P. 1
4_ SPM_2

4_ SPM_2

|Views: 146|Likes:

More info:

Published by: Fery Penuh Perhitungan on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2012

pdf

text

original

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG

SILABUS MATA KULIAH Mata Kuliah : Sistem Pengendalian Manajemen Kode SKS : B1A 416 : 3 SKS

Semester/TA : Ganjil / TA 2010/2011 Prasyarat : Manajemen Stratejik

Dosen/ Asisten : Prof. Dr. Wahyudin Zarkasy, SE., M.Si., Ak Dr. Hj. Roebiandini Soemantri, SE., M.Si., Ak H. Harry Suharman, SE., MA., Ak Wiyas Yulias Hasbu, SE., MBA., Ak Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pendalaman, dan keterampilan analitikal yang berhubungan dengan perancangan, pengimplementasian, dan penggunaan system perencanaan dan pengendalian manajemen sehingga mampu untuk mengimplementasikannya dalam strategi organisasi Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti kuliah ini, diharapkan mahasiswa memperoleh pengetahuan, pendalaman, dan keterampilan analitikal yang berhubungan dengan perancangan, pengimplementasian, dan penggunaan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen sehingga mampu untuk mengimplementasikannya dakam strategi organisasi. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft-skill) adalah: Deskripsi Pengembangan ketrampilan teknis Pengembangan ketrampilan analitikal Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting) Pengembangan ketrampilan mengelola waktu Pengembangan ketrampilan menulis ada ada ada ada -

Pengembangan ketrampilan presentasi (public speaking) Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompok Pengembangan kepercayaan diri Pengembangan ketrampilan memecahkan masalah Pengembangan ketrampilan Bahasa Inggris ada ada ada ada ada Metode Pengajaran Evaluasi Hasil Pembelajaran UTS UAS 40% 40% Tugas/partisipasi/Paper/Kuis 20% Materi Pertemuan Ke 1 Pokok Bahasan Hakekat SPM Sub Pokok Bahasan Unsur-unsur SPM Hubungan antara fungsi perencanaan dan pengendalian Perbedaan antara perumusan strategi dengan pengendalian manajemen Perbedaan antara pengendalian manajemen dengan pengendalian tugas Berbagai tujuan organisasi Pengertian keselarasan tujuan (goal congruence) dan faktor-faktor informal yang berpengaruh terhadap keselarasan tujuan Sistem pengendalian yang formal Tipe-tipe organisasi Fungsi controller Karakteristik pusat pertanggungjawaban Pengertian istilah efisiensi dan efektivitas Pusat administrasi dan pendukung Pusat penelitian dan pengembangan Pengertian unit usaha Pembentukan pusat laba selain unit usaha Pengukuran profitabilitas Sasaran dari harga transfer Metode-metode harga transfer Penetapan harga jasa dari unit staf Referensi BW Bab 1 2 Perilaku di dalam organisasi - BW Bab 2 3 Pusat pertanggungjawaba n: Pusat pendapatan dan biaya - BW Bab 3 4 Pusat Laba BW Bab 4 5 Harga transfer BW Bab 5 .

TQM.6 Pengukuran dan pengendalian atas aktiva yang digunakan - - 8 9 Penyiapan anggaran 7 Pemahaman strategi dan perencanaan strategi Administrasi harga transfer Berbagai pengukuran atas aktiva yang digunakan dalam suatu pusat investasi Pengukuran kinerja pusat investasi berdasarkan ROI dan Residual Income Pendekatan alternatif untuk mengevaluasi manajer Evaluasi terhadap kinerja ekonomi Konsep strategi Dua tingkatan strategi. yaitu strategi korporasi dan strategi unti usaha Karakteristik perencanaan stratejik Analisis usulan program baru Analisis atas program yang sedang berjalan Proses perencanaan strategi UTS Karakteristik anggaran Jenis-jenis anggaran Proses penyiapan anggaran Aspek perilaku dari anggaran Teknik-teknik kuantitatif dalam penyusunan anggaran Informasi yang digunakan dalam pengendalian operasi Perkembangan-perkembangan baru: JIT. DSS. CIM. ABS Berbagai perhitungan varians Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam analisis varians Pertimbangan perilaku dalam evaluasi kinerja Hasil-hasil penelitian yang bersangkutan dengan insentif yang diberlakukan dalam satu organisasi Karakteristik rencana kompensasi insentif Insentif untuk pejabat korporat Insentif untuk manajer unit bisnis Teori keagenan Karakteristik organisasi jasa Karakteristik khusus organisasi jasa profesional dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakterisik khusus organisasi pelayanan kesehatan dan BW Bab 6 BW Bab 7 dan 8 BW Bab 9 10 Pengendalian manajemen atas operasi BW Bab 10 11 Laporan Analisis Kinerja - BW Bab 11 12 Kompensasi untuk manajemen - - 13 Organisasi jasa BW Bab 14 - .

harus disebutkan sumbernya. . Jika mahasiswa memasukkan kata-kata/kalimat dari penulis lain.Anthony. Management Control Systems. Management Control Systems.- - 14 Organisasi jasa keuangan - - - 15 Organisasi multinasional dan pengendalian manajemen atas proyek - 16 UAS aplikasi SPM organisasi tersebut Karakterisik khusus organisasi nirlaba dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakterisik khusus organisasi pemerintah dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakteristik khusus perusahaan dagang Karakteristik organisasi jasa BW Bab 15 keuangan Karakterisik khusus organisasi jasa perbankan dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakterisik khusus perusahaan reksadana dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakterisik khusus perusahaan asuransi dan aplikasi SPM organisasi tersebut Karakteristik organisasi BW Bab 17 multinasional dan 17 Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan kurs konversi pada organisasi multinasional Pengukuran kinerja organisasi multinasional Sifat-sifat suatu proyek Lingkungan pengendalian atas proyek Perencanaan. edisi terbaru Buku-buku akuntansi manajemen dan akuntansi biaya lainnya Plagiarisme Plagiarisme adalah memasukkan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Govindarajan. dan evaluasi proyek Sumber Bacaan Referensi Wajib: . Edisi terbaru. Robert. Referensi Anjuran: Maciaciello. Prentice Hall. pelaksanaan.

web. dikeluarkan dari FE UNPAD Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper. Statement of Authorship “Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. mahasiswa dilarang melakukan plagiarisme dan akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan plagiarisme. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.Plagiarisme termasuk juga menyalin (mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (mengkopi) dari buku. Sanksi jika melakukan plagiarisme: • • • Satu kali. Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menggunakannya.” Nama NPM Tandatangan Mata Ajaran : : : : Judul Makalah/Tugas : Tanggal Dosen : : (Dibuat oleh seluruh anggota kelompok) . majalah koran dan lain-lain Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa menyebutkan sumbernya Sesuai dengan aturan tata tertib dan kode etik kemahasiswaan seperti yang tercantum di Buku Pedoman FE UNPAD. jurnal. Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme. maksimum E Dua kali. sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol. mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali. harus menyertakan Statement of Authorship berikut ini di halaman depan makalah/papernya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->