Tutorial Fisika

Kelas XII IPA Semester Ganjil (5) halaman 1

GELOMBANG BUNYI
Standar Kompetensi: Menerapkan Konsep dan prinsip gejala dan cirri-ciri gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah Kompetensi Dasat : 2.3. Melakukan kajian ilmiah untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi serta penerapannya dalam teknologi Indikator : - Memformulasikan sifat-sifat dasar gelombang bunyi - Merancang percobaan untuk mengukur cepat rampat gelombang bunyi - Mengklasifikasian gelombang bunyi berdasarkan frekuensinya - Memformulasikan tinggi nada pada beberapa alat penghasil bunyi - Memformulasikan gejala pelayangan bunyi - Mengaplikasikan peristiwa interferensi dan resonansi bunyi pada kehidupan sehari-hari - Membuat ulasan penerapan Efek Doppler untuk gelombang bunyi misalnya pada SONAR - Membuat ulasan penerapan gelombang bunyi pada pengujian tank merusak (NDT-Non Destructive Test) - Memformulasikan intensitas dan taraf intensitas bunyi MATERI Sumber bunyi berasal dari benda yang bergetar. Dari sumber bunyi ke telinga terjadi perambatan enerfi. Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik dan longitudinal. Gelombang bunyi merambat melalui medium seperti gas, cair atau padat. Kecepatan perambatan gelombang bunyi di dalam zat padat lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan di dalam gas atau udara. Gelombang bunyi tidak dapat merambat di dalam ruang hampa. Untuk menentukan kecepatan bunyi di udara dapat digunakan percobaan resonasi.
1 λ 4 3 λ 4 5 λ 4

L

L

L

Gambar1. Resonansi Pada Tabung Kaca

Gelombang : Gelombang Bunyi (Sound Wave)

1 1 P P : I1 : I 2 = = 2: 2 A1 A2 r1 r2 Interferensi Gelombang Bunyi Inteferensi Gelombang bunyi dapat diamati dengan percobaan Quincke C A D B (Sumber bunyi) Gambar 2.….Tutorial Fisika Kelas XII IPA Semester Ganjil (5) halaman 2 Kecepatan Perambatan Bunyi di dalam Zat Cair.3. Percobaan Quincke Interferensi Maksimum terjadi jika beda lintasan adalah kelipatan bilangan bulat dari λ ∆S = nλ . jika amplitudonya besar maka kuat bunyi makin besar dan sebaliknya.2. n=1.….2. n=1. Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitude. Interferensi Minimum terjadi jika beda lintasan adalah kelipatan bilangan ganjil dari ∆S = (2n − 1) . 2 Gelombang : Gelombang Bunyi (Sound Wave) λ 1 λ 2 . Gas dan Zat Padat Kecepatan Perambatan Bunyi di dalam Zat Cair perubahan tekanan ∆P B= = fraksi perubahan volume ∆V V B v= ρ Kecepatan Perambatan Bunyi di dalam Gas v= γP ρ Kecepatan Perambatan Bunyi di dalam Zat Padat E v= ρ Tinggi Nada. jika frekuensi tinggi maka bunyi bernada tinggi sedangkan jika frekuensi rendah maka bunyi bernada rendah.3. Kuat Bunyi dan Warna Bunyi Tinggi Nada bergantung pada frekuensi.

Resonansi pada kolom udara Agar dapat terjadi resonansi .pada ujung tabung bagian atas merupakan perut gelombang Perhatikan gambar di bawah ini: L 1λ 4 Gambar 3. Perhatikan gambar di bawah ini: 1 Panjang gelombang A B C D Gambar 4. Percobaan Kundt Gelombang : Gelombang Bunyi (Sound Wave) . panjang kolom udaranya adalah: L = (2n − 1) λ 4 Resonansi pada Percobaan Kundt Percobaan Kundt dapat digunakan untuk menentukan cepat rambat gelombang di dalam tabung gas pada suhu tertentu. Resonansi pada Kolom Udara Syarat terjadinya resonansi: .pada permukaan air harus terbentuk simpul gelombang .Tutorial Fisika Kelas XII IPA Semester Ganjil (5) halaman 3 Resonansi Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar dan memiliki frekuensi yang sama atau kelipatan bilangan bulat dari frekuensi sumber itu.

t 2 Gelombang : Gelombang Bunyi (Sound Wave) .Tutorial Fisika Kelas XII IPA Semester Ganjil (5) halaman 4 Taraf Intensitas Bunyi Taraf intensitas (TI) dapat dinyatakan oleh persamaan di bawah ini: I TI = 10 log Io Dimana : TI = taraf intensitas bunyi (dB) Io = Intensitas ambang batas pendengaran (10-12 W/m2) I = Intensitas bunyi (W/m2) Taraf Intensitas oleh sebuah bunyi: I TI 1 = 10 log Io Taraf Intensitas oleh n sumber bunyi : TI n = TI 1 + 10 log n Taraf Intensitas (TI2) oleh sebuah sumber bunyi pada jarak r2 jika TI1 adalah taraf intensitas pada jarak r1 : r TI 2 = TI 1 − 20 log 2 r1 Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik 1) Penggunaan dalam bidang kedokteran Sifat gelombang ultrasonic yang dapat dipantulkan sehingga gelombang ultrasonic dapat dimanfaatkan dalam bidang kedokteran. Pemeriksaan dengan gelombang ultrasonikm dinamakan permiksaan USG( ultrasonografi) 2) Mendeteksi Kerusakan logam 3) Mengukur kedalaman Laut S= v.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful