri. Sekarang sudah banyak dikembangbiakkan. Pada tahun 1965. Saat ini sudah menjadi Museum Nasional dan dibuka untuk umum. yang jika dibentangkan akan menyerupai sayap burung. Tari merak Tari Merak Tari Merak merupakan tarian kreasi baru dari daerah Pasundan. Burung Merak Ratu Belanda. dapat dijumpai di "Paleis Het Loo" di daerah Appeldorn. Jawa Barat. di halaman keraton Ngayogyakartahadiningrat sendiri. Versi yang berbeda bisa didapati juga di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Konon. selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung Merak. Gerakan lemah gemulai dari sang penari Merak menjadi ciri khas tersendiri dari pertunjukan tari Merak. Dalam sebuah pertunjukan. mereka mengenakan kostum yang penuh warna. tari Merak diajarkan dalam program ekstrakurikuler kepada santriwati sebagai bentuk pelestarian tari tradisional. serta hijau. tari Merak umumnya dimainkan oleh seorang atau beberapa orang penari wanita. kuning. Ketika dibentangkan. Jawa Barat. Menurut ceritanya. Gerakan tari Merak semakin terkesan mempesona ketika penari Merak menari sambil membentang sepasang sayap yang penuh warna. Di daerah Pasundan. Tari Merak seringkali menjadi tari menyambut kehadiran pengantin lelaki yang hendak berjalan menuju pelaminan. Dari awal hingga pertunjukan itu usai. mereka menampilkan gerakan layaknya seekor burung yang sedang melompat. Dalam sebuah pesta pernikahan adat Sunda. warna itu menggambarkan pesona warna dari burung merak. mereka juga mengenakan selendang yang warnanya senada dengan kostum penari. keseluruhan gerak dalam pertunjukan tari Merak ini menggambarkan seekor merak jantan yang berusaha menarik hati sang merak betina. keindahan serta kelincahan seekor burung Merak. Dengan diiringi seperangkat alat musik gamelan Sunda. Tari merak Sebenarnya di tanah Jawa ada beberapa tarian Merak. Selendang itu terikat pada pinggang penari Merak.wanita pecinta seni tari yang berasal dari daerah Bandung. Sesekali. Tari Merak biasa disuguhkan dalam penyambutan tamu yayasan dan apresiasi seni santri. penari Merak juga menggunakan mahkota yang berhiaskan replika kepala burung merak. Tari Merak merupakan tarian kreasi baru tanah Pasundan yang diciptakan oleh seorang . tari Merak seringkali dimainkan ketika menyambut kedatangan tamu kehormatan dalam sebuah acara. seperti merah. Tak pernah terlewatkan. pertunjukan tari Merak dimulai. penari Merak memainkan gerak yang menggambarkan keanggunan. karena saya orang sunda jadi saya kupas sedikit tentang tarian ini. Untuk menambah kesan menarik. Ketika pertunjukan. Di Al-Zaytun.

seorang koreografer tari Sunda pada tahun 1950-an. dan tahun 1965 dibuat koreografi baru oleh dra. Tari Merak seringkali menjadi tari menyambut kehadiran pengantin lelaki yang hendak berjalan menuju pelaminan. serta hijau. mereka juga mengenakan selendang yang warnanya senada dengan kostum penari. Dengan diiringi seperangkat alat musik gamelan Sunda. kuning. Tarian ini sendiri banyak ditarikan di beberapa even baik Nasional maupun perkenalan budaya di luar negeri. Gerakan lemah gemulai dari sang penari Merak menjadi ciri khas tersendiri dari pertunjukan tari Merak. keanggunan gerak. seorang wanita pecinta seni tari yang berasal dari daerah Bandung. selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung Merak. Ketika pertunjukan. Irawati langsung.koreografer bernama Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an. Tingkah laku burung Merak inilah yang divisualisasikan menjadi tarian Merak yang menggambarkan keceriaan. Konon. dengan gayanya yang anggun dan mempesona. seperti merah. dan hiasan kepala (mahkota) yang disebut ³sigeur´ dengan hiasan berbentuk kepala burung merak yang akan bergoyang mengikuti gerakan kepala sang penari. TARI MERAK Tari Merak merupakan tarian kreasi baru dari daerah Pasundan. bahkan tarian Merak ditampilkan juga sebagai tari persembahan dan penyambutan pengantin. Tak pernah terlewatkan. Tarian ini diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri. mereka mengenakan kostum yang penuh warna. warna itu menggambarkan pesona warna dari burung merak. pertunjukan tari Merak dimulai. Merak jantan yang pesolek akan melenggang dengan bangga mempertontonkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk mencari pasangannya. Sesekali. Tari Merak sebenarnya menggambarkan tentang tingkah laku burung Merak jantan dengan keindahan bulu ekornya. tari Merak seringkali dimainkan ketika menyambut kedatangan tamu kehormatan dalam sebuah acara. Jawa Barat. Seperti halnya burung-burung lain burung Merak jantan akan berlomba-lomba menampilkan keindahan ekornya untuk menarik hati merak betina. tarian ini kembali diperkenalkan dengan kreasi gerak baru oleh Irawati Urban. mereka menampilkan gerakan layaknya seekor burung yang sedang melompat. Dalam sebuah pertunjukan. Pada tahun 1965. . penari Merak juga menggunakan mahkota yang berhiaskan replika kepala burung merak. Di daerah Pasundan. tari Merak umumnya dimainkan oleh seorang atau beberapa orang penari wanita. Ketika dibentangkan. Jawa Barat. banyak orang salah memperkirakan bahwa tarian ini tentang tingkah laku Merak betina. Pesona bulu ekor yang berwarna-warni diimplementasikan dalam kostum yang indah dengan sayap yang seluruhnya diberikan payet. Irawati Durban Arjon dan di revisi kembali pada tahun 1985 dan diajarkan kepada Romanita Santoso pada tahun 1993 oleh dra. Selendang itu terikat pada pinggang penari Merak. Untuk menambah kesan menarik. Dalam sebuah pesta pernikahan adat Sunda.

Gerak gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona dirinya yang terbaik sehingga sang betina terpesona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka. TARI MERAK tarian merak adalah tarian dari tanah pasundan . Setiap gerakan penuh makna ceria dan gembira. Jenis tarian merak ini juga terdapat juga didaerah jawa tengah dan jawa timur dengan jenis tarian dan kostum berbeda namun masih menggunakan nama tarian merak. serta mahkota yang berhiaskan kepala burung merak yang disebut singer yg akan bergoyang setiap penari menggerakkan kepalanya. Sang jantan akan menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina. Irawati Durban pada tahun 1965 . meskipun tarian ini dibawakan oleh wanita . Tarian eksotik ini mengambarkan tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina. penari Merak memainkan gerak yang menggambarkan keanggunan. Tari merak . keindahan serta kelincahan seekor burung Merak. Dalam setiap acara tari Merak paling sering ditampilkan terutama untuk menyambut tamu agung atau untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama budaya Pasundan ke tingkat Internasional.Gerakan tari Merak semakin terkesan mempesona ketika penari Merak menari sambil membentang sepasang sayap yang penuh warna. keseluruhan gerak dalam pertunjukan tari Merak ini menggambarkan seekor merak jantan yang berusaha menarik hati sang merak betina. sehingga tarian ini kerap digunakan sebagai tarian persembahan bagi tamu atau menyambut pengantin pria menuju pelaminan. tarian merak ini termasuk tarian baru hasil ciptaan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an dan dibuat ualng oleh dra. Menurut ceritanya. Dari awal hingga pertunjukan itu usai. Kostumnya yang berwarna warni dengan aksen khas burung merak dan ciri khas yang paling dominan adalah sayapnya dipenuhi dengan payet yang bisa dibentangkan oleh sang penari dengan satu gerakan yang anggun menambah indah pesona tarian ini.

Mengenal Tari Merak Dari Pasundan Jawa Barat Tari Merak merupakan tarian kreasi baru dari tanah Pasundan yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an dan dibuat ualng oleh dra. Setiap gerakan penuh makna ceria dan gembira. serta mahkota yang berhiaskan kepala burung merak yang disebut singer yg akan bergoyang setiap penari menggerakkan kepalanya. Tarian ini sering digunakan untuk menyambut tamu agung ataupun untuk memeriahkan suatu acara. pendapat : Tari merak adalah salah satu tari tradisional yang sangat indah dan anggun gerakannya. Dalam setiap acara tari Merak paling sering ditampilkan terutama untuk menyambut tamu agung atau untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama budaya Pasundan ke tingkat Internasional. Banyak orang salah kaprah mengira jika tarian ini bercerita tentang kehidupan dan keceriaan merak betina. Seharusnya tarian ini sudah GO INTERNASIONAL karena dengan tarian khas dan kisahnya orang orang baik dalam maupun luar negeri pasti menyukainyaa. . sehingga tarian ini kerap digunakan sebagai tarian persembahan bagi tamu atau menyambut pengantin pria menuju pelaminan. padahal tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina. Sang jantan akan menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina. Gerak gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona dirinya yang terbaik sehingga sang betina terpesona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka. gerakan tari maupun kostum menari terhubung dengan kisah burung merak. Setiap gerakan memiliki arti khusus tersendiri. Irawati Durban pada tahun 1965 . Kostumnya yang berwarna warni dengan aksen khas burung merak dan ciri khas yang paling dominan adalah sayapnya dipenuhi dengan payet yang bisa dibentangkan oleh sang penari dengan satu gerakan yang anggun menambah indah pesona tarian ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful