PERSONA

Sabagai salah satu konsep dari Dr. Carl Gustav Jung Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Umum

Oleh : Hendra Purnama NIK : 10050011166

Fakultas Psikologi UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG 2011

Sebelum membahas lebih jauh tentang persona dan agar kita bisa lebih mengenal dan mengerti persona.Carl Gustav Jung. yang terjadi di luar kesadaran. adalah salah satu konsep dari Dr. kita akan mengenal secara singkat terlebih dahulu tentang archetypes. Yang artinya sama. self. shadow. jadi tak tergantung kepada manusia perseorangan. Menurut Dr. Kata ini berasal dari bahasa latin yang berarti topeng atau karakter. Archetypes adalah bawaan disposisi psikis universal yang membentuk simbol-simbol dasar atau melambangkan pengalaman bawah sadar yang . wajah sosial yang salah seorang individu munculkan kepada dunia.1945). Persona adalah salah satu bagian dari lima Jung Archetypes yaitu : self. Archetypes itu adalah bawaan sejak lahir dan tumbuh pada ketidaksadaran kolektif selama perkembangan manusia. The Archetypes Archetypes adalah bentuk pendapat instinktif dan reaksi instinktif terhadap situasi tertentu. peran sosial atau karakter yang diperankan oleh seorang aktor. Archetypes merupakan pusat serta medan tenaga dari ketidaksadaran manusia yang dapat mengubah sifat sadar seseorang. yaitu topeng. Persona dalam bahasa sehari-hari adalah. Artinya. dan animus. Menurut jung persona adalah. anima. ³The persona is a mask adopted by the person in respons to the demands of social convention and tradition and to his or her own inner archetypal needs´ (Jung. animus dan persona.Carl Gustav Jung (1875-1961). persona adalah sebuah topeng yang dipakai oleh seseorang untuk merespon terhadap kebiasaan sosial dan tradisi sosial atau untuk kebutuhan archetypal atau pola dasar milik orang tersebut. Ada juga yang mengatakan bahwa persona berasal dari bahasa Etruscan yaitu ³phersu´. anima. shadow.Persona.

Shadow adalah archetypes yang sangat dikenal jika di bandingkan dengan anima. The Self Self dalam teori Jung adalah salah satu dari archetypes. yang walaupun merupakan bayang-bayang. setiap orang memiliki shadow. tetapi tidak terikat kepada individu. Yang berdasarkan sudut pandang Jung. shadow akan menjadi lebih gelap atau . shadow adalah bagian dari pikiran alam bawah sadar terdiri dari kekurangan. animus. animu. Self juga merupakan pusat kesadaran seorang individu. anima. harus diingat bahwa archetypes itu hanya dapat dibatasi secara formal. Dan semakin sedikit shadow diwujudkan dalam kehidupan seseorang. Dalam psikologi jung. maka shadow merupakan pusat ketidaksadaran pribadi (hal-hal yang ditekan oleh seorang individu). self menandakan sebuah kesatuan yang jelas. tidak secara material . shadow. orang hanya dapat menggambarkannya tapi tak dapat menginderainya. dan persona. "Everyone carries a shadow" atau dalam bahasa Indonesia. Self menurut jung adalah. self adalah proses integrasi kepribadian seseorang. Shadow merupakan salah satu bagian archetypes. sebuah realisasi dari produk individualisasi. dan persona.muncul.totalitas sebuah jiwa. kelemahan dan insting yang ditekan. Dari pada itu. kesatuan dari kesadaran dan alam bawah sadar seseorang . maupun ketidaksadaran kolektif (kecenderungan ke arah kegelapan pada tiap manusia). Archetypes ini adalah sebuah kecenderungan yang membuat seseorang membentuk sebuah motif atau yang membentuk pola pikir seorang individu. The Shadows Kalau self merupakan pusat kesadaran. tulis jung. Menurut Jung ada lima archetypes umum yaitu : self. suatu pecahan kepribadian.

that the persona is that which in reality one is not. kepribadian dalam diri mereka diekspresikan sebagai kepribadian maskulin. Dan sesuai dengan itu. Serta simbol abstrak yang merumuskan archetype self. Persona menyesuaikan diri ke luar sedangkan anima atau animus menyesuaikan diri ke dalam . Dalam alam bawah sadar laki-laki. Anima dan animus itu berhubungan langsung dengan persona. dalam alam bawah sadar perempuan. Dimasukkan ke dalam alam bawah sadar (ditekan). Shadow bisa mengarahkan seseorang untuk memiliki insting hewani atau primitif. karena tidak serasi dengan kehidupan alam sadarnya. seseorang . maka makin rendah diferensiansi anima dan animus dan makin diproyeksikan kepada orang lain. jadi persona adalah fungsi perantara aku dan dunia luar.´ ± Carl Jung. The Anima and The Animus Anima dan animus menurut Jung adalah. Anima dan animus berlawanan dengan theriomorphic dan fungsi inferior dari shadow archetypes. Ini disebut dengan animus. dua anthropomorphic archetypes primer dari pikiran alam bawah sadar. Ini di sebut dengan anima. Shadow ini terbentuk dari funsi inferior serta sikap jiwa yang inferior. with little exaggeration. Makin kaku persona. sedangkan anima dan animus adalah fungsi perantara antara aku dan dunia dalam. yang ditekan ketika anak-anak oleh kesadaran seseorang. but which oneself as well as others think one is. Anima dan animus dideskripsikan sebagai alam bawah sadar kolektif.menjadi lebih padat. yang karena pertimbangan moral atau pertimbangan-pertimbangan lain. Artinya adalah. sebuah wilayah alam bawah sadar yang melampaui jiwa seseorang. The Persona ³One could say. yang diekspresikan sebagai kepribadian feminim.

dapat berkata. untuk menyembunyikan sifat asli dari seorang individu. dengan sedikit berlebihan. to conceal the true nature of the individual.´ (³The Relations between the Ego and the Unconscious" (1928). Sebagai pembeda terhadap diri yang asli. dalam hal lain. The mirror does not flatter. dengan cara memainkan perannya dalam kehidupan yang dimainkan oleh seorang individu. In CW 7: Two Essays on Analytical Psychology. Persona membuat seseorang bisa saling berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Dengan seperti ini seseorang dapat berkompromi antara bawaan psikologinya dan masyarakatnya. on the other. designed on the one hand to make a definite impression upon others. pantas disebut sebuah macam topeng. Persona adalah fungsi perantara aku dan dunia luar. But the mirror lies behind the mask and shows the true face. kepribadian yang ditunjukan kepada orang lain.´ . it faithfully shows whatever looks into it. Teori-Teori Persona ³The persona is a complicated system of relations between individual consciousness and society. Whoever goes to himself risks a confrontation with himself. Persona dalam psikologi adalah. the face we never show to the world because we cover it with the persona. namely. fittingly enough a kind of mask. and. Persona adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. dan.305) ³Whoever looks into the mirror of the water will see first of all his own face. tapi seseorang dan orang sekitarnya birpikir bahwa itu ada. didesain untuk menimbulkan sebuah kesan tertentu terhadap orang lain. persona adalah sesuatu yang ada dalam kenyataan atau tidak. the mask of the actor.´ ³Persona adalah sistem yang kompleks dari hubungan antara kesadaran sseeorang dengan masyarakatnya. P.

the tenor with his voice. Tapi cermin berda di belakang topeng tersebut dan menunjukan wajah aslinya. . .´ ³Setiap panggilan atau profesi memiliki karakteristik persona tersendiri. that the persona is that which in reality one is not. Sangat mudah untuk mempelajari persona saat ini. In CW 9. in order to transform himself into what he really is. dan orang-orang profesional berusaha keras untuk memnuhi harapan ini. One could say. and a desperate decision like that of Heracles is needed if he is to tear this Nessus shirt from his body and step into the consuming fire of the flame of immortality. Siapapun yang menuju dirinya beresiko berkonfrontasi dengan dirinya.43) ³Every calling or profession has its own characteristic persona. cermin menunjukan sesuatu apa adanya . A certain kind of behaviour is forced on them by the world. . Hanya saja.³Siapapun yang bercermin pada air akan melihat seluruh wajahnya terlebih dahulu. ketika gambar dari kepribadian publik sangat sering muncul dalam tekanan. Cermin tidak memuji. garmen . wajah yang tidak pernah diperlihatkan ke dunia luar. topeng seorang aktor. Sebuah kebiasaan tertentu dipaksakan untuk mereka dari dunia luar. itu karena kita menutupnya dengan persona. selanjutnya dia secara eksklusif hidup berlawanan dengan background asalnya . Only. Part I: The Archetypes and the Collective Unconscious. P. . but which oneself as well as others think one is. It is easy to study these things nowadays. The garment of Deianeira has grown fast to his skin. the danger is that they become identical with their personas-the professor with his text-book. Then the damage is done. and professional people endeavour to come up to these expectations. henceforth he lives exclusively against the background of his own biography. . dinamai. . when the photographs of public personalities so frequently appear in the press. bahayanya adalah ketika mereka terlalu terbiasa dengan persona mereka-seperti profesor dengan buku teksnya-atau tenor dengan suaranya.´ ("Archetypes of the Collective Unconscious" (1935). with a little exaggeration. Lalu terjadilah kerusakan .

´ ("Concerning Rebirth" (1940). But this I did learn: that any man who becomes one with his persona can cheerfully let all disturbances manifest themselves through his wife without her noticing it.dan. walaupun istrinya harus membayar pengorbanan dirinya dengan sebuah penyakit saraf yang buruk. My feeling of inferiority grew ominous. tapi seseorang dan orang sekitarnya birpikir bahwa itu ada. pada hari keempat.221) ³I once made the acquaintance of a very venerable personage . Well. persona adalah sesuatu yang ada dalam kenyataan atau tidak. In CW 9. Hanya saja saya tahu satu hal : siapapun yang menjadi satu dengan personanya bisa dengan riang membiarkan semua gangguan pada dirinya mewujudkan diri melalui istrinya tanpa dia sadari. seseorang bisa dengan mudah memanggil dia seorang bijak. tapi tidak pernah kegagalan aku temukan darinya. dan aku mulai berpikir secara serius tentang bagaimana caranya aku bisa menjadi lebih baik lagi. one might easily call him a saint. dalam tujuan merubah dirinya menjadi dirinya yang sesungguhnya. I stalked round him for three whole days. . Part I: The Archetypes and the Collective Unconscious. Perasaan rendah diriku tumbuh menjadi sesuatu yang menyenangkan. Seseorang dapat berkata. . but never a mortal failing did I find in him. dan sebuah keputusan nekat seperti Herkules yang harus merobek pakaian Nessus dari tubuhnya dan melangkah menuju api keabadian. dengan sedikit berlebihan. nothing of the sort has ever happened to me since.dari deianeira tumbuh cepat pada kulitnya. and I was beginning to think seriously of how I might better myself. . P..´ . Lalu..in fact. though she pays for her self-sacrifice with a bad neurosis.. tidak ada sesuatu yang terjadi sejak itu pad diri saya. his wife came to consult me.´ ³Saya pernah behubungan dengan seorang yang sangat dihormati ± dalam kenyataanya. on the fourth day. istrinya dantang untuk berkonsultasi dengan saya . Aku mengikutinya selama tiga hari penuh. Then.

("The Relations between the Ego and the Unconscious" (1928). sementara itu dalam waktu yang sama dia mengangkat ide yang dia cari untuk mengekspresikan keluar dari kebiasaan dan sesuatu yang fana kedalam alam yang dia tidak pernah rasakan. He transmutes our personal destiny into the destiny of mankind. In CW 15: The Spirit in Man. Persona dalam pengertian modern lebih diimplikasikan kepada public image dari seorang selebritis atau peran yang dimainkan oleh seorang aktor.306) ³Whoever speaks in primordial images speaks with a thousand voices. Carl Jung sendiri. mendeskripsikan persona sebagai topeng . P. while at the same time he lifts the idea he is seeking to express out of the occasional and the transitory into the realm of the ever enduring. he enthrals and overpowers. Art and Literature. In CW 7: Two Essays on Analytical Psychology. P.´ ³Siapapun yang berbicara dengan gambaran primitif dia berbicara menggunankan ribuan suara . dia mempesona dan belebihan kekuatan. Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang persona. and evokes in us all those beneficent forces that ever and anon have enabled humanity to find a refuge from every peril and to outlive the longest night.´ Atau artinya secar singkat persona memainkan peran kunci dalam pengembangan diri dengan melindungi ego dan membiarkan seseorang untuk mengekspreikan identitas pribadinya. Dr. dan membangkitkan semua sifat kedermawanan yang pernah dan segera memberikan manusia untuk menemukan perlindungan dari bahaya dan hidup dalam malam yang panjang.129) ³Carl Jung's concept of the persona plays key role in self development by protecting the ego and allowing full expression of personal identity.´ ("On the Relation of Analytical Psychology of Poetry" (1922). Dia mengubah tadir pribadi kita menjadi takdir untuk semua orang.

Untuk hal-hal ini seseorang perlu sebuah persona yang sehat. It serves both as "interface" with the world and protection from the '"outer" world. berperilaku dengan cara yang sesuai terhadap keadaan tersebut. feeling. Fungsi utama dari persona adalah untuk menavigasi jarak antara ego seseorang dengan dunia luar yang berada di sekitarnya. . perasaan. depending on life experience including how one has been accepted. Persona adalah sebuah topeng untuk menyapa dunia. bergantung pada pengalaman hidup termasuk bagaimana seseorang dapat diterima. or reaction. setiap orang juga memiliki persona baik secara sadar maupun tidak sadar.´ (Dr. atau reaksi asli. ³the persona is a functional complex« that operates as an attitude. disakiti atau ditolak ketika seseorang menampilkan pikiran. Jika dalam bahasan sebelumnya dikatakan bahwa setiap orang memiliki shadow.yang orang-orang gunakan untuk menghadapi dan melihat dunia luar. the "outer" world. beradaptasi terhadap keadaan-keadaan tertentu. atau cara berhubungan dengan dunia luar. wounded or rejected when one has naively presented an authentic thought. Boris Matthews) ³Persona adalah fungsi yang kompleks . . . or way of relating to. persona sangat mirip dengan aktor yang memiliki peran dalam sebuah film. persona tidak merusak keaslian self atau aku atau pribadi seseorang. Dan menurut jung filmnya itu adalah kehidupan nyata. dan tahu bagaimana cara menavigasi terhadap situasi yang luas dan banyak yang diperlukan dalam kehidupan. Menurut Jung. Secara optimal. Jika disamakan dengan topeng dalam kehidupan nyata.´ Salah satu tugas utama seseorang dalam mendapatkan dan mengerti hubungan antara siapa dia dan siapa yang muncul kedunia luar. Cara kedua dunia ini berinteraksi adalah melalui persona. Berdasarkan seorang analis terhadap teori-teori psikologi jung. yang beroperasi sebagai sikap.

ditekan dan disimpan dalam sesuatu yang dipanggil the shadow. dari tingkah laku yang dengan sangat hati-hati kita budayakan untuk menjadikan sifat yang tertanam di dalam pikiran seorang individu. dan kondisi sosial. Bagian-bagian yang tidak diinginkan atau dilarang. Untuk anak-anak. Bagaimana persona bisa cocok dengan ego atau diri sangat penting dalam setiap tahapan terutama dalam perkembangan dini (masa anak-anak). sarjana. dan sebagainya) akan menghambat pengembangan psikologis. Persona berperan sebagai pelindung untuk bagian terdalam yang bekerja . gambaran yang secara sadar kita gambar. Identifikasi terhadap persona tertentu (dokter.Menurut jung kunci untuk mengetahuinya adalah kemampuannya beradaptasi terahadap personanya dan kepribadian asli dari dalam dirinya. mengembangkan persona yang layak adalah sesuatu yang sangat vital. Sebuah pribadi yang kuat muncul ke dunia luar melalui persona yang fleksibel. seniman. Seorang anak kecil belajar dari keluargannya mengenai apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. yang harus dan yang jangan dilakukan dan diekspresikan. Perkembangan Persona Persona berkembang dalam seseorang sejak masa kanak-kanaknya sebagai navigasi individu untuk menstereotip dan memahami norma-norma dalam masyarakat serta mengembangkan gambaran psikologis tentang bagaimana caranya berhubungan dengan orang lain atau dengan masyarakat sekitarnya. ini merupakan bagian dari adaptasi. persona terbentuk dari pengaruh nilai. budaya. Persona adalah wajah yang seorang individu munculkan kepada dunia luar. dan persiapan seorang ketika menjadi dewasa untuk berhadapan dan bersosialisasi dengan dunia luar. Persona juga menavigasi daerah antara dunia psikis yang berinteraksi dengan kita setiap hari dan kehidupan pribadi kita.

Sebagai contoh ketika seseorang menghadapi :  Interview pekerjaan  Untuk seorang murid di dalam kelas  Berinteraksi di tempat kerja  Berkomunikasi dengan boss  Berhadapan dengan pejabat-pejabat publik  Melakukan pembelian yang mahal  Bertemu dengan aparat hukum Selebihnya. sebuah persona melambangkan cerminan asli dari inner ego seseorang. Ada sebuah pepatah dari William Shakespeare (1564-1661) ³to thine own self be true´ yang artinya jadilah dirimu yang sesungguhnya. Tapi komplikasi sering muncul ketika bagian dalam diri seseorang sedang berada dalam perlawanan. sebuah persona yang sehat berguna untuk beradaptasi dengan keadaan yang sedang berlangsung. dengan persona luar mereka. atau variasi persona dalam diri seseorang sangat berguna bagi diri seseorang dalam berbagai keadaan. . Contoh-Contoh Persona Secara alamiah. bisa dilihat sebagai sindiran terhadap mereka yang menggunakan persona palsu.dalam diri seseorang. persona yang berbeda-beda. secara langsung maupun tidak langsung. menolong seseorang untuk menyesuaikan dan menangani dunia sekitarnya. Komplikasi dalam Persona Idealnya. Jadi pada umumnya dalam setiap keadaan ada beberapa persona yang dapat dipakai.

orang tersebut akan benar-benar tertahan dalam sebuah persona kosong atau enantiodromia terhadap ego yang terkubur akan terjadi. sangat berbahaya bagi seseorang untuk terlalu identik dengan persona tertentu. dan menjadi tidak mengetahui apa yang masyarakatnya minta dari mereka. dan konformis. Perilaku orang tersebut akan terlihat seperti dibuat-buat atau secara stereotip lebih dulu menjawab persona luarnya sementara pribadi aslinya ditutupi atau bahkan terkubur. dia akan merasa tidak yakin dengan perasaannya ketika berhadapan langsung dengan suatu komunitas atau lingkungan yang ada di sekitarnya. perlu ada catatan terhadap ini. Hal ini akan menghasilkan pribadi yang dangkal. Atau. yang mengakibatkan terlalu perduli terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya. Keadaan ini disebut oleh Jung sebagai Enantiodromia keadaan munculnya ego yang ditekan oleh persona . Tanpa adanya persona individu tersebut akan kehilangan kecocokan antara egonya dan dunia luarnya. Mereka hanya sedikit memiliki atau bahkan tidak memiliki konsep tentang diri mereka sebagai mahkluk yang berbeda dari masyarakat sekitarnya. Dan kedua masalah ini adalah masalah yang sangat serius. Bahwa beberapa komplikasi mungkin saja akan muncul ke permukaan. .Telalu fokus terhadap persona. Sebuah keadaan yang merefleksikan pikiran yang sama sekali tidak sadar mengenai perbedaan antara dirinya dan dunia yang mereka tempati. individu yang mengalami hal ini akan mengalami kesulitan ketika berinteraksi dengan dunia luar. atau berkembang dalam derajat yang rendah. Sebaliknya. jika sebuah persona tidak berkembang sama sekali. Jika kecocokan antara seorang individu dan personanya terlalu erat atau lebih tepatnya terlalu kaku atau ada kepalsuan dalam kepribadian sang pengguna persona. Hal ini kemudian libih dikenal sebagai diri palsu Menurut jung. Dan ini menyebabkan orang-orang sekitarnya tidak bisa membaca isyarat yang dia berikan atau salah paham terhadap individu tersebut. rapuh.

ketidakseimbangan secara alami akan terbentuk . tidak terkontrol. Dimana seseorang dengan susah payah mencoba untuk memperbaiki reputasi sosialnya dengan membatasi dirinya oleh kepribadian-kepribadian yang terbatas. yang menjadikan seseorang tidak dapat menaikan derjat individuasinya atau lebih dikenal dengan "the negative restoration of the persona". bagian ini yang membuat konsep tentang persona secara konstan terus berubah. . Seperti halnya ada persona restoration yang mejaga seseorang dari kedangkalan. Masalah lain dari persona adalah. Salah satu reaksi dari kekacauan archetypes yang oleh jung dipanggil ³the regressive restoration of the persona´. atau bahkan dalam waktu yang lebih lama. hancurnya sebuah persona. . Hal ini diperlukan untuk inidividuasi. seorang yang berlebihan. . Keadaan ini terjadi ketika seseorang mencoba untuk menggunakan banyak persona yang ideal secara kolektif atau secara bersamaan. Theory mimpi Jung bahwa persona bisa bermanifestasi atau mewujudkan diri dalam mimpi melalui alam bawah sadar. kondisi yang sudah dikupas dari kenyataan dan berkembang menjadi pertemuan yang kejam dengan kenyataan. tanpa ada batas antara sesuatu yang salah dan benar. Ketika konsep diri seseorang merasa tertantang.Jung sendiri menekankan keseimbangan dalam setiap percobaanya. disorientasi. mencoba untuk memberitahu seseorang bahwa ada sesuatu yang berpotensi menjadi konflik. atau merasa bahawa dirinya sedang dalam masalah. Selama proses individuasi terus berlangsung. Berpura-pura bahwa dirinya adalah seseorang seperti sebelum kejadian. bisa dengan sangat mudah mematikan individualitas seseorang. kehancuran persona pada seseorang bisa mengarahkan seeorang pada awal dari kekacuan dalam pribadinya. Salah satu hasil dari kerusakan persona adalah pelepasan fantasy. Dan segala sesuatunya menjadi indah. pada saat inilah terjadi kehancuran persona. Namun.

Menjaga Persona Tetap Sehat Sebuah persona yang sehat. . tapi jika seseorang tidak bisa memainkan peran tersebut orang tersebut akan menderita. Pemulihan. persona adalah sebuah cerminan diri yang sesuai dan pengertian kita terhadap diri kita. Tidak bisa dihindari. Individu yang terjebak dalam keadaan ini akan tetap buta terhadap dunia sekitarnya. . sangat diperlukan dalam menjalankan keperluankeperluan hidup. Dan bagi Jung. serentak dengan hancurnya persona. dan selamanya salah paham. yang baginya dunia hanya memiliki harga sebagai tempat bermain yang menyenangkan. Mengembangkan persona yang lebih kuat mungkin akan teras otentik.Salah satu alternatif dari masalh diatas adalah dengan bertahan tanpa memiliki persona. Persona membantu kita menjaga hubungan antara diri bagian dalam kita dengan segala situasi dalam kehidupan kita. ini adalah keadaan terganggunya keseimbangan jiwa. ini tidak bisa diraih hanya dengan bekerja keras memperbaiki figur dalam. Akhirnya. memiliki persona yang fleksibel untuk membantunya menavigasinya dalam sebuah masyarakat tanpa terjadi benturan atau menyembunyikan kepribadiannya yang asli. adalah target dari individuasi. berkurangnya kekuatan dari alam sadar. Salah satu tujuan dari individuasi adalah. hasil dari streaming alam bawah sadar ke alam sadar. spektral Cassandras yang takut terhadap perasaan mereka. berkembang menjadi seseorang yang lebih realistik. seperti belajar untuk bermain dalam sebuah peran . dan siap untuk menghadapi segala situasi . Menjaga kesadaran dari persona yang adaptif membuat seseorang tidak terlalu egois dan memberikan konstribusi terhadap kesiapan seseorang dan perasaan cukup terhadap dirinya. tapi juga dengan kembali beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya ±termasuk kembali membuat persona yang layak. seseorang tanpa persona adalah orang yang buta akan kenyataan dunia. menjadi pemimpi.

yang akan dia hadapi. . Sebuah persona yang sehat dan fleksible bisa membuat hidup berjalan lancar.

com/what-is-the-persona-a62236 http://psychology. Sumadi.com/hub/Jungian-Theory-of-the-Persona http://psikoloji.wikipedia.britannica.com/EBchecked/topic/452918/persona http://megge-hill-fitz-randolph.hubpages.wikipedia.wikipedia. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.com.htm http://www.wikia.fisek.DAFTAR PUSTAKA Suryabrata.org/wiki/Shadow_(psychology) http://en.org/wiki/Jungian_archetypes http://en.wikipedia.org/wiki/Anima_and_animus http://en.wikipedia.org/wiki/Carl_Jung#Works http://helpingpsychology. ³Psikologi Kepribadian´ .tr/jung/persona.com/wiki/Persona . 1982.suite101.com/articles/200705/when-persona-aces-person http://en.org/wiki/Self_(Jung) http://en.org/wiki/Persona http://www.wikipedia. http://en.psychologytoday.org/wiki/Persona_(psychology) http://en.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful