Persamaan Garis Lurus

Beberapa hari lalu ada seorang siswi SLTP datang ke studio MATKITA.COM. Namanya Indira, biasa dipanggil Dira. Dira diantar oleh ibunya. Katanya mw belajar Matematika, tentang gradien. Maksudnya gradien dari garis lurus. Oh ... persamaan garis lurus?? Boleh ... boleh ... Mulai dari mana ya? Apakah Dira sudah tahu bentuk umum dari persamaan garis lurus? Biasanya kita diperkenalkan dengan 2 cara penulisan bentuk umum dari persamaan garis lurus, yaitu ... y = mx + c m dan c disebut koefisien, yang merupakan bilangan. Koefisien m inilah yang dimaksudkan dengan gradien dari sebuah garis lurus dengan persamaan y = mx + c. Bentuk yang lain adalah ax + by + c = 0 Bentuk ini dapat diubah menjadi by = -ax - c y = -a/bx - c/b Nah ... berarti m = -a/b inilah yang dimaksudkan dengan gradien dari sebuah garis lurus dengan persamaan ax + by + c = 0 . Ooh ... ternyata begitu membuka buku yang dibawa Dira, permasalahan yang ditanyakan pertama-tama adalah menentukan gradien dari garis yang melalui 2 titik yang diketahui koordinatnya. Sebagai contoh menentukan gradien garis yang melalui titik-titik A(-2,3) dan B(7,4). Kalau dilihat pada gambar yang dimaksud dengan gradien adalah kemiringan garis berikut:

Secara perhitungan rumus sebagai berikut: Titik_titiknya kita namai dengan A(x1,y1) dan B(x2,y2) m = y/ x m = y1 - y2/x1 - x2

3) dan B(7.y1) dan (x2.Jadi gradien garis yang melalui titik-titik A(-2.3 y-3 4 .(-5) = -6 .y1 = m(x .x1 Tentunya ini untuk persamaan garis yang melalui 2 titik dengan koordinat (x1.-6).7 = -1/-9 = 1/9 y .y1) dan gradien m. ada lagi rumus kedua: y .y1 x 2 . Dan.x1 = y 2 .(-5) x+5 = -9 9 .4/-2 . yang gambarnya adalah sebagai berikut: Menentukan persamaan garis dengan menggunakan rumus sebagai berikut: y-3 x .3) dan B(4.y2).y1 x .x1) yang ini tentunya untuk persamaan garis yang melalui 1 titik dengan koordinat (x1. Sebagai contoh menentukan persamaan gasis yang melalui titik A(-5.4) adalah: m = 3 .

-6) adalah y = -x .2. berpotongan atau berpotongan tegak lurus.4 = 9 /-9 = -1 Ok. Sekarang Dira sudah mengenali apa itu gradien. kapan ...5 y = -x ..y1 = m(x . Kemudian kita gunakan rumus: y .3) dan B(4.-6) adalah benar y = -x ..x2 = 3 . lagi-lagi.x1) y . Dira . Ahaha . lengkap sudah Dira belajar persamaan garis luru .3).3 = -x .3 = -(x + 5) y ...(-6) /-5 . Perhatikan persamaan 2 garis berikut: l1: y = m1x + c1 l2: y = m2x + c2 m = y/x Maka akan berlaku: m1 = m2 dan c1 = c2 l1 berimpit l2 m1 = m2 dan c1  c2 l1 sejajar l2 m1  m2 l1 berpotongan l2 m1  m2 dan m1 ..y2 /x1 . berarti perhitungan gradiennya sudah benar m = -1 Nah . sejajar.5 y = -x -2 Nah . sekarang kita lihat rumus yang kedua untuk mencari persamaan garis yang melalui titik-titik A(-5..3 = -1(x . berimpit. berarti gradiennya adalah m = -1.y ..2. Sudah bisa mencari dengan menggunakan rumus-rumus yang diberikan. persamaan garis yang melalui titik A(-5. Dengan menggunakan m = -1 dan memilih salah satu titik diantara A atau B.... persamaan garis lurus...2 Nah . setelah diketemukannya persamaan garis melalui titik-titik A(-5. tak diragukan lagi.3) dan B(4.(-5)) y -3 = -x . m2 = -1 l1 berpotongan dan saling tegak lurus l2 Dah.-6). Sekarang mari kita coba menghitung dengan rumus: m = y1 . perhitungan kita benar. Dan sudah bisa membayangkan dengan gambar-gambar Lain waktu kita jumpa lagi dengan sifat-sifat 2 garis lurus.3) dan B(4. Disini kita pilih A(-5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful