P. 1
Konsep Etika

Konsep Etika

|Views: 4,188|Likes:
Published by Dominikus

More info:

Published by: Dominikus on Nov 06, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

KONSEP ETIKA

By: Dian Dwiana,S.Kep

 PENGERTIAN
 

Etik atau ethics berasal dari bahasa Yunani, yaitu etos yang artinya adat, kebiasaan, perilaku atau karakter. Menurut kamus Webster, etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral

Kesimpulan: Dari pengertian diatas etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup di dalam masyarakat yang menyangkut aturan- aturan atau prinsip- prinsip yang menentukan tingkah laku yang benar, yaitu: e. Baik dan buruk f. Kewajiban dan tanggung jawab.

MORAL

Istilah ini berasal dari bahasa latin yang bearti adat dan kebiasaan. Pengertian moral adalah perilaku yang di harapkan oleh masyarakat yang merupakan “ standar perilaku” dan “nilai – nilai” yang harus diperhatikan bila seseorang menjadi anggota masyarakat dimana ia tinggal.

ETIKET atau ADAT

Merupakan sesuatu yang di kenal, diketahui, diulang, serta menjadi suatu kebiasaan di dalam suatu masyarakat, baik berupa kata- kata atau suatu bentuk perbuatan yang nyata.

Ketiga istilah diatas:

Etika --- ,Moral --- dan Etiket--- sulit untuk dibedakan, hanya dapat dilihat bahwa etika lebih menitik beratkan pada aturan – aturan, prinsip- prinsip yang melandasi perilaku yang mendasar dan mendekati aturan – aturan, hukum, dan undang- undang yang membedakan benar atau salah secara moralitas.

ETIK DALAM KEPERAWATAN

Untuk menjadi seorang profesional dewasa yg mampu secara aktif berpartisipasi dalam dimensi etis praktik mereka, seorang perawat harus terus mengembangkan suatu perasaan yang kuat tentang identitas moral mereka, mencari dukungan dari sumber profesional yang tersedia dan mengembangkan pengetahuan serta kemampuan mereka dalam bidang etik.

Posisi atau identitas moral perawat yang disebut :
“ Etik perawatan” dijelaskan di dalam : kode etik profesional, menugaskan tanggung jawab dan tanggung gugat, dan komite etik institusional memberikan dukungan dan arahan untuk praktik etis.

Etik keperawatan

Etik keperawatan di hubungkan dengan hubungan antar masyarakat dan dengan karakter serta sikap perawat terhadap orang lain. Pengetahuan perawatan diperoleh melalui keterlibatan pribadi dan emosional dengan orang lain dengan ikut terlibat dalam masalah moral mereka ( Cooper, 1991).

SEKIAN
DAN TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->