LAPORAN HASIL PENGAMATAN

Uji Kandungan Zat Makanan

Adiestya Ananta Putri Angelica Hersetyo Elisa Febrianto Natacia Revana Sabrina Ayrin Helena

1 4 12 22

protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof). telur. sterol. contohnya keju. oksigen. y Lemak Lemak merujuk pada sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsurunsur karbon. susu. daging. telur. digliserida. D. Komponen lemak adalah asam lemak dan gliserol. Sepuluh asam amino diantaranya tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan. dan keju. lemak. dan K). malam. dan oksigen meliputi asam lemak. hidrogen.Tujuan Mengetahui adanya amilum. dan membentuk enzim. E. sumber energi. durian. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi. dan mentega. kacang tanah. Protein berguna sebagai pembentuk jaringan tubuh yang diperlukan dalam pertumbuhan. Protein dibentuk oleh berbagai macam asam amino. dan protein pada beberapa bahan makanan. pengganti sel tubuh yang rusak. fosfolipid. Molekul protein mengandung karbon. pelarut vitamin (A. nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. contohnya kacangkacangan. lemak dapat di bagi menjadi lemak nabati dan lemak hewani. ikan segar. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis. monogliserida. vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (contohnya A. seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Lemak hwani adalah lemak yang berasal dari hewan. glukosa. dan kelapa. Lemak akan disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan makanan. Dasar Teori y Protein Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. serta sebagai komponen sebagian sel tertentu. Berdasarkan sumbernya. Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. terpenoid (termasuk di dalamnya getah dan steroid) dan lain-lain. susu.D. contohnya ayam. daging. Asam amino yang dapat dibuat oleh tubuh disebut asam amino non-esensial dan asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh diesbut asam amino esensial. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan.E. sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. dan K). hidrogen. sistem kendali dalam bentuk hormon. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. avokad. Berdasarkan sumbernya. kedelai. Sebagai salah satu sumber gizi. Terdapat 20 macam asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lemak juga berguna sebagai penghangat tubuh. ikan. glikolipid. . contohnya kacang wijen. protein dapat dibagi menjadi protein nabati dan protein hewani. Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. dan gandum.

. dan bukan monosakarida lain seperti fruktosa. Amilosa memberikan sifat keras (pera) sedangkan amilopektin menyebabkan sifat lengket. dalam komposisi yang berbeda-beda. y Glukosa Glukosa. Kita dapat menduga alasan mengapa glukosa. Rendahnya laju glikosilasi ini dikarenakan glukosa yang kebanyakan berada dalam isomer siklik yang kurang reaktif. begitu banyak digunakan. Hal yang lebih penting bagi organisme tingkat atas adalah kecenderungan glukosa. berwujud bubuk putih. yang tidak mudah bereaksi secara nonspesifik dengan gugus amino suatu protein. Glukosa merupakan sumber tenaga yang terdapat di mana-mana dalam biologi. sehingga akan mudah tersedia bagi sistem biokimia primitif. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi. Reaksi ini (glikosilasi) mereduksi atau bahkan merusak fungsi berbagai enzim. terutama pada industri pangan. Bentuk alami (D-glukosa) disebut juga dekstrosa. kebutaan. Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. dan kerusakan saraf periferal ( peripheral neuropathy ). Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting. Glukosa dapat dibentuk dari formaldehida pada keadaan abiotik. Meski begitu. tawar dan tidak berbau. kemungkinan disebabkan oleh glikosilasi protein. Pati tersusun dari dua macam karbohidrat. dibandingkan dengan gula heksosa lainnya. gagal ginjal. komplikasi akut seperti diabetes. adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan. suatu gula monosakarida. Amilosa memberikan warna ungu pekat pada tes iodin sedangkan amilopektin tidak bereaksi.y Amilum Amilum adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. amilosa dan amilopektin.

panaskan selama 5. Siapkan larutan dari bahan-bahan makanan (telur. 6. 5. Untuk minyak goreng dibiarkan saja. gula. Larutkan setiap bahan-bahan makanan. kita ambil putih telurnya saja. Perhatikan warnanya. Perhatikan warnanya. Untuk menguji Amilum Tambahkan beberapa tetes larutan Iodin ke setiap makanan. Pisahkan semua larutan ke dalam plat tetes. Untuk menguji Glukosa Larutkan gula di tabung reaksi. Tambahkan juga sedikit air.10 menit. dan tepung terigu) yang akan diuji. Lalu. 7. Untuk menguji Protein Tambahkan beberapa tetes larutan Biuret ke setiap makanan. 4. Perhatikan warnanya.Alat y y y y y y y y Plat Tetes Penumbuk Tabung Reaksi Rak Tabung Reaksi Pipet Tetes Pengaduk Bunsen/ Pembakar Spiritus Penjepit Bahan y y y y y y y y y y Telur Tempe Tahu Minyak Goreng Gula Tepung Terigu Larutan Biuret Laturan Benedict (Fehling A dan B) Larutan Iodin Larutan Etanol Cara Kerja 1. tempe. dan untuk telur. Untuk menguji Lemak Tambahkan beberapa tetes larutan Etanol ke setiap makanan. Untuk gula dan tepung terigu diberi air dan diaduk sampai merata. Pegang tabung reaksi menggunakan penjepit. tambahkan larutan Benedict. Perhatikan warnanya. untuk tahu dan tempe tumbuk terlebih dahulu sampai halus. Panaskan larutan itu menggunakan Bunsen. Hasil Pengamatan Bahan Makanan Tahu Tempe Tepung Gula Minyak Telur Glukosa + + + Hasil Uji Zat Makanan Amilum Protein + + + + + + + Lemak + + + . 3. minyak goreng. tahu. 2.

Zat-zat makanan ini memiliki fungsi yang berbeda. bahan makanan yang positif mengandung amilum yaitu tepung. bahan makanan yang positif mengandung protein yaitu tahu. Yang berarti positif mengandung protein. Protein memilik fungsi sebagai sumber bahan pembangun sel dan jaringan serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua. tempe. amilum menjadi salah satu zat dari bahan makanan yaitu tepung. protein menjadi salah satu zat dari bahan makanan yaitu tahu. 2007. S. Menurut percobaan ini.org/wiki/Protein http://id. tempe. telur minyak. minyak. kita bisa mengetahui jenis zat makanan yang terkandung dalam bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. dan minyak. Hasil dari percobaan ini. tambahkan bahan makanan dengan larutan Iodin yang akan berubah warna menjadi warna biru kehitaman. Daftar Pusaka Deswaty Furqonita. 2004. Yang berarti positif mengandung lemak. tepung. dan telur.org/wiki/Amilum . tepung. gula. Lemak memilik fungsi sebagai cadangan makanan. Si. ada yang sebagai sumber tenaga dan lainnya. gula. telur. bahan makanan yang positif mengandung glukosa yaitu gula.beda yaitu ada yang sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh. Kesimpulan Glukosa memiliki fungsi sebagai sumber tenaga. Hasil dari percobaan ini. Menurut percobaan ini. Yang berarti positif mengandung glukosa. tambahkan bahan makanan dengan larutan Etanol yang akan berubah warna menjadi warna putih buram. Menurut percobaan ini. ada yang sebagai cadangan makanan. tambahkan dan panaskan bahan makanan dengan larutan Benedict yang akan berubah warna menjadi warna oranye atau merah bata.Biomed. Yang berarti positif mengandung amilum. Jilid 2. tambahkan bahan makanan dengan larutan Biuret yang akan berubah warna menjadi warna ungu.org/wiki/Glukosa http://id. Hasil dari percobaan ini. Amilum memilik fungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh. glukosa menjadi salah satu zat dari bahan makanan yaitu gula. Bogor: Quadra Saktiyono. tempe. Jilid 2. Hasil dari percobaan ini. dan telur. Untuk menguji glukosa.. IPA Biologi. dan telur. Seri IPA. Jakarta: Esis http://id. bahan makanan yang positif mengandung lemak yaitu tahu. ada yang sebagai sumber bahan pembangun sel dan jaringan serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua. dan minyak. Biologi. M.wikipedia. Untuk menguji lemak. lemak menjadi salah satu zat dari bahan makanan yaitu tahu. Untuk menguji protein.wikipedia.org/wiki/Lemak http://id. telur. Untuk menguji amilum.wikipedia.Pembahasan Melalui percobaan ini.wikipedia. tempe. Menurut percobaan ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful