P. 1
Bentang Budaya Di Kawasan Asia Tenggara

Bentang Budaya Di Kawasan Asia Tenggara

3.0

|Views: 3,859|Likes:
Published by Putri F. Iskandar

More info:

Published by: Putri F. Iskandar on Jan 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2015

pdf

text

original

Bentang Budaya di Kawasan

February 23

2009
Dibuat Oleh : Kelompok 4

ASIA TENGGARA
Singapura
Demografi

Singapura merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia. 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun yang disediakan oleh Dewan Pengembangan Perumahan (HDB). Penduduk Singapura terdiri dari mayoritas etnis Tionghoa (77,3%), etnis Melayu yang merupakan penduduk asli (14,1%), dan etnis India (7,3%), dan etnis lainnya (1,3%). Mayoritas rakyat Singapura menganut agama Buddha (31,9%) dan Tao (21,9%). 14,9% rakyat Singapura menganut agama Islam, 12,9% menganut agama Kristen, 3,3% Hindu, dan lainnya 0,6%, sedangkan sisanya (14,5%) tidak beragama. Singapura mempunyai empat bahasa resmi, yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Bahasa Melayu adalah bahasa nasional Singapura tetapi lebih bersifat simbolis; ia digunakan untuk menyanyikan lagu kebangsaan (Majulah Singapura) dan juga sewaktu latihan dan dalam perbarisan pasukan tentera dan polisi.

Budaya
Singapura adalah sebuah negara kecil yang didiami keturunan pendatang dari berbagai kaum. Pada masa ini sebuah budaya "Singapura" yang unik belum berleluasa karena tidak dapat banyak perkawinan di antara kaum-kaum di sini. Namun, sebuah kumpulan masyarakat yang dikenali sebagai kaum Peranakan atau 'Baba' eksis akibat perkawinan di antara masyarakat Melayu dan Tionghoa pada masa silam. Setiap kaum di Singapura masih berpegang teguh kepada adat dan budaya masing-masing dan ini dibuktikan dengan adanya berbagai-bagai perayaan yang terdapat di Singapura seperti: Tahun Baru Imlek, Hari Waisak, Hari Raya Puasa, Hari Raya Haji, Deepavali, Natal dan Tahun Baru.

maka kini terdapat dua keuskupan (diosis) yaitu: Diosis Dili dan Diosis Baucau yang meliputi empat distrik bagian timur TimorLeste. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah. dan sisanya Buddha. Timor Leste berdasarkan konstitusinya hanya mengakui 2 bahasa nasional yaitu bahasa Tetum dan bahasa Portugis. FG Kelompok 4 Imam Maulana Arief Rivkie Suci Ramadhani Putri Faradina Iskandar Anindita Lintadesi Afriani Aiman Fakhri ED . Di dalam konstitusi disebutkan 2 bahasa yang dijadikan bahasa kerja yaitu bahasa [1] Inggris dan bahasa Indonesia. Karena mayoritas penduduk beragama Katolik. Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik (90%). Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir.Timor Leste Demografi Penduduk Timor Leste merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Papua. masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetum sebagai bahasa ucap. Hindu. Dalam praktek keseharian. diikuti Protestan (5%). setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB. dan aliran kepercayaan (2%). Islam (3%). Bahasa Sejak kemerdekaan Timor Leste pada tahun 2002.

MALAYSIA Demografi Malaysia terdiri dari berbagai ras dan agama. Dalam konstitusi Malaysia. orang Melayu merupakan warganegara Malaysia yang mempraktikkan adat Melayu. Kelabit. Kira-kira 25% penduduk Malaysia merupakan Tionghoa. dan Bidayuh. Lun Bawang. dengan ras Melayu menjadi ras terbesar di Malaysia dengan 54 % dari jumlah warganegara. 5. Kebudayaan Melayu Kebudayaan Tionghoa Kebudayaan India Kebudayaan Kadazan-Dusun Kebudayaan Dayak. Dayak. menggunakan Bahasa Malaysia. Kayan. . Murut. seperti: 1. Lebih dari setengah populasi Sarawak dan 66% populasi Sabah terdiri atas kaum pribumi nonMelayu. 4. dan Iban. Budaya Budaya Malaysia merujuk kepada kebudayaan semua masyarakat majemuk yang terdapat di Malaysia dan berbagai suku di sana. Masuknya ras lain sedikit banyak mengurangi persentase penduduk pribumi di kedua negara bagian itu. Keadaan di Sabah semakin kacau setelah masuknya UMNO dalam usaha menguasai politik di negeri itu. Iban. Suku yang utama adalah Kadazan-Dusun. Mereka terbagi atas puluhan kumpulan ras tetapi memiliki budaya umum yang sama. 3. 2. Kenyah. dan 7% lagi terdiri atas India. Hampir 85% ras India di Malaysia merupakan masyarakat Tamil. dan beragama Islam. Hingga abad ke-20. kebanyakan dari mereka mengamalkan kepercayaan tradisional tetapi kini telah banyak yang sudah memeluk Kristen atau Islam.

Kamboja juga memiliki atraksi budaya yang lain. yaitu festival balap perahu nasional yang diadakan setiap November. Sebuah kelompok musik umumnya terdiri dari penyanyi (mor lam) dan seorang pemain khaen (mor khaen) bersama pemain rebab dan pemain instrumen lain. LAOS Agama Theravada telah banyak mempengaruhi kebudayaan Laos. sastra. Diantaranya dengan dibangunnya Angkor Wat. Salah satu bukti penting dari kebudayaan Laos kuno terdapat di Dataran Guci. Musik Laos didominasi oleh alat musik nasionalnya. Seni tari. Festival Bonn OmTeuk.KAMBOJA Budaya di Kamboja sangatlah dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada. seperti. Lam saravane adalah jenis musik terpopuler di antara musik-musik Laos. Rakyat Kamboja juga menyukai sepak bola. tetapi etnis Lao di Thailand telah mengembangkannya menjadi mor lam sing yang menjadi salah satu bestselling internasional. seni. . Pengaruhnya dapat terlihat pada bahasa. disebut khaen (sejenis pipa bambu). dll.

Kebanyakan beragama Kristen. Etnis yang beragama Buddha yang berkerabat dengan etnis Thai. Etnis Chin. Kebanyakan beragama Kristen. Beragama Buddha. banyak yang telah mengungsi ke Bangladesh atau Thailand. umumnya beragama Buddha dan tinggal di perbukitan di Myanmar barat. Kristen atau paduannya. Etnis Shan. Juga disebut Rakhine. Dua pertiga dari total warga Myanmar. Etnis Muslim yang tinggal di utara Rakhine. Etnis Kachin. menghuni dekat perbatasan India. y y y y y y y . Menghuni pegunungan dekat perbatasan dengan Thailand. Suku yang beragama Buddha. Etnis Karen. Etnis yang beragama Buddha yang menghuni kawasan selatan dekat perbatasan Thailand. Etnis Arakan. Etnis Mon. Memperjuangkan otonomi selama 60 tahun. Etnis Rohingya. Mereka juga tersebar di Cina dan India. menghuni sebagian besar wilayah negara kecuali pedesaan.Myanmar Kelompok etnis di Myanmar y Etnis Bamar/Burma.

Khmer dan berbagai suku orang bukit. Mon. Sekitar 95% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah. sejenis kickboxing ala Thailand. namun ada minoritas kecil pemeluk agama Islam. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasional Thailand. Kristen dan Hindu. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an.Thailand Demografi Populasi Thailand didominasi etnis Thai dan Lao. yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri. yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. Selain itu juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. asam dan asin. adalah olahraga nasional di Thailand dan merupakan seni beladiri setempat. Ada pula seni beladiri yang mirip dengan muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara. . Ucapan penyambutan yang umum di Thailand adalah isyarat bernama wai. Hal-hal yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki. yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. Budaya Muay Thai. karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh yang paling atas dan bawah. Masakan Thailand mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis. pedas.

dan Sultan Brunei merupakan kepala agama negara itu. serta agamaagama orang asli (dalam komunitas-komunitas yang amat kecil). semua pub dan kelab malam dipaksa tutup. agama Kristen. dengan orang luar dan non-Muslim dibenarkan membawa dalam 12 bir dan dua botol MiRas setiap kali mereka masuk negara ini.Brunei Demografi Kira-kira dua pertiga jumlah penduduk Brunei adalah orang Melayu. dengan pengaruh kuat dari Hindu dan Islam. Penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan. serta bahasa Tionghoa. . Kelompok etnik minoritas yang paling penting dan yang menguasai ekonomi negara ialah orang Tionghoa (Han) yang menyusun lebih kurang 15% jumlah penduduknya. dan terdapat sebuah komunitas ekspatriat yang agak besar dengan sejumlah besar warganegara Britania dan Australia. Budaya Budaya Brunei seakan sama dengan budaya Melayu. Agama-agama lain yang dianut termasuk agama Buddha (terutamanya oleh orang Tiong Hoa). Setelah pengenalan larangan pada awal 1990-an. Etnis-etnis ini juga menggambarkan bahasa-bahasa yang paling penting: bahasa Melayu yang merupakan bahasa resmi. Bahasa Inggris juga dituturkan secara meluas. Islam ialah agama resmi Brunei. tetapi kelihatan lebih konservatif dibandingkan Malaysia.

Polinesia.Filipina Demografi Orang-orang Filipina dikenal dengan nama Filipino yang berasal dari orang aborigin Taiwan dan bercampur dengan orang-orang Tiongkok Selatan.92% dan sekarang Filipina sedang mengalami masalah kepadatan penduduk karena angka kelahirannya tinggi. Semasa Natal. Budaya Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari pada setiap kali pesta keramaian. . nipah. kebanyakan masyarakat di sana gemar menjadikan parol sebagai hiasan rumah mereka. yang dibuat dari daun kelapa. salah satu yang tertinggi di Asia. 72. dan setara untuk pria maupun wanita. ditemukan bahwa 3. Organ bambu ini menggunakan lebih kurang 1. Angka harapan hidup penduduknya adalah 69.28 untuk wanita dan 66. Indonesia.9% penduduk Filipina bisa membaca. Tiga kelompok minoritas terbesar asing adalah orang Tionghoa.44 untuk pria. Sisanya adalah orang-orang Eropa. Arab. 95. dan Jepang. dan Spanyol/Amerika. dan Ilocano. Konon ini adalah satu-satunya organ yang dibuat dari bambu di dunia. Orang-orang Mestizo adalah minoritas sebesar 1-2% yang berpengaruh. Korea. Terdapat tanglung berbentuk bintang yang digantung di hadapan rumah yang bernama Parol. Orang Filipina terbagi dalam 12 kelompok etnolingustik dengan yang terbesar adalah Tagalog. dan bambu. Tarian bambu ini memerlukan pergerakan kaki yang cocok.6% populasi memiliki turunan dari bangsa Eropa.000 batang bambuh. Bahay Kubo merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina. Filipina mempunyai kira-kira 85 juta penduduk menurut perkiraan sensus 2005. Dalam penelitian dari Universitas Stanford.29 tahun. Penduduk asli Filipina ialah suku Aeta namun sudah terpinggir dan populasinya tinggal 30 ribu jiwa. Pertumbuhan penduduk per tahunnya sebesar 1. Cebuano. dan Asia Selatan. Amerika.

busana khas Dayak di Kalimantan. yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di [39] dunia.2% penduduk Indonesia. namun bahasa resmi Indonesia. Sisanya beragama Protestan (8. terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia. Tasikmalaya dan juga Pekalongan.9%). dan Arab. Sunda atau Batak. Cina. Ada juga musik yang merakyat di Indonesia yang dikenal dengan nama dangdut yang dipengaruhi oleh musik Arab. Cirebon. Setiap provinsi di Indonesia memiliki musik tradisional dengan ciri khasnya tersendiri. kontes pertarungan diadakan. Pandeglang. dan lain-lain (0. misalnya Jawa. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batik meliputi Yogyakarta. Surakarta. termasuklah kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Olahraga tradisional termasuk sepak takraw dan karapan sapi di Madura.8%). Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85. Jakarta. Di wilayah dengan sejarah perang antar suku. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi Hindu. Pencak silat adalah seni bela diri yang unik yang berasal dari wilayah Indonesia. busana berkoteka dari Papua dan sebagainya. tiap etnis memiliki budaya yang berkembang selama berabad-abad. Selain itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas diantaranya adalah etnis Tionghoa. Musik tradisional termasuk juga keroncong yang berasal dari keturunan [55] Portugis di daerah Tugu. . baju bodo dari Sulawesi Selatan. Selain agama-agama tersebut. Liga Super Indonesia adalah liga klub sepak bola utama di Indonesia.3%).Indonesia Demografi dan Sebagian besar (95%) penduduk Indonesia adalah bangsa Melayu. [51] Budaya Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis. diajarkan di seluruh sekolahsekolah di negara ini dan dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia. busana kebaya. yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah. dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur. dipengaruhi oleh kebudayaan India. seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. India. Katolik (3%). dan Eropa. kain ulos dari Sumatra Utara (Batak). Busana asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke lainnya dapat dikenali dari ciri-cirinya yang dikenakan di setiap daerah antara lain baju kurung dengan songketnya dari Sumatra Barat (Minangkabau). Beberapa di antaranya dapat ditemukan di daerah Sumatra seperti tari Ratéb Meuseukat dan tari Seudati dari Nanggroe Aceh Darussalam. dan pasola di Sumba. yang dikenal oleh semua rakyat Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Kebanyakan penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Di bidang busana warisan budaya yang terkenal di seluruh dunia adalah kerajinan batik. Hindu (1. Garut. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik. bahasa Indonesia. India. Arab. seperti caci di Flores. dan Melayu. pemerintah Indonesia juga secara [52] resmi mengakui Konghucu. Polinesia. Buddha (0.8%). Banyak juga seni tari yang berisikan nilai-nilai Islam. Olahraga yang paling populer di Indonesia adalah badminton dan sepak bola.

Banahr. Musik Vietnam sedikit berbeda berdasarkan tiga wilayah: Bac atau Utara. Menurut sensus tahun 1999. Thai. Budaya Lebih dari ribuan tahun.2% populasi berbahasa Vietnam sebagai bahasa ibu. kebudayaan Vietnam tetap kuat berpegang teguh kepada Konfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yang kekeluargaan. Rhade. Khmer. Sedang. Man. Beberapa bahasa lain digunakan dalam percakapan oleh beberapa grup-grup minoritas di Vietnam.Vietnam Demografi Menurut angka resmi. Lolo. Pendidikan dihargai sangat tinggi.8% orang Vietnam tidak beragama. Bahasa Perancis. Nung. Muong (Hmong). Karena asosiasi lama dengan RRT. Tahun Baru Imlek atau festivalfestival. Pakaian tradisional wanita disebut Ao Dai dan dipakai dalam momenmomen spesial seperti pernikahan. 80. Tionghoa. Kristen diperkenalkan Perancis dan juga oleh kehadiran militer Amerika meskipun tidak banyak pengaruhnya. RRT. masih digunakan oleh orangorang tua Vietnam sebagai bahasa kedua tetapi telah hilang kepopulerannya. kebudayaan Vietnam sangat dipengaruhi oleh negara tetangga. . 86. Bahasabahasa tersebut adalah Tay. peninggalan masa kolonial. Trung atau Tengah dan Nam atau selatan. Meo. Ede.

suku Vietnam (1%).Kamboja suku Khmer (94%). Rakhine (4%). Tionghoa (18%). lainnya (termasuk suku Tionghoa dan Indo-Arya) (13%) Thailand suku Thai (75%).7%). Thai (2%). lainnya (2%) suku Jawa (41. suku Madura (3. suku pribumi Brunei (6%). suku Bugis (2. Tamil (6. bangsa Eropa dan Amerika (2%).5%). lainnya (4%) Vietnam suku Vietnam (88%). Karen (6%). lainnya (2%) Singapura Tionghoa (76%). Indo-Arya (5%). Malaysia Melayu dan Orang Asli (60%).9%). suku Banjar (1. Tionghoa (4%).4%).3%). suku Melayu (3. lainnya (6%) Brunei Melayu (69%). Lao Soung (10%) Myanmar suku Burma (68%). suku Banten (2. suku Toraja (0. sisanya ratusan suku kecil dari Rumpun Melanesia dan Melayu-Polinesia. suku Makassar (1. suku Minangkabau (2. suku Melayu (4%).0%). Shan (9%).9%). suku Betawi (2. lainnya (2%) . suku Batak (3. Indo-Arya (7%). Arab (1%). Tionghoa (14%). lainnya (7%) Filipina Filipino (80%).5%). Melayu (15%).4%). Tionghoa (30%).7%). Khmer (3%). lainnya (kebanyakan suku Cham) (1%) Laos Lao Daratan Rendah (56%).4%).0%).5%).3%). suku Bali Indonesia (1. suku Sunda (15. suku Aceh (0.37%). Lao Theung (34%). suku Tionghoa (0. Tionghoa (4%). Tionghoa (10%).43%). suku Sasak (1. suku Cirebon (0.1%).7%).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->