Proses Pembuatan Bola Plastik

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengetahuan Bahan

POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG

10

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. Proses Pembuatan Bola Plastik 2 kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi Hormat Kami. oleh karena itu kesempurnaan makalah ini. karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Penyusun . Makalah ini berisi beberapa informasi tentang pembuatan produk plastik yang kami harapkan dapat memberikan informasi kepada para pembaca tentang Proses Pembuatan Bola Plastik. Akhir kata. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca tentang Proses Pembuatan Bola Plastik.

.................................................................................................. 17 Daftar Pustaka..................................................18 Proses Pembuatan Bola Plastik 3 I.. 14 BAB III Kesimpulan........1 Terminologi.................................................................................................................................... 5 BAB II Pembahasan II.....................................................................................6 II.....................3 BAB I Pendahuluan.............................................................................................................................................................................................................................................................................................3 Pencegahan Korosi....................... 4 I.................................................................... 4 I...... 7 II................................................................................................................5 I.........2 Klasifikasi Korosi dan Pentebabnya.............................................. 4 1............................................................................2 Identifikasi Masalah...........5 Sistematika Penulisan........................................DAFTAR ISI Kata Pengantar...................................................................................3 Tujuan dan Manfaat Penulisan.............................................................................. 5 ..........................................................2 Daftar Isi..............1 Latar Belakang........................4 Metode Penulisan................

ulet. Maka dari itu kami ingin meneliti lebih lanjut tentang proses pembuatan bola plastik. Bagaimana proses pembuatannya? Dengan begitu hal ini diharapkan dapat membuat pembaca menjadi tahu mengenai pembuatan bola plastik. dll. Tentunya tingkat kebutuhan akan bola tersebut tinggi. Plastik tentunya tidak dimiliki oleh logam atau bahan-bahan lainnya. Maka timbul pertanyaan yang dapat dirinci sebagai berikut: 1.batasan masalah. rumusan masalah. 1. maka penulis bermaksud meneliti mengenai proses pembuatan bola plastik.BAB I PENDAHULUAN Bab ini menguraikan tentang latar belakang. pipa. kemasan produk. Kelebihan-kelebihan ini 3. 1. Bola sendiri banyak digunakan dalam berbagai macam cabang olahraga. peralatan medis. . Oleh karena itu plastik banyak digunakan untuk alat rumah tangga. tujuan penelitian.1 Latar Belakang Plastik sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Apa bahan yang digunakan untuk pembuatan bola plastik? Proses Pembuatan Bola Plastik 4 mempunyai karakter yang ringan. elastis. Apa plastik itu? 2. Salah satu contohnya plastik banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan bola. metodologi dan sistematika penulisan dari makalah ini. mainan. dan mudah diproses.2 Identifikasi Masalah Dari uraian latar belakang di atas.

1. BAB II Bab ini menjelaskan pengertian plastik.4 Metode Penulisan Studi Literatur Melakukan studi pustaka dari text book dan artikel – artikel guna menambah wawasan bagi penulis mengenai plastik khususnya proses pembuatan bola plastik agar mempermudah penulis dalam penyusunan laporan ilmiah ini.2 Manfaat Penulisan Manfaat yang akan didapat dari makalah ini antara lain: • Mengetahui bahan yang cocok digunakan untuk membuat bola plastik dan cetakannya Mengetahui cara pembuatan bola plastik dengan proses injection mould dan blow mould beserta tahapannya • 1. 1.3.1.5 Sistematika Penulisan Makalah ini disusun berdasarkan sistematika pembahasan sebagai berikut : BAB I Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah. BAB III Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang diperoleh dari penulisan makalah ini. bahan yang digunakan untuk pembuatan bola plastik. Selain itu dilakukan studi literatur yang diperoleh dari internet.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan 1.3. Laporan penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang pengertian plastik. dan proses pembuatan bola plastik.sama halnya dengan pembuatan laporan penelitian ini. Metode Penulisan.1 Tujuan Penulisan Semua hal yang dilakukan pasti memiliki suatu tujuan. dan proses pembuatan bola plastik. Tujuan dan Manfaat Penulisan. 5 Proses Pembuatan Bola Plastik . bahan yang digunakan untuk pembuatan bola plastik. identifikasi masalah. dan sistematika penulisan makalah. sehingga pembaca dapat mengerti dan memahami lebih jauh tentang proses pembuatan bola plastik.

Plastik merupakan salah satu hasil penemuan manusia yang paling banyak digunakan hingga saat ini. sehingga membentuk rantai panjang dan kaku dan akan menjadi padat setelah 2. Proses Pembuatan Bola Plastik 6 sama .anak. piring. alat makan(sendok. Plastik digunakan dalam skala besar dalam produksi seperti botol untuk minuman. wadah untuk makanan.2. hingga mainan anak. Memiliki kekuatan tarik mencapai 1700 psi . transparan. mangkok. peralatan bayi.molekul kecil (monomer) hidrokarbon yang membentuk rantai yang panjang dengan struktur yang kaku. pipa bangunan.2 Bahan 2.molekul kecil (monomer) yang temperatur pembentukan nya. selang. garpu.1 Terminologi Plastik adalah senyawa polimer yang terbentuk dari polimerisasi molekul. Hal ini didasarkan pelbagai pertimbangan antara lain : • • • • Polietilen memiliki sifat kuat bergantung variannya.BAB II PEMBAHASAN 2. gelas). kantong pembungkus.1 Bahan bola LDPE (low density polyethylene) Dalam proses pembuatan bola plastik setelah menghimpun data dan menimbang beberapa hal. dan dapat direkatkan dengan panas Memiliki flexibilitas yang baik Pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa kimia. Plastik merupakan senyawa sintesis dari minyak bumi (terutama hidrokarbon rantai pendek) yang dibuat dengan reaksi polimerisasi molekul. akhirnya kami memutuskan untuk memakai bahan LDPE ( Low Density Poly Etilene ) sebagai bahan untuk pembuatan bola plastik. botol.

2.3 Ukuran Bola Untuk standar ukuran bola. hanya saja sulit dihancurkan. dan kebulatan bola yang standar.2.5cm. 2.2 Bahan Cetakan Terdapat banyak material yang dapat digunakan untuk membuat cetakan bola plastik. Proses Pembuatan Bola Plastik 7 • agak tembus cahaya. • akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen. kami menggunakan standar bola yang di gunakan FIFA untuk piala dunia 2010 yang memiliki kriteria Lingkar (Circumference) Standar FIFA 68. • daya proteksi terhadap uap air tergolong baik. botol-botol yang lembek. nickel dan epoxy bisa digunakan untuk bahan percobaan atau produksi dengan skala kecil 2. • fleksibel dan permukaan agak berlemak.Contoh produk: tempat makanan.569. • pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa kimia. Bahan ini cukup aman digunakan untuk tempat makanan. Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah : • teksturnya lembek dan lentur. aluminum. namun Mild steel. kuat. . 12Barang-barang dengan bahan ini dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. kelompok kami menggunakan Tool steel atau beryllium-copper yang biasanya digunakan untuk cetakan.

Penginjeksian plastik yang telah meleleh Setelah butiran plastik meleleh seperti pasta pertama dilihat dulu apakah plastik benar2 telah siap untuk di injeksikan. proses finishing setelah produk membeku Berikut penjelasan ke 4 proses tersebut : 1. 2.3 Proses Pembuatan Bola INJECTION – BLOW MOULD Injection – blow moulding adalah suatu metode pengolahan plastik yang menggabungkan antara injection moulding dan blow moulding yang di lakukan dalam satu mesin.2. peniupan plastik ke segala arah dan. pembuatan preform 3. Dalam proses pembuatan bola plastik. terdapat 4 proses yang sangat mendasar yaitu proses 1. Proses Pelelehan Bijih Plastik Proses Pengisian butiran Plastik dari Hopper kedalam Heater. Setelah benar-benar sudah berbentuk pasta jika . Proses Pembuatan Bola Plastik 8 4. Oleh motor Srew berputar sambil menarik butiran plastik mengisi ruang Heater. pelelehan bijih plastik 2.

cukup kuat dan dingin. 3. plastik yang pada tahap sebelumnya telah meleleh dan telah diinjeksikan sehingga berbentuk preform. udara yang di tiupkan membuat plastik terdorong secara merata ke semua bagian cetakan yang telah disiapkan. Udara terus dialirkan karna metoda pendinginan menggunakan angin. maka plastik akan terdorong memenuhi cetakan. peniupan plastik ke segala arah Dalam proses selanjutnya. setelah didinginkan maka terbentuk sebuah preform. maka selanjutnya pipa udara meniupkan udara ke segala arah yang membuat plastik meleleh terdorong hingga menyentuh pada dinding mould yang telah disiapkan sebelumnya. Jadi cetakan baru dibuka setelah plastik sudah keras. Berikut ilustrasinya : 9 Proses Pembuatan Bola Plastik .sudah maka plastik diinjeksikan dengan tekanan tertentu.

10 Proses Pembuatan Bola Plastik . proses finishing Setelah proses peniupan selesai.4. penutupan lubang dilakukan dengan cara memotong bagian partingline sambil dipanaskan agar lubang dapat tertutup nama prosesnya yaitu “di jepet”. diamkan hingga benda membeku lalu buka cetakan dan pipa ditarik keluar dibantu dengan lempengan yang mendorong produk . proses terakhir adalah proses penutupan lubang tempat pipa udara meniupkan udara.

nickel dan epoxy bisa digunakan untuk bahan percobaan atau produksi dengan skala kecil Terdapat 4 proses dasar dalam membuat bola plastik yaitu proses pelelehan bijih plastik. dan proses finishing setelah produk membeku • • 11 Proses Pembuatan Bola Plastik .BAB III KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat kami tarik adalah : • Bahan plastik kami yang digunakan untuk pembuatan bola plastik adalah LDPE ( Low Density Poly Etilene ) karena memiliki flexibilitas yang bagus dan juga lebih ekonomis Bahan cetakan yang kami gunakan adalahTool steel atau beryllium-copper yang biasanya digunakan untuk cetakan. peniupan plastik ke segala arah. aluminum. namun Mild steel. penginjeksian plastik yang telah meleleh.

com/doc/17520987/Arti-Kode-Plastik (01 agustus 2010) 12 Proses Pembuatan Bola Plastik .DAFTAR PUSTAKA • • http://www.scribd.com/doc/17841544/makalah-PLASTIK (01 agustus 2010) http://www.scribd.