MODUL 6 UJI NORMALITAS

Variabel pengganggu e dari suatu regresi disyaratkan berdistribusi nomal. Hal ini untuk memenuhi asumsi zero mean (asumsi 3). Jika variabel e berdistribusi normal. Maka variabel yang diteliti Y juga berdistribusi normal. Untuk menguji normalitas e, dapat digunakan formula Jarque Berra (JB test) berikut (Gujarati 1995).
 S 2 ( K − 3) 2  JB = n  +  24   6

Di mana S adalah skewness (kemencengan) dan K kurtosis (keruncingan). Nilai-nilai kemencengan dan keruncingan atau S dan K dapat diperoleh dari program SPSS, pada analisis deskriptif. Hasil hitung JB kemudian dibandingkan dengan tabel Chi Square dengan derajat bebas 2. Besarnya nilai chi square (X2) dengan derajat bebas 2 dan level keyakinan 95 pesen = 7,37 dan untuk keyakinan 99 persen = 9,21. Singkatnya jika JB hitung lebih besar dari 9,21, maka data yang diuji tidak normal. Sebaliknya jika nilai JB hitung < 9,21 data termasuk dalam klas distribusi normal. Dari contoh data yang kita gunakan di atas, maka statistik deskriptif untuk variabel e dari paket statistik computer SPSS diperoleh hasil berikut. Deskriptive Statistics

N Statistic 10 10 Skewness Statistic Std. Dengan transformasi logaritma maka data yang tidak normal akan membaik distribusinya. karena rentangan data akan mendekati rata-ratanya.238 dan kurtosis K = -0.08 < 9. Mengapa.238 2 (−0. asymptotically normal.791 − 3) 2  JB = 10  +  6 24   = 6. . Error 1. dengan demikian nilai JB.-791 Std. Lakukan pemotongan data. mungkin ada data yang out liers (berada jauh dari rata-rata) misalnya sangat tinggi nilainya atau sangat rendah.  − 0.334 Ternyata nilai Skewness S = -0. misalnya dilogaritmakan. Error -. jika sampel besar sekali maka data akan mendekati normal. Lakukan transformasi data.791. Cara Menangani Data yang Tidak Normal Bagaimana cara mengatasi jika data tidak normal? 1. Akibat Data yang Tidak Normal Apakah akibat ketidaknormalan data? Akibatnya adalah penggunaan uji t dan F menjadi tidak valid.687 Kurtosis Statistic .2 maka data e di atas berdistribusi normal. 2. Karena uji t dan F diturunkan dari asumsi bahwa data Y atau e berdistribusi normal.238 . 3.082607 Karena nilai JB = 6. Perbesar sampel.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful