P. 1
Contoh RPP Kelas VIII 2010 2011

Contoh RPP Kelas VIII 2010 2011

|Views: 1,995|Likes:
Published by Yoppy Wahyu

More info:

Published by: Yoppy Wahyu on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2015

pdf

text

original

PROGRAM SEMESTER Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas Tahun Pelajaran : Matematika : SMP : VIII : 2010/2011 ALOKASI

WAKTU 2 Jampel 10 Jampel 12 Jampel 8 Jampel 4 Jampel 2 Jampel 4 Jampel 14 Jampel 8 Jampel 8 Jampel

SEMESTER POKOK BAHASAN /SUB POKOK BAHASAN 1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran 2. Menghitung keliling dan luas lingkaran 3. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah 4. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran 5. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga GENAP 6. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya 7. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas 8. Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas Ulangan harian Cadangan

Mengetahui, Kepala Sekolah

Jatipurno,................................... Guru Matematika

Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi : 4. : : : : : SMP Matematika VIII (Delapan) / 2 (Dua) 1 (satu) 2 x 40 menit (1 jam pelajaran)

Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.

B. Kompetensi Dasar C. Indikator

: 4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran. : Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.

D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema. E. Materi Ajar 1. Pengertian Lingkaran Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Jarak yang sama tersebut disebut jari-jari lingkarandan titik tertentu disebut pusat lingkaran. 2. Unsur-unsur Lingkaran

F. Model Pembelajaran Metode: Kooperatif Teknik : STAD G. Langkah-langkah Kegiatan No 1. Kegiatan Guru Pendahuluan : a) Guru membuka pelajaran dan siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran. b) Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang masingmasing terdiri dari 4-5 anggota. c) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Siswa Siswa mempersiapkan diri. Siswa berkelompok sesuai petunjuk guru. Siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru. Waktu (menit) 2

5

3

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

2.

Kegiatan Inti : Eksplorasi a) Guru menghadapkan siswa pada materi di buku paket, dan menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang materi tersebut. b) Guru membagikan LKS yang berisi pertanyaan atau lembar kerja dan mengarahkan siswa untuk mengerjakan lembar kerja dan mengerjakan tugas. c) Guru mengarahkan siswa berdiskusi, bekerja sama, saling membantu dalam memahami dan memecahkan soal-soal pada LKS.

Elaborasi d) Guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati jalannya diskusi, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.

e) Guru menunjuk secara acak beberapa siswa mewakili kelompoknya untuk mengerjakan di depan kelas dan kemudian membahasnya bersama siswa.

Siswa memperhatikan penjelasan guru dan merangkum pokok materi yang dipelajari. Siswa memperhatikan, mengikuti petunjuk guru dan memulai berdiskusi tentang masalah yang dihadapi. Siswa berdiskusi, bekerja sama, saling membantu dalam memahami dan memecahkan soal-soal pada LKS. (Kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan logis matematis) Siswa membahas kesulitan bersama kelompoknya dan bertanya pada guru. (kecerdasan logika matematika dan kecerdasa intra personal) Siswa yang ditunjuk mengerjakan soal di depan kelas dan siswa lain memperhatikan dengan seksama. (kecerdasan kinestetik)

10

10

10

10

10

Konfirmasi f) Guru memberikan kuis pendek kepada siswa untuk dikerjakan secara individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu dalam mengerjakan kuis. g) Setelah waktu yang diberikan untuk mengerjakan kuis selesai, guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya. Penutup : a) Guru menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. b) Guru memberikan tinjak lanjut pembelajaran berupa PR.

Siswa mengerjakan kuis secara individu (kecerdasan logika matematika) Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru.

10

2

3.

Siswa menyimpulkan materi. Siswa memperhatikan arahan guru.

5

3

H. Sumber dan Alat Belajar Sumber Belajar  Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. BSE: Matematika konsep dan aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd 

Endah Budi Rahaju, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  LKS Matematika, MGMP Kab. Wonogiri, Alat:  LKS  White board  Boardmarker  Penghapus I. Penilaian Teknik : tugas individu/kuis. Bentuk Instrumen : uraian singkat. Contoh Instrumen : 1. Perhatikan lingkaran berikut! A yO

B Disebut apakah garis AB? 2. Unsur lingkaran yang dibatasi dengan tali busur dan busur? 3. Tali busur yang melalui titik pusat disebut.... 4. Daerah yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur yang diapit oleh kedua jari-jari tersebut dinamakan... 5. Apakah busur lingkaran dapat dikatakan sebagai keliling?. Sebutkan alasanmu! Kunci: 1. Diameter 2. Tembereng 3. Diameter 4. Juring 5. Busur tidak dapat dikatakan keliling akan tetapi keliling dapat dikatakan busur yang penuh.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Jatipurno,................................... Guru Matematika

Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi : 4. : : : : : SMP Matematika VIII (Delapan) / 2 (Dua) 2 (Dua) 2 x 40 menit (2 jam pelajaran)

Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.

B. Kompetensi Dasar C. Indikator

: 4.2. Menghitung keliling dan luas lingkaran. : 1. 2. 3. Menemukan nilai Phi. Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran. Menghitung keliling dan luas lingkaran.

D. Tujuan Pembelajaran a. Peserta didik dapat menemukan nilai Phi. b. Peserta didik dapat menentukan rumus keliling dan luas lingkaran. c. Peserta didik dapat menghitung keliling dan luas lingkaran. E. Materi Ajar a. Menentukan Nilai Phi ( ) Bilangan disebut bilangan transedental, yaitu bilangan yang tidak akan pernah bisa dituliskan nilainya secara pasti dan tidak bisa dicari lewat penyelesaian suatu persamaan matematis maupun teka-teki geometris. Mencari nilai dengan pendekatan dari perbandingan keliling dan diameter pada setiap lingkaran. = 22/7 atau 3,14. b. Menentukan keliling lingkaran Dari kegiatan menemukan nilai yang merupakan perbandingan dari kelililng dan diameter maka:  , maka keliling =   atau    jari-jari c. Menentukan luas lingkaran

Lingkaran di atas dapat kita susun sbb:

Sehingga, Luas bangun di atas = Panjang x Lebar

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

L L Atau, L

= = =

x

r

F. Model Pembelajaran Pendekatan : CTL Metode : Ceramah, dan Tanya jawab G. Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Waktu Pendahuluan  Mengucapkan salam, mengatur kondisi kelas, membahas 15¶ PR, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan 2¶ tentang pentingnya mempelajari materi ini.  Meningatkan kembali tentang unsur-unsur lingkaran. 3¶ Kegiatan Inti  Peserta didik diberikan stimulus dengan memberikan 15¶ contoh dalam kehidupan sehari-hari , misalkan: roda sepeda. Untuk mencari nilai Phi ( ) dengan pendekatan keliling roda dibandingkan dengan diameternya. 10¶  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau tertulis dengan cara mempresentasikan mengenai cara menemukan nilai Phi ( ), dengan percobaan mengukur keliling roda dan diameternya sehingga menemukan sendiri nilai Phi ( ). Guru memberikan penegasan bahwa nilai Phi dapat dibulatkan menjadi 3,14 atau 22/7.  Setelah itu, siswa diingatkan pada cara menemukan phi 5¶ tadi yaitu dengan membandingkan keliling dengan diameter karena phi adalah 3,14 atau 22/7 maka dari perbandingan tersebut dapat ditemukan rumus keliling lingkaran. 5¶  Guru dan siswa membahas contoh pada LKS tentang materi keliling lingkaran. 10¶  Setelah itu, Guru mengajak siswa untuk mencari dan menemukan bagaimana menghitung luas lingkaran denga jalan guru membimbing siswa dengan mengaitkan lingkaran dengan roti pizza yang diiris sepuluh bagian, dari pendekatan itu akan menghasilkan bahwa luas lingkaran dapat dicari dengan pendekatan luas persegi panjang. 3¶  Siswa dan guru membahas contoh soal mengenai materi yang sudah dipelajari di LKS 5¶  Kemudian, Guru memberikan kuis dengan 2-5 soal. Penutup 5¶  Peserta didik membuat kesimpulan Sub-Bab yang telah dipelajari dengan arahan guru. 2¶  Peserta didik diberikan Pekerjaan Rumah (PR) dari soalsoal dari LKS.

Ket

Pada pembelaja ran ini dimungkin kan siswa dan guru aktif dalam kegiatan KBM

H. Sumber dan Alat Belajar Sumber Belajar  Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. BSE: Matematika konsep dan aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  Endah Budi Rahaju, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  LKS Matematika, MGMP Kab. Wonogiri,

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

Alat:  LKS  White board  Boardmarker  Penghapus I. Penilaian Indikator Pencapaian 1. Menemukan nilai Phi.
2.

Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran. 3. Menghitung keliling dan luas lingkara

Tehnik Bentuk Contoh Instrumen Penilaian Intrumen Tugas Uraian 1. Jika diketahui diameter 14 cm, individu, singkat, dan keliling lingkaran 44 cm. kuis. Pilihan Berapa besar ? ganda. 2. Tulislah rumus keliling dan luas daerah lingkaran jika diketahui : a. diameternya b. jari-jarinya 3. Hitunglah keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran jika : a. diameternya 15 cm ? b. diameternya 21 cm ? c. jari-jarinya 10 cm ? d. jari-jarinya 14 cm ?

Kunci Jawaban: 1. = 3,1428 ... . 2. a. K = T d a. K = 2 T r b. L = ¼ T d2 c. L = T r2 3. a. K = 47,1 cm b. K = 66 cm c. K = 62.4 cm d. K = 88 cm

L = 176.62 cm2 L = 396.5 cm2 L = 314 cm2 L = 616 cm2

Mengetahui, Kepala Sekolah

Jatipurno,................................... Guru Matematika

Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi B. Kompetensi Dasar C. Indikator : 4. : : : : : SMP Matematika VIII (Delapan) / 2 (Dua) 3 (Tiga) 2 x 40 menit (2 jam pelajaran)

Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya. : 4.3. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. : 1. Menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng. 2. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.

D. Tujuan Pembelajaran a. Peserta didik dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng. b. Peserta didik dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. E. Materi Ajar Mengenal Hubungan antara Busur, Juring, dan Sudut Pusat 
       

ƒŒƒ‰ busur AB = —ƒ• juring OAB = 

   

—ƒ• tembereng AB = luas juring OAB ± luas ¨ AOB. F. Model Pembelajaran Metode : Kooperatif Teknik : STAD G. Langkah-langkah Kegiatan No 1. Kegiatan Guru Pendahuluan : a) Guru membuka pelajaran dan siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran. b) Guru memberi kesempatan siswa menanyakan kesulitan materi sebelumnya dan membahas serta mengumumkan hasil kuis sebelumnya. c) Guru menyampaikan tujuan dari materi yang akan dipelajari. Kegiatan Inti : d) Guru menjelaskan pengantar materi dengan meningatkan siswa tentang perbandingan yang sejenis. Kegiatan Siswa a) Siswa mempersiapkan diri. b) Siswa bertanya bila ada kesulitan. Waktu (menit) 2

5

c) Siswa menyimak.

3

2.

d) Siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru. e) Guru menghadapkan siswa pada buku e) Siswa merangkum paket mengenai materi yang dipelajari. dan berdiskusi,

3

10

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

3.

f) Guru berkeliling untuk membimbing f) Siswa menanyakan siswa melalui perkelompok. kesulitannya. g) Guru memberikan penegasan tentang g) Siswa menyimak. materi di depan. h) Guru membagikan LKS yang berisi h) Siswa berdiskusi, pertanyaan atau lembar kerja dan bekerja sama, saling mengarahkan siswa dengan untuk membantu dalam mengerjakan lembar kerja dan memahami dan mengerjakan tugas. memecahkan soalsoal pada LKS. (Kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan logis matematis) i) Guru berkeliling dari satu kelompok i) Siswa membahas ke kelompok lain untuk mengamati kesulitan bersama jalannya diskusi, dan membantu siswa kelompoknya dan yang mengalami kesulitan. bertanya pada guru. (kecerdasan logika matematika dan kecerdasa intra personal) j) Guru menunjuk secara acak beberapa j) Siswa yang ditunjuk siswa mewakili kelompoknya untuk mengerjakan soal di mengerjakan di depan kelas dan depan kelas dan kemudian membahasnya bersama siswa lain siswa. memperhatikan dengan seksama. (kecerdasan kinestetik) k) Guru memberikan penegasan. k) Siswa menyimak l) Guru memberikan kuis pendek kepada l) Siswa mengerjakan siswa untuk dikerjakan secara individu kuis secara individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling (kecerdasan logika membantu dalam mengerjakan kuis. matematika) m) Setelah waktu yang diberikan untuk m) Siswa mengerjakan kuis selesai, guru mengumpulkan hasil menyuruh siswa untuk pekerjaannya kepada mengumpulkan hasil pekerjaannya. guru. Penutup : n) Guru menutup pelajaran dengan n) Siswa membimbing siswa menyimpulkan menyimpulkan materi yang telah dipelajari. materi. o) Guru memberikan tinjak lanjut o) Siswa menyimak pembelajaran berupa PR. dan mencatat PR.

10 5 10

5

10

5 5

2

3

2

H. Sumber dan Alat Belajar Sumber Belajar  Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. BSE: Matematika konsep dan aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  Endah Budi Rahaju, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  LKS Matematika, MGMP Kab. Wonogiri, Alat:  LKS  White board  Boardmarker  Penghapus

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

I.

Penilaian

Teknik : tugas individu/kuis. Bentuk Instrumen : uraian singkat. Contoh Instrumen : 1. Jari-jari suatu lingkaran 14 cm dan besar AOB = 30o. Hitunglah panjang busur AB! 2. Jika sebuah lingkaran berdiameter 40 cm dan besar POQ = 60o, maka luas juring AOB adalah 3. Diketahui lingkaran dengan pusat O dibuat tali busur AB. Jika AOB = 90o dan r = 42 cm, maka luas temberengnya adalah.... 4. Diketahui lingkaran dengan pusat di O, POQ = 45o, AOB = 90o, dan r = 28 cm. Q P

A

B

Berapakah perbandingan POQ dan AOB? 5. Perhatikan soal no.4. Tentukan perbandingan luas juring POQ dan AOB! Kunci: 1. 7,33 cm 2. 209,33 cm2 3. 504 cm2 4. 1 : 2 5. 308 : 616

Mengetahui, Kepala Sekolah

Jatipurno,................................... Guru Matematika

Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi B. Kompetensi Dasar C. Indikator : 4. : : : : : SMP Matematika VIII (Delapan) / 2 (Dua) 4 (Empat) 2 x 40 menit (2 jam pelajaran)

Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya. : 4.3. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. : 1. Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama. 2. Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.

D. Tujuan Pembelajaran a. Peserta didik dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama. b. Peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. E. Materi Ajar a. Pengertian Sudut Pusat dan Sudut Keliling

Sudut pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari yang berpotongan pada pusat lingkaran. Sudut keliling adalah sudut yang dibentuk oleh dua tali busur yang berpotongan di satu titik pada keliling lingkaran. OA dan OB berpotongan di O membentuk sudut pusat, yaitu AOB. Adapun tali busur AC dan CB berpotongan di titik C membentuk sudut keliling ACB. Sudut pusat AOB dan sudut keliling ACB menghadap busur yang sama, yaitu AB. b. Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling y Jika sudut pusat dan sudut keliling menghadap busur yang sama maka besar sudut pusat = 2 × besar sudut keliling. y Besar sudut keliling yang menghadap diameter lingkaran besarnya 90o (sudut siku-siku). y Besar sudut-sudut keliling yang menghadap busur yang sama adalah sama besar atau × sudut pusatnya. F. Model Pembelajaran Metode : Ceramah Teknik : Tanya jawab dan pemberian tugas

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

G. Langkah-langkah Kegiatan No 1. Kegiatan Guru Pendahuluan : a) Guru membuka pelajaran mengatur kondisi kelas. Kegiatan Siswa Waktu (menit) 3

2.

3.

dan a) Siswa mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran. b) Guru memberi kesempatan siswa b) Siswa bertanya bila menanyakan kesulitan materi ada kesulitan. sebelumnya dan membahasnya serta mengumumkan hasil kuis sebelumnya. c) Guru menyampaikan tujuan c) Siswa pembelajaran. memperhatikan apa yang disampaikan Kegiatan Inti : guru. d) Guru mengingatkan materi tentang d) Siswa menyimak. hubungan antara sudut pusat, luas juring, dan busur. e) Guru menjelaskan tentang pengertian e) Siswa sudut pusat dan sudut keliling. memperhatikan penjelasan guru. f) Guru mengajak siswa untuk f) Siswa menyimak, menemukan hubungan sudut pusat dan menjawab dan sudut keliling dengan tanya-jawab. menerka-nerka. g) Guru mengaplikasikan materi yang g) Siswa bersama-sama disampaikan dengan bersama-sama guru menemukan siswa untuk mencari solusi soal pada solusi soal pada buku paket. buku paket. h) Guru memberikan kuis pendek kepada h) Siswa mengerjakan siswa untuk dikerjakan secara individu kuis secara individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling (kecerdasan logika membantu dalam mengerjakan kuis. matematika) i) Setelah waktu yang diberikan untuk i) Siswa mengerjakan kuis selesai, guru mengumpulkan hasil menyuruh siswa untuk mengumpulkan pekerjaannya kepada hasil pekerjaannya. guru. Penutup : c) Guru menutup pelajaran dengan j) Siswa membimbing siswa menyimpulkan menyimpulkan materi yang telah dipelajari. materi. d) Guru memberikan tinjak lanjut k) Siswa pembelajaran berupa PR. memperhatikan arahan guru dan mencatat.

5

2

10

10

20

10

10

2

5

3

H. Sumber dan Alat Belajar Sumber Belajar  Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. BSE: Matematika konsep dan aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  Endah Budi Rahaju, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas  LKS Matematika, MGMP Kab. Wonogiri, Alat:  LKS  White board

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd 

Boardmarker  Penghapus J. Penilaian

Teknik : tugas individu/kuis. Bentuk Instrumen : uraian singkat. Contoh Instrumen : 1. Perhatikan lingkaran berikut! A C yO B Jika AOC = 75o, maka besar ABC adalah... 2. Untuk soal no.1. berapakah besar sudut refleksnya? 3. Perhatikan gambar di bawah ini! Diketahui besar ABC = 55o. Tentukan besar AOC! C O A 4. Untuk soal no.3. Tentukan besar OAC! 5. Untuk soal no.3. Tentukan besar ACB Kunci: 1. 32,5o 2. 305o 3. 110o 4. 35o 5. 62,5o B

Mengetahui, Kepala Sekolah

Jatipurno,................................... Guru Matematika

Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd

RPP Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester Genap by YOPPY WP, M.Pd

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->