P. 1
Diskusi Kelas VIII

Diskusi Kelas VIII

|Views: 1,118|Likes:
Published by rama_saragih

More info:

Published by: rama_saragih on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2014

pdf

text

original

B.

Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi Dalam sebuah diskusi tentu saja dapat terjadi adanya perbedaan pendapat dalam upaya mendapatkan solusi dari persolan yang dibahas. Perbedaan pendapat tersebut dapat memunculkan adanya bentuk rasa persetujuan, ketidaksetujuan, upaya sanggahan, ataupun penolakan dari masing-masing peserta diskusi. Bagaimanakah cara menyampaikan bentuk-bentuk perbedaan pendapat agar diskusi tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar? Tentu saja semua harus disampaikan dengan etika yang baik dan santun. Perhatikanlah contoh ilustrasi sebuah proses diskusi berikut! Bahan diskusi Teknologi Mesin dan Dampak Lingkungan Penggunaan teknologi dan mesin-mesin modern dengan sistem komputer di perusahaan-perusahaan industri mampu meningkatkan hasil produksi beberapa kali lipat dibandingkan dengan teknologi manual. Namun demikian, sistem pengoperasian mesin yang serba otomatis dan dapat dioperasionalkan selama 24 jam sehari secara penuh, telah menimbulkan beberapa dampak kurang menguntungkan bagi bidang lainnya. Lingkungan, lingkungan adalah salah satu bidang yang paling sering mendapatkan dampak pertama dari berdirinya perusahaan industri (pabrik). Limbah, polusi, dan kebisingan sepertinya merupakan satu-kesatuan yang tidak mungkin lepas dari penggunaanmesin-mesin. Pengolahan terhadap ketiga hal tersebut, saat ini kadang masih belum begitu diperhatikan oleh sebagian pengembang industri. Moderator: Andi Hafid Notulis: Marleyn Silalahi Dalam proses diskusi dengan bahan diskusi di atas dapat muncul beberapa kemungkinan tanggapan yang berupa pernyataan. Contoh tanggapan dan sanggahan yang dapat kalian sampaikan dalam diskusi tersebut adalah sebagaimana dilakukan teman-teman kalian, misalnya: 1) Linda (pernyataan atau tanggapan terhadap persoalan): Saya dapat merasakan, bahwa memang penggunaan mesin-mesin modern di perusahaan-perusahaan industri telah menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Telah banyak kita simak dari saluran-saluran informasi yang mengemukakan bahwa limbah-limbah industri telah menelan korban, yaitu kerusakan lingkungan dan juga polusi udara yang terus meningkat. Maka itu, saya mempunyai pemikiran bahwa penggunaan mesin-mesin dalam industri saat ini sebaiknya diminimalis, mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan.

serta jika perlu disertai data-data. b. masukan. pengembangan perindustrian kita akan makin tertinggal dari negara lain secara teknologi. demi tertibnya diskusi untuk mendapatkan solusi serta tidak terjadi pendominasian (penguasaan) pendapat. Disertai dengan bukti dan alasan yang logis dan tepat. usulan. penggunaan mesin-mesin modern telah mengurangi jumlah tenaga kerja. Namun demikian. tanggapan. dan jelas. Meminta izin moderator terlebih dahulu selaku pemandu diskusi. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menyampaikan persetujuan. c. selain seperti yang dikemukakan Saudari Sania. dan saya juga membenarkan hal tersebut. pemandu. Disampaikan dengan bahasa yang santun. dan sebagainya. sanggahan. d. Selain berdampak polusi. Menurut saya. maupun penolakan pendapat. Saya berpendapat bahwa untuk mengurangi dampak limbah dan polusi industri perlu diperketat adanya peraturan terhadap usaha perindustrian yang ramah lingkungan dengan menerapkan sistem amdal. . Dalam proses diskusi. komunikatif. Seorang moderator harus dapat mengondisikan peserta diskusi. Dalam hal ini. 4) Tobing (sanggahan terhadap pernyataan 1 dan 2): Saya juga kurang sependapat dengan Saudara Wayan dan Saudari Linda. yang justru dapat menurunkan jumlah produksi. sedangkan kita ketahui bahwa masih banyak tenaga kerja kita yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. menerima dan menolak usulan. dan adu pendapat harus disampaikan melalui moderator dan disampaikan dengan bahasa yang santun. Fokus terhadap persoalan yang sedang dibahas atau dibicarakan. sanggahan. 3) Sania (sanggahan terhadap tanggapan 1 dan 2): Saya dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari adanya penggunaan mesin-mesin modern dalam perindustrian.2) Wayan (pernyataan atau tanggapan terhadap persoalan): Saya mendukung tanggapan yang dikemukakan Saudari Linda. meminimalis penggunaan mesin-mesin dalam perindustrian. moderator berfungsi sebagai pemimpin. dan penanggung jawab berjalannya diskusi. yaitu berikut: a. pertanyaan. saya kurang sependapat dengan solusi yang dikemukakan Saudari Linda yang dikuatkan oleh Saudara Wayan. Pemikiran saya bahwa meminimalis mesin-mesin modern dalam perindustrian berarti mengurangi efektivitas perusahaan dalam berproduksi.

Tidak hanya Glodok. Sanggahan.id Senin. Tuliskanlah solusimu berkenaan dengan persoalan yang terdapat dalam bahan diskusi di atas! B. tren tersebut masih akan berlangsung. Mulai dari kenyamanan.co. 26 Februari 2007) Kerjakanlah perintah-perintah berikut dengan benar di buku tugasmu! 1. Tidak memaksakan kehendak atau pendapat. Kehadiran pasar elektronik modern. hingga kemudahan dalam sistem pembayaran. Hal ini dilihat dari makin banyaknya pilihan dan ekspansi yang dilakukan oleh toko-toko modern yang sudah hadir terlebih dahulu. Berikan apresiasimu terhadap tanggapan-tanggapan yang ada! 3. dan Penolakan Pendapat Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat: menyampaikan persetujuan dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan . Senior Manager Marketing Division Head Electronic City. Menyampaikan Persetujuan. Berbagai kelebihan ditawarkan pasar modern ini. Toko-toko ini mengkhususkan jualannya hanya untuk produk-produk elektronik.republika. Tuliskanlah tanggapan-tanggapan yang muncul dalam diskusi tersebut! 2. membenarkan adanyapergeseran cara berbelanja masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern. Wajar jika masyarakat mulai berpaling ke pasar elektronik modern.e. keamanan. Uji Kemampuan 2 Diskusikan wacana berikut dengan cermat dan benar! Ketika Gaya Belanja Elektronik Bergeser Konsep one stop shopping yang dikembangkan toko elektronik modern menjadi daya pikat. Tuliskanlah tanggapan-tanggapanmu yang berupa pernyataan persetujuan dan ketidaksetujuan terhadap bahan diskusi di atas! 4. Nama-nama seperti Electronic City dan Agis Superstore merupakan salah dua dari berbagai toko elektronik modern yang meramaikan pasar. Wiradi. Di tahun 2007. toko-toko elektronik tradisional juga mulai terancam dengan kehadiran pasar elektronik modern. Tuliskanlah kritik dan saranmu berkenaan dengan tanggapan yang tidak sesuai dengan pendapatmu! 5. (Sumber: www. diam-diam mulai menggerus popularitas Glodok sebagai pusat ritel elektronik di Jakarta.

sanggahan. Pendapat dalam diskusi dapat berupa persetujuan. Sanggahan harus disampaikan dengan cara yang baik dan bahasa yang santun. 3.. Menurut saya pendapat Saudara benar sebab . Persetujuan terhadap pendapat peserta lain ini tentu saja harus diikuti dengan argumentasi sehingga meyakinkan peserta diskusi... 4.. digandakan untuk sejumlah kelompok di kelas. sepanjang pendapat yang diajukan orang lain itu memang dirasakan tidak rasional dan sukar diterima oleh akal. serta menjawab usulan. Saya setuju dengan pendapat .. Dalam diskusi. Penolakan terhadap pendapat orang lain harus mempertimbangkan perasaan orang yang mengajukan pendapat. Menyampaikan Penolakan Pendapat dalam Diskusi Menolak pendapat dalam diskusi boleh dilakukan.. Bentuklah acara diskusi di kelas... Persetujuan terhadap pendapat orang lain misalnya dapat dikemukakan dengan cara sebagai berikut. sebab . dan peserta diskusi. penambat (notulis).. c. Menyampaikan Sanggahan dalam Diskusi Apabila ada peserta diskusi yang manyampaikan pendapat dan pendapatnya berbeda dengan pendapat kita. Dalam kehidupan sehari-hari kita. pemandu juga berhak mengatur waktu bertanya bagi peserta diskusi. atau ide peserta diskusi (dengan persetujuan. Tentukan pokok permasalahan yang dapat diangkat dalam diskusi kelas (misalnya olahraga).. sanggahan. pendapat... b.... sanggahan harus diikuti dengan bukti-bukti atau alasan yang logis. 2. Argumen perlu kita sampaikan agar orang lain yakin dengan pendapat yang kita ajukan. Penolakan pendapat juga harus disertai dengan alasan yang masuk akal. menyampaikan makalah. Persiapkan unsur-unsur berikut: pemakalah/kelompok pemakalah atau yang sering disebut penyaji.. pemandu. Dalam berdiskusi. . sering terjadi silang pendapat antarpeserta diskusi. Saya sependapat dengan Saudara . Menyampaikan Persetujuan dalam Diskusi Dalam berdiskusi.. 1.. kita tidak perlu marah-marah. pemandu (moderator) berhak menentukan dan membatasi peserta diskusi yang akan mengajukan pendapatnya. Selain itu. baik diskusi secara formal (seperti seminar atau simposium) maupun diskusi kelompok yang kita lakukan... atau penolakan disertai engan bukti alasan dalam sebuah diskusi formal. a. karena pada dasarnya . atau penolakan). atau penolakan. kamu akan berlatih menyampaikan pendapat berupa persetujuan. tidak jarang juga antara peserta yang satu memiliki pendapat yang sama dengan peserta yang lain. Latihan 1. Kita dapat menyampaikan sanggahan terhadap pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita.. 2. 3. sering terlibat diskusi dengan orang lain.... Tugas kelompok pemakalah adalah membuat makalah. kita harus pandai berargumen. Agar sanggahan yang kita sampaikan dapat diterima oleh orang lain. Dalam bagian ini...... Namun. sanggahan..menyampaikan sanggahan dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan menyampaikan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan..

Lakukan diskusi sederhana di kelas agar kamu memperoleh gambaran bagaimana diskusi dilaksanakan. 8.5. Penambat bertugas menulis semua pertanyaan peserta dan semua jawaban pemakalah. 6. kemudian mengajukan usul atau pendapat yang disampaikan pemakalah. 7. Tugas pemandu adalah mengatur jalannya diskusi. Peserta bertugas mengikuti jalannya diskusi dengan tertib. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->