P. 1
Konsep Suhu Dan Kalor

Konsep Suhu Dan Kalor

|Views: 234|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Ari Arfianto on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2014

pdf

text

original

Konsep suhu dan kalor

Suhu suatu sistem
Menentukan apakah sistem itu dalam keadaan setimbang termal dengan sistem lain atau tidak. Dua sistem berada dalam kesetimbangan termal jika sietem-sistem tersebut mempunyai suhu yang sama

°R? 960 °C. 768 °R .Skala suhu °K = °C + 273 untuk ilmu pengetahuan °F = 9/5 °C + 32 °C = 5/9 (°F ² 32) °R = 4/5 °C °C = digunakan untuk kedokteran Contoh: Titik lebur perak adalah 1760°F. 1233 °K. berapa titik lebur dalam °C. °K.

Konsep kalor/ panas A B T1 T2 Aliran Panas Kuantitas kalor (Q) jumlah energi yang berpindah selama waktu t.186 Joule . satuannya adalah kalori atau Joule Satu Kalori jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan temperatur 1 gram air sebesar 1 °C 1 Kal = 4.

Kalor jenis (kapasitas kalor spesifik) Adalah kalor yang diperlukan utk menaikkan suhu 1 satuan massa zat sebesar 1 °C (dilambangkan dengan ´cµ) Q = perubahan kalor (kal) c= Q m = massa (g) m T T = perubahan suhu (C) Air memiliki kalor jenis sebesar 1 kal/g°C .

Kapasitas kalor (C) Kalor yang dipergunakan untuk menaikkan suhu seluruh benda sebesar 1 °C C=cm = Q/ T = kal/ °C Q=mc T .

mengembun. dan menyublim Banyaknya panas persatuan massa benda pada waktu terjadi perubahan fase kalor laten (L) Panas yang diserap/ dikeluarkan pada perubahan fase adalah Q = m.Kalor laten Adalah kalor yang diserap benda bermassa m pada peristiwa melebur.L . mendidih.

Kalor lebur Adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk melebur satu satuan massa pada suhu tetap Kalor yang dilepaskan satu satuan massa lelehan sewaktu membeku pada suhu tetap Kalor lebur air pada 0 C = 80 kal/g .

untuk air 100C 540 kal/g .Kalor uap Jumlah kalor yang diperlukan untuk menguapkan satu satuan massa zat pada suhu tetap.

Kalor sublimasi Adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk mengubah satu satuan massa padatan menjadi uap pada suhu tetap .

.

b. .Perpindahan kalor Kalor akan mengalir dari benda yang mempunyai temperatur tinggi ke benda yang mempunyai temperatur lebih rendah Konduksi (hantaran) Konveksi (aliran) Radiasi (pancaran) a. c.

Konduksi Konduksi adalah peristiwa dimana kalor berpindah dalam zat akibat tumbukan antar molekul-molekul zat tersebut L JQ T1 T2 T1 > T2 Perpindahan kalor JQ (kal/cm²s) = -k T/L K = koefisien konduktifitas termal T= T1 T2 .

Contoh.. Panas mengalir dari kulit ke udara kulit udara JQ Ti X X Pada jarak X dari dalam kulit sampai permukaan kulit T = T1 Di udara pada jarak X T = T2 Diantara 2 permukaan T = Ti Hantaran panas melalui kulit harus sama dengan udara di sekitarnya ..

Konveksi Kalor berpindah secara konveksi berarti ada fluida yang panas yang mengalir dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah Fluida bersuhu lebih tinggi mempunyai energi dalam lebih tinggi dari pada fluida bersuhu rendah Energi berpindah dari daerah bersuhu lebih tinggi ke daerah bersuhu lebih rendah bersama fluida tersebut Peristiwa serupa terjadi dalam atmosfer bumi .

A . (T2-T1) Dengan: H = joule/detik (watt) h = koefisien konveksi (watt/m °C) A = luas penampang fluida panas (m) T2 = suhu sumber panas (suhu tinggi) T1 = suhu sekelilingnya (suhu rendah) .Jumlah kalor yang dialirkan persatuan waktu dinyatakan dengan persamaan H = Q/t H = h .

bendabenda pada suhu kamar terutama memancarkan penyinaran inframerah. sedangkan benda-benda bersuhu tinggi misalnya filamen lampu penerangan memancarkan radiasi tampak disamping juga inframerah .Radiasi ‡ Energi elektromagnetik yang merambat melalui ruang hampa dengan laju 3 x 108 m/s ‡ Semua benda memancarkan radiasi.

Energi yang dipancarkan oleh sebuah benda persatuan waktu dari sebuah benda seluas A dan bersuhu mutlak Te adalah: He = e A Te4 = 5. benda putih e = 0) .67 x 10-8 (tetapan Stefan Boltzman) e = emisivitas (benda hitam e = 1.

Sebuah benda bersuhu Te diletakkan dalam ruang dengan dinding-dindingnya bersuhu Ta akan menyerap radiasi dari dinding-dinding itu dengan laju: He = e A Te4 Jadi pada benda yang lebih panas dari pada dinding-dinding (Te > Ta) maka timbul radiasi netto dari benda ke dinding dengan laju: H = He .Ha = e A (Te4 .Ta4) .

9 m dan emisivitas kulit manusia terhadap sinar inframerah 0.9) (3014 ² 2944) = 66.Contoh.Ta4) = (0.. Berapa laju kalor radiasi dari badan seseorang itu jika luas permukaan total dari badan 1.4 watt ..97) (5. Jawab: H = He .67x10-8) (1.97. Suhu kulit seseorang yang duduk dalam sebuah kamar pada 22°C adalah 28°C.Ha = e A (Te4 .

Penguapan (evaporasi) Perubahan molekul-molekul dari cair menjadi gas Kalor penguapan molar: Jumlah energi yang diperlukan untuk menguapkan satu mol zat cair Kalor penguapan molar air pada 37 C adalah 43.4 KJ/18g = 2.4 KJ dan karena 1 mol air adalah 18 gram berarti bahwa 43.4 KJ/g energi yang dilepaskan untuk setiap air yang diuapkan. b. a. .

Contoh. Berapa laju kalor yang dilepaskan karena penguapan di atas? Jawab: Q = Q.L = (600) (2. pada manusia tetap ada penguapan air dari kulit...4) = 1.44 x 106 J 24x60x60 = 17 watt .44 x 103 KJ = 1.44 x 106 J Maka H = Q/t = 1. paru mencapai 600 gram air per hari. Dalam keadaan berpeluh.

Terima kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->