P. 1
Belajar Seumur Hidup - Nia, Adit, Simbah

Belajar Seumur Hidup - Nia, Adit, Simbah

|Views: 41|Likes:
Published by Brian Dwiasko

More info:

Published by: Brian Dwiasko on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2012

pdf

text

original

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang Belajar seumur hidup bukan berarti kita harus terus sekolah sepanjang hidup kita. Sekolah banyak diartikan oleh masyarakat sebagai tugas belajar yang terperangkap dalam sebuah ³ruang´ yang bernama kelas, bukan itu yang dimaksud. Paradigma belajar seperti ini harus segera kita ubah. Pengertian belajar bukan hanya berada dalam ruangan tapi belajar disemua tempat, semua situasi dan semua hal.

Belajar Seumur Hidup | 1

Kedua.BAB II Belajar Seumur Hidup A. Pengertian dan Urgensi Belajar Seumur Hidup 1. Pertama. sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Kedua. yang secara umum menetap b. Whittker: belajar merupakan proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Relatively permanent. With: belajar adalah perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam/keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai hasil pengalaman. Practice. Teori Belajar James O. Chaplin (Dictionary of Psychology): membatasi belajar dengan dua macam rumusan. Hintzman: belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut. belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperbuat. Reinforce. yaitu: a. Untuk memahami proses belajar tersebut. kemampuan bereaksi c. Skinner (Educational Psychology the Teaching-Learning Process): belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. belajar adalah proses memperoleh respon-respon sebagai akibat adanya latihan khusus. Drs. Slamet: belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. B. praktek atau latihan Belajar Seumur Hidup | 2 . ada empat istilah yang harus disoroti. Response potentiality. biasanya sering dipakai dalam pembahasan psikologi kognitif. yang diperkuat d. belajar adalah proses memperoleh pengetahuan. Pertama. F. Reber (Dictionary of Psychology): membatasi belajar dengan dua macam definisi. dan percaya bahwa proses adaptasi tersebut akan mendatangkan hasil yang optimal apabila ia diberi penguat (reinforce).

pemahaman. belajar seumur hidup sudah diperhatikan. kemampuan dan keterampilan mereka di sepanjang kehidupan kerja mereka. sebenarnya sudah sejak lama dipikirkan oleh para pakar pendidikan dari zaman ke zaman. 2. Ada pepatah dalam bahasa mandarin yang berbunyi xue hai wu ya huo dao lao xue dao lao sampai tua. belajar sampai tua". Berusaha memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan. Untuk indonesia sendiri. hidup yang artinya tuntutlah ilmu Belajar Seumur Hidup | 3 . Islam sudah mengenal pendidikan seumur hidup. sesungguhnya kita tidak mungkin tahu semua jawaban. Memberikan inspirasi kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama. Belajar mengingatkan. Paradigma belajar seperti ini harus segera kita ubah. seluruh dunia juga mengakui pentingnya belajar seumur hidup ini. IV/MPR/1978 Tentang GBHN) yang menetapkan prinsip-prinsip pembangunan nasional. Pengertian belajar bukan hanya berada dalam ruangan tapi belajar disemua tempat. sebagaimana dinyatakan oleh hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi dari buaian sampai liang lahat (meninggal dunia). Belajar seumur hidup bukan berarti kita harus terus sekolah sepanjang hidup kita. konsepsi pendidikan seumur hidup mulai dimasyarakatkan melalui kebijakan Negara (Tap MPR No. semua situasi dan semua hal. selalu berusaha meningkatkan pengetahuan. Konsep belajar seumur hidup. Konsep Belajar Seumur Hidup Ada beberapa kata kunci dalam menjelaskan pengertian belajar seumur hidup ini: a. b. yaitu kerendahan hati untuk bertanya. Apalagi bagi umat Islam. yang lebih dikenal dengan istilah pendidikan seumur hidup. jauh sebelum orang-orang barat mengangkatnya. Belajar mengajarkan pelajaran terpenting dalam hidup. c. . Sekolah banyak diartikan oleh masyarakat sebagai tugas belajar yang terperangkap dalam sebuah ³ruang´ yang bernama kelas. IV/MPR/1970 jo. Tap No. Orang-orang yang kompeten. Di pemerintah kita. yang diterjemahkan: "Belajar itu tiada batasnya. Mereka juga mendorong orang lain untuk belajar secara terus-menerus melalui contoh perbuatan/dorongan langsung. Tidak hanya di Indonesia saja. bukan itu yang dimaksud.Belajar berarti membuka diri kita pada dunia yang maha luas ini.

dimana saja. Proses belajar ditunjukkan dengan adanya rasa ingin tahu yang dikemukakan dalam bentuk pertanyaan atau bertanya. Sehingga bisa dikatakan bahwa tidak bertanya atau tidak ingin tahu berarti tidak ada proses belajar. berarti semakin canggih caranya ia bertanya. Berguru Komunikasi dengan guru sangat manusiawi karena diselenggarakan dengan nalar. yaitu: a. kemampuan berdialog dengan alam. Membaca buku Membaca buku adalah cara yang paling objektif untuk mengetahui berbagai informasi keilmuan yang merupakan kompilasi pengalaman manusia yang tertulisa secara sistematik. Semakin dewasa seseorang mestinya semakin canggih proses belajar yang berlangsung dalam dirinya. Holistik memiliki arti lebih mengarah kepada pengutuhan atau penyempurnaan. Oleh karena itu suatu cara sistematik perlu dikembangkan. Proses Belajar Seumur Hidup Pendidikan seumur hidup bersifat holistik. namun seberapa besar usahapun kita tidak akan sampai pada kesempurnaan itu. Karena kesempurnaan hanya milik Sang Pencipta Alam. dan kapan saja. dan gerak yang telah sama-sama dipahami dan menganut paham seakan-akan makin banyak guru adalah semakin baik. Seseorang seumur hidupnya harus belajar karena belajar itu tidak mengenal tempat & waktu. Praktikum pada dasarnya adalah latihan untuk memiliki kemampuan itu. yaitu dengan cara membawa fenomena alam itu ke dalam laboratorium untuk ditelaah. rasa. Manusia selalu berusaha untuk mencapai titik kesempurnaan dalam segala hal. Upaya sistematik setelah merumuskan rasa ingin tahu ke dalam bentuk bertanya adalah dengan mencari jawaban. Membaca buku dapat dilakukan oleh siapa saja.Dengan demikian orang-orang zaman dahulu sebenarnya memiliki pandangan yang sangat luas & mendalam tentang belajar. yaitu: 1) Kemampuan berbahasa 2) Kecepatan membaca 3) Kemampuan untuk memilih dan membaca buku ajar (text book) c. bahasa. terutama pengajaran yang terpilih dan terinferensikan dalam berbagai bentuk kelembagaan belajar. 3. mungkin paling sulit. b. Praktikum Berdialog dengan alam tidak mudah. sedangkan pengajaran bersifat spesialistik. Terdapat beberapa metode mencari jawaban untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari rasa ingin tahu. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca. Belajar Seumur Hidup | 4 .

atau menjadi orang pertama yang menemukan sesuatu hal yang penting. atau upaya melakukan sesuatu dengan lebih baik. Perbaikan diri adalah perjuangan terus-menerus untuk memperbaiki diri. Alangkah besar keuntungan yang dapat kita peroleh jika kita mampu membuka kunci kekuatan tersebut. Berpikir positif atau afirmasi positif adalah alat yang sangat kuat mengalahkan pemrograman ulang pikiran diri dan pikiran bawah sadar.B. yang lebih baik dari sebelumnya. atau perasaan. kasih sayang dan integritas kepada diri sendiri. Perbaikan diri dalam banyak hal adalah tindakan yang disengaja kita mengatasi diri kita sendiri dan situasi yang muncul dalam kehidupan kita. yang lebih baik dari situasi sebelumnya. Agar dapat mencapai perbaikan diri diperlukan: a) Upaya untuk membangun atau memperbaiki keahlian. keahlian. Upaya ini akan muncul apabila seseorang telah memiliki kesadaran tentang pentingnya menjadi orang yang semakin baik. Belajar Seumur Hidup | 5 . Jadi. pikiran atau kognisi. Berpikir positif adalah metode motivasi umum digunakan untuk meningkatkan sikap seseorang dan mendorong pertumbuhan diri. 2. Belajar Sebagai Upaya Perbaikan Diri (Countinous Improvement) 1. d) Upaya untuk menemukan sesuatu yang baru. gagal. Proses perbaikan diri Pengalaman pahit menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dalam kehidupan kita. pengalaman terpahit sekalipun dapat menjadi titik tolak mencapai puncak kejayaan dan kebahagiaan jika kita memiliki kekuatan memperbaiki diri terus menerus. tetapi pengembangan diri terutama difokuskan pada perubahan perilaku kita sendiri. Kegigihan akan mendorong Anda untuk memperbaiki diri terus menerus. Memperbaiki diri akan memberi kita rasa percaya diri dan nyaman dengan keadaan diri sendiri. disakiti. Berpikir positif adalah cara hidup. Perbaikan diri sendiri Perbaikan adalah upaya untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. pengetahuan dan lain-lain. difitnah. Syarat lain untuk dapat membuka kunci perbaikan diri adalah kegigihan. Ini mungkin melibatkan perubahan orang lain atau lingkungan sekitar kita untuk memperbaiki keadaan kita sendiri. dilecehkan. Berpikir positif adalah memelihara sikap positif sebagai teknik ketangguhan mental untuk mendorong pada tujuan kita. Namun. proses tak sadar. b) Upaya untuk melakukan sesuatu yang baru. Self Improvement adalah tentang kebenaran. e) Upaya melakukan sesuatu yang baru yang dirancang dan diciptakan secara baru. itulah yang menjadi alasan kebanyakan orang cenderung berjuang dengan perbaikan diri. misalnya tidak dihargai. dan lain sebagainya. Jadi jangan mudah menyerah ketika menghadapi banyak tantangan atau selalu menghadapi kegagalan. Seiring dengan kualitas personal dan profesional Anda yang lebih baik. Manfaat jika selalu memperbaiki diri adalah mampu mengantisipasi kejadian buruk menimpa kita. c) Upaya untuk menciptakan suatu situasi baru. maka suatu saat tujuan Anda pasti tercapai.

Menulis Tujuan dan Rencana Aktivitas Tujuan ditulis seperti peta. c. dan d.Kunci kekuatan memperbaiki diri adalah mencintai diri sendiri. yang satu ini adalah salah satu yang akan membantu Anda menguasai perbaikan diri yang paling baik. Kita belajar sesuatu yang lebih baik ketika kita mengajarkannya. kita mengenal beberapa tipe perbaikan yaitu: a. Disamping itu masing-masing diantara kita juga memiliki keunikan tersendiri. Dari tidak mengerti menjadi mengerti. e. Mengharapkan untuk Menang Kita perlu mengubah pemikiran sehingga dapat menyetel diri untuk mengharapkan hasil yang positif. a. Dari tidak berguna menjadi berguna. maka kita harus bermuhasabah atau berintrospeksi diri. f. b. melihat kembali diri sendiri secara lebih jujur. tentang segala kebaikan dan keburukan. sebab tidak seorangpun di dunia ini yang sama persis segala-galanya. Dari tidak bisa menjadi bisa. Afirmasi Positif Memiliki kekuatan untuk mengubah dialog batin dan alat yang kuat untuk mengingat banyak ketidakpuasan dalam hidup yang disebabkan oleh dialog batin. Dalam hal perbaikan diri. sebab masing-masing diantara kita pasti memiliki kelebihan. Ketika Anda mengajar. Ibadah/Do¶a Beribadah. Mengajar untuk Belajar Dari 7 tips pengembangan diri. kekuatan dan kelemahan. sedang dan sudah dikerjakan. kita melihat rencana aktivitas yang akan. sembahyang. Belajar Seumur Hidup | 6 . Untuk dapat mencapai hal-hal tersebut diatas. Dari tahu menjadi tidak tahu. g. doa atau apapun namanya adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mengurangi stres dan membersihkan sistem dalam diri. Jurnal harian Jurnal berguna untuk membantu mengklarifikasi pikiran. Saat melihat tujuan. d. b. untuk berpikir lebih jelas dan untuk benar-benar melihat di mana pemikiran mungkin tidak begitu baik. Bulatkan Tekad Anda Semua bidang kehidupan berkontribusi pada perbaikan diri kita. c. mengakui secara jujur kesalahan kita tanpa ada lagi alasan-alasan yang kita gunakan untuk menutupinya ketika kita berdebat dengan orang lain. pikiran batin Anda akan terbuka sehingga Anda bisa mencerna dan mengirimkan informasi.

tidak peduli akan keanehan atau ketidakwajaran. dan pikiran-pikiran ke dalam kombinasi yang berbeda. y Buat kombinasi-kombinasi baru. e. 2) Refleksikan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. bayanganbayangan. Teknik Belajar Efektif a. Menghindarkan Keraguan f. Berpikir Kritis g. anda dapat mengunakan strategi yang sama seperti yang digunakan Aristoteles dan Einstein untuk memanfaatkan kreatifitas berpikir anda dan mengatur masa depan anda lebih baik: y Lihatlah persoalan anda dengan berbagai cara yang berbeda dan cari perspektif baru yang belum pernah dipakai oleh orang lain (atau belum diterbitkan!) y Bayangkan! y Hasilkan! Karakteristik yang membedakan anak jenius adalah produktivitas. dan kombinasikan ulang. ide-ide. y Berpikir secara berlawanan. Pedoman: 1) Perhatikan waktu Anda. dan lain-lain. Motivasi belajar Apa tujuan utama kita untuk belajar. y Bentuklah hubungan-hubungan. orang-orang. Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Belajar Seumur Hidup | 7 . Pengaturan jadwal belajar Pengaturan Waktu adalah suatu cara membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajar Anda dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas. c. buatlah hubungan antara persoalan-persoalan yang berbeda. 4) Ketahuilah kapan Anda produktif. keluarga. d.3. dan kejadian-kejadian yang ada memberi tuntutan yang berlebihan. Kombinasi. b. 3) Sadarilah kapan Anda menghabiskan waktu Anda dengan sia-sia. y Berpikir secara metafor. Berpikir yang cerdik y Meskipun anda bukanlah seorang jenius. Mengatur stres Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi. Penyesuaian Pengambilan Keputusan h. y Persiapkan diri anda untuk menghadapi kesempatan.

Hargai diri sendiri. hasil studi yang bobrok. dan sebagainya. Jadi. b. cobalah membuat jeda di antara waktu belajar yang Anda laklukan. Selain itu. Minat sebagai sebab maksudnya minat muncul sebagai tenaga Belajar Seumur Hidup | 8 . c. dampak yang fatal akan timbul dari kebiasaan ini. belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan dan ringan. Minat dapat diartikan sebagai keinginan yang kuat untuk memenuhi kepuasan. 5. coretan dan yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tangan sendiri. maka mempelajari sesuatu yang sesuai dengan keinginan dan kepribadian kita menjadi lebih mudah dilakukan. bila dilakukan secara bersamasama. menonton televisi dan lain-lain. Gambar. terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasa enggan untuk belajar. apa pun karakter belajar yang dimilikinya. tentu akan lebih mudah mencari ragam informasi penting yang akan kita pelajari. apapun yang akan kita pelajari dan pahami. kegagalan dalam sekolah. Rekam semua informasi dalam kata. d. Mengatasi Malas Belajar Kebanyakan orang akan merasa sangat malas jika diminta untuk belajar. Anda menjadi orang yang kurang cakap. Tak ada seorang pun yang mampu memberikan informasi tentang apa yang menarik untuk kita pelajari kecuali diri kita sendiri. Biasanya mereka akan berusaha menghindar dan lebih memilih untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain. Lihat seberapa besar tingkat keberhasilan Anda dalam mempelajari suatu informasi atau fakta tertentu. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut: a. langkah yang paling mudah dan bijaksana adalah bila kita terbiasa merekam semua informasi itu dengan cara menuliskannya kembali dalam bentuk apa saja. Jika ditinjau lebih mendalam. Langkah yang paling mudah untuk memahami. Jika kita tahu betul siap kita dan apa yang kita inginkan. Belajar bersama orang lain. e. Setelah itu. dan motivasi dalam belajar. mengingat dan mempelajari sesuatu adalah dengan kata. perhatian. Prinsip Belajar a. Belajar memahami dan menyerap informasi akan menjadi lebih terasa bermanfaat dan berarti bila kita menghargainya. Sebab. Kenalilah kepribadian diri sendiri. rencanakan apa yang akan Anda pelajari dan pahami. Minat dapat timbul karena sebab maupun akibat.4. seringkali menjadi sia-sia jika ternyata tak sesuai dengan kepribadian kita. Jika hal ini terus menghinggapi anda. Tidak adanya minat. Jadi. Prinsip belajar ini hampir selalu efektif bagi setiap orang. Mengenali betul apa yang menarik untuk kita Jika kita mengetahui betul apa sesungguhnya yang menarik bagi kita. Cara termudah untuk belajar sesungguhnya adalah bila kita melakukannya secara bersama-sama.

d. Perhatian diartikan sebagai proses pemusatan pengerahan aktivitas tenaga psikis dan fisik terutama indra dan gerakan tubuh pada suatu hal. Tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik Kesulitan dalam mengikuti pelajaran bagi orang dengan kemampuan intelegensia yang rendah atau sedang akan menimbulkan perasaan jenuh dan bosan dengan kegiatan belajar.pendorong yang merangsang anda memperhatikan objek tertentu. Jika anda tetap memaksakan untuk belajar. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan rasa malas dan bosan. c. Jika perhatian anda lemah maka akan menimbulkan aktivitas yang berkualitas rendah dan ketidakseriusan. Sedangkan minat sebagai akibat berarti suatu perasaan yang menyenangkan yang timbul akibat kehadiran suatu hal. Hal ini akan membuat anda cepat jenuh dalam belajar. dan motivasi dalam belajar akan menyebabkan pertentangan dalam diri anda sehingga menyebabkan anda secara sadar atau tidak sadar mengabaikan kegiatan belajar. Belajar Seumur Hidup | 9 . Motivasi adalah dorongan atau usaha untuk mewujudkan perbuatan dalam bentuk aktivitas mencapai kebutuhan atau tujuan tertentu. Semakin tinggi intensitas perhatian anda pada suatu kegiatan. sehingga kita tidak bergantung pada faktor luar untuk mendapatkan dorongan untuk belajar. b. e. bagi orang dengan kemampuan intelegensi yang tinggi juga dapat merasakan kejenuhan ketika menghadapi sesuatu permasalahan yang dianggap terlalu mudah karena tidak memberi anda tantangan dalam mengatasinya. Tidak adanya minat. ketidakseriusan inilah yang menyebabkan rasa malas dan bosan. ataupun mengarahkan pikiran agar tetap fokus pada pelajaran. Untuk menggerakkan motivasi anda. perhatian. akan semakin sukses kegiatan tersebut. Kondisi seperti ini akan menyebabkan anda susah untuk berkonsentrasi. maka akan timbul suatu keadaan yang tidak mengenakkan hati. mengendalikan. Kadar perhatian sangat ditentukan oleh kadar kesadaran seseorang. Suasana yang tidak kondusif untuk belajar Suasana yang tidak nyaman akan membuat perhatian anda terbagi-bagi sehingga sulit fokus dalam belajar. Motivasi yang paling baik adalah motivasi yang timbul dari dalam diri sendiri dan bukan dari luar. maka harus ada cukup alasan/motif tertentu yang merangsang perbuatan itu. Kebiasaan mengatur waktu belajar yang salah Terkadang anda meyiapkan waktu belajar dimana anda tidak siap untuk belajar baik karena anda terlalu lelah atau karena anda dalam keadaan tergesa-gesa. Sebaliknya. Cara belajar yang tidak efektif Seringkali kita tidak mengetahui langkah-langkah untuk mengaktifkan.

Pergaulan yang tidak searah Kondisi pergaulan akan sangat mempengaruhi pola pikir anda terhadap segala masalah termasuk masalah belajar. namun suatu hal yang menyenangkan dan menantang. Inti permasalahan mengatasi malas belajar adalah bagaimana membuat proses belajar ini dapat mendatangkan cita rasa manfaat dan kegunaan utama yang dapat langsung merangsang. padahal untuk melakukan beban dan kewajiban itu akan terasa jauh lebih berat. karena dalam pergaulan seseorang akan mudah terpengaruh tanpa adanya suatu proses pikir panjang. Berdasarkan para ahli. Anda harus mengubah mindset anda bahwa kegiatan belajar bukanlah suatu beban dan kewajiban. proses belajar itu tidak akan berlangsung. g. menantang. Pandangan keliru tentang belajar akibat tekanan orang tua Mayoritas orang tua mengajak anaknya untuk belajar dengan pendekatan yang keliru dimana orang tua lebih sering memaksakan kehendaknya pada anak termasuk dalam hal belajar. penyebab rendahnya prestasi seseorang adalah akibat dari lemahnya orang tersebut untuk dapat berkonsentrasi Belajar Seumur Hidup | 10 . Padahal yang lebih penting adalah bagaimana orang tua memahami kehendak pribadi anak. Mengalami kesulitan beradaptasi di lingkungan sekolah Ketegangan atau konflik sosial yang terjadi di lingkungan sekolah dapat mempengaruhi emosi serta gairah belajar anda. dan cara merangsang anak yang benar agar tertarik dan mau memahami apa makna yang dipelajarinya. kesulitan anak.f. Miskomunikasi ini menyebabkan anda merasa bahwa belajar merupakan suatu beban dan kewajiban. dan memuaskan anda. Untuk memotivasi. Cara Membangun Konsentrasi Belajar Tanpa konsentrasi. h. Bangun stigma bahwa belajar adalah suatu kebutuhan. maka langkah-langkah yang harus anda lakukan sebagai berikut: 1) Berani membangun mimpi 2) keinginan untuk unggul 3) memiliki rasa percaya diri 4) antusias dan cinta pada pelajaran 5) menentukan target pencapaian tingkat prestasi jangka pendek maupun panjang 6) belajar aktif 7) mengatur waktu belajar yang efektif 8) menyiapkan suasana lingkungan yang kondusif untuk belajar 9) beradaptasi dengan lingkungan sekolah 10) mengembangkan kualitas pergaulan 6.

f. 7. Adapun penyebab timbulnya kesulitan dalam konsentrasi belajar adalah sebagai berikut: a. Suatu persoalan dapat menjadi suatu masalah jika Belajar Seumur Hidup | 11 . dan lain-lain. Hal ini dapat dilihat dari munculnya kelesuan dan rasa bosan sehingga orang tersebut kehilangan minat dan motivasi belajar sama sekali dan dorongan untuk tidak menghasilkan sesuatu. Kesiapan belajar Sebelum melakukan kegiatan belajar. Belajar aktif maksudnya adalah berani untuk mengungkapkan ketidaktahuan anda kepada orang lain dengan harapan agar orang tersebut dapat mengajarkannya pada kita. Kembangkan hasrat ingin tahu dengan aktif bertanya. direncanakan dan dijadikan kebiasaan. atau tegangan emosional). maka dibutuhkan antara lain: a. d. e. c. Bersifat pasif dalam belajar. khawatir. Gangguan kesehatan jasmani. b. e. Menanamkan minat dan motivasi belajar Dengan cara mengembangkan imajinasi berpikir dan aktif bertanya. f. tertekan. Untuk dapat mengembangkan kemampuan konsentrasi belajar. b. Konsentrasi belajar itu bukanlah merupakan bawaan atau bakat sejak lahir. Cara belajar yang baik tentu harus memuat tujuan yang harus dicapai dan cara-cara menghidupkan dan mengembangkan rasa ingin tahu anda hingga tuntas apa yang anda hendak pelajari. anda harus benar-benar dalam kondisi segar baik secara fisik (terhindar dari rasa lapar dan lelah) dan psikis (bebas dari konflik kejiwaan. tekanan masalah. takut. Mengatasi Gangguan Belajar Seseorang yang mengalami tekanan emosional atau frustasi bila dikaitkan dengan proses belajar akan menyebabkan orang tersebut semakin berada pada kelelahan mental. Konsentrasi belajar itu maksudnya adalah pemusatan daya pikiran dan perbuatan pada suatu obyek yang dipelajari dengan menghalau atau menyisihkan segala hal yang tidak ada hubungannya dengan obyek yang dipelajari. marah. d. benci. Tidak memiliki kecapakapan dalam cara-cara belajar yang baik. Suasana lingkungan belajar yang berisik dan berantakan.dalam belajar. c. Lemahnya minat dan motivasi dalam pelajaran. Menerapkan cara belajar yang baik. Lingkungan belajar harus kondusif. namun harus diciptakan. Refreshing Perlu disediakan waktu untuk menyegarkan pikiran (refreshing) ketika menemui kejemuan belajar. Maksud dari imajinasi berpikir adalah membiasakan untuk berpikir menjelajah dengan berusaha membayangkan gambaran bentuk yang dipelajari. Timbulnya perasaa negatif seperti gelisah. Belajar aktif.

bersikap terbuka (anda harus dapat melatih untuk menghadapi suatu masalah dengan rasional sehingga ketika anda menghadapi suatu masalah. Perkelahian hanyalah menimbulkan permusuhan. benci. marah dan lain-lain. rumuskan kemungkinan kerugian terburuk yang anda alami. maka hal-hal yang perlu anda perhatikan dan lakukan adalah: a. selanjutnya langkah-langkah tindakan pemecahan masalah yang dapat anda lakukan antara lain memahami masalah. tentukan waktu pelaksanaan alternatif tindakan terbaik secepat mungkin. Agar kita dapat menjadi pribadi yang tangguh dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik. anda dapat fokus untuk menemukan solusinya. maka jangan memendam suatu masalah. seperti timbulnya perasaan gelisah. takut. Strategi menghindari pertengkaran Pertengkaran adalah perbuatan orang-orang bodoh yang tidak intelek. Menyusun strategi pemecahan masalah Setelah anda mampu mengambil keputusan dan kebijakan untuk mencari solusi atau pemecahan masalah yang anda hadapi. temukan alternatif tindakan terbaik. e. kita harus mampu berhenti mengeluh dan bersikap reaktif (suka memberi tanggapan negatif maupun kebiasaan berprasangka-buruk hanya akan membuat anda semakin terpuruk dengan suasana yang tidak menyenangkan). perasaan tidak nyaman. merumuskan tindakan alternatif untuk mengatasi masalah. jangan menyerah pada perasaan (pikirkan apa yang masih dapat anda kerjakan dan jangan terpuruk karena masa lalu). Untuk dapat memiliki keterampilan mengatasi masalah. Menunda suatu masalah atau memendam masalah ibarat sedang menyimpan dan memelihara borok di mana borok tersebut lambat laun akan menggerogoti hati anda.terdapat ketidaksesuaian antara harapan dengan realita. b. terima dengan ikhlas jika kemungkinan terburuk itu terjadi. Jangan suka memendam masalah Untuk menghilangkan ekses negatif suatu masalah terhadap diri anda. Anda memiliki kemampuan-kemampuan yang luar biasa sehingga tidak ada hal yang perlu ditakuti. maka anda mutlak memiliki keterampilan mengatasi masalah. c. perasaan terkucil dan mengancam keselamatan jiwa sendiri. Berusahalah untuk berpikir positif Untuk dapat memompa optimisme dalam diri kita dan menyingkirkan segala pikiran jelek. Belajar Seumur Hidup | 12 . kesal. d. bukan untuk terlalu terpengaruh pada ekses emosional yang menyertai masalah anda). Percaya diri Bangun kepercayaan diri anda bahwa diri anda mampu untuk mengahdapi berbagai macam masalah.

d. kompleks dan mengandung konflik. Keterlibatan diri seseorang terhadap suatu tugas. Percayalah bahwa anda lebih hebat dan memiliki kemampuan yang lebih besar dari orang yang anda kagumi. Harapan tersebut dapat terwujud jika anda menganggap diri anda mampu. Fase kedua memfokuskan pada peningkatan mengenai cara bekerja (improve how to work) yang berkutat pada improvisasi cara berpikir dan pembelajaran mengenai masalah-masalah sistem yang dinamis. Kesuksesan seseorang tidak ditentukan berdasarkan keberuntungan seseorang. jangan lawan kemarahan lawan kecuali demi keselamatan diri sendiri. Chaplin dorongan berprestasi diartikan sebagai : a. 8. Fase pertama adalah organisasi dan perusahaan berkonsentrasi pada peningkatan proses kerja (improve work process). Belajar Seumur Hidup | 13 . Jangan suka meremehkan kemampuan diri anda sendiri sementara anda terlalu sibuk mengelu-elukan kehebatan dari diri orang lain. Dorongan untuk mengatasi rintangan-rintangan atau perjuangan untuk melakukan pekerjaanpekerjaan yang sulit secara cepat dan tepat. namun lebih pada dorongan berprestasi yang dimilikiorang tersebut melalui aksi dan perencanaan yang matang. anda harus dapat membuat lawan sibuk berbicara dan mengungkapkan seluruh kemarahannya karena 99% orang yang telah mengungkapkan seluruh kejengkelannya tidak akan melakukan kekerasan fisik).Dibutuhkan strategi untuk menghindari pertengkaran dan meredam kemarahan lawan. Harapan untuk berhasil dalam suatu tugas yang diberikan.P. Ada 3 gelombang mengenai pembelajaran (learning). Organisasi Pembelajar Organisasi pembelajar adalah suatu lingkungan organisasi yang telah mengembangkan kapasitas untuk belajar. Pada fase ketiga. b. Menurut J. meraih. C. c. jadikan musuh anda sebagai sahabat (sikap permusuhan lawan akan cair jika disambut dengan sikap penuh kekerabatan). Membangun Dorongan Berprestasi Dalam hati kecil setiap orang pasti terdapat keinginan untuk dapat menjadi seorang idola atau orang yang dibanggakan. Kecenderungan untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang dikehendaki. Organisasi ini terlatih dalam menciptakan. Anda harus ingat bahwa setiap manusia memiliki kelemahan dan sebaliknya memiliki keunggulan dalam beberapa hal. anda harus dapat mengontrol dan menekan emosi anda sendiri). konsep pembelajaran benar-benar tertanam dalam organisasi sebagai cara pandang dan berpikir para pimpinan dan pekerja. berusaha membuat lawan mengungkapkan penyebab kemarahannya secara tuntas (untuk menghindari sikap ofensif lawan. dan mengubah pengetahuan atau informasi dan memperbaiki sikapnya untuk mencerminkan pengetahuan dan pandangan baru. Yang anda harus lakukan adalah anda harus bersikap tenang dan dewasa (jangan panik dan jangan terprovokasi emosi lawan anda. menyesuaikan diri atau beradaptasi dan berubah secara berkesinambungan.

Terbuka terhadap ide-ide baru. Pimpinan bertugas memampukan dan memberdayakan orang lain. Tanggap terhadap perubahan. Budaya organisasi 1) Hubungan setara yang kuat. 3) Peduli. Permasalahan yang dihadapi adalah ketika orang-orang dalam organisasi tidak belajar. 3) Tepat. Setiap orang dalam organisasi memperoleh kesempatan sama untuk belajar. Menurut Peter Senge ada lima disiplin (pilar) untuk membuat organisasi menjadi organisasi pembelajar: 1) Personal Mastery Belajar untuk memperluas kapasitas personal dalam mencapai hasil kerja yang paling diinginkan dan menciptakan organisasi yang menumbuhkan seluruh anggotanya untuk mengembangkan diri mereka menuju pencapaian sasaran dan makna bekerja sesuai dengan harapan yang mereka pilih. d. 2. dan tidak mau atau mampu untuk beradaptasi. Mempunyai keunggulan dalam hal kemampuan untuk belajar. Pilar organisasi pembelajar. 2) Pada waktunya. e. Unsur-unsur organisasi pembelajar: a. d.1. 3) Pemberdayaan. b. 2) Tim. Kepemimpinan 1) Membagi visi. Desain organisasi 1) Tanpa pembatasan. Berbagi informasi 1) Terbuka. c. 4) Percaya. 2) Mental Models Belajar Seumur Hidup | 14 . berpengetahuan dan juga berkeahlian. c. b. f. 2) Bekerja sama. Karakteristik dan unsur organisasi pembelajar. 2) Perasaan komunitas. Karakteristik suatu organisasi pembelajar: a.

kompetensi. 5) Systems Thinking Cara pandang. Competitiveness tersebut diperoleh dengan cara mengelola pengetahuan yang kita miliki dengan baik dan efisien. inovasi. Isu utama di manajemen pengetahuan ini adalah competitiveness. Manajemen pengetahuan difokuskan untuk menjadikan seseorang atau sebuah institusi agar menang dalam kompetisinya karena memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada kompetitor-nya. Pengembangan/sharing c. sehingga suatu kelompok dapat mengembangkan pemikiran dan kemampuan yang lebih besar dibanding ketika masing-masing anggota kelompok bekerja sendiri. dengan mengembangkan gambaran bersama tentang masa depan yang akan diciptakan. Knowledge-chaotic: Tak sadar konsep. cara berbahasa untuk menggambarkan dan memahami kekuatan dan hubungan yang menentukan perilaku dari sistem. 3. 3) Shared Vision Membangun rasa komitmen dalam suatu kelompok. dan ide individual potensial untuk menciptakan organisasi yang lebih efisien dan efektif.Proses bercermin secara berkesinambungan untuk memperjelas. tak ada proses informasi. Membuat pekerjaan jadi lebih mudah g. Pembelajaran b. 4) Team Learning Mentransformasikan pembicaraan dan keahlian berpikir (thinking skills). dan tak ada sharing informasi. ditambah keahlian. Kreativitas f. Penempatan orang di tempat yang tepat dan waktu yang tepat d. prinsip dan praktik yang menuntun cara kita mencapai tujuan masa depan tersebut. Pembuatan keputusan yang efektif e. Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Manajemen pengetahuan mengusahakan budaya pembelajaran dimana anggota organisasi secara sistematis mengumpulkan pengetahuan dan berbagi dengan anggota lain dalam organisasi agar dapat mencapai kinerja yang terbaik. Manajemen pengetahuan dimaksudkan untuk menjamin penggunaan penuh dasar pengetahuan organisasi. meningkatkan gambaran diri kita tentang dunia luar dan melihat bagaimana mereka membentuk keputusan dan tindakan kita. Mendorong tumbuhnya bisnis baru dan nilai bisnis Adapun tahapan perkembangan manajemen pengetahuan dalam organisasi adalah sebagai berikut: a. pemikiran. Belajar Seumur Hidup | 15 . Tema utama dari manajemen pengetahuan adalah sebagai berikut: a.

3. Formal Learning Merupakan kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan secara terencana. isu-isu berkaitan dengan budaya dan teknologi. d. Development opportunity ini terdiri dari mentoring. Knowledge-managed: Kerangka kerja yang terintegrasi. Knowledge-enabled: Memanfaatkan manajemen pengetahuan. Sharing Information & Experience Merupakan situasi yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki. merealisasikan manfaat. c. Selain itu ada juga atribut-atribut yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif: 1. nilai pengetahuan diakui dalam kapitalisasi pasar. manajemen pengetahuan terintegrasi dalam budaya. ada beberapa proses manajemen pengetahuan. Dituntut untuk melakukan usaha yang keras. 2. Knowledge-centric: Manajemen pengetahuan merupakan bagian dari misi. e. Mengakomodasi kebutuhan. dan internship. isu-isu pada tahap sebelumnya teratasi.b. mengadopsi standar. Berkesinambungan. c. Di dalam manajemen pengetahuan ini juga dijelaskan tentang langkah-langkah menciptakan lingkungan belajar yang efektif: a. Knowledge-aware: Sadar akan kebutuhan manajemen pengetahuan. Belajar Seumur Hidup | 16 . ada isu tentang sharing informasi. Fokus kepada rencana strategis organisasi. ada teknologi. 4. Terintegrasi dengan pekerjaan. b. cognitive apprenticeship. Development Opportunity Dirancang sesuai kebutuhan setiap individu. 5.

tentang segala kebaikan dan keburukan. Kesimpulan Untuk dapat belajar seumur hidup.BAB III Penutup A. Belajar Seumur Hidup | 17 . kekuatan dan kelemahan. Belajar seumur hidup bukan berarti kita harus terus sekolah sepanjang hidup kita melainkan belajar dalam memaknai hidup ini. maka kita harus bermuhasabah atau berintrospeksi diri. melihat kembali diri sendiri secara lebih jujur.

DAFTAR PUSTAKA http://www.com/ http://www.wikipedia.com/ Lubis. Satria Hadi.google. Belajar Seumur Hidup | 18 . Belajar Seumur Hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->