RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)
( SD )

KELAS III
SEMESTER 1 & 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester

: : : :

SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) I (Satu) Bab 1

Standar Kompetensi Mengamalkan makna sumpah pemuda. Kompetensi Dasar Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Indikator 1. Menjelaskan pengertian kerja sama. 2. Menjelaskan manfaat kerja sama. 3. Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama. 4. Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri. 5. Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah. 6. Melaksanakan kerja sama di sekolah. 7. Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda. 8. Menyebutkan isi sumpah pemuda. 9. Menjelaskan makna isi sumpah pemuda. 10. Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Alokasi Waktu A. 1. 2. 3. 4. : 6 x 35 menit (3 pertemuan).

Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri. 5. Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah. 6. Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah. 7. Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda. 8. Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda. 9. Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda. 10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. B. Materi Ajar 1. Kerja sama. 2. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. C. 1. 2. 3. 4. 5. 6. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan Kontekstual. Pendekatan Cooperatif Learning. Diskusi kelompok. Diskusi kelas. Tanya jawab. Ceramah.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan Inti a) Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 2 dan 3 tentang pertandingan tim bola basket kelas Dina. • Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama. 3. • Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah. d) Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah. Kegiatan Inti a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7. c) Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah. c) Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda. Guru mengingatkan kembali siswa mengenai pentingnya kerja sama. h) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. untuk mengawali pelajaran. Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama. • Manfaat kerja sama. g) Guru menjelaskan cara berdiskusi yang baik. Pertemuan Kedua 1. b) Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket” halaman 2). e) Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang. f) Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama. d) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 2.Pertemuan Pertama 1. untuk mengawali pelajaran. a) b) c) Kegiatan Penutup Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. c) Dilanjutkan tanya jawab tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. 2. b) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. e) Semua siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman sekelompoknya. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang suku-suku yang ada di Indonesia. • Akibat tidak mau bekerja sama. . d) Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan basket”. c) Menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 3.

satu bangsa. satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang. 3. satu bangsa. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. sekolah. Orang tua. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. Kegiatan Inti a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9. satu bahasa”. f) Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik g) Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain. e) Guru meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya. Sumber/Bahan Belajar 1. • Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa. bahkan pada masa sekarang. 4. b) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. b) Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari pentingnya kerja sama dan saling menolong. Pertemuan Ketiga 1. untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. 2. c) Menceritakan pentingnya memahami makna isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa. Lingkungan rumah (keluarga). 1-3. satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika. 2. . untuk mengawali pelajaran. 3. 4-9. M. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. karangan Dra. dst. Teman. 3. terbitan ESIS. satu bahasa. c) Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman halaman 9.f) Menjelaskan semboyan ”satu nusa. • Hubungan kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa. Dyah Sriwilujeng. satu bangsa. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. E. g) Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.Pd. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. satu bangsa. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa. . Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. d) Meminta semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut. • Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa. satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia. satu bahasa” (tanpa melihat buku).) hal. satu bangsa. satu bangsa.

... Sebutkan isi sumpah pemuda. penilaian unjuk kerja... 2. Manfaat kerja sama adalah .... Kerja sama di sekolah misalnya . NIP.... Saya dan teman-teman bekerja sama dalam . Kepala Sekolah Jakarta .... Contoh Instrumen : 1... 2008 Guru Mata Pelajaran PKn SAUNAH NIP..... penilaian lisan. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : : tugas kelompok. tugas individu.F...... Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ... penilaian sikap (pengamatan perilaku). Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....... . Mengetahui. ...

4. D. dll). Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 2. C. 5. Tanya jawab.. A. Penugasan. b) Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil pekerjaan siswa lain. c) Bertanya jawab tentang sikap mana pada kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai dengan makna sumpah pemuda beserta alasannya. c) Menceritakan beberapa contoh pengamalan sumpah pemuda. 3. untuk mengawali pelajaran. Kegiatan Inti a) Meminta semua siswa mengisi kolom sikap pada halaman 10. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan Kontekstual. Pendekatan Cooperatif Learning.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III(Tiga) I (Satu) Bab 1 Kompetensi Dasar Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. sekolah. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. 1. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. . 2. Materi Ajar Mengamalkan sumpah pemuda. Indikator Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah. d) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku. B. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. e) Meminta semua siswa mengamati gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai 17. Ceramah. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).

j) Menugaskan semua siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda. M. k) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. Sumber/Bahan Belajar a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. 10-22. penilaian sikap. penilaian lisan. 3.f) Menunjuk beberapa siswa menentukan gambar mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu.Pd. Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu mengenai teman yang berbeda asalusul denganmu. penilaian tertulis (pilihan ganda. penilaian portofolio (membuat karangan). kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. uraian singkat). Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. sekolah. yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat. terbitan ESIS.dan pengamalan sumpah pemuda. untuk 2. b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Kegiatan Inti a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. c) Lingkungan rumah (keluarga). F. c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. Pertemuan Kedua 1. i) Mengajak semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang sampai Merauke” di halaman 19 dengan penuh semangat. Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. ulangan harian. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : : tugas individu. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. karangan Dra. 20-22. d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. h) Menugaskan semua siswa mengerjakan tugas ekspresikan dirimu. 3.) hal. E. sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. . g) Menugaskan semua siswa mewarnai gambar di halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda (sesuai petunjuk pada halaman 12). Kegiatan Awal Mengajak semua siswa berdoa mengawali ulangan harian. Ceritakan apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Dyah Sriwilujeng. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. Contoh Instrumen : 1. dst.

.. terpecah belah b. 2......... Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena .... 2008 Guru Mata Pelajaran Pkn _______________________ NIP. a. Apa arti semboyan “Satu nusa.. Satu Bahasa”? Mengetahui...Apabila kamu tidak menyukainya. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) .... mudah menyerah 3.Satu Bangsa. Kepala Sekolah _______________________ NIP.. . Jakarta .. penakut c.. ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.

Pendekatan Kontekstual. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. 4. Siswa dapat menjelaskan pengertian norma. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di sekolah. D. 2. Kompetensi Dasar Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. 3. 24-25 tentang contoh penerapan norma di masyarakat. Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 2. B. 3. Alokasi Waktu Menjelaskan pengertian norma. yaitu aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. 2. Pendekatan Cooperatif Learning. : 2 x 35 menit (1 pertemuan). 3. c) Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT.Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) I (Satu) Bab 2 Standar Kompetensi Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. RW. Materi Ajar Norma yang berlaku di masyarakat. A. dst). yaitu: • Norma agama . c) Guru menjelaskan beberapa norma yang berlaku di masyarakat. Kegiatan Inti a) Siswa diajak untuk mengamati gambar pada hal. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. C. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. Siswa dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat. 2. masyarakat. Ceramah. Tanya jawab. b) Guru menjelaskan pengertian norma. Tujuan Pembelajaran 1. untuk mengawali pelajaran. Indikator 1.

. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu.. _______________________ NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : III (Tiga) . untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. Orang tua. terbitan ESIS.. E.) hal. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. Dyah Sriwilujeng..... 2008 Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP. 3.. f) Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 26 mengenai fungsi norma dalam masyarakat. Lingkungan rumah (keluarga). Sumber/Bahan Belajar 1.• Norma kesusilaan • Norma kesopanan • Norma kebiasaan • Norma hukum d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.Pd.. . karangan Dra. F... Teman.... Bentuk Instrumen : penilaian lisan Contoh Instrumen : Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat? Mengetahui. sekolah. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.. 2.... 4. e) Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut. M. Kepala Sekolah Jakarta . dst. Penilaian Teknik : tugas individu.. 3. 24-26..

untuk mengawali pelajaran. • Pernahkah merusakkan barang ibu atau ayah tanpa sepengetahuan mereka? • Ibadah apa yang siswa lakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya? • Apa yang harus dilakukan ketika medapat bantuan dari orang lain? • Pernahkah pergi mengunjungi saudara ketika hari raya? c) Guru menjelaskan bahwa hal-hal tersebut di atas merupakan contoh norma yang berlaku di masyarakat. D. 2. Indikator 1. g) Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 33. B. Kegiatan Inti a) Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan bacaan halaman 26 sampai 30. Siswa dapat mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa. Materi Ajar Hidup dalam norma yang berlaku. e) Guru menunjuk tiga sampai empat siswa untuk menceritakan kembali bacaan tersebut di depan kelas. Tanya jawab. Ceramah. A. 2. Tujuan Pembelajaran 1. C. 5. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1.Semester : I (Satu) Bab 2 Kompetensi Dasar Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. Pendekatan Cooperatif Learning. 2. Siswa dapat menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. Pendekatan Kontekstual. 2. Penugasan. 3. . 4. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. c) Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil pekerjaan siswa. b) Bertanya jawab dengan siswa tentang hal berikut. b) Guru menugaskan semua siswa mengerjakan pertanyaan pemahaman yang ada di halaman 27 sampai 30. d) Guru menugaskan semua siswa membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 31. h) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu. Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan). Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. f) Guru menanyakan pendapat beberapa siswa lain mengenai cerita tersebut.

Mengetahui. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar..Pd.. 26-33. 3. 1.. sekolah.. _______________________ NIP.. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.) hal... Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen : : : tugas individu. dst) selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu. terbitan ESIS. Dyah Sriwilujeng.. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma . penilaian lisan.. .. Orang tua.... Lingkungan rumah (keluarga). F. E.... karangan Dra... sekolah... M. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) I (Satu) Bab 2 Kompetensi Dasar . 2. Teman. 4. 2008 Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP.. 3.. Kepala Sekolah Jakarta .. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. dst. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu.i) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya (rumah. Sumber/Bahan Belajar 1. penilaian unjuk kerja.

D. g) Bertanya jawab dengan siswa mengenai isian pada kolom ekspresikan dirimu halaman 47. 4. Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku. Alokasi Waktu A. 3. e) Guru menjelaskan kembali akibat melanggar norma. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku. 1. Ceramah. b) Setiap kelompok diminta mengerjakan soal latihan halaman 34 sampai 36 dengan cara mendiskusikan jawaban mereka. Siswa dapat melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat. 2. 2. Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku. Diskusi kelompok. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Penugasan. untuk mengawali pelajaran. 3. Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku. h) Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “Sumbangsihku”. 4. Diskusi kelas. Kegiatan Inti a) Guru menugaskan siswa untuk berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya. Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat. 2. d) Guru meminta setiap kelompok membuat kesimpulan mengenai akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat berdasarkan soal latihan yang mereka kerjakan. b) Guru menyebutkan beberapa tindakan yang sesuai dengan norma dan yang melanggar norma. 1. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. 7. Siswa dapat menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat. . Pendekatan Cooperatif Learning. Indikator 1. f) Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang tepat pada soal-soal di halaman 37 sampai 45. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan Kontekstual. 4. Materi Ajar Melaksanakan norma yang berlaku C. B. c) Kemudian siswa diminta menentukan apakah tindakan itu sesuai atau melanggar norma yang berlaku. : 4 x 35 menit (2 pertemuan). Tanya jawab. 2.Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. 5. 6. c) Bertanya jawab mengenai hasil diskusi kelompok. Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat. 3.

k) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat.. E. M. pergaulan sehari-hari b. hidup dalam norma yang berlaku. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. 3. 34-50.. Kegiatan Inti a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.. 4.i) Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitar.Pd. seharusnya kamu . cara orang mengerjakan PR . 2. Norma adalah tatanan yang mengatur orang dalam hal . Teman. sekolah. c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. tugas kelompok. 3. 3. untuk mengawali ulangan harian. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 2.. Dyah Sriwilujeng. Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit. penilaian sikap. pilihan ganda. yaitu tentang memiliki harga diri sebagai individu. cara seseorang berjalan c. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. terbitan ESIS. 1. penilaian unjuk kerja. F. Kegiatan Awal Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Sumber/Bahan Belajar 1. 48-50. dst.. Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. karangan Dra. Orang tua. dan melaksanakan norma yang berlaku. a. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. j) Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitarnya. 2.) hal. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen : : : tugas individu. Pertemuan Kedua 1. d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. Lingkungan rumah (keluarga). penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat). Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.

.... Kepala Sekolah Jakarta ..... . RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 3 Standar Kompetensi Memiliki harga diri sebagai individu... Mengetahui. 2008 Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP... Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma . ..3. _______________________ NIP..........

5. Pendekatan Cooperatif Learning. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Menyebutkan contoh bentuk harga diri. 4.Kompetensi Dasar 1. 2. Siswa dapat mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat. d) Mengajak siswa mengambil kesimpulan mengenai pengertian harga diri berdasarkan bacaan berjudul “sepatu butut”. Indikator 1. 5. Menjelaskan pengertian harga diri. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri. apakah artinya. 1. Alokasi Waktu A. mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. g) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh bentuk harga diri selain yang telah disebutkan. 5. f) Guru menyebutkan contoh-contoh bentuk harga diri. 2. B. b) Menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan ulang bacaan tersebut. Memberi contoh bentuk harga diri. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan pengertian harga diri. Penugasan. untuk mengawali pelajaran. Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk harga diri. Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri. pernahkah mereka mendengar istilah tersebut. 2. Diskusi kelompok. 3. Mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat. c) Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 54. Materi Ajar Apa itu harga diri? C. 4. 4. 6. 2. . seperti menghargai diri sendiri. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. 1. Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri. Tanya jawab. 3. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang harga diri (misalnya. Siswa dapat menjelaskan pentingnya memiliki harga diri. Ceramah. 2. e) Guru menjelaskan pengertian harga diri berdasarkan bacaan berjudul “Apa itu harga diri” di halaman 54 sampai 56. D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan Kontekstual. : 4 x 35 menit (2 pertemuan). Kegiatan Inti a) Guru menugaskan semua siswa membaca dalam hati bacaan berjudul “sepatu butut” di halaman 52 sampai 54. 3. dst) untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal mereka mengenai materi yang akan diajarkan.

Lingkungan rumah (keluarga). . g) Siswa ditugaskan mengerjakan pertanyaan pemahaman halaman 63. mengapa.Pd. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya (pengertian harga diri. Pertemuan Kedua 1. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. e) Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan bacaan ajang budi pekerti di halaman 61 sampai 63. b) Guru menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri berdasarkan bacaan di halaman 59 sampai 60. terbitan ESIS. 2.) hal. apa alasannya. setujukah mereka dengan tindakan tokoh pada cerita. 2) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. i) Setiap perwakilan kelompok diminta membacakan hasil diskusi. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. Teman 4. 3. karangan Dra. h) Guru mengingatkan siswa pentingnya memiliki harga diri dan bentuk harga diri yang tepat. Orang tua 3. kemudian berdiskusi untuk menjawab pertanyaan pemahaman mengenai bacaan tersebut. Kegiatan Inti a) Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri berdasarkan bacaan di halaman 59 sampai 60. untuk mengawali pelajaran. bagaimana tindakan yang seharusnya. 5. d) Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kerugian tidak memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan. E. dst). Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. f) Guru menanyakan pendapat siswa mengenai tokoh-tokoh pada bacaan tersebut. M. yang ada di halaman 58 dan 59. dll). g) Setiap kelompok ditugaskan membaca bacaan berjudul “pengamen jalanan” di halaman 56 sampai 58 dan bacaan berjudul “di atas langit masih ada langit” di halaman 58 sampai 59. h) Setiap kelompok juga ditugaskan memberikan pendapat kelompok mengenai bacaan tersebut (misalnya. c) Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai keuntungan memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. Sumber/Bahan Belajar 1. 2. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.f) Guru menugaskan siswa berkelompok dengan tiga sampai empat teman sekelasnya. Lingkungan sekolah. Dyah Sriwilujeng. j) Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan berdasarkan hasil diskusi. Kegiatan Penutup 1) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. 3) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 51-63. contoh bentuk harga diri. 3.

3.... Indikator 1. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).. tugas kelompok...... Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain. _______________________ NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 3 Kompetensi Dasar Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri..Apa akibat bila harga diri seseorang diinjak-injak? Mengetahui.. 2. Bentuk Instrumen : penilaian lisan. . Penilaian Teknik : tugas individu.. Contoh Instrumen : .. penilaian unjuk kerja.F... Kepala Sekolah Jakarta . 2008 Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP. Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri..... . Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain..

Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain. 3. 4. 3. apakah siswa mengerti apa yang dimaksud menghargai orang lain. siswa dapat diajak melakukan permainan ”bercermin diri” pada riang gembira halaman 69. Materi Ajar Sikap menghargai. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing. Diskusi kelompok. f) Guru menjelaskan hubungan menghargai orang lain dengan perilaku yang mencerminkan harga diri. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. j) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai apa itu harga diri dan sikap menghargai. D. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. Ceramah. 1. kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 2. . b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. Pendekatan Kontekstual. Penugasan. d) Guru mengajak siswa menarik kesimpulan mengenai pentingnya menghargai orang lain berdasarkan hasil diskusi. Siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri. untuk mengawali pelajaran. 2. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. Pendekatan Cooperatif Learning. 71-72. h) Guru menugaskan siswa untuk menampilkan perilaku yang menerminkan harga diri.A. B. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. dll). Tanya jawab. g) Sebagai pengayaan. 5. e) Guru menugaskan semua siswa mewarnai gambar yang tepat di halaman 64 sampai 68 sesuai petunjuk yang tertulis di buku. b) Setiap kelompok diminta berdiskusi untuk memberi pendapat mengenai situasisituasi yang digambarkan di halaman 64 sampai 68. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. 6. siswa diminta menyebutkan contoh tindakan menghargai orang lain yang pernah ia lakukan. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang menghargai orang lain (misalnya. c) Guru menunjuk perwakilan setiap kelompok untuk membacakan pendapat kelompoknya. 2. 3. Kegiatan Inti a) Siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya. i) Guru menugaskan siswa mengerjakan tugas Ekspresikan dirimu di halaman 70 (membuat puisi). C. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.

c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Pertemuan Kedua 1.. Sumber/Bahan Belajar 1. . a.. keangkuhan diri c.. terbitan ESIS. b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. 2. kehormatan diri b. 3. pilihan ganda. sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.. yaitu tentang bangga sebagai bangsa Indonesia. 3. sekolah.. Lingkungan rumah (keluarga). Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : : tugas individu.. Jakarta .. Teman. d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III. Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan betapa menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri. penilaian tertulis (uraian singkat). 4.. Mengetahui. untuk Kegiatan Inti a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. 2.. 64-72... penilaian unjuk kerja. Jelaskan mengapa seseorang harus mempunyai harga diri.. Dyah Sriwilujeng. Contoh Instrumen : 1. E.. Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.. Kegiatan Awal Mengajak semua siswa berdoa mengawali ulangan harian. 2. rendah diri 3. M.. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. penilaian portofolio. penilaian lisan.Pd.. Harga diri sama artinya dengan ... 2008 . F... ulangan harian. karangan Dra. dst....) hal. Orang tua.

_______________________ NIP. . kekayaan alam. 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 4 Standar Kompetensi Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia. keramahtamahan.Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP. Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Kompetensi Dasar Mengenal kekhasan bangsa Indonesia. Indikator 1. seperti kebhinnekaan.

danau toba. D. Siswa dapat mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. gambar kain-namanya songket-asalnya dari Sumatera utara. Penugasan. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. Tanya jawab. Alokasi Waktu : 4x 35 menit (2 pertemuan). Ceramah. gunung tangkuban perahu. 2. 3.3. untuk mengawali pelajaran. 3. 3. b) Guru menunjukkan beberapa gambar mengenai keanekaragaman budaya Indonesia ( misalnya gambar rumah adat. C. dll). B. kerajinan tradisional. b) Siswa ditugaskan menjawab pertanyaan pemahaman halaman 80. Pendekatan Kontekstual. f) Guru mengingatkan siswa untuk merasa bangga dengan keanekaragaman dan kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing. 2. 5. baju daerah. c) Guru melakukan tanya jawab mengenai isi bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah”. Materi Ajar Keanekaragaman Indonesia. dll). e) Guru menceritakan beberapa contoh keanekaragaman dan kekhasan bangsa Indonesia selain yang telah disebutkan. 4. c) Guru melakukan tanya jawab mengenai tempat wisata alam yang pernah dikunjungi siswa (misalnya. dll) dan mengajak siswa bertanya jawab tentang daerah asal budaya itu atau nama (istilah) benda pada gambar (misalnya. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. 2. d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk bercerita mengenai budaya atau kekayaan alam yang ada di daerah asalnya (petunjuk kegiatan seperti ayo bercerita di halaman 80). Pendekatan Cooperatif Learning. Kegiatan Inti a) Semua siswa ditugaskan untuk membaca dalam hati bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah” di halaman 74 sampai 79. A. . Siswa dapat mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia. Tujuan Pembelajaran 1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. Siswa dapat memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.

Pertemuan Kedua 1. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. E. . e) Guru mengajak siswa menarik kesimpulan dari hasil karangan mereka tentang perlunya merasa bangga menjadi anak Indonesia dan perlunya melestarikan segala kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. 4.. terbitan ESIS. Teman.. 6.... 2008 Guru Mata Pelajaran PKn .. Kepala Sekolah Jakarta . lokasi wisata alam. Mengetahui. 2.. karangan Dra.Pd. 3. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.. c) Guru menunjuk beberapa siswa membacakan karangan mereka di depan kelas.. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III.. Contoh Instrumen : . Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing..... b) Semua siswa ditugaskan membuat karangan ”aku bangga menjadi anak Indonesia” di kolom ekspresikan dirimu halaman 82 sampai 83.) hal. Dyah Sriwilujeng. 73-83. b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang beberapa budaya dan kekayaan alam khas daerah di Indonesia (mengulang materi sebelumnya). Lingkungan rumah (keluarga).. F. Lingkungan sekolah. 5. M. d) Guru meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan atas karangan temannya. Bentuk Instrumen : penilaian lisan. 2.. penilaian unjuk kerja. untuk mengawali pelajaran.. . dll). Gambar tentang contoh-contoh keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia (gambar rumah adat. Kegiatan Inti a) Sebagai pengayaan siswa dapat diajak melakukan kegiatan ”lari bendera” seperti ada riang gembira di haaman 81.Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu.. 3. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Penilaian Teknik : tugas individu.Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku bangga menjadi anak Indonesia”.. Sumber/Bahan Belajar 1. penilaian portofolio. Orang tua.. baju adat. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.

. _______________________ NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 4 Kompetensi Dasar Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Materi Ajar Bangga menjadi orang Indonesia. Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. 2._______________________ NIP. B. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan). Siswa dapat menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. 2. A. Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Tujuan Pembelajaran 1. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Indikator 1.

e) Guru meminta siswa menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia selain yang telah disebutkan dan tertulis di buku. Ceramah. 9092. . c) Guru menjelaskan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia berdasarkan gambar-gambar halaman 84 sampai 89. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. rumah makan mana yang mereka sukai? • Jika diajak berlibur. Kegiatan Awal Mengajak semua siswa berdoa mengawali ulangan harian. Pendekatan Cooperatif Learning. Kegiatan Inti a) Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar halaman 84 sampai 89. b) Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya. b) Mengajak siswa bertanya jawab mengenai hal berikut. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing. D. Pertemuan Kedua 1. Pendekatan Kontekstual.C. g) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia. • Permainan apa yang mereka sukai? • Jika diajak makan oleh orang tua di rumah makan. d) Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang sesuai dengan petunjuk yang tertulis di buku. Penugasan. Tanya jawab. 4. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu. untuk Kegiatan Inti a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. ke mana mereka ingin pergi? 2. f) Guru mengingatkan siswa untuk selalu menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. 2. 3. untuk mengawali pelajaran. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. 3. untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. 2. b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. 5. kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal.

. kamu akan memilih berlibur ke . 3.. Orang tua. ulangan harian.. 4.. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III... pilihan ganda.c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. bolon b. dst.. M.. Jakarta ... Teman. Contoh Instrumen : 1.... E. gadang c.Pd.. Kepala Sekolah _______________________ NIP. 84-92. .. Olahraga khas Nias yang terkenal adalah … Mengetahui. joglo 3.. karangan Dra. 2.. Dyah Sriwilujeng. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : : tugas individu. terbitan ESIS. Lingkungan rumah (keluarga). penilaian sikap. 3.. Rumah khas Batak Toba disebut sebagai … a. 2. Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia.) hal.... F. penilaian unjuk kerja.. 2008 Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP . serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. Sumber/Bahan Belajar 1. d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. penilaian tertulis (uraian singkat). Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.. sekolah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful