P. 1
Proposal Usaha

Proposal Usaha

|Views: 266|Likes:
Published by Allu Synyster Tank

More info:

Published by: Allu Synyster Tank on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Saat ini Indonesia sudah memasuki era globalisasi yang mana pekerjaan rutinitas ataupun tidak yang umumnya dilakukan dengan cara-cara tradisional dan kurang efisien semakin berubah menuju pekerjaan yang berbasis sistem komputerisasi yang efisien, sehingga persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini menuntut adanya alat bantu atau sistem pekerjaan yang mudah, cepat, tepat, akurat, dan efisien. Banyak perusahaan baik perusahaan di bidang jasa atau perdagangan yang mengiklankan usahanya melalui sebuah web. Sehingga dengan kemajuan teknologi informasi memungkinkan kita untuk penyusunan dan pengaturan pola kerja yang tertata dengan baik dan rapi memungkinkan penyajian, pencarian, dan pengecekan data internal perusahaan selalu siap kapanpun dibutuhkan sehingga tidak lagi dibatasi oleh waktu. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari penggunaan informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Seperti yang disebutkan diatas, dengan adanya teknologi Informasi, pekerjaan akan terasa lebih ringan dan lebih menghemat waktu. Pekerjaan pun bisa terselesaikan lebih cepat dan rapi seperti tidak perlu lagi menggunakan banyak kertas untuk menyimpan file-file penting perusahaan. Dan di Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) sendiri, bidang usaha teknologi informasi merupakan suatu hal yang masih langka, dicari, serta diminati. Khusus untuk Web Design dan Web Programing, NTB masih menjadi ladang yang subur untuk mengembangkan usaha ini. Hal ini sejalan dengan masih minimnya usaha teknologi informasi yang menyediakan layanan atas pembuatan web design. Kalaupun ada, masih berupa individu (freelancer) yang masih belum memiliki izin yang resmi sehingga belum mampu untuk melebarkan jangkauannya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, kami yakin apa yang akan kami kerjakan melalui usaha pengembangan dibidang Information Technology atau lebih dikenal dengan IT (Teknologi Informasi / TI) ini terutama pengembangan software dan website (Software Development & Website), akan mampu mempermudah pekerjaan dari seluruh kalangan yang berujung pada penerimaan usaha kami secara cepat.

1.2 Pemilihan Objek Usaha Adapun pemilihan objek usaha di bidang Pengembangan IT (IT Development) adalah sebagai berikut: 1. Masih minimnya usaha sejenis (pesaing) yang ada di pasar terutama untuk bidang Web Design & Programing serta Software Development. 2. Besarnya peluang pasar bagi Pengembangan IT (IT Development) pada pasar Lombok khususnya dan NTB pada umumnya, hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan dari konsumen baik instansi pemerintah, swasta ataupun pendidikan. 3. Kami memiliki tenaga yang terampil dan ahli pada bidang usaha yang kami pilih yakni Pengembangan IT. 1.3 Tujuan Usaha Adapun tujuan adanya usaha Pengembangan IT (IT Development) ini adalah sebagai berikut: 1. Menjadikan usaha kami (Sasak Techno) sebagai usaha di bidang IT terbesar di Pulau Lombok. 2. Pemberian kemudahan pada masyarakat melalui penyediaan Pengembangan Teknologi Informasi. 3. Menciptakan produk yang berkualitas, mudah digunakan, serta mengikuti trend teknologi. 4. Memberikan pelayanan prima dengan menerapkan prosudur standar kerja dan dukungan sumber daya manusia yang handal, berkualitas dan kompeten. 5. Memberikan manfaat bagi semua pihak serta bersama-sama membangun teknologi informasi NTB menjadi lebih baik.

Software Development 3. sebab kebanyakan konsumen melakukan pemesanan langsung ke luar daerah untuk mendapatkan layanan ini.1 ASPEK PASAR DAN PEMASARAN A. layanan yang disediakan berupa website dengan sistem content management system (CMS) di mana pengguna dapat melakukan modifikasi pada content website sesuai dengan keinginan. Penerapan standarisasi untuk website telah diterapkan pada produknya yakni berupa website yang user friendly. Trusted Security. Analisis Produk 1. Difrensiasi Difrensiasi dari produk yang ada pada Sasak Techno dengan produk yang telah ada di pasar yakni berada pada layanan unggulannya yakni Web Design & Web Programing serta Software Development yakni diantaranya: 1. 3. XHTML Strict 3. Untuk jasa web design. 2. Design Grafis 4. Adanya usaha web design & programing serta software development sendiri merupakan suatu difrensiasi di bidang usaha IT Development.0. Photography 2. Animasi 5. Design website yang disediakan bersifat unique yang berarti design tersebut hanya menjadi milik dari konsumen yang memesan. serta standar-standar lainnya. dengan titik beratnya berada pada pengembangan teknologi informasi dengan cakupan layanan jasa meliputi: 1. 4. . Video Editing 6. Cakupan Layanan Produk Usaha yang dijalani oleh Sasak Techno ini bergerak dibidang penyediaan jasa Teknologi Informasi.BAB II PEMBAHASAN 2. Web Design & Web Programing (Prioritas Utama) 2. Search Engine Optimizir (SEO).

ANALISIS PASAR 1. serta penyediaan program-program pembuatan laporan seperti laporan kinerja sampai dengan laporan keuangan 3. yang menjadi difrensiasi Sasak Techno yakni berupa pembuatan program yang menyesuaikan dengan pesanan dari konsumen. Instansi Swasta / Perusahaan Dengan pemenuhan layanan produk pada penyediaan website instansi swasta / perusahaan. Instansi Pemerintahan Dengan pemenuhan layanan produk pada penyediaan website instansi pemerintahan. Aspek Pasar • Profil Konsumen Cakupan konsumen dari perusahaan Sasak Techno meliputi aspek pemasaran yang meliputi : 1. serta penyediaan program-program pembuatan laporan seperti laporan kinerja sampai dengan laporan keuangan 2. Kemampuan menguasai pasar . B. serta penyediaan program-program edukatif yang mampu meningkatkan kegiatan belajar-mengajar / perkuliahan. 6. Instansi Pendidikan Dengan pemenuhan layanan produk pada penyediaan website instansi pendidikan. • Potensi Pasar Potensi pasar untuk usaha yang Sasak Techno jalani masih terbilang besar. Dan untuk yang terakhir. hal ini terkait dengan banyaknya tingkat permintaan terhadap produk yang ditawarkan terkait dengan masih sedikitnya pesaing Sasak Techno khususnya di bidang Web Design & Programing serta Software Development dengan perincian informasi sebagai berikut: 1.5. Sasak Techno menyediakan free maintenance atau perawatan gratis selama tiga bulan untuk setiap produk. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai target konsumen yang akan Sasak Techno tuju akan lebih di bahas pada bagian aspek pemasaran. Untuk Software Development.

Aspek Pemasaran • Segmentasi Pasar Segmentasi pasar dari usaha ini tidak hanya mencakup satu bagian segmentasi pasar. propinsi. Hal ini di terapkan dalam Sasak Techno mengingat latar belakang dari para marketingnya berasal dari berbagai macam kabupaten di pulau Lombok. Namun menggabungkan segmen-segmen pasar lainnya yakni : 1. regional. Sasak Techno memiliki kedudukan yang bervariasi didalam pasar persaingan. Software Development.Untuk tingkat penguasan dari pasar. Dan untuk produk lainnya seperti Desgn Grafis. Kedudukan di pasar persaingan Ditinjau dari jenis produk yang ditawarkan. dan Malang (Program penjualan UD. Sumber Mas). swasta. Penyebaran usaha kami tidak hanya sampai di batas NTB saja. wilayah kelurahan dan kompleks perumahan. namun juga telah mencapai beberapa daerah di luar NTB sepert di NTT (website SMA Negeri 2 NTT). Segmentasi Pasar Geografis Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti negara. swasata. pendidikan maupun individu. serta Animasi untuk saat ini Sasak Techno masih bertindak sebaga Market Leader. di mana kebanyakan pesaingnya berasal dari Luar Daerah (NTB). kota. perusahaan Sasak Techno mampu menyerap sekitar 75% dari penguasaan pasar yang tersebar ke berbagai macam profil konsumen yang terdiri dari instansi pemerintah. Untuk bidang Web Design & Programing. wilayah kecamatan. 2. Networking& Hardware. Bali (website hotel). serta pendidikan yang ada pada masing-masing kabupaten. 2. . Video Editing dan Photography Sasak Techno masih bertindak selaku Follower pada pasar persaingan. Kami memanfaatkan segmentasi pasar geografik untuk mendapatkan target pasar berupa instansi-instansi pemerintahan. Hal ini terbukti dari testimony dari customernya yang menyatakan bahwa masih minimnya usaha sejenis yang menawarkan jasa ini.

Media pendekatan langsung dengan menggunakan marketing sebagai perantara. Program. Segmentasi pasar tingkah laku merupakan tahap awal yang dilakukan oleh marketing Sasak Techno melalui edukasi terhadap produk knowledge yang kami tawarkan. Segmentasi pasar psikografik Sasak Techno terapkan untuk mencari target konsumen berupa pembuatan website pribadi untuk keperluan promosi diri atau hal prestise lainnya. Photography serta Video Editing & Animation yang nantinya akan ditujukan pada: 1. serta design) maka tingkat permintaan terhadap teknologi informasi ini pun akan semakin meningkat. Segmentasi Pasar Psikografis Segmentasi psikografik membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial. 3. . sikap. Animasi. Dengan pahamnya konsumen akan pentingnya suatu teknologi informasi (website. orang yang berbeda dapat mempunyai ciri psikografik yang berbeda. Dalam kelompok domografik. 3. • Instansi Pemerintahan Instansi Swasta (Perusahaan-perusahaan) Instansi Pendidikan (Universitas. software. gaya hidup atau kepribadian. • Target Pasar Target pasar dari Sasak Techno meliputi penyediaan produk-produk IT Berupa Website. Segmentasi Pasar Tingkah Laku Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan.2. penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk. 2. serta Sekolah-sekolah) Personal / Individu Media Promosi Media promosi yang kami terapkan mencakup seluruh aspek promosi yakni melalui: 1. Design Grafis. 4.

Menyiapkan tenaga Threat 1. Weakness produk yang ditawarkan termasuk barang mewah. sebab Kurangnya tenaga yang dapat direkrut apabila terjadi pesanan Sulitnya berkomunikasi dengan customer yang awam teknologi.techno . Media elektronik berupa pemanfaatan internet melalui website di http://www. kami 3.com/sasak. Menyesuaikan desain dan fitur dengan permintaan customer Membutuhkan kerja team yang solid dan profesional agar dapat Programing yang telah memiliki legalitas serta berbadan hukum. yang kadang berlebihan. Belum dapat menjangkau konsumen secara menyeluruh.sasaktechno.com dan jejaraing sosial di http://www. Oportunity 1. Analisis SWOT • Strength 1. Matriks Urgensi Objek/Sasaran Analisis Strength Opportunity 1. dalam jumlah besar. 5. • Threat 1. 2. 3. Modal yang dibutuhkan relatif rendah. • 1. flayer dan leaflet. 2. Media cetak berupa brosur. 4. • Merupakan usaha dibidang Teknologi Informasi Web Design & Masih jarangnya usaha sejenis yang mampu menyaingi. 2.2. D. C. pribadi. . bekerja sesuai target dan memuaskan customer. 3. Adanya fasilitas website instant (CMS) yang dapat di download Maraknya situs jejaring sosial yang memfasilitasi pemasaran dari internet secara gratis. 2. ataupun berbayar. produk atau nama perusahaan dengan gratis. Memberikan fasilitas Semakin meningkatnya pengguna internet khususnya pengguna Banyak perusahaan dan instansi yang belum memiliki website layanan E-commerce.facebook.

Analisis Produksi / Operasi Mengingat bidang usaha yang dijalankan termasuk ke dalam bagian usaha penyedia jasa maka proses manufaktur yang ada terbilang minim atau bahkan tidak ada. namun hanya memerlukan proses produksi saja. pengolah Standar waktu pengerjaan untuk web design yakni 3 – 4 3 Software Development grafis • Papan perencanaan • Laptop / Komputer . Hal ini terkait dengan layanan jasa yang ditonjolkan berupa Web Design & Web Programing serta Software Development tidak membutuhkan bahan baku dan sejenisnya.2 ASPEK TEKNIS DAN PRODUKSI 1. pengolah pengolah Standar waktu pengerjaan untuk web animasi • Papan perencanaan • • • Laptop / Komputer Software Software website pengolah design yakni 3 – 4 minggu. Promosi lansung ke kantor-kantor dan instansi prima berupa design uniqe yang beda dengan yang lainnya 1. No 1 Produk Web Design Alat Yang Dibutuhkan • Papan perencanaan • • • • 2 Web Programing Laptop / Komputer Software Software Software Waktu Pengerjaan * Standar waktu pengerjaan untuk web website grafis pengolah design yakni 2 – 3 minggu.ahli di bidang masingmasing Weakness 1. Memberikan pelayanan sesuai permintaan customer 2. a. Proses Produksi Untuk proses produksi dari Sasak Techno yakni khususnya di bagian web design & programing serta software development tidak memerlukan proses yang rumit yakni dengan perincian proses.

000.000.000. www.000.000. Patimura No.000.000.000. Denah dan Lokasi Usaha Nama Perusahaan ini adalah Sasak Techno dengan informasi lengkap sebagaimana tertera pada informasi berikut : Nama Usaha Jenis Usaha Alamat Website Email Telp / Hp Denah / Lokasi Usaha : : : : : : : CV. desktop programing * Catatan : waktu pengerjaan yang dimasukkan berupa waktu pengerjaan sercara standar.000.com info@sasaktechno.000 5.000. Sasak Techno Teknologi Informasi Jl.• Software pengolah minggu. 2.000 5.000 5. b. Gunungsari.sasaktechno.000 5.000 Total 48.000 Total 4.000 60.000 60. 44 Midang.000 5.000.000.000 * Catatan : asumsi yang digunakan berupa asumsi penjualan terendah tiap bulannya. Volume 2 1 1 Perbulan Nominal 2. hal ini dapat berubah sesuai dengan tingkat kerumitan permintaan dari konsumen.000 5. Volume Produksi Per-tahun Untuk volume produksi per-tahun khusus dibidang web design & programing serta softwere development yakni : No 1 2 3 Produk Web Design Web Programing Software Dev.com 081907099919 .000 Volume 24 12 12 Pertahun Nominal 2.

Waktu Pendirian dan Lama Beroprasi CV. serta bertanggung jawab penuh atas kewajiban usaha sampai pada harta pribadi. atau disebut partner umum. Sasak Techno ini berdiri pada tanggal 26 Juni 2010 dan telah beroprasi selama 6 (enam) bulan sampai dengan saat ini. 3. Keanggotaannya dibagi menjadi dua pihak yang memiliki tanggung jawab berbeda karena tingkat keterlibatan dalam pengelolaan berbeda. Lay out Lay out (tata letak) terlampir 2.3. Perizinan Izin usaha mendapatkan izin dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat. Bentuk Badan Hukum Bentuk badan hukum Sasak Techno ini adalah CV. Adapun izin usaha yang dimiliki adalah sebagai berikut: . CV yaitu persekutuan antara dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama untuk mendirikan usaha. Sedangkan pihak yang lain hanya bertanggung jawab sebatas modal yang diikutsertakan dalam usaha. 2. atau disebut partner terbatas.3 ASPEK HUKUM 1. Sebagian pihak memiliki keterlibatan yang tinggi dalam memimpin dan mengelola usaha.

Job Description a. Desa Midang Kec.915. Memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat melalui produk yang dibuat oleh perusahaan. .B3/0832/SITU/BP2T-LB/2011 c. Marketing Adapun tugas dan tanggung jawab marketing adalah : 1.04. Surat Izin Usaha Perdagangan Nomor : 503.222.000 Daftar ulang setiap 5 tahun sekali 2. 2010 Kegiatan usaha Lokasi : 23.4ASPEK MANAJEMEN DAN SDM 1. Menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan 3. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan eksternal.0.62.B3/1061/PK/BP2T-LB/2011 Kekayaan Bersih : Rp 70. Tanda Daftar Perusahaan Persekutuan Komanditer No. Struktur Organisasi Struktur Organisasi (Terlampir) 2. dan Desain Grafis : Jln.3. Gunung Sari Lombok Barat b.000 : 62010 : Web Design. TDP Berlaku Perusahaan NPWP KBLI Th. 44 Dusun Midang. Direktur Dalam hal ini direktur bertugas mengawasi dan mengatur jalannya perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang menguntungkan perusahaan. Pattimura No.a.00682 : sampai dengan 23 November 2011 : CV.000. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Nomor : 503. Sasack Techno : 03. b. Web Programming.194. 2.

d. Administrasi dan Keuangan Tugas dan tanggung jawab bagian administrasi dan keuangan adalah mengatur dan mengurus masalah administrasi perkantoran dan keuangan. Dan apabila marketing mencapai target penjualan yang ditetapkan. c. • Marketing Untuk bagian marketing. Untuk . Analisis Pekerjaan Pekerjaan sebagian besar bersifat tetap yaitu dalam hal hardware dan sebagian juga bersifat kontrak yaitu dalam hal web design dan web programming 4. Di samping itu melaporkan keadaan posisi keuangan perusahaan. pola gaji berdasarkan kinerja kerja. Pola Gaji dan Bonus Pembagian pola gaji dan bonus ini dibagi berdasarkan divisi yang ada yakni: • Teknis Untuk bagian teknis.4. Sekutu Comanditer Tugas dan tanggung jawab sekutu comanditer adalah hanya sebatas pada modal yang ditanamkan 3. e. Menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung peningkatakan kualitas dan penjualan produk. Yakni semakin banyak pekerjaan yang dikerjakan maka semakin banyak jumlah gaji yang diterima dengan perbandingan jumlah yang didapat yakni 70% dari nilai kontrak pekerjaan yang didapat. maka akan mendapatkan kembali bonus 10% dari total nilai penjualan yang telah didapat. Tekhnisi Tugas dan tanggung jawab bagian tekhnisi adalah mengurus kegiatan teknis perusahaan terkait jasa yang dipasarkan. pola gajinya yakni mendapatkan jumlah tetap perbulannya sesuai dengan UMR yang berlaku. pola gaji yang diterapkan sama dengan pola gaji pada bagian teknis dengan perbandingan jumlah yang didapat yakni 10% dari nilai kontrak. • Admin / Keuangan Untuk bagian admin dan keuangan.

dll) • Creatif dan Pekerja Keras . Adobe Ilustrator. dll) • Mampu mengoperasikan software Animasi 2D (2 Dimensi) (Adobe Flash. Corel Draw. Adobe Ilustrator. Swish. 5. Personalia yang tergabung dalam usaha ini adalah para pemuda yang produktif serta memiliki dedikasi dan semangat tinggi dalam berusaha dan mengembangkan diri. Adapun kualifikasi yang dibutuhkan pada usaha ini adalah sebagai berikut: No Posisi / Bidang 1 Teknisi Web Designer • • • • Kompetensi SDM Mahir menggunakan software web Memahami HTML Memahami CSS Mampu mengoprasikan software design (Adobe Dreamwaver. dll) 2 Teknisi Web Programer • • • • • • • • • Creatif dan Pekerja Keras Mahir menggunakan software web Memahami HTML Memahami CSS Mahir menggunakan PHP Mahir menggunakan MySQL Mampu menggunakan Ajax & JQuery Creatif dan Pekerja Keras Mampu mengoprasikan design (Adobe Dreamwaver. dll) (Optional) 3 Teknisi Designer software design grafis (Adobe Photoshop. Sistem Rekrutmen dan Seleksi Pegawai Sistem rekrutmen dan seleksi pegawai didasarkan atas skill yang dimiliki pegawai dan dilakukan test langsung. dll) design grafis (Adobe Photoshop.bagian admin dan keuangan untuk saat ini masih belum mendapatkan bonus. Corel Draw.

Pelatihan dan Pengembangan Evaluasi prestasi kerja dilaksanakan setiap satu bulan sekali yaitu pada awal bulan. Pelatihan pekerja dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan pengembangan usaha dilakukan dengan mencari lokasi baru dan ikut serta dalam tender-tender perusahaan. Evaluasi Prestasi Kerja. Realisasi Kegiatan 8Pemkot Mataram Juni Juli Bulan Agust Sept Okt Nov 7. . Manajemen Proyek = Schedule Pencapaian No 1 2 3 4 5 6 7 Aktivitas Tahap pengenalan awal usaha Tahap pengembangan usaha Proyek Web Design • SMAN 2 Ende Proyek Web Design • C-Fish Online Journal Proyek Web Design • Hotel Citylike & The Chandi Proyek Dishubkominfo Provinsi Proyek Lap.4 Teknisi Networking & Hardware • Mengerti serta mampu mengaplikasikan kemampuan Networking dan Hardware • • • • • • • • Tekun dan disiplin Dapat bekerjasa secara tim dengan Creatif dan Pekerja Keras Memiliki tingkat komunikasi yang baik Tekun dan Ulet dalam profesi Fokus Terhadap Tugas Dapat bekerjasa secara tim dengan Mengutamakan kepuasan konsumen Kreatif dan Pekerja Keras Tekun dan Ulet dalam profesi Fokus Terhadap Tugas Dapat bekerjasa secara tim dengan Kreatif dan Pekerja Keras baik 5 Marketing baik • • • • • 6 Accounting baik 6.

Rasio Solvabilitas Penjelasan dari nilai Rasio Solvabilitas di atas yakni. b. Hal ini berarti tingkat kestabilan pemasukan operasi perusahaan terjamin.5 ASPEK KEUANGAN 1. • Hasil atas penjualan / 60% • Hasil atas investasi / 74% .2. Rasio Profitabilitas Rasio ini merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. yang berarti semakin tinggi nilai Rasio Solvabilitas kami maka prosentase pembayaran hutang tepat pada waktunya akan semakin meningkat. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahaan.84%. kemampuan kami dalam pembayaran hutang tepat waktu mencapai 10. Analisis Keuangan Kemampuan solvabilitas kami untuk menghitung kemampuan kami dalam pembayaran terhadap hutang tepat pada waktunya yakni sebagai berikut: a.

Rp.- Modal Pribadi Pinjaman 3. sebab masih kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap usaha yang berjalan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.500.500. hal ini berarti tingkat efektifitas manajemen perusahaan tergolong baik dengan adanya tingakt rasio profitabilitas yang tinggi. Sumber Dana = = Rp. Selain itu juga. 2.000.000.00 Kas Bangunan Perlengkapan Peralatan kantor Total 2.00 Rp 2.000.000. Sementara dari segi aspek sosial dan budaya bahwa keberadaan usaha ini akan membuat masyarakat menyadari arti pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan sehingga nantinya berdampak pada pendidikan masyarakat yang akan berkembang. Daftar Alokasi Dana Keterangan Jumlah Rp 7.000.00 Rp 12. 24. SOSIAL DAN BUDAYA Dari segi aspek ekonomi keberadaan usaha ini tentunya menambah prosentase wirausaha dimana nantinya dapat membuka lapangan kerja baru. 5.00 Rp.000.500. dapat disimpulkan bahwa rasio profitabilitas perusahaan termasuk tinggi.00 Rp 3.000. Hal ini berarti kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan tinggi yang mencapai 60% pendapatan netto atas hasil penjualan.6 ASPEK EKONOMI.000. Di samping itu akan menambah income atau pendapatan. dan 74% atas hasil investasi perusahaan.000.000. 19.000. .Berdasarkan nilai atas Hasil Penjualan 60% dan Hasil Investasi 74%.

.

keberadaan usaha ini menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya teknologi informasi bagi kehidupan sehingga tidak ketinggalan informasi. usaha Sasak Techno ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan. SITU dan juga memiliki NPWP sehingga Sasak Tecno ini legal menurut hukum. . Sementara dari segi aspek sosial dan budaya. usaha ini berdiri atas dasar skill atau keahlian yang dimiliki dan melihat aspek pasar yang memiliki peluang yang sangat besar untuk dipasarkan karena masih minimnya usaha yang bergerak dibidang yang sama. usaha ini terbilang cukup berpotensi untuk menarik minat para investor untuk menginvestasikan modalnya dalam perusahaan di Bidang IT karena prospek keuntungannya cukup menjanjikan. Usaha Sasak Techno memiliki izin usaha baik itu STDP. Dari segi aspek ekonomi dapat membuka peluang usaha baru sehingga dapat mengurangi pengangguran dan memiliki penghasilan tersendiri. SIUP. Dari segi aspek keuangan. Selain itu. Sementara dari segi aspek manajeman dan SDM nya cukup bagus dan kompoten di bidangnya dimana ini bisa dilihat dari spesifikasi dalam perekrutan dan penempatan karyawannya. Berdasarkan hal tersebut di atas. Sasak Techno ini bisa membantu memberikan solusi bagi masyarakat atau instansi khususnya di NTB yang membutuhkan jasa dibidang IT sehingga tidak mencari jasa tersebut ke luar daerah NTB.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Sasak Techno merupakan usaha yang bergerak dibidang IT (IT Development). Sasak Techno sudah sangat baik dalam pembagian tugas dan wewenang sesuai dengan posisi dan keahlian masing-masing pegawainya.

STUDI KELAYAKAN BISNIS “CV. SASAK TECHNO” Oleh : ABDUL SHOMAD AGUS KHAZIN FAUZI MUSLEHUDIN RIDHO ALAM SYUKRON HADI LALU BUDI SURYAWAN ALI SAPUTRA SETIAWAN HADIALANG SATRIAWAN RAMADHAN ASMI PRINGADI (A1C 008 119) (A1C 008 097) (A1C 008 013) (A1C 008 121) (A1C 008 047) (A1C 008 003) (A1C 008 059) (A1C 008 095) (A1C 007 103) UNIVERSITAS MATARAM FAKULTAS EKONOMI .

AKUNTANSI 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->