P. 1
JENIS PLASTIK

JENIS PLASTIK

|Views: 769|Likes:

More info:

Published by: Ariefanni Amanda Suryadi on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

POLIMER (PLASTIK

)

SEJARAH
Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005. Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60kg/orang/tahun, di Amerika Serikat mencapai 80kg/orang/tahun, sementara di India hanya 2kg/orang/tahun. Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semisintetik. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik.

Plastik adalah polimer; rantai-panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau "monomer". Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang.

JENIS PLASTIK

Jenis Plastik berdasarkan :
‡ ‡ ‡ ‡ Sifat fisik Kinerja dan penggunaannya Jumlah rantai karbon Sumbernya

Jenis plastik berdasarkan sifat fisik : ‡ Termoplastik. Contoh: resin epoksi. polistiren (PS). bakelit. Merupakan jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang/dicetak lagi. Merupakan jenis plastik yang bisa didaur-ulang/dicetak lagi dengan proses pemanasan ulang. Pemanasan ulang akan menyebabkan kerusakan molekulmolekulnya. resin melamin. ABS. urea-formaldehida . polikarbonat (PC) ‡ Termoset. Contoh: polietilen (PE).

Jenis plastik berdasarkan kinerja dan penggunaannya : 1. SAN PA. + Contohnya: PMMA. + Aplikasi: barang-barang PBT elektronik. POM. PS. ABS. PAR + Aplikasi: komponen pesawat . PC. PES. 2. PAI. + Aplikasi: pembungkus komponen makanan. Plastik teknik 3. botol otomotif dan minuman elektronik Plastik teknik khusus + Temperatur operasi di atas 150 °C + Sifat mekanik sangat bagus (kekuatan tarik di atas 500 Kgf/cm²) + Contohnya: PSF. + sifat mekanik temperatur tidak terlalu operasi di atas bagus 100 °C + tidak tahan panas + Sifat mekanik + Contohnya: bagus PE. Plastik komoditas + Tahan panas.

LNG) Cair (bensin) Cairan dengan viskositas rendah Cairan dengan viskositas tinggi (oli. polietilen.25 25 . gemuk) Padat (parafin.30 1000 . dll) .16 16 .11 9 .Jenis plastik berdasarkan jumlah rantai karbon : 1-4 5 . lilin) Plastik (polistiren.3000 Gas (LPG.

polipropilen. kulit binatang. polistiren + Terdapat di alam tetapi dibuat oleh proses buatan: karet sintetis + Polimer alami yang dimodifikasi: seluloid. cellophane (bahan dasarnya dari selulosa tetapi telah mengalami modifikasi secara radikal sehingga kehilangan sifat-sifat kimia dan fisika asalnya). karet alam. kapas. poliester.Jenis plastik berdasarkan sumbernya : P O L I M E R kayu. Polimer Alami Polimer Sintetis . rambut + Tidak terdapat secara alami: nylon.

Jenis Polimer dan Ikatannya .

Pembagian Bahan Plastik ‡ Termoseting ‡ Termoplastik .

terutama digunakan dalam pembuatan alat-alat listrik. Selanjutnya dipanasi lagi hingga bahan tersebut mengeras. . kemudian ditekan dengan gaya kira-kira 150 atm. Untuk mendapatkan permukaan benda yang halus cetakan harus dipoles. Proses pengerjaan plastik termoseting adalah sebagai berikut. tread bushing. Bahan baku (resin) berbentuk biji-biji kering dan bahan tambahan dimasukkan kedalam cetakan lalu dipanaskan hingga 1500 C. Proses itu berlangsung pada temperatur tinggi. dan bearing bushing. lalu tutup cetakan dibuka dan benda tersebut diangkat.TERMOSETING Bahan ini keras dan mempunyai daya tahan panas yang tinggi. bAhan ini akan mencair dan memenuhi model.

saat itu bahan berada dalam keadaan lunak. ‡ Antara fasa padat dan cair terdapat fasa antara tambahan. poliamide dan poliester. Jikalau molekul panjang itu diumpakan sebagai sebuah garis yang ditarik dan kita letakkan dua buah molekul panjang berdampingan maka memperlihatkan suatu gambaran dari suatu termoplas dalam keadaan padat. molekul panjang akan bergerak keluar dari keseimbangannya dan berpindah tempat terhadap satu sama lain. Bila termoplastik dipanaskan lebih lama. Bahan-bahan termoplastik adalah polietilen. polivinil khlorida. Dalam keadaan itu bahan dikatakan plastik. Jadi termoplastik adalah bahan yang menjadi plastis karena pemanasan dan bentuknya dapat diubah dalam keadaan plastis itu. ‡ Jika termolas dipanaskan untuk menjaga keseimbangan maka molekul panjang akan bergerak lebih banyak.TERMOPLASTIK Thermoplastik tersusun dari molekul-molekul panjang. Suhu pemanasan yang menyebabkan proses ini dinamakan suhu pelunak. suhu pada saat tersebut dinamakan suhu lumer dan bahan menjadi cair. ‡ . polistiren.

KARAKTERISTIK PLASTIK .

batu kapur. atau dibuat dari bahan asal batu bara.Plastik adalah bahan sintetis berasal dari minyak mineral. udara. gas alam. air .

ada yang transparan . d. tetapi kekuatannya di bawah logam.Berat jenisnya cukup rendah. sedikit mempunyai wujud yang menarik dan dapat diberi warna. c. sebagian dapat mengapung dalam air.Tahan korosi oleh atmosfer ataupun oleh beberapa zat kimia. b.Sifat Plastik a.Sifat . Bahan termoplastik mulai melunak pada suhu yang rendah.Cukup ulet dan kuat.

Proses Manufaktur Plastik .

.Injection molding Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas diinjeksikan ke dalam cetakan.

Ekstrusi Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu ditekan melalui sebuah orifice sehingga menghasilkan penampang yang kontinyu .

Thermoforming Lembaran plastik yang ditekan ke dalam suatu cetakan dipanaskan .

Blow molding Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu diekstrusi membentuk pipa (parison) kemudian ditiup di dalam cetakan .

Metode Pembentukan Termoplastik .

dalam metode ini tidak dibutuhkan cetakan yang mahal ataupun mesin yang mahal. .Proses Pembentukan Vakum Pembentukan cara ini dilakukan untuk komponen yang relatif besar.

Pembentukan dengan injeksi Pembentukan injeksi khususnya dilakukan untuk polistiren. poliamide. politilen. . Resin tersebut pertama-tama dipanaskan pada silinder pemanas kemudian ditekan melalui lubang laluan menuju ke cetakan yang mana dengan pendinginan akan menjadi cepat padat.

Ekstrusi adalah proses yang menggunakan panas dan tekanan untuk melelehkan polietilen dan polivinil klorida yang didorong melewati cetakan dengan ukuran yang sangat teliti pada produksi bersambung .Pembentukan dengan proses ekstrusi Mesin extruder dapat juga digunakan untuk pembentukan injeksi tetapi terutama untuk menghasilkan bahan-bahan yang panjang seperti lembaran plastik. pipa plastik. dan film. pelapis kabel.

Manfaat Plastik dalam kehidupan sehari-hari .

‡ Elastomer neopren (polikloropren) Pembungkus (insulator) kawat dan kabel industri kaos kaki. ikat pinggang .

gawai medis untuk digunakan dalam tubuh .‡ Karet silikon Gasket. insulasi listrik membran bedah.

tali.‡ Serat nilon 66 Kaos kaki. tali pancing. pembuluh darah buatan . parasut benang ban.

‡ Akrilian. Orlon tekstil. . tirai kain pembalut. karpet. insulasi listrik.

pelapis kertas. botol. .‡ Plastik (polietena) tas. pipa. pembungkus film.

‡ Polipropelena alat laboratorium dan rumah tangga. tempat penyimpanan baterai. mainan. rumput buatan. .

ubin lantai. pembungkus makanan.‡ PVC. saluran untuk kolam dan waduk. piringan hitam. pipa penyiram. pipa. (poliviniklorida) botol. .

penggorengan). insulasi. gasket.‡ Teflon (politetrafluoroetena) bantalan. permukaan yang tidak melekat. (oven. plastik industri tahan panas .

. ada nama jenis plastik tersebut. untuk mengidentifikasi plastik berdasarkan bahan dan kegunaannya ‡ Tanda pengenal identifikasi plastik: .Di bawah segitiga.Kode berbentuk segitiga yang terbentuk dari 3 tanda panah . .‡ Tahun 1988 The Society of Plastic Industry mengeluarkan kode-kode yang sudah distandarisasi oleh ISO.Kode biasanya berada di dasar kemasan .Di dalam logo segitiga terdapat angka.

gelas. kulit. logam.‡ Pengganti bahan-bahan tradisional: kayu. kertas dan karet ‡ Desain kemasan menarik ‡ Fungsinya serba guna: sebagai wadah makanan dan minuman .

.

Kode 1: PET atau polyethylene terephthalate ‡ botol plastik tembus pandang seperti: botol air mineral. dan hampir semua botol minuman lainnya .hanya untuk sekali pakai .

tupperware. keras. dan lain-lain ‡ direkomendasikan hanya untuk sekali pakai .Kode 2: HDPE atau High density polyethylene ‡ sifat bahan plastik yang lebih kuat. galon air minum. dan lebih tahan terhadap suhu tinggi ‡ untuk botol susu yang berwarna putih susu.

Kode 3: PVC atau Polyvinyl Chloride ‡ plastik untuk pembungkus. dan botol-botol ‡ sebaiknya jangan gunakan plastik jenis ini untuk membungkus makanan .

plastik kemasan makanan. dan beberapa botol-botol yang dipakai untuk kemasan minuman ‡ dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat .Kode 4: LDPE atau Low density polyethylene ‡ untuk tempat makanan(Tupperware).

dan cukup mengkilap pada permukaannya . botol minum dan botol minum untuk bayi . .Kode 5: PP atau Polypropylene ‡ pilihan terbaik untuk bahan plastik ‡ terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti: tempat menyimpan makanan.transparan. tapi tidak jernih atau berawan.

dan lain-lain ‡ Bahan ini harus dihindari di beberapa negara maju seperti Amerika dan beberapa negara di eropa telah melarang penggunaan plastik ini .Kode 6: PS atau Polystyrene ‡ sebagai bahan tempat makan jenis styrofoam. tempat minum sekali pakai.

polylactic acid. alat-alat rumah tangga.fibreglass ‡ bisa didapatkan di tempat minuman seperti botol minum olahraga. polycarbonate.Kode 7: OTHER atau acrylonitrile butadiene styreneacrylic. dan lainnya ‡ sebaiknya hindari penggunaan bahan plastik ini . tempat makanan.nylon. komputer.

Dampak Penggunaan Plastik .

‡ c. Terjadi perubahan polimer selama pemakaian yang kemungkinan sekali karena aksi dari sinar ultra violet.- Keburukan-keburukan dari plastik adalah sebagai berikut ‡ a. . Kecenderungan memuai yaitu menjadi lebih panjang dengan adanya beban. Suhu diatas 2000 C sifatnya menjadi kurang baik. ‡ b.

Dampak plastik terhadap kesehatan manusia .

Berikut proses daur ulang dari kantong plastik: 1. Pencetakan. 8. salah satunya adalah warna hitam yang telah disebutkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penggilingan. . Pemberian zat anti fogging (tahan sinar ultraviolet). Pemanasan. Itu merupakan salah satu warna dari sekian warna yang ada yang memiliki pengaruh yang berpotensi negatif. ‡ Pengaruh negatif itu berasal dari proses daur ulang yang demikian berkalikali. Pengumpulan plastik bekas. 2. 9. 7. 4. Penyortiran. 5. Kantong plastik apapun warnanya dapat berpotensi negatif yakni dapat memicu penyakit kanker (bersifat karsinogen). 6. Pemberian warna zat aditif. Pencucian.‡ Kantong plastik atau kantong kresek dapat beraneka ragam warnanya. Pemberian zat anti slip (transparan). 3.

Sebagaimana yang diketahui. diperlukan 12 juta barel minyak per tahun. dan 14 juta pohon ditebang.Dampak plastik terhadap lingkungan ‡ Merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. . Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Dampak ini ternyata sangat signifikan. plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam. kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Untuk membuatnya.

Menyebabkan kanker hati. memiliki mekanisme secara kimiawi. Gangguan saraf. Gangguan fungsi ginjal.‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Semua bahan kimia dari skema di atas adalah bahan pembuat kantong plastik maupun jenis bahan plastik lainnya. Lalu apakah pengaruh kantong plastik secara kimiawi itu? Pengaruhnya antara lain : Menyebabkan kanker paruparu. dan gangguan saluran pencernaan . Hubungan antara kedua skema 1 dan skema 2.

laut. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah. Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna.‡ Konsumsi berlebih terhadap plastik. . Karena bukan berasal dari senyawa biologis. air. pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. plastik memiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable). bahkan udara.

‡ Fakta tentang bahan pembuat plastik. ‡ Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah. (umumnya polimer polivinil) terbuat daripolychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai struktur mirip DDT. Akan memberikan akibat antara lain: ‡ Tercemarnya tanah. ‡ Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. ‡ Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah. ‡ PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan. . air tanah dan makhluk bawah tanah. Serta kantong plastik yang sulit untuk diurai oleh tanah hingga membutuhkan waktu antara 100 hingga 500 tahun.

plastik telah membunuh hingga 1 juta burung laut. makanan yang disukainya. ‡ Setiap tahun. 100.‡ Beberapa fakta yang berkaitan dengan sampah plastik dan lingkungan: ‡ Kantong plastik sisa telah banyak ditemukan di kerongkongan anak elang laut di Pulau Midway.000 mamalia laut dan ikan-ikan yang tak terhitung jumlahnya. Lautan Pacific ‡ Sekitar 80% sampah dilautan berasal dari daratan. ‡ banyak penyu di kepulauan seribu yang mati karena memakan plastik yang dikira ubur-ubur. dan hampir 90% adalah plastik. ‡ Dalam bulan Juni 2006 program lingkungan PBB memperkirakan dalam setiap mil persegi terdapat 46. .000 sampah plastik mengambang di lautan.

Material Plastik adalah Material yang Berorientasi Masa Depan .

Di era sekarang ini. Hal ini di lakukan untuk efisiensi karena bahan polimer lebih mudah dalam proses produksi. Proses pembentukan bahan polimer ini salah satunya dengan menggunakan cara injection . yang semula terbuat dari bahan plat atau kayu. banyak perusahaan otomotif dan audio/vidio mencoba mengganti bahan metal menjadi bahan polimer (Plastik). memiliki sifat yang bisa disamakan dengan bahan metal (plat). harga yang relative lebih murah dan bahan polimer ini dapat diolah kembali dengan proses penetralan komposisi sehingga kembali kestruktur semula yang sering disebut proses pellet sehingga dapat menjadi material baru lagi.

.9 33.2 110 kgf / cm² Rockwell hardeness R50 110 Biasa digunakan untuk pengganti bahan plat yang berada di interior mobil dan untuk juga untuk BUMPER mobil. dan crom.7 kgf / cm² Rockwell hardeness R107 115 Biasa digunakan pada barang jadi yang mengalami proses lanjutan seperti painting . Material ABS Tensile Strength 400 530 kgf/cm² Tensile Elongation 3.0 % Flexure Strength 773 914 % Izot impact Strength 10.Bahan polimer yang sering digunakan dalam industri injection : Material PP ( Polypropylene ) Tensile Strength 210 400 kgf/cm² Tensile Elongation 100 800 % Flexure Strength 325 492 % Izot impact Strength 2. plating.0 20.

2 kgf / cm² Rockwell hardeness M60 75 Produk yang menggunakan material ini biasanya digunakan sebagai lensa atau bahan yang menyerupai kaca. . Material PS ( Polystyrene ) Tensile Strength 350 840 kgf/cm² Tensile Elongation 3 4 % Flexure Strength 562 984 % Izot impact Strength 1.3 5.Material NYLON ( Polyamide ) Tensile Strength 700 850 kgf/cm² Tensile Elongation 200 300 % Izot impact Strength 3.4 kgf / cm² Rockwell hardeness R119 Produk yang menggunakan material ini biasanya digunakan untuk aksesori atau cover pada mesin.4 2.

Material yang mudah dibentuk dan dapatdidaur ulang kembali dengan proses tertentu. .KESIMPULAN Material polimer adalah :    Material pengganti yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding dengan material steel ( Plat ) maupun kaca. Bahan yang ramah akan lingkungan karena bahan polimer ini bisa mengalami beberapa kali proses daur ulang untuk dapat diolah kembali  Oleh karena itu kita bisa sebut material polimer adalah material pengganti yang berorientasi masa depan. karakter dan struktur sesuai yang diinginkan. Bahan yang masih bisa dikompositkan dengan bahan polimer lain sehingga didapat bahan polimer baru sesuai dengan warna.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->