P. 1
Contoh Skenario RPP

Contoh Skenario RPP

|Views: 360|Likes:

More info:

Published by: Rangga Rantank Satriana on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2014

pdf

text

original

SKENARIO : KEMAMPUAN BERTANYA SKENARIO RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Ajar Guru Murid

: Perubahan Bentuk Energi :Rangga Satriana : - Muhamad Chaerul Ikhsan - Muhamad Iqbal Zakaria - Muhamad Okrovianto S - Muhamad Sanjaya - Natasha Irjayandri - Nia Juniawati - Niko Andriyadi Pratama - Nurtia Ningsih - Nurul Hakimah - Putri Wulandari

Observer/Penilai

: - Vanny I - Tristy

Guru

: ( Guru masuk kelas dan member salam kepada murid) Assalamualikum Wr. Wb, Pagi Anak-anak!

Murid Guru

: Walaikum Salam, Pagi juga Pak! (serentak seluruh siswa ) : Sebelum kita mulai belajar hari ini, mari kita berdoa menurut menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Silahkan ketua kelas pimpin untuk berdoa !

Murid (MOS) Guru

: Siap! Berdoa. (suasana hening sejenak untuk berdoa). Selesai ! : oke anak-anak, pada pertemuan kemarin, kita telah membahas tentang bentuk-bentuk energi, ada yang masih ingat?

Murid (Nurul)

: saya pak, bentuk-bentuk energy itu seperti energy kalor, energy listrik, energy kimia, energy bunyi dan energy nuklir pak.

Guru

: bagus sekali nurul, ternyata kamu masih ingat ya. anyone still remembered?

Murid ( Iqbal)

: wah, Bapak gaya banget, bicaranya pakai bahasa inggris segala.

Setrika memiliki energy listrik dan energy panas. Guru : oke. Dan itulah yang disebut perubahan energy. perubahan energy adalah berubahnya suatu energy menjadi energy yang lain. Murid (MOS) : wah iya ya? Pantesan kalo mati listrik. Dengan kata lain. lampu tidak bisa menyala ya pak? Guru : iya (MOS) karena lampu membutuhkan listrik agar bisa menyala. Apa ada yang bisa memberi contoh perubahan energy yang lain? Murid () : saya pak! (angkat tangan kanan).Guru : ya kan tidak ada salahnya berubah dari bahasa Indonesia ke bahasa inggris. Soalnya pas tadi pagi mati lampu. maka energy listrik tersebut berubah menjadi energy panas. Guru : iya benar sekali apa yang diutarakan teman kalian tadi. ( Guru memperlihatkan berbagai macam benda) Murid (Natasha) : maaf pak. Satu macam energy dapat berubah menjadi satu bahkan dua bentuk energy lainnya. soalnya saya pernah melepuh waktu kena strikaan. Ketika setrika mendapat energy listrik. dan bentuk perubahan energy bermacam-macam jenisnya. saya masih belum mengerti perubahan energy apa yang ada pada benda tersebut. Lampu pak. Sampai sini ada yang mau ditanyakan? Murid (nurul) : kalau yang bisa berubah bentuk menjadi dua energy apa pak? . perubahan energy apa yang ada dalam benda tersebut. bukan. sekarang Coba kalian amati dan perhatikan. dalam benda ini ada energy apa saja? Murid (Nurtia) Murid (Nia) : energy panas pak. Murid (Ikhsan) Murid (Putri) Guru : perubahan seperti apa pak? : perubahan kaya power ranger pak? : oh bukan. Sekarang. saya tidak bisa menyetrika karena setrikanya tidak bias panas. Perubahan yang bapak maksud disini adalah perubahan energy. setrikaan). Nah menurut kalian. akan bapak jelaskan. : oh iya pak. ada energy listrik juga. sama halnya seperti benda-benda yang akan bapak tunjukkan. Itulah yang disebut perubahan energy. (menunjukkan salah satu benda. Nah. lampu itu perubahan energy listrik menjadi energy cahaya pak.

silahkan Natasha. tapi nanti diakhir pelajaran ya. siapa yang bias menjawab pertanyaan dari Nurul. : nah karena bapak rasa sekarang kalian sudah mengerti tentang perubahan energy. ( guru memulai simulasi) Siapa yang berani untuk maju duluan? Murid (Iqbal) Guru : saya Pak! : ya Iqbal silahkan kamu jodohkan benda no 1 dengan perubahan bentuk energinya. turbin dapat bergerak. bagi yang bisa menjawab. Ikhsan : hadiahnya apa pak? Murid (Natasha) Guru Murid (Natasha) : saya pak! (sambil mengangkat tangan kanan) : ya. sekarang siapa selanjutnya? Murid (Mos) Murid (Putri) Murid (nia) : pak saya mau maju. ( murid ke depan dan menjawab kuis). saya juga dong pak ( teman-teman yang lain bergemuruh). kuisnya seperti apa pak? Dapet uang gak pak? (beberapa murid ada yang tertawa. Murid : kuis apa pak. Teman teman yang lain dengarkan yaaa : benda yang bisa menghasilkan dua energy. hadiah dari bapak. Murid () : Nia : saya mau hadiahnya saja pak. Bagus sekali Iqbal. ( sambil memeberikan hadiah ke natasha) Murid (Natasha) Murid () Guru : terima kasih pak. : saya juga pak : saya pak ah. kalian juga akan mendapatkan ini. : huuuuu. : oke.Guru : pertanyaan yang bagus sekali Nnurul. yaitu turbin pak. Mengerti? Baik mari kita langsung mulai. Guru : good answer natasha! Ini. maka bapak akan memberikan kuis untuk kalian. Murid Guru : asyiiiiiiiik. nanti ada hadiah dari bapak. dan dengan adanya energy gerak maka turbin menghasilkan energy listrik. Anak-anak. . Karena dengan adanya energy air.) Guru : kalian mau tau kuisnya seperti apa?? Begini caranya (sambil menjelaskan prosedur kuis) Nanti didepan bapak akan memberikan beberapa bentuk perubahan energy dengan benda-benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

silahkan kalian maju (Menyebutkan nama murid) Guru : nah setelah tadi kita main kuis. mari kita tutup pertemuan kali ini. menurut sayayang dapat disimpulkan pada materi kali ini bahwa setiap energy dapat berubah menjadi enrgi yang lain bahkan bisa berubah menjadi dua energy. tenang. Guru : kesimpulan yang sangat baik sekali sanjaya. tenang. atau ada yang mau bertanya? Jika tidak. Bersemangat sekali kalian yah. berarti kamu memperhatikan pelajaran hari ini dengan sangat baik. Sampai ketemu minggu depan.Murid (ikhsan) Guru : paaaaaaak. Jangan lupa kalian belajar untuk materi selanjutnya. sayaaa (dengan berdiri) : tenang. . Baiklah. Energy sangatlah menguntungkan bagi manusia. ada lagi yang lain? (menuggu beberapa saat). Assalamualaikum Wr Wb. ada yang bisa menyimpulkan materi kita hari ini? Murid (Sanjaya) : begini pak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->