P. 1
GAS MULIA

GAS MULIA

|Views: 165|Likes:
Published by Dyah Muawiyah

More info:

Published by: Dyah Muawiyah on Jan 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2015

pdf

text

original

Kelompok IV Risqa Attaya

Muharramah Dyah Muawiyah Luci Yana Martin Qistina Satriavi Yusuf Tiara Cendekiawaty

Kelimpahan dan Sifat UnsurUnsur

GAS MULIA

HELIUM NEON ARGON KRIPTON XENON RADON .

y Kestabilan gas mulia dibuktikan dengan besarnya energi ionisasi dan rendahnya afinitas elektron. y . y Dinamakan gas mulia karena unsur-unsur tersebut sangat stabil (sangat sukar bereaksi).Gas Mulia Gas mulia adalah unsur-unsur golongan VIII A (18).

Kelimpah an di Alam .

mulia terbanyak di atmosfer bumi adalah Argon (+ 0.934%) sedangkan terbanyak di alam semesta adalah Helium.y Di alam ditemukan dalam keadaan bebas (gas monoatomik). mulia diperoleh dengan cara destilasi udara yang dicairkan. y Gas y Gas y Tidak dijumpai dalam bentuk senyawa. .

Sifat Sifat Fisis .

Jari-Jari Atom (Å) Makin Besar .

Energi Ionisasi (kJ/mol) Makin Besar .

maka semakin kebawah gas mulia relatif semakin reaktif.y Karena semakin ke bawah energi ionisasi semakin kecil. mulia yang sudah dapat disintesis senyawanya adalah Xenon(Xe). dan Radon (Rn) y Gas . Krypton(Kr).

Afinitas Elektron (kJ/mol) Makin Besar .

Keelektronegatifan Makin Besar .

Oksidator Reduktor Makin Besar Oksidator Makin Besar .Reduktor .

.Titik Didih Titik Leleh Titik didih dan titik leleh golongan VIII A atau golongan gas mulia adalah sangat rendah.

Asam .Basa Basa Semakin Basa Asam Semakin Asam .

Logam dan Nonlogam Logam Semakin Logam Non Logam Semakin Non Logam .

karena terletak pada golongan VIII A (kecuali He mempunyai 2 elektron valensi) .Elektron Valensi Mempunyai 8 elektron valensi.

Sifat Sifat Kimia .

. tidak berbau. Gas mulia tidak bewarna. Gas kimia sedikit larut dalam air. dan Neon(Ne).Gas kimia sukar bereaksi (bersifat inert) karena konfigurasi elektronnya stabil. dan tidak berasa. kecuali Helium (He).

Pembuat an Gas Mulia .

. kecuali Radon.Unsur-unsur gas mulia diperoleh dengan cara penyulingan bertingkat udara cair.

Cara penyulingan bertingkat udara cair : y Udara di cairkan dengan jalan di dinginkan dengan tekanan yang besar. y Kemudian . maka gas akan menyuling kembali pada titik didihnya. yaitu sampai suhu di bawah titik didihnya. suhu di naikkan perlahan-lahan .

Radon diperoleh dari peluruhan radioaktif isotop radium-226. . Gas Argon juga dapat diperoleh dengan pemanasan campuran udara dengan kalsium karbida.

Kegunaa n Gas Mulia .

y y .Helium y Sebagai pengisi balon udara Sebagai agen pendingin pada reaktor nuklir Campuran Helium dan oksigen digunakan sebagai udara buatan untuk para penyelam dan para pekerja lainnya yang bekerja di bawah tekanan udara tinggi.

pembuatan lampu-lampu y .Neon y Sebagai bahan pengisi lampu berwarna Sebagai bahan reklame.

Argon y Digunakan sebagai pemadam api khusus untuk menghindari kerusakan peralatan nitrogen untuk mengisi bola lampu pijar y Pengganti .

Kripton y Digunakan untuk lampu antikabut dan fotografi tegangan tinggi dicampur dengan Argon sebagai gas pengisi lampu fluorescent hemat energi y Kripton .

Xenon y Digunakan untuk pembiusan pada pembedahan digunakan untuk pembuatan tabung elektron dan Kripton digunakan untuk lampu kilat (blitz) y Kripton y Xenon .

Radon Digunakan untuk terapi radiasi bagi penderita kanker .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->