P. 1
Volume Kerucut (Kaswati)

Volume Kerucut (Kaswati)

|Views: 230|Likes:
Published by Abdul Halim

More info:

Published by: Abdul Halim on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2015

pdf

text

original

Volume Kerucut (Oleh: Kaswati

)
Fungsi/kegunaan Peraga Volume kerucut merupakan salah satu alat peraga matematika yang digunakan untuk membuktikan kebenaran bahwa volume kerucut = 1/3 r2t Petunjuk Kerja : 1. Isilah kerucut dengan pasir sampai rata dengan permukaan kerucut (peres) 2. Kemudian tuangkan pasir dari kerucut tersebut ke dalam tabung 3. Ulangi langkah 1 dan 2 sampai tabung menjadi penuh (peres) 4. Dari beberapa kali penuangan sampai pasir rata dengan permukaan tabung 5. Akan ditemukan hubungan antara volume tabung dengan volume kerucut.

Hubungan antara volume tabung dengan volume kerucut adalah : Volume tabung = 3 × volume kerucut Volume kerucut = 1/3 volume tabung = 1/3 ( luas alas × tinggi) = 1/3 (r2 × t) Jadi Volume kerucut = 1/3 r2t tinggi tabung = tinggi kerucut jari-jari tabung = jari-jari kerucut   b. c.

Tugas : a. Siapkan tabung dan kerucut yang memenuhi: Tinggi tabung = tinggi kerucut jari-jari alas tabung = jari-jari alas kerucut

isilah tabung dengan pasir menggunakan kerucut sebagai takarannya Berapa kali takaran kerucut yang diperlukan agar pasir memenuhi tabung?

5. Berapa kali takaran limas yang diperlukan agar pasir memenuhi balok? . Siapkan limas dan balok yang memenuhi:   Tinggi limas = tinggi balok Luas permukaan limas = luas permukaan balok b.VOLUME LIMAS (Oleh: Kaswati) Fungsi/Kegunaan : Peraga volume limas merupakan salah satu alat peraga matematika yang digunakan untuk membuktikan kebenaran bahwa Volume limas = ( 1/3 × p × l × t) Petunjuk kerja : 1. 4. 2. isilah balok dengan pasir menggunakan limas sebagai takarannya c. 3. Isilah Limas dengan pasir sampai rata dengan permukaan limas (peres) Kemudian tuangkan pasir dari limas tersebut ke dalam balok Ulangi langkah 1 dan 2 sampai tabung menjadi penuh (peres) Dari beberapa kali penuangan sampai pasir rata dengan permukaan balok Akan ditemukan hubungan antara volume limas dengan volume balok. Hubungan antara volume limas dengan vulome balok adalah sebagai berikut: Volume balok = 3 × volume limas Volume limas = 1/3 volume balok = 1/3 (luas alas × tinggi) = 1/3 (p × l × t ) Tugas : a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->